Rekomendasi Aplikasi Edit Foto untuk PC dan HP Terbaik 2023

30 Mei 2023
Rekomendasi Aplikasi Edit Foto untuk PC dan HP Terbaik 2023 campaign-unlimited

Sebab konten sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, kini semakin banyak aplikasi edit foto canggih yang tersedia gratis maupun berbayar. Saking banyaknya ini, wajar saja jika kamu bingung untuk memilih aplikasi yang tepat. Nah, pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi aplikasi edit foto terbaik untuk kamu!

Daftar aplikasi yang kami rekomendasikan berikut ini tersedia untuk pengguna hp dan laptop atau PC. Setiap pengguna tentu memiliki preferensi perangkat yang berbeda untuk mengedit foto. Penasaran apa saja aplikasinya? Mari langsung saja meluncur ke ulasannya di bawah ini!

Aplikasi Edit Foto Hp

Rekomendasi aplikasi edit foto yang pertama ini khusus untuk pengguna perangkat hp. Tidak sedikit pengguna lebih senang mengedit dari hp. Selain praktis, hasil editan di hp juga lebih fleksibel untuk langsung dibagikan ke berbagai media sosial. Berikut adalah daftar aplikasi yang kami rekomendasikan:

1. Snapseed

rekomendasi aplikasi edit foto

Aplikasi buatan Google ini masih menjadi salah satu aplikasi edit foto terbaik andalan para pengguna hp. Fitur utamanya yang membuat banyak pengguna tertarik untuk menggunakannya adalah pengaturan white balance. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengatur komposisi cahaya dalam foto RAW.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Gmail dengan Mudah

Meskipun sekilas pengaturan komposisi cahaya terdengar cukup profesional, Snapseed juga cocok untuk digunakan oleh pemula. Ini dikarenakan Snapseed menyediakan fitur Auto Edit. Fitur ini mampu membantu pengguna awam untuk mengedit foto hanya dengan sekali klik saja.

2. Prisma

Berikutnya adalah Prisma. Semula Prisma merupakan aplikasi edit foto populer yang eksklusif untuk pengguna iOS saja. Semakin tingginya minat pengguna android membuat Prisma akhirnya tersedia untuk OS satu ini pada tahun 2016. Prisma menawarkan ciri khas berupa aksen artistik pada hasil editannya.

Kamu bisa menggunakan berbagai filter menarik yang disediakan di dalamnya untuk menghasilkan foto yang aesthetic. Bahkan, hasil foto editan dari Prisma dinilai memiliki kualitas yang setara dengan foto hasil bidikan seorang profesional, lho.

3. Adobe Lightroom

rekomendasi aplikasi edit foto

Rekomendasi aplikasi edit foto selanjutnya adalah Adobe Lightroom. Aplikasi ini adalah pelengkap kebutuhan konten media sosial seperti Instagram saat ini. Banyak content creator mengedit foto di hp dengan Adobe Lightroom untuk menghasilkan foto bagus yang instan. Kok bisa?

Mengedit foto secara instan dengan Adobe Lightroom memungkinkan sebab adanya fitur preset. Kamu dapat membuat preset efek sesuai dengan seleramu. Selanjutnya, preset tersebut dapat disimpan dan digunakan untuk diaplikasikan kembali pada foto-foto lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Email Menggunakan Gmail

4. VSCO

Jika kamu mencari aplikasi edit foto simpel dengan hasil yang pasti bagus, VSCO adalah jawabannya. Selain menyediakan berbagai pengaturan edit foto dasar, VSCO juga dibekali dengan berbagai efek filter yang bisa digunakan dan disesuaikan sesuai maumu.

Tidak perlu khawatir harus berlangganan, VSCO menyediakan pilihan filter yang gratis dan berbayar. Kamu tetap bisa memaksimalkan penggunaan filter gratis untuk menghasilkan foto keren. Menariknya, VSCO menyediakan banyak pilihan filter foto ala kamera analog, lho.

5. Adobe Photoshop Express

Rekomendasi aplikasi edit foto berikutnya adalah Adobe Photoshop Express. Seperti yang sudah diketahui oleh khalayak umum, Adobe tidak pernah gagal dalam menciptakan aplikasi edit foto. Aplikasi ini banyak dibutuhkan untuk mengedit foto selfie atau foto yang menampilkan exposure pada bagian wajah.

Adobe Photoshop Express dapat memberikan hasil edit berupa tampilan wajah yang flawless. Ini dikarenakan adanya fitur blemish-removal yang dapat menyamarkan noda hitam pada area wajah.

Aplikasi Edit Foto PC

Lalu, bagaimana dengan aplikasi edit foto laptop atau PC? Sama seperti perkembangan aplikasi edit foto untuk hp, kini ada banyak pilihan software edit foto yang tersedia untuk perangkat PC. Berikut adalah rekomendasinya:

1. Luminar

Rekomendasi yang pertama adalah Luminar. Ini merupakan aplikasi edit foto PC yang mudah digunakan. Di dalamnya, kamu bisa menemukan lebih dari 40 filter foto. Semua filter-filter ini bisa kamu aplikasikan pada foto dan sesuaikan intensitasnya sesuai dengan seleramu.

Apabila kamu masih awam, Luminar juga menyediakan berbagai fitur edit otomatis. Misalnya seperti pada fitur edit warna, lens distortion, dan lainnya. Fitur koreksi otomatis bahkan dapat membantumu untuk menemukan warna asli yang cocok untuk foto. Dengan demikian, hasil edit bisa terlihat natural namun tetap estetik.

2. PhotoScape

rekomendasi aplikasi edit foto

Jika perangkatmu tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, kamu bisa menggunakan PhotoScape untuk mengedit foto. PhotoScape adalah aplikasi edit foto yang ringan dan mudah digunakan untuk awam sekalipun. Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana yang mudah dioperasikan.

Selain dapat menggunakan berbagai filter efeknya, dengan PhotoScape kamu juga bisa membuat kolase foto mirip seperti hasil foto photobox. Pilihan stikernya juga bisa kamu gunakan untuk membuat foto yang lucu.

Baca Juga: Perbedaan SEO dan SEM

3. DxO Photolab

Rekomendasi aplikasi edit foto berikutnya cocok untuk kamu yang sedang mencari software editing profesional. DxO Photolab adalah aplikasi yang dirancang oleh fotografer. Kamu bisa menemukan berbagai fitur dan tools profesional di dalamnya.

DxO Photolab bekerja dengan baik untuk membantumu memberikan koreksi warna dan tone pada foto. Akan tetapi, aplikasi ini bukanlah aplikasi gratis. Kamu perlu membayarkan sejumlah biaya untuk membeli aplikasi DxO Photolab dari website resminya langsung.

4. GIMP

Pilihan lain aplikasi edit foto untuk PC yang gratis adalah GIMP. Meskipun gratis, kamu tidak perlu khawatir dengan hasil editnya. GIMP memberikan hasil edit dengan kualitas di atas rata-rata. GIMP dapat membantumu untuk menyesuaikan komposisi cahaya dan warna pada fotomu.

Bukan hanya bisa mengedit foto, kamu juga bisa membuat gambar grafis seperti logo. Menarik, ya? Bisa dibilang, GIMP adalah aplikasi edit foto PC gratis yang serbaguna untuk berbagai kebutuhan editing. Aplikasi ini bisa mendukung Windows, Linux, dan MacOS.

5. Pixlr Online

Mau edit foto online dari PC atau laptop? Bisa, lho. Rekomendasi aplikasi edit foto online terbaik yang bisa kamu coba adalah Pixlr Online.

Untuk menggunakan versi editing online ini, kamu bisa mengunjungi situs resmi Pixlr. Mirip dengan aplikasi versi mobilenya, Pixlr online juga menyediakan pilihan tools yang lengkap.

Baca Juga: Apa Sih, PPC Itu?

Tampilannya sederhana dan mirip seperti antarmuka Photoshop. Pixlr memiliki alat yang lengkap, tersedia online, dan mudah dioperasikan. Tidak heran jika aplikasi ini banyak disukai oleh kalangan anak muda. Kamu bisa mengakses aplikasi edit foto online ini di mana saja tanpa perlu melakukan instalasi pada perangkat.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit foto untuk PC dan hp terbaik di 2023 yang boleh kamu coba. Atur intensitas cahaya dan tone warna yang sesuai dengan keinginanmu. Jangan lupa bagikan juga hasil editmu di media sosial, ya.

Jika kamu suka ulasan ini, baca juga berbagai artikel lainnya di blog IDwebhost. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai layanan dukungan untuk membangun website terbaikmu, lho!

Mulai dari layanan web hosting, jasa pembuatan website toko online, domain, VPS, dan masih banyak lainnya. Tunggu apalagi? Temukan paket pilihanmu di sini, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022