Beberapa Rekomendasi Plugin WordPress Yang Layak Untuk Diinstal
Blog Tips Keren

Beberapa Rekomendasi Plugin WordPress Yang Layak Untuk Diinstal

Plugin WordPress memiliki peran penting bagi para anda yang ingin membangun sebuah website. Dengan adanya plugin maka anda tidak perlu ilmu coding sedikit pun untuk membangun situs yang diinginkan. Pasalnya, semua coding tersebut telah dimasukan kedalam plugin yang ada di WordPress. Sehingga pada saat anda menciptakan sebuah website, anda hanya tinggal menginstall sejumlah plugin tertentu untuk memaksimalkan tampilan dan layanan yang dimiliki. Bagi para ahli di bidang IT mungkin, memilih plugin yang tepat sudah biasa. Tapi bagi anda yang baru saja menginstall WordPress dan kurang begitu paham tentang apa saja plugin WordPress yang sebaiknya anda install, berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa dipilih.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa poin yang wajib anda perhatikan tentang pilihan plugin mana yang sebaiknya anda gunakan. Pertama, anda sebaiknya memilih plugin WordPress yang mudah dipakai. Anda butuh sebuah plugin yang bisa dikonfigurasikan sesuai kebutuhan pastinya. Selanjutnya, anda juga sebaiknya memilih plugin yang gratis saja, tapi punya daya kegunaan maksimal. Disini ada puluhan ribu plugin yang bisa anda install untuk WordPress. Jadi tinggal masukan saja kata kunci plugin apa yang anda kehendaki untuk dipaasang di tampilan situs tersebut.

VaultPress: Plugin WordPress Untuk Backup

Plugin WordPress
idwebhost

Anda tidak tau kapan saja error bisa terjadi pada backend maupun frontend website anda. Oleh karena itu, untuk urusan backup sebaiknya anda serahkan saja pada plugin ahlinya. Disini VaultPress akan memudahkan anda untuk membackup data yang diinginkan tanpa ribet. Plugin ini sangat pas dipakai anda yang punya website besar dengan banyak fitur yang harus anda backup didalamnya. Semua proses akan bisa anda jalankan dengan mudah. Cukup dengan 1 klik untuk backup saja, anda akan tau beres. Hasil backup bisa anda simpan untuk kemudian dipakai di kemudian hari. Selain itu, VaultPress juga menyediakan fitur realtime backup yang bisa anda lakukan. Anda juga bisa melakukan restore secara otomatis dalam hitungan detik saja.

Akismet: Plugin Untuk Menghapus Spam

Spam adalah junk mail yang kerap menyerang situs-situs WordPress yang tak memiliki pelindung. Dengan adanya plugin WordPress yang satu ini, maka anda akan bisa langsung menggunakannya untuk menghapus segala bentuk SPAM yang menyerang web anda. Biasanya fitur ini juga otomatis terpasang di WordPress yang baru anda install. Jadi tak ada yang perlu anda cemaskan lagi. Disini Akismet juga bisa mendeteksi adanya spam secara otomatis. Biasanya spam tersebut juga beragam jenisnya, ada yang berasal dari komentar-komentar yang tidak berkaitan dengan isi konten anda. Kenapa memakai Akismet? Pasalnya, plugin WordPress ini memiliki database yang terlengkap dan paling besar di seluruh dunia. Harganya pun juga free alias gratis.

W3 Total Cache dan W3 Super Cache: Plugin Untuk Meningkatkan Kecepatan Situs

Plugin untuk mengurus cache memang penting untuk dimiliki. W3 Total dan W3 Super Cache bisa menjadi andalan untuk mengatasi masalah cache yang terjadi pada berbagai jenis CMS website. Selain itu, plugin ini juga ribet digunakan. Anda tidak akan melihat begitu banyak tombol pengaturan disini. Plugin ini tinggal anda install saja dan akan berjalan sendirinya. Anda hanya tinggal tau beres saja. Proses pengaturannya juga bisa anda terapkan dengan mudah dan cepat. Harganya juga gratis dan anda bisa menginstall plugin tersebut kapan saja anda mau. Dua plugin ini juga bukan opsi satu-satunya, karena ada opsi plugin lain seperti WP Rocket yang bisa anda gunakan. Fungsinya juga sama, yakni meningkatkaan performa website dan juga menjadi solusi untuk masalah cache paling optimal. Sayangnya untuk bisa menikmati plugin ini anda harus mengeluarkan dana sekitar 39 Dollar.

AddThis: Plugin Social Media

Plugin WordPress
idwebhost

Memiliki web yang terkoneksi dengan social media sangatlah penting. Disini plugin WordPress bernama AddThis akan membantu anda untuk membagikan konten yang anda buat didalam website. Plugin yang satu ini juga menyediakan fasilitas sharing yang bisa anda lakukan via Smartphone.  Jadi anda tidak perlu lagi repot buka laptop dan mengerjakan tugas anda. Cukup dengan menggunakan Smartphone saja, plugin ini juga bisa bekerja dengan baik. Selain itu AddThis juga menjadi plugin WordPress yang terintegrasi langsung dengan Google Analytic. Jadi anda akan memperoleh data yang tepat dan akurat untuk perencanaan pengembangan website anda kedepannya nanti.

JetPack: Plugin WordPress untuk Perlindungan Website

Plugin WordPress JetPack menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi anda untuk mencegah masalah brute force. Apa itu brute force? Istilah ini mengacu pada serangan yang dilancarkan oleh hacker membobol akun yang anda miliki. Mereka akan masuk ke halaman login dashboard WordPress anda. Kemudian memasukan username dan password berkali-kali sampai kombinasinya benar. Hal ini biasanya mereka lakukan secara manual maupun otomatis. Apabila penyusup tersebut sampai berhasil membobol situs anda maka tamatlah sudah. Web anda akan langsung mengalami masalah yang luar biasa sulit penanganannya. Dengan adanya JetPack ini maka aksi brute force akan bisa dicegah sejak dini. JetPack juga akan langsung menotifikasi email anda kalau ada orang tak dikenal berusaha masuk situs anda.

EWWW Images Optimizer: Plugin Untuk Menyesuaikan Gambar Website

Plugin WordPress
idwebhost

Anda bisa memanfaatkan plugin WordPress yang satu ini untuk mengkompress gambar agar menjadi lebih ringan. Misal anda mengupload gambar berukuran 1 MB, maka plugin ini akan secara otomatis melakukan penyesuaikan ukuran yang anda inginkan. Hal ini mencegah supaya situs tidak menjadi semakin berat. Anda bisa melakukan compress dengan plugin ini untuk gambar tipe JPG, PNG dan lain sebagainya. Metode yang digunakan adalah Lossless yakni ukuran menjadi kecil tapi kualitas tidak akan menurun.

Baca Juga: Mereview Dedicated Server IDwebhost Sebagai Hosting Terbaik

Yoast SEO: Meningkatkan Traffic Situs

Inilah sebuah plugin WordPress yang paling banyak digunakan oleh pengguna web di seluruh dunia. Dengan adanya plugin ini maka anda akan bisa dengan mudah mengoptimalkan SEO yang dibutuhkan web. SEO atau Search Engine Optimization sangat penting guna membuat web yang anda miliki masuk di jajaran ranking 1 mesin pencari Google. Anda akan mendapatkan kemudahan menciptakan konten yang SEO, yakni dengan memberikan penilaian warna merah untuk SEO yang kurang, dan hijau untuk SEO yang bagus. Selain itu, anda bisa mengedit meta description, meta title, dan lain sebagainya dengan mudah.  Plugin ini juga mampu membantu anda mengubah .htaccess jika diperlukan. Selain itu, Yoast juga mampu memperbaiki segala kemungkinan error yang terjadi di search console.

Google Analytic By Yoast: Plugin Untuk Analisa Aktivitas

Plugin WordPress yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Pasalnya Yoast juga tersinkronisasi dengan Google Analytic. Hal ini penting untuk memberikan kepada anda data yang akurat terkait aktivitas yang terjadi dalam situs yang anda miliki.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.