8 Rekomendasi Riset Keyword Tool SEO Gratis Terbaik 2022

20 Apr 2022
8 Rekomendasi Riset Keyword Tool SEO Gratis Terbaik 2022

Dalam SEO, kata kunci atau keyword memiliki peranan yang sangat penting. Pemilihan kata kunci yang tepat akan memudahkan audiens untuk menemukan website Anda dan tentunya meningkatkan konversi. Untuk itu, Anda perlu untuk melakukan riset keyword yang mendalam. Nah, supaya lebih mudah, Anda dapat menggunakan tool riset keyword gratis.

Sebetulnya, jika Anda tidak ingin menggunakan keyword tool untuk melakukan riset juga tidak menjadi masalah. Akan tetapi, ada banyak fitur di dalam keyword tool yang dapat membantu Anda memilih kata kunci yang tepat sasaran. Seperti volume pencarian dari kata kunci tersebut hingga pada tingkat kesulitan dari kata kunci tersebut.

Nah, tanpa menggunakan keyword tool, tentu saja riset yang Anda lakukan hanya sebatas kata kunci apa saja yang ada di mesin pencari. Alhasil, pemilihan kata kunci yang Anda lakukan tidak maksimal dan tidak terlalu membuahkan hasil. Lalu, bagaimana cara melakukan riset keyword yang benar?

apa itu Keyword Tool

Apa itu Riset Keyword?

Mungkin bagi sebagian orang, riset keyword hanya sekedar mencari kata kunci mana yang dapat digunakan dalam membuat konten. Cukup mencarinya dalam mesin pencari dan melihat kata kunci apa saja yang muncul sesuai dengan topik konten Anda. Padahal, pengertian dari riset keyword lebih dari itu.

Riset keyword atau kata kunci adalah riset atau penelitian untuk menemukan kata kunci yang tepat dan relevan dengan topik. Nah, kata “tepat” yang dimaksud disini adalah Anda harus menemukan keyword yang tepat sasaran dengan tujuan Anda membuat konten. Bukan hanya sekedar mencari kata kunci apa yang ada di mesin pencari seperti Google.

Tanpa pemilihan keyword yang tepat melalui riset yang benar, teknik SEO yang Anda terapkan akan menjadi sia-sia. Hal ini karena tujuan dari pemasaran digital melalui SEO ini tidak tercapai. Sementara, ketika Anda melakukan riset dan memilih keyword yang tepat sasaran, maka bukan hanya traffic website yang meningkat tetapi juga jumlah konversi.

Lalu, bagaimana memilih keyword yang tepat dalam SEO? Agar keyword yang dipilih tepat sasaran, Anda harus mengetahui mana kata kunci yang memiliki nilai atau tidak. Meskipun mesin pencari memiliki banyak sekali kata kunci, tetapi tidak semua keyword tersebut memiliki nilai yang tinggi.

Lantas, bagaimana cara mengetahui nilai dari keyword? Untuk mengetahui nilai dari keyword, Anda dapat menggunakan tool riset secara gratis. Dalam setiap keyword tool gratis, terdapat beberapa fitur penting yang dapat membantu Anda untuk melakukan riset. Fitur-fitur tersebut seperti volume pencarian, tingkat kesulitan SEO, hingga rekomendasi long-tail keyword.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Riset Keyword

Agar keyword yang Anda pilih tepat sasaran, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan riset keyword menggunakan tool gratis. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dalam menentukan sebuah kata kunci, Anda harus memilih keyword yang bernilai tinggi. Nah, ada 4 hal yang perlu diperhatikan untuk memilih keyword yang bernilai tinggi.

  1. Search Intent

Search intent adalah apa yang menjadi niatan pembaca saat mencari di mesin pencari. Hal ini berkaitan dengan konten yang harus memenuhi keinginan dan kebutuhan audiens. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui search intent dari sebuah kata kunci atau topik yang Anda pilih. Nah, untuk mengetahui search intent ini, Anda dapat menggunakan tool riset keyword gratis.

Dalam keyword tool tersebut, Anda dapat mengetikkan kata kunci yang ingin Anda gunakan. Setelah itu, akan muncul berbagai konten terkait dengan kata kunci tersebut dengan jumlah kunjungan. Anda dapat memilih kata kunci dari konten mana yang paling banyak dikunjungi untuk Anda gunakan dalam konten website atau blog Anda.


  1. Volume Search

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah berapa volume search dari kata kunci yang Anda pilih. Volume search ini menunjukkan jumlah pencarian yang audiens lakukan terkait dengan kata kunci tersebut. Semakin besar angka volume search, semakin banyak jumlah orang yang mencari dan sebaliknya.

Akan tetapi, tidak semua kata kunci dengan volume search rendah artinya tidak bernilai. Semua hal itu kembali lagi pada search intent dari sebuah kata kunci, apakah sangat dibutuhkan oleh pembaca atau tidak. Nah, untuk mengetahui volume search ini Anda harus menggunakan tool riset keyword gratis.

  1. SEO Difficulty

SEO difficulty adalah angka yang menunjukkan tingkat kesulitan dari kata kunci untuk menempati halaman pertama SERP. Semakin tinggi angka SEO difficulty, semakin sulit pula konten Anda akan menempati halaman pertama SERP dengan kata kunci tersebut. Biasanya, keyword dengan volume search yang tinggi juga memiliki angka SEO difficulty yang tinggi.

Artinya, keyword tersebut memiliki nilai yang tinggi. Lalu, bagaimana caranya agar konten yang kita buat menempati halaman pertama dengan keyword yang bernilai tinggi? Anda dapat memilih keyword dengan jumlah SEO difficulty yang tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, konten Anda berkesempatan untuk menempati halaman pertama SERP.


  1. Tren Keyword

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah tren dari keyword tersebut. Sebetulnya, tren ini tidak terlalu menentukan apakah sebuah keyword bernilai tinggi atau tidak. Hal ini karena ada banyak sekali konten yang bersifat evergreen. Tetapi, dengan memilih keyword yang sedang tren juga dapat menaikkan traffic website dan juga mungkin jumlah konversi.

Anda dapat melakukan riset tren keyword ini secara gratis. Bahkan, Google pun memfasilitasi dengan adanya Google Trends. Melalui berbagai tool gratis, Anda dapat melakukan riset keyword yang tren saat ini di negara maupun dunia. Tetapi, dalam memilih keyword tetap kembali lagi pada search intent dari kata kunci tersebut, apakah dibutuhkan oleh audiens Anda atau tidak.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Trends untuk Pemula

Rekomendasi Tool Riset Keyword Gratis

Dari penjelasan di atas, Anda sudah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan riset keyword. Nah, agar riset kata kunci yang Anda lakukan dapat maksimal, Anda dapat menggunakan berbagai keyword tool gratis yang tersedia. Berikut ini rekomendasi keyword tool gratis untuk riset kata kunci yang maksimal.


  1. Google Planner – Riset Keyword Gratis

Keyword tool gratis pertama yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset adalah Google Planner. Sebagai sebuah keyword planner, tool SEO keluaran Google satu ini berfungsi untuk mencari kata kunci yang tepat sasaran. Sama seperti SEO tools pada umumnya, Google Planner juga menampilkan informasi volume search, SEO difficulty, dan juga cost per click.

Sebetulnya, keyword planner ini dibuat oleh Google untuk membantu para penggunanya untuk memaksimalkan Google Ads yang mereka pasang. Google Planner bekerja dengan memberikan informasi terkait kata kunci yang relevan dengan iklan bisnis yang akan para pengguna pasang. Nah, fitur kata kunci inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk konten di website dan blog Anda.

Google Keyword Planner

  1. Keywordtool.io

Salah satu cara agar penerapan SEO di konten Anda semakin maksimal adalah dengan juga menggunakan keyword turunan dan long-tail keyword. Nah, untuk melakukan riset kedua jenis keyword tersebut, Anda dapat menggunakan tool Keywordtool.io secara gratis. Caranya cukup mudah, cukup masukkan kata kunci yang Anda pilih di kolom pencari dan tekan tombol enter.

Setelah itu, Keywordtool.io akan menampilkan sejumlah hasil keyword yang relevan dengan kata kunci Anda. Tetapi, jika Anda ingin menggunakan fitur lain seperti volume search dan SEO difficulty, Anda dapat berlangganan layanan pro. Selain Google, keyword tool gratis yang satu ini juga dapat melakukan riset untuk Youtube, Play Store, Twitter, Amazon, dan lainnya.

Keywordtool.io

  1. Ubersuggest – Riset Keyword Gratis

Salah satu keyword tool gratis yang memungkinkan Anda mendapatkan berbagai informasi dalam sekali riset adalah Ubersuggest. Sama seperti keyword tools pada umumnya, Ubersuggest juga menampilkan informasi seperti volume search, SEO difficulty, dan lainnya selama satu bulan terakhir.

Tetapi, yang membedakan adalah Ubersuggest juga menampilkan informasi lain seperti ide keyword yang dapat Anda gunakan serta konten lain yang relevan dengan kata kunci Anda. Ada tiga fitur utama yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk riset keyword, yaitu keyword analyzer, competitive analysis, dan SEO explorer.

Baca Juga: Panduan Ubersuggest : Tools Efektif Untuk Riset Keyword dan Analisa Website

Ubersuggest

  1. Soovle – Riset Keyword Gratis

Seperti yang kita ketahui, audiens bukan hanya berasal dari Google saja, bukan? Oleh karena itu, penting juga bagi Anda untuk mengetahui rekomendasi kata kunci dari platform lainnya. Untuk memudahkan riset ini, Anda dapat menggunakan keyword tool Soovle secara gratis. Yang menarik dari Soovle ini adalah fitur riset keyword dari berbagai platform secara sekaligus.

Soovle bukan hanya menampilkan rekomendasi keyword dari Google atau Bing saja, lho. Ada banyak platform besar seperti Wikipedia, Youtube, Yahoo, Amazon, Answers, dan lainnya yang masuk dalam hasil riset dari Soovle. Dengan menggunakan Soovle, tentunya rekomendasi keyword Anda menjadi semakin luas.

 

  1. LSI Graph Keywords

Agar penggunaan keyword dalam setiap konten Anda semakin maksimal, Anda dapat menggunakan LSI (Latent Semantic Indexing) dalam setiap konten Anda. Nah, untuk mendapatkan LSI yang tepat, Anda dapat menggunakan keyword tool LSI Graph Keywords secara gratis untuk melakukan riset.

Ada banyak fitur yang keyword tool gratis ini tawarkan kepada pengguna dalam melakukan riset. Mulai dari unlimited LSI keyword, precise search volume data, Latent Semantic Value, hingga pada situs web teratas dengan keyword tersebut. Nah, semua fitur ini dapat Anda gunakan secara gratis untuk melakukan riset LSI keyword.

LSI Keywords

Kesimpulan

Keyword adalah komponen paling penting dalam teknik SEO. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk melakukan riset terhadap keyword yang tepat. Nah, riset keyword ini dapat Anda lakukan secara gratis dengan menggunakan rekomendasi tool di atas. Tetapi, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal penting dalam melakukan riset keyword menggunakan tool gratis.

Nah, salah satu komponen penting yang berpengaruh terhadap traffic dan peringkat website adalah performa dari situs itu sendiri. Agar performa situs Anda semakin baik, gunakan layanan hosting murah dari IDwebhost. Selain hosting murah, IDwebhost juga menyediakan berbagai layanan web hosting lainnya seperti domain murah dan pembuatan website.

Nah, supaya makin murah, jangan ketinggalan promo menarik dari IDwebhost dengan klik disini!

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022