Panduan SEMrush : Tools Efektif Untuk Riset Keyword dan Analisa Website
Blog SEO Panduan SEMrush : Tools Efektif Untuk Riset Keyword dan Analisa Website

Panduan SEMrush : Tools Efektif Untuk Riset Keyword dan Analisa Website

SEMrush merupakan salah satu tools dalam riset keyword serta analisa SEO yang biasanya digunakan oleh praktisi SEO. Tools ini juga menawarkan kemudahan dan kelengkapan data yang berguna untuk strategi optimasi SEO.

Untuk lebih jelasnya mengenai keyword tool SEMrush ini, berikut penjelasannya.

Daftar Isi

1. Apa itu SEMrush ?

2. Manfaat SEMrush

3. Fitur-fitur pada SEMrush

4. Kesimpulan 

 

Apa itu SEMrush ?

 

apa-itu-semrush

SEMrush adalah tools SEO populer yang memiliki spesialisasi dalam penelitian kata kunci, analisa pesaing, dan pengoptimalan Google Ad campaign optimization.

 

Manfaat SEMrush

 

manfaat-semrush

Seperti keyword tools lainnya, SEMrush juga memiliki manfaat bagi praktisi SEO ataupun pemilik website yang menggunakannya untuk keperluan analisa SEO seperti :

1. Data SEO yang Lengkap

Sama halnya seperti tools Moz, SEMrush juga menyertakan metrik yang jauh lebih detail daripada Moz PA dan DA, sampai juga pada social media linksnya.

2. Customizable

Anda dapat memilih dari posisi bar di browser window, hingga metrik tertentu yang ingin Anda tampilkan.

 

Fitur-fitur pada SEMrush

 

fitur-fitur-pada-semrush

Setelah Anda mengetahui beberapa manfaat menggunakan tools SEMrush, mari kita ketahui fitur-fitur apa saja yang ada di tools SEO ini.

1. Organic Research

Organic Research merupakan fitur yang menampilkan total keyword yang dimiliki suatu website(keyword), jumlah trafik website(traffic), dan Biaya estimasi trafik website(traffic cost).

Fitur keyword merupakan jumlah total kata kunci yang terindex di peringkat website.

Lalu pada fitur traffic, membantu dalam memperkiraan berapa banyak trafik bulanan yang didapat pada suatu website dari mesin pencari. Walaupun tidak 100% akurat, tapi hal ini adalah cara yang baik untuk mengukur SEO pada kompetitor Anda.

Kemudian pada traffic cost, membantu dalam memperkirakan berapa nilai trafik secara organik pada website tsb. Metrik ini juga memperhitungkan trafik dan nilai pada lalu lintas tsb.

 

2. Organic Search Positions

Organic search positions memungkinkan Anda dalam mendapatkan daftar kata kunci yang telah disediakan.

Data yang tertampil pada fitur organic search positions ini diantaranya adalah :

  • Keyword : Data kata kunci 
  • Pos. : Posisi peringkat kata kunci tsb di hasil pencarian di mesin pencari
  • Diff. : Merupakan selisih hasil dari naik atau turunnya posisi kata kunci
  • Traffic : Jumlah traffic pada kata kunci tsb
  • Volume : Jumlah volume penelusuran terhadap kata kunci tsb
  • CPC : Biaya per klik pada kata kunci tsb
  • URL : link url pada kata kunci tsb

 

3. Traffic Analytics

Traffic Analytics memberikan data tentang traffic website secara keseluruhan. Dalam Traffic Analytics ini terdapat data berupa :

  • Visits : seberapa besar jumlah kunjungan
  • Unique visitors : seberapa besar jumlah visitor unik. Visitor unik yaitu pengunjung yang baru mengunjungi suatu halaman website sebanyak 1 kali.
  • Avg. visit duration : rata-rata durasi kunjungan pengunjung
  • Bounce rate : Seberapa besar rasio pentalan atau rasio pengunjung yang keluar dari halaman website
  • Traffic Rank : Menunjukan seberapa besar peringkat trafik pada suatu halaman website.

 

4. Paid Search

Paid Search memungkinkan Anda ketika ingin menyalin kata kunci dan ad copy kompetitor. Secara khusus, Anda dapat melihat kata kunci mana yang paling sering di bid atau ditawar oleh kompetitor Anda.

Selain itu, jika Anda menemukan iklan yang telah berjalan lama, Anda bisa jadi mendapatkan analisa dengan quality score yang sangat baik.

 

5. Keyword Gap

Keyword Gap menunjukan kepada Anda daftar kata kunci yang memiliki gap dengan kata kunci kompetitor dan menunjukan peringkatnya.

 

6. Keyword Overview

Keyword Overview memungkinkan Anda ketika dalam memasukan kata kunci di fitur ini, maka Anda bisa mendapatkan daftar ide kata kunci dan juga metriknya.

 

7. Keyword Magic Tool

Fitur ini mampu menghasilkan banyak ide kata kunci. Misalnya, ketika Anda memasukan kata kunci “wisata jogja”. Setelah Anda mengklik tombolnya, maka Anda bisa mendapatkan daftar kata kunci yang begitu banyak yang terkait dengan kata kunci wisata jogja.

Anda juga dapat mengurutkannya berdasarkan volume pencarian, difficulty, CPC, dsb.

 

8. Keyword Difficulty Tool

Ketika melakukan analisa keyword competition bisa saja sulit. Anda perlu mempertimbangkan dari :

  • Page authority
  • Domain authority
  • On-page SEO
  • Content quality
  • User Intent
  • Dsb

Di fitur keyword difficulty tool, bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah Anda memiliki kesempatan untuk naik peringkat pada kata kunci yang Anda targetkan dengan menganalisanya berdasarkan keyword difficultynya.

 

9. Position Tracking

Position tracking merupakan fitur yang berfungsi untuk melacak posisi peringkat terhadap kata kunci yang Anda inputkan.

Anda juga dapat kata kunci tsb berdasarkan “visibility trend”.

 

10. Site Audits

Selain melakukan optimasi pada kata kunci, SEMrush juga menyediakan fitur untuk audit SEO pada website yang Anda targetkan.

Selain itu, Anda juga dapat melihat error yang terjadi pada suatu website yang dapat mempengaruhi SEO.

Lalu juga terdapat peringatan-peringatan tentang elemen-elemen pada website yang bisa Anda perbaiki.

Di site audits juga dapat membandingkan hasil perayapan halaman oleh mesin pencari atau crawling.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui bagaimana kesehatan secara teknik SEO pada website Anda yang berubah dari waktu ke waktu.

Anda juga dapat menjalankan proses site audit ini secara otomatis. 

 

11. SEO Content Template

Fitur ini dirancang untuk membantu Anda dalam menulis konten yang mengandung banyak kata kunci LSI atau Latent Semantic Keyword.

LSI adalah kata kunci yang memiliki hubungan dengan kata kunci utama. Jadi jika kata kunci tsb mengandung kata-kata atau baris kalimat yang memiliki relevansi maka akan dianggap memiliki hubungan oleh mesin pencari.

 

12. Organic Traffic Insights

Organic Traffic Insights memungkinkan Anda untuk mencoba dalam mensimulasikan data tingkat kata kunci yang digunakan untuk masuk ke dalam Google Analytics.

Untuk itu, Anda perlu menghubungkan akun Google Analytics dan Google Search Console Anda ke SEMrush.

Dan jika sudah terhubung, Anda dapat melihat hasil analisa data untuk mencari tahu kata kunci mana yang menghasilkan trafik organik yang paling banyak.

 

13. Link Building

Fitur link building ini dapat melakukan analisa link profile pada suatu website. Anda dapat menganalisa link kompetitor maupun link website Anda dari sisi penggunaan anchor text, dofollow vs nofollow, dan overall link authority.

 

14. On Page SEO Checker

On Page SEO Checker dapat membantu dalam menganalisa konten Anda dari SEO pada halaman seperti contohnya tag judul dan tag H1.

Selain itu, on page seo checker ini juga memberi tahu Anda tentang istilah semantik yang perlu Anda sertakan dalam konten Anda.

Lalu juga, menampilkan halaman website yang harus Anda coba untuk mendapatkan backlink.

 

Kesimpulan 

SEMrush merupakan tools yang bermanfaat untuk Anda gunakan sebagai alat untuk analisa SEO pada website Anda maupun website kompetitor.

Hal ini selaras dengan manfaat dan fitur-fitur yang seperti telah disampaikan pada artikel ini yang bermanfaat untuk Anda gunakan.

Semoga bermanfaat…

Kemudian agar Anda bisa terus mendapatkan informasi seputar bisnis secara gratis, Anda dapat terus ikuti informasi di blog IDwebhost.

Lalu, bagi Anda yang mencari layanan web hosting dan domain, Anda dapat mencoba layanan dari IDwebhost karena ada promo tiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.