SEO Gambar: Cara Kerja Google Meranking Gambar dan Video di SERP
Blog SEO SEO Gambar: Cara Kerja Google Meranking Gambar dan Video di SERP

SEO Gambar: Cara Kerja Google Meranking Gambar dan Video di SERP

SEO Gambar adalah masih merupakan bagian dari optimasi SEO namun lebih pada mengoptimalkan agar gambar pada website bisa terindex di halaman gambar di mesin pencari seperti Google. Karena masih berkaitan dengan SEO, maka Anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu tentang SERP yang mempengaruhi hasil pencarian sebelum mengetahui cara kerja google dalam merangking gambar.

Daftar Isi

1. Apa itu SERP ?

2. Cara Kerja Algoritma Google Meranking Gambar di Penelusuran

2.1.Google akan Merayapi Gambar & Halaman secara bersamaan 
2.2. Google Membuat Indeks untuk Pencarian Gambar
2.3. Aktivitas Algoritma Pencarian Gambar di Mulai

3. Cara Kerja Google dalam Meranking Video di Penelusuran

3.1. Menemukan Topik Potensial
3.2. Membuat dan Mengoptimasi Video
3.3. Perbaiki Caption
3.4. Upload Gambar Thumbnail yang Menarik

4. Kesimpulan

 

Apa itu SERP ?

SERP atau Search Engine Results Pages adalah hasil dari pencarian oleh pengguna yang ditampilkan di penelusuran Google atau mesin pencari lainnya.Terdapat dua jenis SERP yaitu dari hasil pencarian iklan berbayar dan pencarian organik, contohnya seperti di bawah ini :

Perbedaan dari hasil pencarian iklan berbayar dan organik adalah :

serp
serp



SERP Berbayar atau Paid Search menggunakan media iklan berbayar sehingga dapat menampilkan katakunci atau keyword yang di pilih di posisi pencarian top di atas. Jenis optimasi paid search ini di sebut juga dengan Search Engine Marketing (SEM). Pada Praktiknya, SEM ini membutuhkan media periklanan yang telah di sediakan oleh mesin pencari, contohnya seperti Google Ads.

SERP Organik atau Organic Search ini adalah optimasi kata kunci atau keyword menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO). Artinya, Anda perlu melakukan serangkaian strategi optimasi kata kunci pada website Anda seperti penyesuaian antara kata kunci dengan meta title, url, meta description dan konten yang ada dalam website. Sehingga, upaya ini dapat berpotensi meningkatkan kata kunci yang ditarget agar berada di halaman pertama mesin pencari atau Google.

 

Cara Kerja Google Meranking Gambar di Penelusuran

 

cara kerja google meranking gambar
cara kerja google meranking gambar

Cara algoritma Google daalam penelusuran gambar adalah dengan mengetahui penempatan gambar yang dapat mempengaruhi peringkat di penelusuran.

Berdasarkan dari Google, gambar yang tampil di awal artikel atau halaman serta di tengah akan mendapatkan prioritas dalam hasil pencarian gambar.

Contohnya, jika Anda mempunyai toko online yang menjual sepatu, maka gambar di awal pada halaman produk akan mendapatkan prioritas lebih daripada gambar di halaman lain contohnya halaman kategori yang menampilkan berbagai jenis sepatu.

Jadi, Algoritma gambar google akan menjelajahi gambar terkait yang didasarkan pada kueri atau kata kunci yang di ketik oleh pengguna atau dengan menganalisa gambay yang Anda upload melalui penelusuran gambar terbalik (Google reverse image search) dengan menggunakan opsi telusuri dengan gambar atau search by image option.

1.Google akan Merayapi Gambar & Halaman secara bersamaan 

Google-bot atau Google spider mengunjungi website dan mengambil data yang disediakan dalam website. Google bot adalah web crawler atau perayap yang di miliki Google untuk mengumpulkan informasi berupa dokumen dari internet dan mengkompilasinya untuk di indeks atau di daftarkan di sumber pencarian di penelusuran google.

2. Google Membuat Indeks untuk Pencarian Gambar

Indeks penelusuran Google adalah kumpulan data dari milyaran halaman website. Data-data yang berisi gambar yang sudah di sesuaikan dengan penyesuaian seo pada alt text akan disimpan pada database di Google.

3. Aktivitas Algoritma Pencarian Gambar di Mulai

Google menganalisa permintaan pencarian pengguna atau gambar yang diupload melalui search by image. Berdasarkan dari beberapa faktor algoritma, mesin pencari pada google dapat memberitahu peringkat gambar untuk kueri atau kata kunci masukan tertentu.

 

Cara Kerja Google dalam Meranking Video di Penelusuran

 

cara kerja google meranking video
cara kerja google meranking video

Dalam proses cara kerja google dalam merangking video di penelusuran, hal ini akan berkaitan dengan cara optimasi SEO pada video. 

Optimasi SEO Video adalah proses dalam mendapatkan lebih banyak tampilan video dari Google dan memanfaatkan video untuk meningkatkan traffic kunjungan atau lalu lintas kunjungan secara organik atau alami ke website Anda.

Untuk itu cara kerja Google dalam meranking video di penelusuran adalah pengguna atau pemilik video tersebut haruslah menyesuaikan dari nama file, deskripsi, tag, dan kategori untuk video tsb.

Selain itu, diperlukan juga pemilihan topik yang memberikan peluang dalam meningkatkan pencarian oleh user.

Topik-topik yang dapat dibuat seperti video yang berisi tentang informasi, tutorial, cara/tips, reviews, dan hiburan.

Lalu tentukan juga dari kata kunci yang memiliki volume tertentu dan memiliki relevansi yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Agar Anda dapat mengoptimasi video supaya dapat teranking di Google berikut tipsnya :

1. Menemukan Topik Potensial

Tidak setiap video dapat berpotensi menarik tayangan dari Google. Misalnya, ada pengguna youtube yang memiliki 2 juta lebih viewers di penayangan youtube namun ternyata tidak mendapat peringkat di Google.

Untuk mengatasinya, maka diperlukan 2 hal ini agar video tsb menarik penayangan dari Google, yaitu :
– Pengguna internet perlu mencari di Google untuk tujuan topik pada video tsb. Jika tidak ada yang mencarinya, tidak ada yang akan mengklik vide meskipun video tsb sudah masuk peringkat pencarian.

– Topiknya harus memiliki  “tujuan” atau “suatu maksud terkhusus” atau istilah lainnya video intent. Artinya, bahwa sebagian besar orang-orang lebih suka menonton video tentang subyek pada video ysb daripada membacanya. 

Untuk melakukannya, Anda dapat melakukan penelitian kata kunci yang dapat membantu menemukan topik yang dicari orang menggunakan bantuan seperti keyword research tools contohnya yang dimiliki oleh ahrefs.

2. Membuat dan Mengoptimasi Video

Anda dapat mulai membuat video dengan mempelajari konten seperti apa yang disukai oleh banyak orang. Hal ini bertujuan agar video Anda dapat menarik minat penonton sehingga dapat berpotensi mendapatkan pelanggan baru pada bisnis Anda.

3. Perbaiki pada Subtitle Video

Walaupun jika Anda mengupload video Anda ke youtube, maka secara otomatis platform tsb akan menambahkan teks ke video. Tapi, cara ini terkadang belum 100% sempurna karena terkadang masih ditemukan kesalahan dalam pengejaan atau kesalahan tata bahasa.

Untuk itu, Anda dapat membuat subtitle tersendiri yang lebih bebas leluasa Anda sesuaikan sehingga penonton pun lebih mudah mencerna maksud dari konten video Anda.

4. Upload Gambar Thumbnail yang Menarik

Gambar Thumbnail digunakan agar dapat lebih menarik orang untuk melakukan klik ke video Anda. Seperti pada para pengguna youtube atau youtuber, mereka menggunakan gambara thumbnail dengan dihiasi teks untuk memperjelas konten pada video tsb.

Untuk itu Anda dapat melakukan desain pada gambar thumbnail pada video Anda supaya meningkatkan klik.

Kesimpulan

Itulah mengenai penjelasan cara kerja seo gambar dan seo video di pencarian. Setelah mengetahui cara tsb, kini Anda dapat melakukan optimasi gambar atau video Anda yang dapat meningkatkan jangkauan informasi Anda kepada market baru di internet.

Lalu tidak lupa juga, Anda dapat update informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost agar mendapatkan insight baru.

Sebagai tambahan, jika Anda membutuhkan hosting untuk kebutuhan dalam pembuatan website yang berisi informasi atau kegiatan marketing online, Anda dapat menggunakan jasa layanan hosting dan domain dari IDwebhost karena ada potongan diskon di beberapa paket hosting murah yang bisa Anda coba. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.