Apa itu Search Engine Marketing? Bagaimana Strategi Ini Menguntungkan Bisnis?

18 Agu 2023
Apa itu Search Engine Marketing? Bagaimana Strategi Ini Menguntungkan Bisnis? campaign-unlimited

Dalam dunia marketing, selalu ada pertanyaan seputar apa yang dimaksud dengan Search Engine Marketing. Search Engine Marketing adalah bentuk pemasaran Internet yang melibatkan pembelian lalu lintas melalui kegiatan pencarian berbayar. SEM sering digunakan untuk mendeskripsikan tindakan yang terkait dengan riset, mengirimkan dan memposisikan situs web di dalam mesin pencari.

SEM mencakup hal-hal seperti pengoptimalan mesin pencari, daftar berbayar dan layanan dan fungsi terkait mesin pencari lainnya yang akan meningkatkan eksposur dan lalu lintas ke situs Web.

Beberapa praktik terbaik Search Enine Marketing yang paling umum meliputi:

  • Menggunakan kata kunci dan analisis kata kunci.
  • Optimisasi mesin pencari (SEO).
  • Buat iklan dan konten untuk cantuman lokal dan iklan bertarget geografis.
  • CPC (cost-per-click) – berapa banyak kamu membayar ketika seseorang mengklik iklan.
  • CPM (Cost per million impressions) – Ini adalah cara lain untuk membayar iklan pencarian. Bergantung pada sasaranmu dan bagaimana alat iklan disiapkan, mungkin ingin membayar hanya iklan yang dilihat.
  • CTR (click through rate) – jumlah klik yang kamu dapatkan ke situs web dari orang-orang yang melihat iklan, meskipun mereka tidak mengklik pada iklan itu sendiri.

SEM menawarkan kesempatan untuk membayar berdasarkan klik (pengguna hanya membayar untuk setiap klik melalui iklan ke situs web atau halaman arahan). Iklan dalam kampanye SEM yang sukses akan ditampilkan kepada konsumen yang secara khusus mencari produk atau layanan, menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.

Berapa Banyak Biaya SEM Dibandingkan dengan Metode Lain?

Banyak Biaya SEM Dibandingkan dengan Metode Lain.
Banyak Biaya SEM Dibandingkan dengan Metode Lain.

Ketika menjalankan kampanye SEM yang efektif, Google memberikan imbalan dengan biaya lebih rendah dan visibilitas yang lebih tinggi.
Tetapi jika kamu memilih metode tanpa merencanakannya, maka Google akan memberikan imbalan yang sebanding dengan yang kamu bayarkan. Platform lain memiliki sistem serupa yang memberi imbalan kualitas. Ketika kamu mendengar orang berbicara tentang betapa mahalnya AdWords, hal itu sebabkan karena begitu banyaknya bisnis kecil yang tidak mengerti mengapa mereka membayar lebih banyak.
Mereka tidak mendapatkan rahasia untuk menjaga agar biaya AdWords tetap rendah. SEM bisa jadi pemasaran yang lebih mahal jika kamu tidak juga berfokus pada strategi jangka panjang termasuk menjaga skor kualitas, SEO, dan kehadiran media sosial. Namun dalam jangka pendek, tidak ada yang dapat mendorong lebih banyak prospek dan penjualan lebih cepat daripada SEM.

Perbedaan Antara SEM dan SEO

Perbedaan SEM dengan SEO
Perbedaan SEM dengan SEO

SEM adalah istilah yang lebih luas daripada SEO. Dimana SEO bertujuan untuk memberikan hasil pencarian organik yang lebih baik, SEM menggunakan mesin pencari untuk mengiklankan situs web atau bisnis ke pelanggan Internet dan mengirim lalu lintas yang lebih bertarget ke situs Websitemu.

Misalnya, ketika orang menggunakan mesin telusur untuk mencari keyword tertentu, maka hasil mesin telusur organik adalah tempat teknologi SEO dapat membantu websitemu menjadi lebih terlihat.

Iklan berbayar, atau tautan bersponsor adalah yang ditampilkan secara jelas di atas atau di samping hasil pencarian organik adalah produk SEM. SEO dan SEM bukan layanan yang bersaing. SEO dianggap sebagai bagian dari layanan SEM. Jika ingin melakukan bisnis di Internet, kamu harus terlihat di tautan organik dan yang diiklankan, yang berarti sebuah bisnis membutuhkan keduanya.

Pentingnya Lalu Lintas SEM

Pentingnya Lalu Lintas SEM
Pentingnya Lalu Lintas SEM

Lalu lintas SEM dianggap sebagai sumber lalu lintas Internet yang paling penting karena ditargetkan. Sudah diterima secara luas bahwa orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan solusi atas sebuah masalah.

Relevansi dari situs web dan iklan yang ditampilkan membuat lalu lintas SEM lebih berharga daripada sumber lainnya. Facebook dan twitter mencoba untuk mengoptimalkan platform iklan mereka untuk memanfaatkan lalu lintas bertarget tetapi lalu lintas yang datang langsung dari mesin pencari memiliki ROI yang lebih baik.

Pentingnya Search Engine Marketing

SEM menarik perhatian audiens pada waktu yang tepat

Penelitian menunjukkan bahwa 90 persen orang yang melakukan pencarian di online tahu persis apa yang mereka cari. Ketika mereka memasukkan sebuah kata kunci yang memiliki relevansi dengan kata kunci yang dipasang, maka bisnismu bisa jadi yang dipercayakan.

Penargetan geografis dan penjadwalan Iklan

Dua aspek yang paling menarik dari Search Engine Marketing adalah penargetan Geografis dan penjadwalan Iklan. Tidak seperti media konvensional, dua fitur ini menawarkan keuntungan besar yang memungkinkan kita untuk menargetkan khalayak yang tepat pada waktu yang tepat.

Penargetan geografis membantu pemasar untuk menargetkan iklan mereka hanya ke lokasi tertentu di dunia di mana layanan mereka tersedia. Sedangkan penjadwalan-iklan mengacu pada proses di mana waktu, tanggal, dan frekuensi tertentu dari suatu iklan diputuskan.

Mudah dan cepat diterapkan

Menyiapkan kampanye SEM cepat dan mudah. Meskipun mungkin diperlukan beberapa saat hingga kamu dapat melihat dampak sepenuhnya dari kampanye. Sangat fleksibel dan dapat dikonfigurasi dan dapat diatur dalam beberapa jam.

Perubahan dapat dilakukan secara ad-hoc, sehingga kamu dapat menyesuaikan konten situs web, kata kunci, dan pengeluaran yang disesuaikan dengan audiens yang ditargetkan. Di AdWords dan sebagian besar platform PPC lainnya, kamu bisa menetapkan anggaran harian serendah $ 10. Dengan cara ini kamu tidak pernah terkejut dengan tagihan iklan yang sangat tinggi.

Bisa dievaluasi dan diukur

Mungkin keuntungan yang paling penting dari Search Engine Marketing adalah fasilitasnya yang bisa diukur dan dievaluasi. SEM menjadi bentuk pemasaran yang sangat fleksibel menawarkan fasilitas untuk mengevaluasi dampak dari kampanye iklan pada audiens target dan fokus pemasaran dapat diubah sesuai dengan tanggapan yang diterima.

Dengan program ini, kamu dapat mengetahui apakah pengunjung datang melalui tautan dari situs lain atau dengan menggunakan mesin telusur.

Selain itu kamu bahkan dapat melihat apa istilah pencarian yang digunakan pengunjung untuk menemukan situs di mesin pencari. Apa pun tujuannya, kamu dapat mengetahui dengan tepat berapa banyak nilai yang dihasilkan dari saluran pemasaran dan periklanan ini. Sehingga penganggaran bisa diputuskan dengan bijak dan tepat.

Meningkatkan Kesadaran Merk (Brand Awareness)

SEM (dan SEO) tidak hanya membantu menghasilkan lalu lintas ke situs website, tetapi juga dapat meningkatkan kesadaran merek. Semakin tinggi peringkat produk atau layanan di mesin pencari, semakin besar kemungkinan konsumen akan mengunjungi situs web dan lebih memilihmu atau bahkan merekomendasikan penawaranmu. Seiring waktu, kamu akan dipercaya sebagai penyedia yang tepercaya.

Memberi Keuntungan Kompetitif

Melalui SEO yang luar biasa, apakah pesaingmu sudah memiliki tempat teratas yang didambakan dalam hasil pencarian organik? Kamu dapat tampil di atas mereka dengan iklan berbayar dan mengambil klik yang seharusnya menjadi milik mereka.

Sebagian besar bisnis tidak menggunakan Search Engine Marketing secara maksimal. Mereka membayar lebih banyak dan mendapatkan lebih sedikit keuntungannya. Punya pesaing pintar? Strategi yang tepat juga dapat mengakali mereka untuk meningkatkan pangsa pasar sendiri.

SEM merupakan cara yang efektif untuk menargetkan calon pelanggan dan memandu mereka ke websitemu. Ingin mendapatkan hasil maksimal dari anggaran pemasaran bisnis? IDwebhost punya banyak layanan yang bisa kamu pilih untuk menunjang kesuksesan bisnis.

Penulis
Member since 2 Jul 2013