Simak Cara Paling Mudah Melakukan Reset Password VPS
Blog Tips Keren Simak Cara Paling Mudah Melakukan Reset Password VPS

Simak Cara Paling Mudah Melakukan Reset Password VPS

Cara mudah reset passsword VPS sangat penting untuk dipelajari khususnya buat Anda yang ingin memaksimalkan websitenya. Di zaman yang serba maju ini tentunya kita akan dipermudah dalam memperoleh apa yang kita inginkan. Semakin berkembangnya teknologi seperti virtualisasi kadang membuat hal tersebut tidak masalah karena kita bisa menghost beberapa server dengan hanya satu server fisik saja salah satunya adalah VPS.

VPS (Virtual Private Server) adalah server fisik yang bisa dibagi menjadi beberapa server virtual yang masing-masing dapat dilakukan penginstalan OS. Jika djlihat dari fungisnya, VPS memang sekilas mirip dengan shared hosting, hanya saja ada sedikit perbedaaannya yaitu mengenai resource yang lebih besar.

Dengan adanya teknologi virtualisasi yang ada pada VPS ini, Anda bisa melakukan penginstalan OS dan software tambahan yang Anda inginkan. Selain itu Anda juga bisa melakuan back up server yang berfungsi untuk mengurangi adanya masalah pada data seperti data hilang atau terhapus secara tidak sengaja. Bagi Anda yang saat ini sedang mengelola website, tentu keamanan selalu menjadi hal yang sangat penting. Agar lebih aman, maka Anda harus mengkombinasikan password dengan huruf kecil besar, simbol dan angka. Semakin kuat kata sandi atau password yang Anda buat maka VPS akan semakin aman.

Namun terkadang, kita sendiri yang membuat password malah justru lupa. Jika Anda juga pernah mengalami hal ini, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan reset password VPS. Cara reset password VPS tentunya sangat mudah karena Anda bisa melihat dengan tutorial berikut ini.

reset password vps

Cara Mudah Reset Password VPS

1. Lakukan Login Client Area IDwebhost.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk ke Client Area IDwebhost. Jika Anda belum memiliki akun maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan klik akun kemudian daftar akun. Bagi yang sudah memiliki akun maka yang harus Anda lakukan adalah dengan memasukkan alamat email dan password. Jangan lupa masukkan juga kode validasi. Setelah itu tinggal klik masuk.

2. Memilih VPS.

Setelah Anda b isa masuk ke Client Area IDwebhost, nantinya kamu akan diarahkan ke dashboard client area. Untuk mengubah password VPS, silakan klik service.

3. Mengubah Password VPS.

Setelah itu akan muncul beberpa pilihan. Pada kolom ini kemudian pilih  change password. Kemudian Anda akan diminta mengisi password baru. Ingat baik-baik password yang sudah Anda isikan. Jika sudah muncul tulisan “Your Password Will Be Changed When The VPS is Booted again”. Maka password sudah  berhasil direset.

4. Restart VPS

Jika sudah, maka langkah yang terakhir adalah dengan melakukan reboot atau restart VPS. Reset password VPS telah berhasil. Sekarang Anda bisa melakukan login ke VPS dengan password baru. Salah satu hal yang dieprhatikan dalam memanfaatkan website untuk bisnis online adalah keamanan password. Maka tak heran jika banyak anjuran agar pemilik website melakukan pergantian password. Ada beberapa alasan penting mengapa Anda harus melakukan reset password.

Pentingnya Melakukan Reset Password

1. Menjaga keamanan Informasi Akun.

Sebuah website yang digunakan untuk bisnis online biasanya harus memiliki password yang kuat. Hal ini karena banyak informasi yang terdapat pada akun tersebut. Salah satu alasan melakukan reset password adalah untuk menjaga keamanan dan informasi akun. Terlebih jika Anda sedang mengelola website untuk jualan online, maka harus sering ganti password. Akun yang dipakai untuk jualan online mengandung banyak informasi yang sangat penting dan sangat rawan.

2. Mencegah Gangguan Hacker.

Sekuat apapun password yang Anda buat, pasti akan sangat mudah ken bobol. Untuk memgantisipasi hal ini maka Anda harus rutin melakukan reset password. Minimal 2-3 bulan sekali lakukan reset password agar akun Anda lebih aman dari gangguan hacker. Kita tidak akan pernah tahu berapa kali hacker akan mengakses akun kita. Bahkan saat kita lengah dan tidak  mengganti password maka mereka akan dengan mudah mengotak-atik akun kita, Untuk mencegah hal itu, sebaiknya reset password secara berkala.

3. Mencegah Peretasan Melalui Password Yang Disimpan.

Ketika Anda melakukan login di laptop atau komputer pribadi, maka kebanyakan akan menyimpannya password yang username dengan alasan memudahkan untuk login selanjutnya. Inilah untungnya jika Anda rutin mereset password karena akan mencegah hacker iseng yang kebetulan sedang “mampir” di laptop pribadimu.

4. Membatasi Akses Yang Diperoleh Logger Keystroke.

Logger Keystroke adalah teknologi pengawasan yang digunakan untuk merekam penekanan tombol. Hal itu biasanya berfungsi untuk mengunci password pada sebuah akun. Di luar sana mungkin Logger Keystroke akan dimanfaatkan oleh hacker. Dengan mengubah password secara teratur maka dapat mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian menggunakan logger keystroke.

Tips Membuat Password Yang Aman

1. Gunakan Password Yang Panjang.

Agar mudah diingat, seringkali orang lebih suka memilih password yang pendek. Tapi jenis password yang pendek justru tidak aman karena mudah dihack. Gunakan password yang lebih panjang supaya lebih aman.

2. Sertakan Kombinasi Angka, Huruf dan Simbol.

Password yang aman adalah yang memiliki kombinasi antara huruf, angka dan simbol. dengan memilih kombinasi ini, maka hacker akan kesulitan membobol password Anda. Meski agak sulit diingat, tapi jenis password ini sangat kuat

3. Buat Password Yang Mudah DIingat Tapi Sulit Ditebak.

Semua pemilik website tentu selalu memiliki password unik, terlebih Jika Anda memiliki sebuah toko online. Sebaiknya buatlah password yang mudah Anda ingat tapi sangat sulit ditebak. Misalnya, gunakan password dengan menggunakan kejadian yang Anda alami pada saat itu. Sebagai contoh, 2607BuyPowerBank).

4. Gunakan Password Yang Berbeda Pada Setiap Akun.

Jika Anda memiliki lebih dari 1 toko online, maka usahakan antara website yang satu dengan yang lain berbeda. Ini adalah upaya untuk pencegahan ketika password salah satu akun Anda diretas. Jika kita menggunakan password yang beda, maka yang lainnya masih aman.

5. Hindari Menggunakan Password Yang Sudah Umum.

Password yang sudah umum yang dimaksud di sini adalah tanggal lahir. Berdasarkan survey, ternyata penggunaan tanggal lahir ini menempati urutan paling atas. Demi kemananan sebaiknya hindari pemilihan password dengan memilih tanggal lahir.

Memilih password yang aman bukan berarti harus yang rumit. Namun jika Anda lupa dengan password yang Anda buat maka bisa melakukan reset password. Begitulah cara paling mudah reset password VPS. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.