Inilah Skill Yang Harus Dimiliki Digital Marketing

Inilah Skill Yang Harus Dimiliki Digital Marketing campaign-unlimited

Sejak memasuki dekade kedua di millennium ketiga, bermunculan profesi baru yang tidak pernah diduga sebelumnya. Sebuah pekerjaan yang dibutuhkan pada zaman di mana internet telah menjadi kebutuhan primer manusia. Pekerjaan yang banyak dicari dan kini sedang trend tersebut adalah, digital marketing. Ya, digital marketing lahir, salah satu sebabnya karena kemajuan teknologi. Jika dulu manusia melakukan kampanye marketing di dunia nyata, kini pemasaran sangat lazim dilakukan di ruang maya. Tentu kita menyadari, paling mudah adalah kemunculan iklan ketika kita berselancar di internet, ataupun saat bermain-main di sosial media. Itu semua adalah kerja-kerja digital marketing. Dari sini akan timbul pertanyaan, keahlian apa yang harus dimiliki untuk menjadi seorang digital marketing? Nah, Sahabat IDwebhost, silakan simak artikel ini sampai habis untuk tahu, keahlian yang harus dimiliki seorang digital marketing.

Apa Itu Digital Marketing?

Sebelum melangkah lebih jauh tentang keahlian yang harus dimiliki seorang digital marketing, mari kita merefresh dulu ingatan tentang apa itu digital marketing. Pemasaran digital adalah semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau media internet. Untuk dapat terhubung dengan pelanggan maupun calon pelanggan, Anda bisa menggunakan saluran digital seperti mesin pencari, media social, email dan website.

Keahlian yang harus dimiliki seorang digital marketing

Kesuksesan pemasaran digital ditentukan oleh penggunaan taktik dan strategi dari saluran digital untuk terhubung dengan pelanggan di mana mereka banyak menghabiskan waktu di internet. Komponen digital marketing antara lain website untuk branding, iklan digital, email marketing, brosur online, dan lain sebagainya. Digital marketer yang baik akan memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana sebuah kampanye pemasaran dijalankan. Kampanye digital marketing tersebut harus mendukung seluruh tujuan tersebut. Dan untuk menunjang kesuksesan pemasaran digital tersebut harus ditunjang dengan strategi dan taktik yang baik. Dan menggunakan berbagai saluran pemasaran yang dimiliki.

Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Digital Marketing

Untuk menjadi seorang digital marketing andal tentu harus menguasai beberapa skill tertentu. Karena tingginya minat menjadi digital marketing dewasa ini, berikut IDwebhost sajikan skill yang harus dimiliki seorang digital marketing.

Menulis dan Editing

Inti dari digital marketing adalah konten. Menulis dan editing lebih dari sekedar upaya memproduksi artikel untuk blog dan landing page. Ini adalah usaha untuk terhubung dengan audiens tertarget menggunakan pesan yang relevan, dan meyakinkan mereka untuk mengambil tindakan selanjutnya. Untuk itu, Anda harus memiliki konten yang relevan dan ditulis dengan baik. Untuk itu Anda dapat mengoptimalkannya dengan memasukkan kata kunci secara kreatif ke dalamnya. Optimasi kata kunci dapat membantu peringkat konten Anda di mesin pencari sehingga mudah ditemukan audiens.

Anda harus bisa menghasilkan artikel yang selalu relevan. Jadi, meskipun artikel tersebut baru terbit sehari setelah di posting atau beberapa tahun kemudian, konten tersebut masih akan terus relevan.

SEO dan SEM

Artikel yang ditulis dengan baik tak akan berguna jika orang yang menjadi target Anda tak dapat menemukannya.Maka dari itu seorang digital marketing harus memiliki keahlian search engine optimization (SEO) dan Search engine marketing (SEM). Salah satu yang harus diingat oleh digital marketing adalah Google selalu memperbarui algoritmanya. Dengan persaingan yang ketat, penting untuk mengikuti perubahan apa saja pada algortima Google agar selalu berada di ranking teratas mesin pencari. Selalu update algoritma Google membuat pemasar mampu melakukan langkah-langkah strategis, untuk menarik pelangggan dan engagement pengunjung.

Customer relations

Customer relations atau hubungan pelanggan merupakan keahlian lain yang harus dimiliki seorang digital marketing. Sebagai digital marketing, tentu Anda harus bisa berinteraksi dan memahami keinginan pelanggan. Ini sangat membantu meningkatkan kedekatan emosional antara pelanggan dengan brand.

Keahlian yang harus dimiliki seorang digital marketing

Berikut ini skill customer relations yang harus Anda miliki:

  • Empati adalah kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan, dan dibutuhkan pelanggan. Anda harus paham, dengan cara seperti apa pelanggan ingin dijangkau.
  • Keterampilan komunikasi yang baik. Setiap pelanggan memiliki karakter yang berbeda. Cara mereka berbisnis juga berbeda. Jadi, Anda harus tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan orang-orang yang berbeda.

Skill Desain Dasar

Dalam dunia digital marketing, tak melulu soal teks dan tulisan. Anda juga harus memperhatikan tampilan visual yang menarik. Tak harus jago, setidaknya Anda memahami cara membuat konten visual yang baik. Akan lebih mudah untuk menyampaikan pesan dalam konten jika Anda mengetahui prinsip-prinsip dasar desain.

Paham Sosial Media

Saat ini media social seoalah menjadi tempat umum bagi siapa saja untuk bersuara di dunia maya.. Sebagai seorang digital marketing Anda bisa menggunakan kesempatan itu untuk memberitahu khalayak tentang produk Anda atau layanan Anda. Tak hanya sekedar memposting sesuatu, sebagai pemasar digital yang efektif terdapat banyak hal yang bisa diraih. Media social saat ini telah berkembang sebagai platform untuk mengakomodasi kebutuhan bagi pemasar untuk menjangkau pelanggannya. Ada banyak hal yang harus dipelajari seperti cara beriklan, postingan yang bagus, membuat tagar, akun bisnis, dan lain sebagainya.

Iklan Berbayar di Media Sosial

Media sosial tak lagi sesederhana dulu. Untuk mencapai target audiens, Anda membutuhkan lebih dari membuat halaman bisnis, menggunakan tagar yang tepat, atau secara teratur memposting konten yang menghibur dan relevan. Hampir semua platform media social saat ini memiliki tools bagi penggunanya untuk beriklan. Hanya saja tanpa pemahaman yang tepat mengenai cara kerja beriklan di sosial media akan membuat Anda gagal mencapai target pelanggan seperti yang direncanakan.

Email Marketing

Banyak orang yang menganggap bahwa email marketing adalah salah satu metode paling kuno dala dunia digital marketing. Meskipun demikian, email marketing masih dipandang sebagai salah satu cara paling efektif untuk merawat hubungan baik antara brand dan pelanggan. Untuk bisa membuat sebuah kampanye email marketing yang efektif, Anda harus tahu dan memahami alat, metric, dan strategi yang tepat. Contohnya seperti menganalisa rasio klik, identifikasi navigasi platform, dan akhirnya menjalankan kampanye email marketing.

Kemampuan Analisis yang KuatKeahlian yang harus dimiliki seorang digital marketing

Saat ini, alat analisis data telah tersebar sedemikian luas. Kehadirannya banyak dimanfaatkan para  pelaku digital marketing untuk memahami perilaku pelanggan, dan dapat menentukan pesan sesuai dengan karakternya. Data analitik mengacu pada penggunan teknik dan perangkat lunak untuk mengumpulkan data dari beragam jenis interaksi yang terjadi. Interaksi ini terjadi karena, misalnya dari hasil pencarian di mesin pencari, konten, dan jejak digital yang relevan dengan bisnis Anda. Dengan memiliki kemampuan analisis yang kuat, semua data yang miliki akan sangat berguna untuk mempelajari perilaku pelanggan, sehingga bisa digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Kesimpulan

Pemasaran digital memang bukan untuk semua orang. Namun tentu saja kemampuan ini dapat dipelajari. Dengan semakin canggihnya teknologi, mempelajari digital marketing berada di ujung jari Anda. Sekian artikel dari IDwebhost kali ini. Bila masih memiliki pertanyaan seputar digital marketing atau layanan jasa hosting terbaik IDwebhost, silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019