Mana yang Terbaik Antara SEO dan Google Adwords?
Blog Tips Keren Mana yang Terbaik Antara SEO dan Google Adwords?

Mana yang Terbaik Antara SEO dan Google Adwords?

Mana yang Terbaik Antara SEO dan Google Adwords? Terjadi perdebatan berkelanjutan mengenai jenis pemasaran mana yang lebih baik untuk meningkatkan lalu lintas dan nilai bagi bisnis anda yaitu antara SEO dan Google Adwords/Ads. Tentu, jawabannya sangat bermacam-macam dan tergantung pada sifat bisnis anda.

Google Adwords dan SEO merupakan faktor penting supaya website dapat dilihat oleh banyak pengguna internet. Meskipun Google Adwords dan SEO lebih sering dikenal sebagai jenis media promosi web / Internet marketing dengan teknis yang berbeda akan tetapi keduanya mempunyai satu tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan traffic suatu website. Baik, pertama-tama mari kita jelaskan arti, manfaat dan perbedaanya terlebih dahulu antara SEO dan Google Adwords supaya anda memahami lebih baik dan bisa memutuskan yang terbaik untuk anda gunakan.

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Traffic Blog Signifikan

SEO (Search Engine Optimization)

rahasia seo 2019
IDwebhost

SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis oleh pakar seo/web master yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah traffic dan kualitas konten pada suatu website dan untuk mendapatkan posisi terbaik supaya bisa menduduki di halaman pertama hasil mesin pencarian google atau mesin pencarian yang lainnya.

Tujuan SEO

SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas (1), atau setidaknya di halaman pertama hasil mesin pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang telah di analisa / riset untuk ditargetkan. Secara logisnya, situs web yang telah menempati posisi teratas pada hasil mesin pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung potensial. Pengunjung bisa dikonversikan menjadi calon customer atau tujuan lainnya, ini dapat diseting pada saat awal meriset keyword + optimasi pembuatan konten / artikel.

Sejalan dengan semakin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai alat media bisnis, kebutuhan atas SEO juga tentu menjadi semakin meningkat.

Keunggulan SEO

1. Akan Memiliki Mesin Promosi Gratis 24 Jam

Melalui teknik SEO ibarat seperti memiliki mesin promosi gratis secara terus-menerus tidak akan pernah berhenti, dimana akan bekerja penuh selama 24 jam tayang di halaman mesin pencarian google.

2. Pendapatan Tak Terbatas

Tidak terbatas jumlah per klik / kunjungan web sehingga akan mendapatkan profit unlimited / tak terbatas dan hasil ROI lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan Google Adwords/Ads untuk waktu jangka panjang.

Kekurangan SEO

1. Membutuhkan Perhatian Khusus

Perlu anda ingat bahwa SEO membutuhkan ‘perhatian khusus’ dalam merawat blog/website dengan berbagai cara legal oleh pihak google, seperti : update membuat konten/artikel berkualitas, share ke media sosial, membangun link, dan lainnya.

2. Butuh Waktu Lumayan Lama

SEO bukanlah sesuatu hal instan dalam proses menjadikan situs anda dapat tayang di laman pertama hasil mesin pencarian secara berkala, untuk mendapatkannya memerlukan proses, waktu dan evaluasi yang berkelanjutan. Hasilnya tentu dari progres SEO tidak dapat anda lihat dalam waktu hitungan jam, progresnya memerlukan waktu berminggu-minggu atau bahkan bulanan. Semua nantinya akan terlihat seiring dengan berjalannya waktu.

Mungkin anda berpendapat kalau SEO membuang waktu. Baik, jika itu memang membuang waktu dan merepotkan, anda bisa menyewa jasa SEO untuk melakukan optimasi website/blog baik milik anda maupun perusahaan hingga website anda dapat mencapai di halaman pertama hasil mesin pencarian google dengan baik. Hal ini akan membuat anda lebih fokus kepada pekerjaan utama bukan di teknisnya.

Produk periklanan jenis PPC (Pay Per Click) yang dibuat oleh Google sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan yang utama untuk google di bidang periklanan.

Google Adwords / Ads

rahasia google adwords 2019
IDwebhost

Google Adwords/Ads adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian google sebagai sarana beriklan, biasa disebut juga sebagai SEM (Search Engine Marketing) atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Jenis Google Adwords / Ads

1. Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions

Sistem dimana para pengiklan membayar produk yang mereka iklankan melalui google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayangnya iklan tersebut.

2. Sistem PPC atau Pay Per Click

Sistem dimana para pengiklan membayar iklan mereka berdasarkan jumlah klik yang didapat dari iklan tersebut. Jadi, apabila iklan para pengiklan tersebut tampil di mesin pencarian google namun tidak ada yang melakukan klik pada suatu iklan, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.

Keuntungan Beriklan di Google Adwords / Ads

1. Iklan Cepat Tayang Diposisi Teratas

Anda tidak perlu kesulitan untuk menjadikan website pribadi muncul dan tayang di hasil halaman 1 google untuk mendapatkan traffic pada website anda. Website akan tayang sesuai dengan keyword yang anda inginkan dalam hitungan jam saja, namun untuk menggunakan google ads memerlukan biaya yang relatif besar.

Tentu hal ini tidak masalah bagi anda yang berkantong tebal dan lebih mengutamakan kualitas. Tetapi, anda sebagai pebisnis online yang baik. Juga harus bisa menghitung return of investment jika ingin menggunakan google ads ini.

2. Target Cepat Tercapai

Target pengunjung anda akan cepat tercapai selama anda tetap berlangganan kepada mereka.

3. Menghemat Waktu Anda

Tentu dengan anda menyewa jasa Google Ads akan menjadikan pekerjaan anda lebih ringan dan iklan anda terjamin selama anda selalu rutin membayar jasa mereka.

Kekurangan Google Adwords / Ads

1. Membutuhkan Biaya yang Lumayan Besar

Meskipun terlihat mudah, hanya dengan anda menentukan keyword maka akan mendapatkan traffic yang besar ke website / blog anda. Namun hal ini membutuhkan biaya yang lumayan besar.

2. Pengelolaan Iklannya Harus Tepat

Disamping itu pengelolaan iklannya juga harus tepat, jangan sampai terjadi tagihan kartu kredit anda membengkak karena anda salah dalam menargetkan keyword-keywordnya.

3. Iklan Tidak Bertahan Selamanya

Iklan anda akan bertahan selama anda rutin membayar jasa mereka, jika anda tidak punya uang tentu iklan anda akan turun peringkat.

Penting !

Ingat! tidak semua bisnis / jasa cocok untuk menggunakan model iklan PPC Ads, karena anda harus menghitung anggaran biaya iklan dan nilai ROI (Return On Investment), supaya tidak rugi besar!

Baca Juga : Mudah Mendaftar Google Adwords Express

Kesimpulannya

seo dan google adwords
IDwebhost

Kedua strategi / teknik digital marketing diatas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, maka dari itu lebih baik gabungkan teknik keduanya. Caranya Sebagai berikut :

– Pertama

Pada bulan pertama untuk membangun bisnis dapat menggunakan Google Adwords/Ads sebagai media teknik promosi dan membangun brand di awalnya, tidak masalah mengeluarkan biaya diawal sebentar.

– Kedua

Pada waktu yang bersamaan juga kerjakan dengan teknik SEO, setelah progressnya sudah terlihat hasinya, maka iklan adwords bisa anda kurangi atau hentikan sepenuhnya. Hal ini akan menghemat biaya dan akan mempercepat bisnis anda dikenal dunia sekaligus anda lebih bisa memahami SEO.

Akhiran

Itulah penjelasan dari saya mengenai mana yang lebih baik antara SEO dan Google Adwords/Ads ?. Setelah anda membaca pembahasan dari saya diatas, tentu anda akan bisa memahami dan menentukan strategi / teknis mana yang baik untuk jenis bisnis anda.

Tentang IDwebhost

IDwebhost akan selalu menerbitkan berbagai artikel bisnis untuk perkembangan bisnis anda. Pantau terus website kami di IDwebhost.com ya. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai jasa, seperti jasa domain murah, hosting berkualitas, jasa pembuatan website dan toko online, serta bahkan bikin website untuk desa gratis juga ada loh. Salam sukses dari saya.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.