Tools SEO Gratis Murah Terbaik

Tools SEO Gratis Murah Terbaik

Mengembangkan website sangat erat kaitannya dengan optimasi SEO. SEO, atau Search Engine Optimization adalah cara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic di website agar muncul di halaman teratas Google. Maka dari itu, penting untuk menggunakan SEO tools terbaik yang murah. Bahkan, gratis. 

Jika kamu adalah pemilik website, menjalankan strategi optimasi adalah hal yang sangat penting. Apalagi jika kamu mengelola website seorang diri. Selama ini, ada dua cara yang utama untuk optimasi website. Yaitu on page dan off page. 

Untuk menjalankan strategi SEO tersebut, ada berbagai SEO tools yang dapat membantumu memastikan semua strategi SEO telah berjalan dengan baik. 

Maka dari itu, pada artikel kali  ini, kami akan berbagi dengan Sahabat IDwebhost tentang kumpulan SEO murah dan gratis terbaik. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

SEO Tool Murah dan Gratis Untuk Analisa Website

SEO Tools Gratis dan Murah Terbaik

Sebagai mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan saat ini, Google memiliki caranya sendiri untuk melihat kualitas dari sebuah website. Untuk memberikan pengalaman penggunanya, Google akan memilih website paling relevan di hasil pencarian. 

Baca Juga : Panduan Lengkap Belajar Optimasi SEO Untuk Pemula 

Dengan sistem yang begitu rumit, membuat Google berkali-kali melakukan pembaruan pada sistem algoritma mereka. 

Tetapi jangan khawatir, deretan SEO tools di bawah ini dapat digunakan untuk melakukan optimasi SEO website agar sesuai dengan keinginan Google. Apa saja? 

Berikut adalah SEO tools murah dan gratis yang bisa kamu gunakan. 

1. Google Search Console 

Jika membicarakan SEO tools murah, bahkan gratis, tentu sulit untuk tidak menyebut Google Search Console di daftar pertama. 

Google Search Console adalah tools SEO yang mudah digunakan. Alat ini akan menunjukkan proses bagaimana Google menampilkan hasil pencarian. 

Bukan hanya itu, kamu juga bisa melakukan pengetesan, apakah kata konten di website sudah relevan dengan keyword dari pencarian tersebut. 

Kamu juga bisa menggunakan Google Webmaster Tools untuk menganalisa sebuah konten cuma dengan memasukkan URL saja. Tak butuh waktu lama karena hasil analisanya bisa dengan mudah dilihat. Sudah sesuai dengan yang diminta Google atau belum. 

Setiap minggu, kamu akan mendapatkan jatah menggunakan fitur ini sampai dengan 500 kali. Sangat banyak, bukan? 

2. Moz Pro 

Yang, memang, Moz tidak sepenuhnya gratis. Agar bisa menggunakan fitur terbaiknya, kamu harus berlangganan Moz Pro Tools. 

Moz Pro memiliki banyak pilihan yang dapat membantumu mengoptimasi SEO di konten website secara umum. Ada juga tools untuk meningkatkan trafik, hingga analisis konten yang jelek kualitasnya. 

3. HubSpot Website Grader 

Rupanya, HubSpot memiliki tools yang dapat digunakan untuk menganalisa optimasi SEO website. Namanya adalah Website Grader. Pada update terbarunya, HubSpot merancang Website Grader sebagai SEO tools dengan sistem laporan yang lebih personal. 

Laporan yang bisa dilihat antara lain: 

  • Performance
  • Mobile Readiness
  • SEO 
  • Security

4. SEMrush

SEO Tools Gratis dan Murah Terbaik

Siapa yang tidak kenal dengan SEO tools yang satu ini. SEMrush dapat memberi panduan tentang apa saja yang perlu kamu lakukan dari dashboardnya. Pengguna bisa dengan cepat mengetahui apa saja yang kurang dari website dan bagaimana cara optimasinya. 

Apalagi, SEMrush dilengkapi dengan tampilan antarmuka SEMrush yang sangat beginner friendly dan lengkap. Contohnya, fitur audit website dan tracking keyword untuk menentukan kata kunci yang cocok. 

SEMrush tak selamanya gratis. Kamu hanya bisa menggunakan layanan percobaan gratis selama 7 hari saja. 

5. Check My Links 

Website yang berkualitas dapat dilihat dari setiap link yang ada di dalamnya. Entah itu internal link atau external link. 

Untuk itulah, Check My Link adalah tools yang dapat kamu gunakan untuk memasktikan, apakah semua link yang terdapat di sebuah artikel masih aktif. 

Link yang masih aktif akan ditandai dengan warna hijau. Sedangkan link yang sudah mati ditandai dengan warna merah. 

Kamu bisa menggunakan tools ini sebagai salah satu ekstensi di Google Chrome. 

6. SEO Report Card 

SEO Report Card adalah tools SEO yang dapat digunakan untuk membandingkan website. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa informasi lain. Hasil analisis yang bisa dilihat, antara lain: 

  • Rank Analysis

Menunjukkan peringkat website di mesin  pencari. Peringkat ditentukan dari keyword yang diberikan ketika setting Rank Analysis. 

  • Link Building 

Menampilkan website apa saja yang memberikan backlink ke websitemu. 

  • On-Site Analysis 

Memberikan hasil analisis kata kunci utama (focus keyword) dan besaran persentase keyword tersebut di seluruh konten website. 

  • Current Indexing

Analisis seberapa banyak halaman website yang sudah terindeks di mesin pencari. 

7. Screaming Frog SEO Spider 

Salah satu SEO tools yang jadi favorit para pelaku digital marketing. Ya, Screaming Frog SEO Spider menawarkan tampilan antarmuka yang sangat mudah untuk digunakan. Dan bukan hanya itu, tools ini juga dapat menganalisa seluruh SEO dari sebuah website. 

Mulai dari pengembangan website, pengecekan aktivitas, hingga peluang website untuk menaikkan peringkat SEO. Juga meninjau apa saja masalah-masalah yang mungkin saja terjadi. 

Baca Juga : 10 Langkah Optimasi SEO WordPress

Yang menjadi keunggulan lain adalah, pengguna bisa memindahkan hasil analisa dalam bentuk Microsoft Excel kapan saja diperlukan. Sehingga, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan tools SEO lain, seperti Moz Pro, misalnya. 

Maka tak heran, Screaming Frog dianggap sebagai salah satu tools SEO terlengkap dan paling mudah untuk digunakan. 

8. Found’s SEO Audit Tool

Found merupakan tool analisa SEO yang sangat lengkap. Dengan tools besutan pengembang asal Inggris ini, kamu bisa mendapatkan laporan analisis yang sangat lengkap. 

Dan serupa dengan tools lain, penggunaan Found’s SEO Audit juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan URL website ke kotak analisis yang tersedia. Laporan analisis tersebut akan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: 

  • Technical issue

Menunjukkan hasil analisis canonicalization domain dan Sitemap XML. 

  • Content issue

Analisis ini berfokus pada hasil meta data dan pengaruh kata kunci pada konten dan website. 

  • External link analysis 

Hasil analisis ini menunjukkan kualitas URL eksternal dan internal yang muncul di website. 

Hasil analisa tadi bisa diunduh langsung menggunakan format PDF. 

9. XML Sitemap Generator

Mempunyai sitemap adalah salah satu cara agar website dapat terindeks Google. XML Sitemap Generator bisa membantumu membuat sitemap untuk website dalam format XML dan HTML. 

XML Sitemap Generator juga akan menghasilkan informasi terkait jumlah halaman, broken link, konten file XML, dan tautan ke file sitemap. 

Tools SEO yang satu ini dapat melakukan crawling hingga 500 halaman website secara gratis. Tapi jika ingin lebih banyak crawling website, kamu juga bisa menggunakan versi yang berbayar. 

Penutup

Itulah tadi SEO tools gratis murah terbaik yang bisa digunakan untuk optimasi SEO. Tools apa yang sudah kamu gunakan, Sahabat IDwebhost? 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019

idwebhost-web-hosting-terbaik

Copyright © 2022 IDwebhost Allright Reserved