7 Jenis Server Monitoring Tools Gratis Terbaik

31 Mei 2019
7 Jenis Server Monitoring Tools Gratis Terbaik campaign-unlimited

Ketahuilah apa saja server monitoring tools gratis yang terbaik untuk Anda, para developer. Yuk, mari kita bahas selengkapnya berikut ini!

Apa itu Server Monitoring?

Server Monitoring merupakan proses untuk memantau sumber daya sistem server seperti CPU Usage, Memory Consumption, I/O, Network, Disk Usage dan lainnya. Server monitoring ini dapat membantu Anda dalam memahami pemakaian sumber daya sistem server seperti bagaimana cara untuk meningkatkan capacity plan dan memberikan hasil yang lebih baik, terutama terkait end user experience (UX).

Tantangan dalam Server Monitoring

Mengelola server dengan jumlah yang terus bertambah seiring dengan sumber daya yang terbatas merupakan suatu tantangan besar bagi server monitoring. Dengan adanya jumlah sumber daya yang terbatas, untuk monitoring server bisa menjadi sulit untuk dilakukan.

Server yang berbeda mempunyai sistem operasi yang berbeda pula, sehingga membutuhkan berbagai metode yang berbeda untuk implementasi, manajemen, serta monitoring-nya. Selain itu, server monitoring juga memerlukan cakupan menyeluruh dan mendalam. Monitoring server yang dilakukan harus bisa untuk memastikan bahwa sistem telah berfungsi secara stabil dan sudah bekerja secara efisien.

Karena beban yang ada pada server, para developer sering mengabaikan fakta bahwa sumber daya perangkat hardware mungkin sudah habis. Jadi, seharusnya monitoring server ini juga harus dapat membantu untuk perihal manajemen pemanfaatan sumber daya yang efektif. Bagaimana caranya? yaitu Dengan memberikan wawasan yang diperlukan kepada sumber daya itu sendiri. Di sinilah pentingnya monitoring server tools.

Apa itu Server Monitoring
IDwebhost

Baca Juga : Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Daftar Server Monitoring Tools Free Terbaik

Apa saja tools monitoring gratis terbaik yang ada di internet? Yuk, Simak daftar kami berikut ini!

Server & Application Monitor

Tools ini tersedia gratis bagi Anda selama 30 hari masa uji coba (free trial). Tools tersebut memberikan fungsi lebih dari sekadar tools basic yang kebanyakan beredar di internet. Tools ini biasa disingkat SAM, juga memungkinkan Anda bisa melakukan monitoring yang out of the box.

Cobalah anda untuk menguliknya, Anda akan mengetahui kelebihan dari tools ini dibandingkan tools server monitoring pasaran lainnya. SAM juga dapat digunakan untuk multi vendor server hardware dan juga untuk lebih dari 200 aplikasi yang membutuhkan server monitoring komprehensif seperti Windows, Linux, Java, Exchange, Active Directory, IIS, dan lainnya.

SAM juga menyediakan berbagai macam metrik akurat yang mudah diidentifikasi. Anda menjadi bisa mengatasi isu kapasitas server Anda sebelum masalahnya berdampak pada bisnis yang sedang anda dijalankan.

AppOptics

Tools ini juga tersedia gratis selama 14 hari masa percobaan (free trial). Hal ini sebenarnya wajar saja karena Anda pastinya membutuhkan tools server monitoring terpercaya yang akurat. Nah, Anda bisa juga mencoba AppOptics dan eksplor apa saja fitur terbaik dari AppOptics.

Jika Anda mencari sebuah tools yang bagus dengan harga terjangkau, AppOptics bisa menjadi pilihan Anda. Tools ini termasuk tools yang powerful karena dengan fokus utamanya sebagai SaaS application monitoring tool. Bahkan AppOptics ini dapat diintegrasikan dengan tools lain yang sudah Anda pakai, tersedia 150 lebih integrations dan plugins.

Monitor.Us

Tools ini merupakan tools server monitoring gratis berbasis cloud dari aplikasi TeamViewer (TeamViewer memungkinkan Anda untuk bisa berbagi layar secara jarak jauh dengan pengguna CPU lain melalui internet). Monitor.us ini mampu untuk memantau server dari Windows dan Linux secara gratis.

Tools ini juga bisa memberikan Anda pandangan tentang kesehatan dan ketersediaan workstation dan server Anda, termasuk juga CPU, memori, disk, serta bandwidth. Karena di hosting dengan teknologi cloud, Anda tidak perlu lagi untuk menginstal, mengkonfigurasi, atau melakukan pembaruan seperti tools lainnya di internet. Selain server monitoring, Anda juga dapat memantau network dan database dengan anda membuat terlebih dahulu dashboard khusus.

Tantangan dalam Server Monitoring
IDwebhost

Nagios Core

Hal pertama yang paling menonjol dari tools ini adalah kesederhanaan tampilannya yang membuatnya tidak terlalu mendistraksi dari tujuan utama server monitoring tools. Nagios Core banyak dipakai oleh para developer di seluruh dunia karena sifatnya open source.

Banyak pakar IT yang mengatakan kalau tools ini secara budget paling efektif, mudah dikustomisasi sesuai keperluan anda dan jika Anda mengalami kesulitan sudah ada komunitas yang berkembang untuk mendukung. Walaupun tampilannya sederhana, tetapi cukup sulit untuk melakukan instalasi dan mengkonfigurasinya. Jadi, jika Anda suka mengeksplorasi sendiri, tools ini cocok untuk Anda.

Solarwinds Server Health Monitor

Ini merupakan server monitoring tools gratis yang bisa memungkinkan Anda untuk mengecek kesehatan, status dan ketersediaan server anda dalam beberapa menit. Solarwinds Server Health Monitor juga memungkinkan Anda untuk mengecek dan melihat status dari komponen hardware critical server seperti kecepatan fan, temperatur, power supply, CPU, baterai, dan lainnya.

Tools ini mengklaim diri dapat mengidentifikasi secara cepat. Masalah-masalah yang akan diidentifikasi tentunya yang berdampak pada server dan performa aplikasi. Tools ini juga bisa dipakai pada Dell PowerEdge, IBM eServer xSeries servers, HP ProLiant, dan VMware ESX/ESXi hypervisor.

Ganglia

Tools kali ini bersifat open source serta didesain khusus bagi sistem computing yang high performance, seperti cluster dan grid. Tools tersebut menghasilkan data analisis yang mudah untuk diukur. Ganglia memanfaatkan banyak teknologi canggih seperti XML untuk representasi data serta XDR untuk transportasi datanya.

Salah satu tujuannya yaitu untuk membuat struktur data dan algoritma yang berfokus pada efisiensi yang maksimal, serta menghasilkan overhead untuk setiap node. Ganglia juga merupakan tool monitoring yang powerful untuk mendukung berbagai macam sistem operasi dan prosesor di pasaran.

Daftar Server Monitoring Tools Free Terbaik
IDwebhost

Collectd

Collectd adalah server monitoring tools gratis open source. Tools ini bekerja dengan cara mengumpulkan statistik dari performa basic system lalu menampilkan hasil datanya dalam berbagai format seperti file RRD. Collectd ini dibuat dengan bahasa pemrograman C++ dan bisa digunakan untuk berbagai macam sistem operasi.

Jadi, Collectd ini biasa dipakai untuk menemukan apa bottleneck-nya, melakukan monitoring, dan dapat memprediksi load sistem yang over-time serta memberikan peringatan pada Anda sebagai user. Biasanya developer memakai Collectd yang diintegrasikan dengan berbagai macam graphing tool semacam Graphite, Grafana, atau Cacti.

Kesimpulan

Itulah 7 server monitoring tools gratis terbaik di internet dan dapat Anda coba. Sebagai provider hosting berkualitas dan jasa promosi online murah, IDwebhost berkomitmen untuk membantu Anda bisa sukses secara online. Bacalah juga artikel edukatif menarik lainnya dari kami yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan website dan bisnis Anda di zaman digital ini. Selamat berusaha, semoga berhasil ya sobat!