Cara Meningkatkan SEO Untuk Optimasi Website
Blog Tips Keren

Cara Meningkatkan SEO Untuk Optimasi Website

Di era digital seperti sekarang ini, kegiatan bisnis terus mengalami perkembangan yang signifikan. Bisnis sekarang tidak hanya bisa dilakukan secara pertemuan fisik saja melainkan juga lewat internet secara online. Oleh karena itu, hadirlah sebuah inovasi dalam dunia bisnis bernama website. Ya, website memiliki sangat banyak kegunaan yang sangat disayangkan jika tidak dimaksimalkan dengan baik oleh pemilik bisnis. Kehadirannya membuat dunia bisnis menjadi semakin dinamis dan sulit untuk ditebak. Jadi tidak mengherankan jika banyak perusahaan berlomba – lomba untuk menampilkan website mereka di halaman pertama pada search engine seperti Google.

Lalu bagaimana caranya supaya website anda bisa tampil di halaman pertama search engine? Di sinilah peran dari SEO (Search Engine Optimization) untuk melakukan optimasi pada website di search engine seperti Google. SEO sering kali dianggap remeh oleh banya pihak, padahal efek dalam menerapkan hal ini sungguh sangat penting.

Memiliki website untuk kegiatan bisnis online merupakan hal yang wajar. Karena perkembangan bisnis yang di jaman sekarang yang sangat pesat dan semuanya serba online atau digital. Oleh karena itu memanfaatkan SEO untuk optimasi website merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan.

 

SEO Optimasi Website
idwebhost

 

Apa yang terpikirkan oleh anda ketika mendengar kata SEO? Darimana anda harus memulai dan memfokuskan diri demi memperbaiki website anda sehingga bisa muncul dan mendapat ranking terbaik di hasil pencarian search engine? Kebanyakan orang berfokus ke kata kunci utama saja tanpa mempertimbangkan berbagai faktor lainnya yang dapat mendukung kualitas website anda di mata search engine.

Oleh karena itu, pada tulisan ini, saya akan berbagi mengenai hal yang sangat dasar tentang cara SEO untuk optimasi SEO agar bisa meraih ranking yang tinggi di search engine Google. Berikut tahapan yang harus dilakukan pada website baru Anda. Tapi sebelumnya, berikut penjelasan sedikit tentang apa itu SEO

Apa itu SEO?

Menurut Wikipedia, SEO atau search engine optimization adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak berbayarpencarian non iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

SEO  merupakan cara optimasi halaman dan konten website untuk mesin pencari agar website kita disukai oleh audiens, disukai  serta berada di halaman pertama mesin pencari. Suatu mesin pencari akan menyukai sebuah website yang memiliki konten relevan dan berkualitas sehingga pengunjung betah berlama lama di dalam website anda.

SEO seringkali disebut sebagai tools untuk meningkatkan jumlah pengunjung di website karena SEO adalah proses yang tumbuh dan berkembang. Berawal dari sebuah situs web yang baru bisa Anda daftarkan domain dan hostingnya. Situs yang tidak populer, tidak memiliki posisi apapun di hasil pencarian internet. Akan tetapi jika situs web tersebut telah dioptimisasi dengan baik, maka situs web itu akan berkembang semakin besar, populer, memiliki posisi bagus di hasil pencarian pada search engine, dan akan memenuhi objektif pemilik website.

Berbeda dengan non-SEO atau non-organik yang sifatnya cenderung instan. Proses non-organik ini harus menggunakan uang untuk dapat memperoleh audiens dalam jumlah tinggi. Itu dia sedikit pengertian dari SEO yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami betapa pentingnya hal ini bagis suatu website. Oke tanpa basa basi lagi, berikut ini merupakan cara menggunakan SEO untuk optimasi website yang bisa anda manfaatkan.

 

SEO Optimasi Website
IDwebhost

Cara Menggunakan SEO Untuk Optimasi Website

1. Memaksimalkan Page Title atau Judul

Judul merupakan daya tarik utama bagi Audience untuk klik ke halaman Anda. Pastikan di setiap halaman website Anda bisa memiliki judul yang unik dan terdiri dari keyword utama yang Anda inginkan.

2. Mengecek Meta Deskripsi atau Meta Description

Meta deskripsi adalah 1-2 kalimat yang akan tampil dalam hasil pencarian. Deskripsi dari judul halaman yang telah dibuat. Buatlah relevan dan sesuai kemudian masukan keyword tambahan yang dinginkan.

3. Meta tags

Cobalah masukkan banyak keyword yang menarik, relevan dan sesuai dengan konten yang Anda miliki pada setiap halamannya.

4. Memakai Link URL yang singkat

Gunakan link URL yang singkat dan mengandung keyword karena dengan hal ini maka akan mempengaruhi ranking website di search engine.

5. Kata kunci atau keyword relevan

Masukan beberapa keyword atau sebuah frase keyword  ke dalam konten Anda yang relevan dan sesuai dengan keyword utama sehingga mesin pencari akan menganggap keywords utama Anda menjadi sangat penting.

6. Pasang gambar yang menarik

Tambahkan gambar atau foto yang menarik dan agar website Anda terlihat menarik serta tidak membosankan. Gambar yang digunakan juga tentunya harus relevan dengan konten yang ada di website anda dan jangan lupa kompres gambar agar ukuran menjadi tidak terlalu besar.

7. Internal Link

Internal link digunakan untuk menurunkan tingkat bounce rate yaitu agar pengunjung langsung keluar dari website Anda tanpa melakukan apapun. Lewat Internal Link, pengunjung akan bisa dengan mudah berkunjung ke halaman lain di dalam website Anda.

8. Kecepatan Loading Website

Pengunjung akan lebih nyaman dengan website yang memiliki loading singkat. Jumlah file, ukuran halaman, tema dan kualitas Hosting bisa mempengaruhi waktu loading website Anda. Untuk masalah hosting, percayakan pada Idwebhost agar terbebas dari loading website yang lama.

2. Membuat dan Merilis Artikel dengan konten yang berkualitas tinggi

Ketika anda membuat artikel yang menarik, bermanfaat, dan sesuai dengan topik bisnis anda maka artikel dalam website anda akan disukai oleh banyak orang dan bahkan orang – orang akan membagikan artikel anda kepada teman-temannya di akun sosial media mereka. Hal ini tentu akan memberikan website anda nilai plus.

Berapa jumlah kata yang ideal bagi sebuah artikel? Jumlah kata dalam artikel tidak terlalu memberikan pengaruh di dalam dunia SEO, namun anda memiliki kesempatan untuk memberikan nilai lebih dalam artikel.

3. Sharing Artikel Anda

Dengan membagikan artikel website anda di social media dan memfokuskan pada pasar target bisnis dalam sosial media, maka anda memberikan 2 manfaat bagi website anda, pertama tentu mempromosikan bisnis anda melalui sosial media dan memberikan pengaruh bagi pembaca tentang kredibilitas bisnis anda.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.