Perbedaan dan Manfaat Dari SEM dan SEO
Blog Tips Keren

Perbedaan dan Manfaat Dari SEM dan SEO

Bagi Anda para pelaku bisnis digital, mungkin pernah mendengar istilah SEM dan SEO namun kurang memahami apa perbedaan dari keduanya. Kedua istilah ini memang sering digunakan secara bergantian, tetapi tidak pernah dipakai secara bersamaan. Ketika seseorang menggunakan istilah SEO, biasanya ia tidak menyebutkan pula istilah SEM. Di artikel ini kami akan membahas mengenai perbedaan dan manfaat dari SEM dan SEO, tetapi akan lebih baik jika kita mengenal keduanya terlebih dahulu.

Kita akan memulainya dengan pengenalan dari SEM dan SEO dan juga akan menyebutkan seperti apa bentuk aplikasinya supaya Anda bisa secara bertahap mengerti perbedaan keduanya hingga teknik pemasaran yang mana yang paling bagus untuk website atau bisnis Anda. Mari kita mulai!

Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?

SEO atau Search Engine Optimization yang berarti proses optimasi terhadap website dengan segala aspeknya seperti konten, sistem, dll supaya peringkatnya tinggi di mesin telusur seperti Google. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung atau traffic yang tinggi pada website dan lebih banyak calon customer yang potensial, SEO merupakan salah satu cara penting. Bagaimana caranya ? Jadi, ketika seorang pengguna atau user Google mencari informasi rekomendasi hp dibawah 2 juta misalnya, ia akan mengetik keyword seperti “hp dibawah 2 juta” dan hasil yang muncul di halaman pertamalah yang akan diakses atau dibaca.

Jika web Anda beruntung berada di posisi teratas, ia akan mengakses dan membaca artikel Anda serta berniat membeli produk hp di tempat Anda juga (seandainya bisnis anda merupakan website e-commerce penjual hp tersebut). Apa yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google merupakan page dari web yang telah teroptimasi melalui SEO. Inilah pentingnya SEO, saat hampir semua pengguna internet bergantung pada mesin telusur raksasa seperti Google. SEO ini sebenarnya adalah komponen dari kategori yang lebih besar yaitu SEM (Search Engine Marketing) itu sendiri.

Hukum dan aturan titdak tertulis pada SEO memang terus berubah mengikuti perubahan algoritma mesin telusur itu sendiri secara terus menerus. Namun, ada satu aspek penting dari SEO yang tetap konsisten atau tetap yaitu : On-Page SEO dan Off-Page SEO. Inilah komponen inti dari SEO. Yuk, Pahami lebih dalam keduanya lewat daftar berikut ini!

 

pengertian dan manfaat seo
IDwebhost

1. SEO On-Page meliputi :

  • Memasukkan target keyword secara manual ke dalam judul blogpost, heading tag, meta description, dan lain sebagainya.
  • Merapikan format URL halaman atau page Anda.
  • Mengoptimalkan kecepatan loading atau pemuatan halaman website Anda.
  • Mengintegrasikan berbagi platform media sosial dengan konten Anda.

Dan masih banyak aktivitas optimasi lainnya yang termasuk pada On-Page SEO. Kami telah membuat satu artikel khusus berupa panduan optimasi dengan SEO On-Page. Ketahui lebih lanjut soal SEO On-Page .

2. SEO Off-Page meliputi :

  • Membuat backlink yang berkualitas tinggi serta menempatkannya secara natural.
  • Menerapkan Local SEO.

Selain itu, ada lagi aktivitas SEO Off-Page lainnya yang penting. Anda dapat membaca lebih lanjut soal SEO Off-Page disini .

Apa itu SEM (Search Engine Marketing) ?

SEM atau Search Engine Marketing merupakan bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi web dengan cara meningkatkan visibilitas web tersebut di halaman hasil pencarian mesin telusur seperti Google (SERP). SEM ini juga mencakup teknik SEO yang telah dibahas sebelumnya, dan juga beberapa teknik marketing lainnya.

Komponen Apa yang Disertakan SEM?

Selain mengoptimalkan untuk mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponennya. Apa saja contohnya? Seperti daftar bayar per klik atau Pay Per Click (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Jadi sebagian besar, bentuknya yaitu kampanye (iklan) dan kegiatan PPC. Nah, jika Anda melakukan SEO maka hal ini juga termasuk upaya SEM.

 

pengertian dan manfaat sem
IDwebhost

Jadi, Apa Perbedaan Antara SEM dan SEO ?

SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung website yang nantinya web itu akan muncul di peringkat tertinggi pada halaman hasil pencarian pada mesin telusur. Sedangkan SEM lebih besar jangkauannya, yang dianggap sebagai pemasaran pada internet yang dapat meningkatkan visibilitas web melalui hasil mesin pencari organik dan iklan. Jadi SEM mencakup kegiatan SEO serta taktik atau strategi pemasaran di mesin pencarian yang lainnya.

Nah itulah perbedaan utama dari kedua istilah tersebut yaitu bahwa optimisasi mesin pencari (SEO) hanyalah sebuah komponen dari pemasaran/marketing mesin pencari (SEM). SEM mencakup komponen dalam pencarian berbayar semacam PPC serta juga termasuk SMM (Social Media Marketing).

Penting untuk di ingat, bahwa Anda tidak diperbolehkan menggunakan istilah SEO dan SEM secara bersamaan untuk sebuah maksud yang spesifik. Mengapa? Karena meskipun mereka bekerja secara berdampingan, mereka bukanlah istilah yang sama. Ada sebuah hierarki di sana (SEO bagian dari SEM, SEM bukan bagian dari SEO, sedangkan SEO merupakan salah satu strategi SEM).

SEM atau SEO Mana Taktik Pemasaran yang Lebih Baik ?

Banyak marketer/pelaku pemasaran pada bidang bisnis yang memperdebatkan apakah yang satu lebih baik dari lainnya. Sebagai perwakilan divisi marketing, kami berpendapat bahwa SEO organik merupakan pendekatan yang terbaik. Mengapa kami berpendapat demikian? Seperti yang telah Anda lihat, SEM sesungguhnya tidak bisa berhasil berjalan lancar tanpa menggunakan taktik SEO yang organik. Anda mungkin telah mengenal teknik black hat seo dan tergiur untuk melakukan teknik tersebut, hasilnya bisa instan tetapi dampaknya apalagi resiko penalti dari Google yang Anda terima bisa menghancurkan usaha anda yang telah dibangun dalam sekejap.

 

antara seo dan sem
IDwebhost

 

Selain itu, memang ada banyak situasi atau kasus di mana PPC (salah satu komponen SEM) lebih masuk akal dibandingkan dengan SEO. Sebagai contohnya, jika Anda baru pertama kali meluncurkan website dan Anda ingin segera meningkatkan visibilitasnya untuk pengguna internet di luar sana, ya logikanya lebih baik membuat kampanye PPC yang lebih cepat dan efektif. Mengapa? Karena kampanye ini membutuhkan waktu sedikit dari aktivitas SEO (yang hasilnya tidak mungkin muncul secara singkat).

Namun, walaupun SEO organik membutuhkan waktu lebih lama untuk menampilkan hasilnya, pada akhirnya nanti akan lebih murah jika Anda bisa mengembangkan kredibilitas website Anda pada mesin pencarian (membangun kredibilitas tersebut tidak bisa Anda buat dengan kampanye semacam PPC).

Jadi, bagaimana nih? anda tinggal jalankan keduanya secara beriringan. Keduanya sama penting kok. Namun, perihal waktu memulai yang mana terlebih dahulu, penting untuk mengevaluasi kebutuhan Anda secara spesific. Namun, sekali lagi pastikanlah anda telah sepenuhnya memahami perbedaan dari keduanya terkait target atau kepentingan Anda serta bagaimana Anda mampu untuk mempertahankan usaha anda itu.

Kesimpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda telah mendapat informasi mendasar mengenai SEM dan SEO beserta perbedaan dari keduanya. IDwebhost sebagai provider hosting murah dan vps murah yang bergaransi dan telah dipercaya oleh 100 ribu pelanggan lebih, kami berkomitmen untuk membantu mengembangkan bisnis Anda secara online. Jangan lupa subscribe dan kunjungi terus blog IDwebhost untuk mendapatkan berbagai artikel informatif lainnya terkait pengembangan website dan bisnis terkini. Selamat berusaha ya, semoga berhasil!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.