Seberapa Penting Fungsi SSL Untuk Website?
Blog Tips Keren Seberapa Penting Fungsi SSL Untuk Website?

Seberapa Penting Fungsi SSL Untuk Website?

Fungsi SSL

Mengetahui fungsi SSL memang sangat penting bagi Anda yang memiliki website khsusunya untuk bisnis online. Faktor terpenting yang harus diperhatikan saat menjelajahi web adalah keamanan. Sejak dulu hingga sekarang. Internet diasumsikan sebagai dunia digital yang sangat luas, bahkan setiap pengguna harus berhati-hati karena sangat sedikitnya pilihan serta perangkat untuk menjamin keamanan akses. Untungnya, dalam hal ini ada SSL yang siap menyingkirkan kekhawatiran Anda sebagai pengguna.

Fungsi SSL dapat melindungi traffic web Anda, baik yang masuk maupun yang keluar dari berbagai jenis ancaman keamanan. Biasanya, SSL digunakan untuk mengamankan transaksi kartu kredit, transfer data dan login, dan baru-baru ini menjadi norma ketika mengamankan browsing situs media sosial. Pasti ada banyak dari kita yang sering mengakses sebuah website berawalan https, namun belum tau bahwa itu adalah SSL.

Apa itu SSL?

Secure Sockets Layer atau SSL adalah protokol keamanan yang menggunakan enkripsi modern untuk mengirim dan menerima informasi penting dari seluruh penjuru internet. Apabila sistem keamanan ini ditambahkan pada website Anda, maka URL website akan berubah menjadi HTTPS. Tujuan utama pemasangan SSL adalah sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet.

SSL juga merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki website. Dengan SSL, transfer data di dalam website menjadi lebih aman dan terenkripsi. Bahkan saking pentingnya, Google Chrome melabeli website tanpa sertifikat SSL sebagai Not Secure.

Fungsi SSL

Seberapa penting fungsi SSL untuk website?

SSL diperlukan untuk mengamankan website Anda dari ancaman keamanan. Dengan adanya SSL akan membuat channel yang aman antara pengguna browser  dan server website yang terhubung. Informasi apa pun yang melewati channel ini dienkripsi di satu end dan didekripsi setelah diterima di end lainnya. Dengan demikian, tidak ada gunanya seorang pengguna menyimpan informasi tersebut karena telah dienkripsi.

Selain itu, ada beberapa alasan mengapa SSL sangatlah penting dalam sebuah website. Berikut alasannya;

1.Dapat meningkatkan reputasi website

Ketika website Anda sudah terinstall SSL, maka browser akan menunjukkan notifikasi tertentu. Di Internet Explorer, biasanya notifikasi akan berwujud block berwarna hijau di address bar sedangkan di Firefox maupun Google Chrome, notifikasi akan ditunjukkan dalam bentuk ikon gembok yang terkunci.

Notifikasi tersebut tentunya bermanfaat untuk meningkatkan reputasi dan kepercayaan Anda di mata pengunjung. Dengan adanya notifikasi, pengunjung website takkan ragu untuk mengakses website. Sertifikat SSL sangat penting bagi Anda yang memiliki toko online, dengan begitu calon pembeli akan lebih percaya.

2.Meningkatkan rangking website pada mesin pencari

Berdasarkan sebuah survey, Algoritma Google juga lebih menyukai website yang memiliki sertifikat SSL. Google bahkan “melarang” penggunanya untuk mengunjungi website yang tak punya sertifikat SSL. Maka tak heran kalau SSL juga berhubungan dengan ranking website di mesin pencarian. Bahkan sebuah riset membuktikan bahwa kebanyakan website dengan sertifikat SSL memiliki posisi yang lebih tinggi di mesin pencari.

3.Mampu mengenkripsi informasi

Salah satu alasan utama mengapa penggunaan sertifikat SSL sangat direkomendasikan adalah adanya keamanan berlapis yang ditawarkannya. SSL menjamin bahwa setiap paket data yang ditukar antara pengguna browser dan website yang SSL-nya diaktifkan dilindungi oleh teknik enkripsi yang paling mutakhir. Hal tersebut mampu mencegah tindakan pencurian data yang dilakukan oleh pihak tak diinginkan.

4.Menghindari salah kirim data

SSL juga berfungsi untuk otentikasi. Hal ini berarti SSL memastikan Anda mengirimkan informasi atau data ke server yang sesuai tujuan. Bukannya mengirim informasi ke hacker atau pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Sekarang ini banyak hacker yang berkeliaran sehingga mungkin Anda tidak sadar telah mengirim data-data penting ke hacker. Untuk mengantisipasi hal itu maka kegunaan SSL sangatlah penting.

Bagaimana cara menggunakan SSL pada website?

Menggunakan SSL sangatlah penting khususnya bagi Anda yang memiliki bisnis online seperti toko online. Sertifikat SSL ini nantinya akan membantu Anda dalam mengamankan komunikasi dua komputer yang terhubung oleh jaringan internet. Pertukaran data seperti mengunjungi website, pengiriman dan penerimaan email, membeli barang online, serta data-data penting perusahaan akan dienkripsi agar tidak ada oknum tak bertanggung jawab yang berusaha menggunakan data-data tersebut secara ilegal.

Pada dasarnya sertifikat SSL memiliki dua kombinasi, yakni public key dan private key. Public key digunakan untuk mengenkripsi data yang akan dikirim, sementara private key digunakan untuk mendekripsi data ke format yang dapat digunakan kembali oleh penerima data. Begitulah cara kerja SSL yang akan membantu mengamankan data-data penting Anda.

Bagaimana cara memilih SSL?

SSL ada 2 yaitu SSL berbayar dan SSL gratis. Bagi Anda pemula yang ingin menggunakan SSL murah untuk pertama kalinya dan ingin bereksperimen tanpa mengeluarkan biaya, maka Anda bisa mencoba SSL gratis dari Cloudflare.

Akan tetapi jika memilih versi gratis, Anda tidak akan mendapatkan fitur-fitur premium dari Cloudflare. Setelah blog atau website mulai berkembang, Anda dapat memilih SSL Berbayar jenis DV SSL. Jika Anda memiliki website untuk bisnis Anda atau sebuah organisasi, maka Organization Validated SSL (OV SSL) adalah pilihan yang tepat untuk memastikan kepemilikan domain yang terdaftar dengan nama perusahaan atau organisasi, lokasi yang jlas dan informasi penting lainnya.

Untuk anda yang menjalankan bisnis online atau e-commerce, maka pilihan SSL yang tepat adalah Extended Validated SSL (EV SSL). SSL jenis ini adalah pilihan terbaik karena memiliki tingkat keamanan paling tinggi.

Setelah memasang SSL melalui cPanel, Anda perlu mengarahkan website Anda ke alamat baru, yaitu dari yang sebelumnya HTTP menjadi HTTPS. Ini berlaku baik untuk SSL gratis maupun SSL berbayar.

Di era serba digital ini di mana teknologi berkembang dengan sangat pesat, memang tak mudah untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru atau mengetahui kemajuan apa saja yang telah ada, melakukan instalasi SSL Certificate juga sangat penting untuk keamana bisnis online.

Itulah pentingnya SSL untuk sebuah website. Keamanan data pelanggan sangatlah penting khususnya bagi Anda pemilik website untuk toko online. Pastikan Anda memilih SSL yang tepat untuk bisnis Anda. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah namun tetap berkualitas.