4 Alasan Riset Untuk Bisnis Itu Penting
Blog Tips Keren 4 Alasan Riset Untuk Bisnis Itu Penting

4 Alasan Riset Untuk Bisnis Itu Penting

Apakah kamu seorang pebisnis? Atau orang yang sedang ingin memulai bisnis? Bagi kamu yang sudah memulai bisnis mungkin sudah tahu akan hal ini, tapi yang baru akan memulai bisa jadi belum tahu. Jadi begini, mau bisnis itu besar atau kecil, kita semua wajib tahu bahwa pemasaran adalah aspek yang sangat penting dan punya peran besar dalam perkembangan bisnis tersebut. Iya kan? Kalau misalnya bisnismu katakanlah sangat bagus, tapi ternyata cara pemasarannya salah atau bahkan tidak melakukan pemasaran. Dan kamu membutuhkan riset untuk bisnis yang akan kamu jalani.

Cepat atau lambat bisnismu itu akan segera gulung tikar. Jadi, artinya, ketika kamu tidak menerapkan aspek pemasaran ini dengan baik dan benar, maka akan berdampak buruk pada bisnismu. Nah, bicara soal aspek penting di dalam pemasaran, setidaknya ada 6 aspek penting. Pertama adalah strategi, lalu riset pasar, pemasaran online atau pun digital, branding, penjualan perusahaan, dan juga ritel. Memang cukup banyak, tapi kali ini kita hanya akan membahas alasan riset untuk bisnis itu penting.

Jika kamu perhatikan, pada aspek kedua dari 6 aspek tersebut, riset pasar adalah hal yang juga sangat penting untuk kamu ketahui. Kenapa? Sederhananya begini, ketika kamu ingin tahu cara mengembangkan materi pemasaran dengan baik, maka kamu harus tahu donk apa saja yang harus kamu lakukan? Misalnya soal siapa targetnya, dan lain sebagainya. Nah, pemahaman semacam itu bisa kamu dapatkan ketika melakukan sebuah riset pasar. Lalu apa saja sih sebenarnya alasan riset untuk bisnis itu penting? Berikut 4 di antaranya;

 

Riset Untuk Bisnis

 

Mengetahui Target Pelanggan

Alasan riset untuk bisnis itu penting adalah karena tujuannya juga penting. Tujuan yang paling penting dari riset pasar adalah mengetahui siapa target pelangganmu. Kenapa tahu siapa targetmu menjadi penting? Tentu saja! Dengan tahu siapa targetmu, maka kamu bisa menentukan bahasa yang tepat untuk memasarkan bisnismu. Bukan hanya itu, jika dalam dunia desain, maka kamu juga bisa memilih warna yang disukai, objek gambar yang paling disukai, dan lain sebagainya. Sehingga ketika membuat sebuah promo bahkan, kamu akan bisa memilih gambar terbaik dan paling pas dan juga sesuai dengan target yang hendak kamu tuju.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk memasang diskon, berapa jumlah diskon yang akan kamu buat, dan lain sebagainya ketika kamu tahu siapa target pelangganmu. Sederhananya begini, kamu kan sudah punya barang untuk dijual. Dan pastinya barang yang kamu jual itu punya peminat, nah, peminat itulah yang harus kamu ketahui siapa saja. Itu ketika kamu sudah tahu siapa peminatnya. Lalu bagaimana kalau kamu mau expand?

Maka jawabannya ya tetap melakukan riset pasar. Katakanlah begini, kamu memiliki barang gelas untuk dijual. Sebelumnya pelangganmu ibu-ibu usia 35 tahun. Lalu kamu ingin menyasar ibu-ibu muda usai 25 tahun. Bagaimana caranya biar sukses? Lakukan riset pada pasar ibu-ibu muda usia 25 tahun. Apa saja gelas yang mereka suka, warna apa yang mereka suka dari sebuah gelas, dan apa alasan mereka membeli gelas. Dengan melakukan riset, kamu jadi bisa lebih memutuskan apakah benar akan mengambil target pasar itu untuk expand atau cukup tahu saja dan menyiapkan produk lain untuk target pasar tersebut. Bahkan ketika risetmu tidak sesuai hasil, kamu tetap memiliki data yang konkrit dan bisa dipergunakan untuk perkembangan bisnismu.

Mengetahui Segmen Pasar Bisnismu

Kamu pasti ingin bisa menjual produk bisnismu pada banyak orang kan? Entah siapapun itu. Tapi ketika kamu ingin meneliti banyak orang secara membabi buta, maka itu juga akan sangat tidak efisien dan buang banyak tenaga. Nah, melakukan riset membuatmu setidaknya punya tujuan yang jelas dan tidak asal bergerak saja. Itu sangat penting. Bahkan ketika kamu ingin membuat bisnismu dikenal oleh banyak orang, kamu harus melakukan pergerakan yang seefisien mungkin. Dengan melakukan riset pasar kamu bisa melakukan pergerakan yang efisien sekaligus hasil yang maksimal.

 

Riset Untuk Bisnis

 

Tahu Kompetitormu

Alasan riset untuk bisnis menjadi penting juga karena dengan melakukan riset, kamu bisa mengetahui kompetitormu. Kamu pasti sadar bahwa dalam sebuah ekosistem bisnis, kamu tidaklah sendiri. Ketika kamu tidak punya produk yang unik, maka kamu akan bisa tergerus dengan kompetitor yang bergerak di bidang yang sama sepertimu. Tujuan melakukan riset bukan hanya untuk menghasilkan produk yang otentik dan berbeda atau bahkan lebih baik dengan kompetitormu, tapi juga mempelajari cara mereka memasarkan barang. Kata siapa itu hal yang tabu? Justru hal itu bisa menjadi sebuah pelajaran penting agar kamu tetap mendapatkan hasil terbaik dari bisnismu.

Selain itu, ketika kamu tahu apa langkah kompetitormu, kamu juga bisa memperhitungkan langkah bisnismu selanjutnya. Bukan hanya untuk bisa menaklukkan kompetitor, tapi juga untuk bisa bertahan dengan baik dalam ekosistem bisnis tersebut.

BACA JUGA: Cara Memilih Domain Yang Sesuai Kebutuhan

Tahu Barang yang Akan Kamu Jual dan Caranya

Kalau kalian memperhatikan apa yang sudah kami sampaikan di atas, sebenarnya salah satu alasan riset untuk bisnis itu penting adalah kamu akan tahu barang apa yang akan kamu jual dan juga cara menjualnya. Ini sangat penting. Setelah kamu tahu pelangganmu, tahu kompetitormu, kamu bisa jadi juga tahu secara spesifik barang apa yang harus kamu jual. Artinya apa yang kamu jual bukan barang secara umum ya.

 

Riset Untuk Bisnis

 

Misalnya kompetitor jualan gelas, kamu sudah tahu kamu jualan gelas. Bukan begitu, tapi kamu jadi tahu apa identitas yang otentik dari barang jualanmu yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain. Tapi bukan hanya asal beda dengan kompetitor, tapi harus juga sesuai dengan target pasar yang kamu canangkan. Misalnya barang daganganmu gelas. Kalau gelas biasa, maka kamu sama dengan kompetitor lain. Lalu kamu berpikiran untuk membuat gelas dengan gambar anime misalnya. Pertanyakan terlebih dahulu, siapa target pasarmu. Kalau target pasarnya adalah emak-emak, maka anime tidak akan cocok. Tapi kalau target pasarmu anak muda, maka bisa jadi cocok. Karena itu nanti juga akan berpengaruh pada harga yang akan kamu pasang di produkmu.

Percayalah, beda target, maka harga juga harus dibedakan. Kamu menjual ke anak SMP dengan ke Ibu-ibu muda, harganya pasti beda. Jadi perhitungkan dengan baik dan ketahui barang apa yang akan kamu jual dan juga sekaligus cara menjual barang tersebut. Cara itu bisa pada cara komunikasi, waktu menjual, tempat menjual, dan lain sebagainya.

Itu tadi alasan riset untuk bisnis itu penting terutama bagi aspek pemasaran. Kamu tentu tidak ingin terus berspekulasi kan? Memang riset bisnis itu akan sangat merepotkan. Tapi hasilnya tidak akan mengecewakan sejauh kamu melakukannya sebagaimana mestinya. Jadi bagaimana? Sudah melakukan riset bisnis untuk bisnismu? Atau baru akan bergerak? Ingat, lakukan semua dengan serius, karena hasilnya akan sama baiknya dengan keseriusan atas riset tersebut.