SEO Video Youtube; Tips Menaikkan Rank Video
Blog Tips Keren SEO Video Youtube; Tips Menaikkan Rank Video

SEO Video Youtube; Tips Menaikkan Rank Video

Semua orang tahu bahwa video merupakan salah satu bagian yang digunakan dalam online marketing. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa video adalah salah satu dari konten yang paling dicari. Hal ini karena banyak orang yang lebih tertarik untuk menonton video disbanding dengan membaca artikel, karena terlihat lebih menarik jika dilihat secara visual. Selain itu, video juga mempunyai tingkat keterlibatan audience yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan artikel. Namun, masih banyak orang yang belum memakai video sebagai salah satu strategi SEO Video Youtube.

SEO Video Youtube sebenarnya lebih bersifat teknis jika dibandingkan dengan SEO yang digunakan untuk artikel atau konten yang lain. Tetapi, jika Anda dapat mengoptimasi SEO Video Youtube unggahan Anda, nantinya dapat menjadikan video tersebut menjadi sebuah konten yang dapat meningkatkan brand awareness untuk brand atau malah dapat mendatangkan traffic website Anda.

Tips Meningkatkan Rank dengan SEO Video Youtube

seo video youtube

  1. Tentukan destinasi tempat untuk Upload Video

Dari berbagai platform yang ada, sebenarnya platform manakah yang sebaiknya digunakan untuk mengupload video? Jawaban pilihan terbanyak adalah YouTube, hal ini dikarenakan platform ini menawarkan pelayanan gratis dan dipastikan muncul pada mesin pencarian Google. Selain itu, Youtube juga mempunyai jutaan pelanggan yang nantinya akan lebih memudahkan dalam mendapatkan audiens yang baru.

Video yang diunggah di Youtube seringkali mendapatkan rank yang lebih tinggi di Google jika dibandingkan dengan video yang di unggah di platform yang lain. Hal tersebut tentu akan membantu agar video Anda ditonton oleh orang banyak. Namun, hal tersebut juga akan menjadi penghambat jika Anda mengupload video tersebut di website. Jika Anda akan menggunakan video dengan tujuan untuk meningkatkan traffic website, yang harus diperhatikan adalah cukup sulit untuk membawa orang agar keluar dari Youtube. Anda dapat menggunakan description box yang tersedia di Youtube dengan meletakkan link pada website Anda.

  1. Pilih Keyword yang Tepat untuk SEO Video Youtube Anda

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset dan menentukan kata kunci yang akan dipakai. Kata kunci sebenarnya merupakan bagian paling penting dari SEO Video Youtube. Melakukan riset kata kunci juga dapat membantu Anda dalam mengetahui kata kunci yang populer dan juga banyak dicari sehingga akan jauh lebih membantu dalam menentukan konsep video. Anda juga akan dapat memperkirakan besaran traffic yang akan didapat. Namun, dalam melakukan riset kata kunci pada video berbeda dengan menentukan kata kunci untuk artikel. Hal ini dikarenakan, ketika Anda menggunakan Youtube, orang akan menemukan video Anda berdasarkan video rekomendasi. Sehingga tidak banyak orang yang bisa menemukan video Anda karena mencari berdasarkan judul video. Selain itu Google dan juga Youtube mempunyai cara kerja yang jauh berbeda. Hal ini juga sudah terlihat apa yang banyak di cari di Google sering berbeda dengan apa yang dicari di Youtube.

seo video youtube

  1. Buatlah Video Yang Menarik

Video dengan kategori menarik adalah sesuatu keharusan yang agar bisa menarik perhatian. Hal ini merupakan langkah dari SEO Video Youtube yang penting karena video yang menarik tentu akan membuat seseorang menonton video tersebut dari awal hingga akhir. Anda juga harus memastikan bahwa isi video yang Anda buat informative untuk penonton dan sudah sesuai dengan kata kunci yang disasar. Tips yang paling penting adalah fokus pada 15 detik paling pertama di video Anda. Ini berkaitan dengan Youtube yang dapat melakukan sortir apakah video yang Anda buat dapat menarik perhatian orang setelah 15 detik penayangan. Tentunya hal tersebut berpengaruh pada ranking video, karena tentunya mereka akan meletakkan video yang dapat menarik perhatian di 15 detik pada rank yang lebih tinggi.

  1. Mulai Optimasi video dengan SEO Video Youtube

Hal yang paling awal harus Anda lakukan adalah memasukkan kata kunci di judul video, hal tersebut dapat membantu dalam melakukan optimasi SEO Video Youtube. Anda juga harus memastikan bahwa kata kunci utama yang Anda gunakan harus muncul pada judul. Mengingat judul merupakan bagian awal yang akan diindeks secara langsung oleh YouTube dan juga Google.

  1. Channel Authority

Video yang sudah Anda upload di channel ditambah dengan autoritas yang tinggi dan komunitas yang kuat, akan mempunyai rangking yang tinggi jika dibandingkan dengan video yang di upload di channel baru. Salah satu yang dapat meningkatkan channel authority adalah banyaknya jumlah subscriber. Anda dapat membuat trailer channel yang berguna untuk menambah jumlah subscribers, karena dengan menggunakan trailer channel Anda dapat memperkenalkan channel Youtube Anda ke calon customer yang dinilai potensial.

seo video youtube

  1. Unggah video dengan Kualitas Tinggi

Video dengan kualitas tinggi (HD) merupakan video yang mempunyai gambar yang jernih dan kualitas yang tinggi tanpa pecah dan kabur. Agar dapat membuat video HD, yang diperlukan adalah kamera atau handycam, yang hasil rekamannya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan hasil rekaman kamera handphone. Apalagi youtube akan mengutamakan kepuasan dari audience sehingga jauh lebih memilih video dengan kualitas yang tinggi.

  1. Share Video Anda

Tentunya, ada banyak platform media sosial yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi video. Dapat melalui twitter, instagram, atau facebook. Anda juga dapat menawarkan video ke berbagai website berita yang sudah memiliki jutaan visitor setiap harinya. Tentunya hal tersebut dapat membantu Anda dalam mendapatkan banyak pengujung. Selain menggunakan media sosial, Anda juga dapat menggunakan email. Anda dapat memberikan informasi kepada subscriber Anda bahwa telah mengunggah video yang baru. Selain itu, melakukan integrasi konten dengan video menggunakan cara embed juga dapat membantu Anda dalam mendapatkan backlink.

Biasanya, cara yang paling banyak dilakukan oleh Youtubers adalah dengan mempromosikan video dengan cara meletakkan link ke video yang lain di akhir video yang mereka punya. Sama halnya dengan subscribers, orang yang menonton video Anda juga akan melihat dari awal sampai akhir sehingga akan lebih memungkinkan untuk menonton video lain yang Anda rekomendasikan.

seo video youtube

  1. Lakukan Optimasi Agar Meningkatkan Rank di Google

Cara kerja google adalah dengan mencari kata kunci agar dapat menemukan hasil video. Sehingga Anda harus fokus dalam mencari kata kunci yang tepat yang diperuntukkan Google karena dinilai berbeda dengan Youtube. Anda juga dapat melakukannya menggunakan Google Suggest agar dapat melihat kata kunci yang mendapatkan peringkat tertinggi yang ada di Google untuk video.

Dari ke delapan tips di atas, jika Anda menginginkan video Youtube mendapatkan ranking tertinggi, dapat dengan cara mengoptimasi video dan juga membuat video yang dapat menarik audience. Dan juga tergantung pada backlink yang Anda dapatkan. Semakin tinggi kualitas backlink yang Anda miliki, maka semakin tinggi juga rangking video Anda di halaman hasil mesin pencari google. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.