Rekomendasi Plugin Lazy Load untuk WordPress
Blog Tips Keren Rekomendasi Plugin Lazy Load untuk WordPress

Rekomendasi Plugin Lazy Load untuk WordPress

Lazy load adalah sebuah cara yang bisa digunakan untuk mempercepat loading dan juga meningkatkan performa sebuah website. Semakin baik performa website, maka akan menjadi sangat mudah untuk menempati halaman utama pada google. Apalagi SEO juga merupakan factor agar performa website Anda meningkat. Beberapa plugin lazy load juga bisa Anda gunakan untuk mendongkrak perfoma website Anda.

Mengenal Plugin Lazy Load

Plugin lazy load merupakan sebuah teknik yang digunakan dalam rangka membuat sebuah pemuatan gambar pada website menjadi tidak singkrn. Hal tersebut berfungsi agar bisa menjaga browser tetap tidak memuat pada bagian halaman web yang berisi gambar. Caranya adalah dengan menunda bagian tersebut sampai dengan mereka akan benar-benar dibutuhkan. Sehingga, page size akan menjadi lebih kcil dan bisa membuat website Anda menjadi lebih cepat untuk diakses. Atau bisa dikatakan, jika gambar tidak dimuat sampai dengan pengujung melakukan scrolling dan gambar ada dalam vieport. Oleh karena itu browser juga tidak perlu lagi menunggu halaman tersebut agar bisa memuat dalam waktu yang lama.

Keuntungan Menggunakan Plugin Lazy Load

Beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan plugin lazy load adalah:

  1. Bisa mempercepat loading website Anda
  2. Dapat menghemat bandwith dan juga resource server. Karena lazy load bisa mengurangi beban untuk server baik secara resource ataupun bandwidth. Sehingga performa website Anda akan menjadi lebih baik.
  3. Pengujung website tidak akan membuang waktu terlalu banyak untuk menunggu gambar yang tidak akan mereka lihat.
  4. Bisa meningkatkan user experience. Apalagi lazy load mempunyai pengalaman yang sangat baik, termasuk untuk mereka yang mempunyai koneksi yang buruk.

plugin lazy load

Rekomendasi Plugin Lazy Load Untuk WordPress Anda

Walaupun sebenarnya sangat memungkinkan untuk menambahkan lazy load ke dalam wordpress secara manual, tetapi dengan menggunakan plugin lazy load akan menjadi lebih mudah. Tentunya dengan menggunakan salah satu rekomendasi plugin dibawah ini. Dan ketika akan mengaktifkannya tidak perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Sehingga bisa membuat website Anda mempunyai performa yang jauh lebih baik.

Lazy Load

Merupakan plugin yang sangat memungkinkan bagi Anda agar bisa menerapkan fitur lazy load pada wordpress Anda. Plugin ini juga sudah mempunyai lebih dari 90.000 pemasangan. Kontributor dari plugin lazy load adalah tim Automattic yang termasuk dalam pengembang wordpress. Plugin lazy load ini menggunakan jQuery.sonar yang digunakan untuk memuat setiap gambar pada halaman yang hanya akan dimuat ketika muncul di viewport. Plugin ini hanya mempunyai ukuran sebesar 20Kb saja, dan Anda perlu melakukan instalasi dan mengaktifkannya agar bisa menggunakan tanpa kesulitan dan juga melakukan sebuah konfigurasi.

WP Rocket

Adalah plugin All in One yang mempunyai fitur yang sangat banyak, contohnya seperti caching,minify file dan salah satu fitur yang sudah pasti ada adalah lazy load. Dengan adanya fitur lazy load akan sangat memungkinkan untuk dapat digunakan pada gambar termasuk thumbnail, widget, avatar dan juga emoji. Termasuk salah satu plugin premium dan Anda dapat menggunakam versi yang gratis dengan menginstall lazy load by WP Rocket. Ternyata, plugin ini tidak menggunakan librabry javascript, sehingga hanya berukuran 10Kb saja.

A3 Lazy Load

Merupakan sebuah plugin gratis yang sangat memungkinkan Anda dalam menerapkan lazy load yang dilakukan pada gambar, video dan juga iframe dalam postingan di wordpress. Plugin ini juga mempunyai fungsi untuk membantu menyematkan postingan dan juga kompatibel dengan WooCommerce. Tim developer A3 Lazy Load ini mengklaim jika plugin yang mereka buat mempunyai fitur yang paling lengkap. Dan plugin ini juga sangat memungkinkan Anda agar bisa memilih apakah akan membuat skrip pada header atau footer atau malah mengabaikan gambar dan juga video.

plugin lazy load

BJ Lazy Load

Merupakan sebuah plugin gratis yang terbaik, simple dan juga sederhana. Plugin ini sudah mempunyai 60.000 pemasangan lebih. Dan juga mempunyai review  bintang dengan cukup baik. Selain itu, plugin ini juga sangat simple untuk bisa menerapkan lazy load, karena hanya dengan menginstall dan mengaktifkan maka fitur lazy load sudah bisa diterapkan dengan otomatis. Memang tidak ada pengaturan yang berlebihan untuk menggunakannya. Ternyata dengan menggunakan plugin ini juga akan menggantikan semua gambar maupun iframe yang ada di konten.

WordPress Infinite Scroll – Ajax Load More

Salah satu plugin yang cocok diterapkan untuk scroll postingan, single post, page, maupun eleman halaman lain dengan cara membangun shotcode custom Anda sendiri. Salah satu plugin yang merupakan rekomendasi terbaik jika Anda ingin menerapkan lazy load untuk semua elemen dalam website yang Anda punya. Plugin ini juga mempunyai konfigurasi yang sangat mudah. Sehingga Anda tidak perlu susah agar bisa menggunakan plugin ini. Apalagi page load time juga merupakan factor penting dalam SEO dan juga User Experience, tentunya dengan menerapkan Lazy Load adalah cara yang terbaik agar bisa meningkatkan performa sekaligus loading website.

Teknik yang digunakan dapat mengurangi page size dan juga permintaan HTTP. Sehingga akan sangat memungkinkan jika pengujung agar bisa melihat website yang diinginkan dengan cara lebih cepat tanpa perlu menunggu pemuatan secara penuh. Anda juga dapat menggunakan salah satu rekomendasi  lazy load ini untuk mulai diterapkan pada website yang Anda miliki.

Speed Up Lazy Load

Salah satu plugin yang menerapkan metode agar menghindari download gambar dan juga iframe yang tidak bisa ditampilkan pada layar. Dan hanya akan ditampilkan ketika pengguna sudah sampai pada gambar yang dimaksud. Hal ini juga bisa meningkatkan kecepatan pada beban halaman dan bisa meghemat bandwidth. Termasuk salah satu plugin yang mudah untuk digunakan. Dan tidak adanya konfigurasi yang perlu dilakukan. Sehingga Anda hanya perlu melakukan instalasi kemudian plugin tersebut akan berjalan. Tidak ada tindakan lanjut yang diperlukan dan didukung dengan kapasitas plugin yang ringan hanya sebesar 5Kb saja.

plugin lazy load

Dengan menerapkan lazy load pada wordpress memang membantu dalam mempercepat loading situs meskipun banyak gambar dengan ukuran yang besar. Selain itu juga bisa menghemat bandwidth. Apalagi dengan plugin gambar bisa dimuat ketika gambar diatas flip. Maksudnya, foto ataupun gambar yang nantinya terlihat pada tampila browser pengguna saja yang nantinya akan dimuat. Contohnya jika dalam satu page halaman Anda akan menampilkan 10 gambar besar, maka hanya beberapa gambar pertama atau yang paling atas dari postingan yang nantinya akan dimuat. Selain itu, gambar yang lain juga akan secara otomatis dimuat ketika mereka melakukan scrolling ke bawah halaman.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.