10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Gratis, Perhatikan Nomor 10
Blog Bisnis 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Gratis, Perhatikan Nomor 10

10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Gratis, Perhatikan Nomor 10

Solusi aplikasi absensi tentu dapat membantu dalam merencanakan, mengelola, dan memantau kehadiran atau ketidakhadiran karyawan. Saat ini, banyak produk aplikasi absensi online berkualitas tinggi untuk kebutuhan perusahaan yang berbeda. Apalagi di masa pandemi yang memaksa perusahaan untuk mempekerjakan karyawannya secara Work From Home tentunya membuat layanan ini makin digandrungi oleh banyak perusahaan.

Sebelum membahas lebih jauh tentang aplikasi absensi, tentu setiap HRD di perusahaan harus terlebih dahulu mengetahui beberapa manfaat yang bisa diperoleh perusahaan apabila menggunakan aplikasi absensi online untuk mengelola karyawannya:

1. Aplikasi absensi memiliki tingkat akurasi pencatatan kinerja karyawan yang lebih baik dibandingkan apabila Anda mencatatnya secara manual di dokumen. Kesalahan sekecil apapun bakal berdampak buruk saat menilai kinerja karyawan. Nah, aplikasi absensi ini selain mempermudah kerja tim HRD juga bisa memperkecil human error.

2. Dengan menggunakan aplikasi absensi tentunya perusahaan bisa menghemat waktu dan biaya yang banyak. Pekerjaan tim HRD bakal lebih mudah dan efisien saat mengelola karyawannya.

3. Tim HRD bakal lebih mudah memantau karyawannya, terutama yang bekerja secara work from home maupun tim sales dan marketing yang sering di luar kantor.

4. Aplikasi absensi online biasanya melengkapi fitur mereka dengan pelacakan GPS, yang memungkinkan perusahaan bisa selalu memantau keberadaan karyawannya. Ketika karyawan Anda mengklik tombol absensi, sistem akan melacak posisi perangkat.

Setelah mengetahui secara singkat beberapa manfaat menggunakan aplikasi absensi online tentunya Anda sekarang jadi penasaran aplikasi absensi apa yang bisa menjadi rujukan. Jadi, untuk menghemat waktu Anda, kami telah membuat 10 rekomendasi aplikasi absensi karyawan tersebut. Mari disimak!

1. actiPLANS

aplikasi absensi

Pertama, adalah software bernama actiPLANS. Aplikasi ini menawarkan proses manajemen cuti yang transparan dan hemat waktu. actiPLANS  merampingkan seluruh proses manajemen absensi agar lebih mudah. Hal ini memungkinkan Anda untuk meminta dan menyetujui waktu cuti hanya dengan satu klik. Anda juga bisa mendapatkan gambaran lengkap dari karyawan yang tersedia dengan meninjau siapa sedang cuti dan mengetahui sisa hari cuti.

Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android, yang akan memudahkan Anda untuk mengirimkan permintaan cuti hanya dengan satu klik dan memberi tahu kolega Anda jika Anda datang terlambat atau pulang lebih awal.

2. TimeTac

aplikasi absensi

Kedua, ada manajemen absensi bernama TimeTac. Aplikasi ini cukup mudah untuk melacak waktu dan kehadiran atau waktu istirahat, terlepas dari apakah karyawan Anda sedang dalam perjalanan, bekerja dari jarak jauh, atau dalam perjalanan bisnis. Dengan TimeTac akan memungkinkan karyawan Anda memasukkan waktu kerja mereka dalam hitungan detik. Data ini secara otomatis disinkronkan dengan cloud. Fitur utama dari aplikasi ini adalah pelacakan waktu, pemantauan kehadira, serta persetujuan cuti yang sangat mudah sehingga mengurangi cara-cara administratif konvensional lainnya.

3. Engage Holidays

Selanjutnya, Engage Holidays adalah alat yang sederhana namun sangat efektif. Ini memungkinkan karyawan untuk mengajukan permintaan cuti dan manajer dapat menyetujui, menyarankan tanggal alternatif atau menolak permintaan dengan alasan mereka. Semua komunikasi ditangani melalui sistem dan kalender secara otomatis. Dengan menggabungkan dua modul perangkat lunak ketidakhadiran dan manajemen liburan dari Engage, Anda bisa mendapatkan gambaran umum lengkap tentang semua ketidakhadiran karena sakit, cuti tidak direncanakan, cuti lain, dan liburan di perusahaan Anda.

4. My HR Toolkit

aplikasi absensi

My HR Toolkit adalah sistem informasi SDM yang bagus untuk menyimpan semua catatan karyawan dengan aman di satu tempat, mencatat dan mengelola ketidakhadiran, termasuk hari libur untuk tim dan juga fungsi pelaporan. Aplikasi ini sangat mudah digunakan sehingga sudah tidak diperlukan lagi cara-cara konvensional yang memakan banyak waktu. Anda dapat mengakses semua file karyawan Anda hanya dengan satu klik dan dapat dijangkau di mana pun Anda memiliki akses internet. Ini memberikan prosedur persetujuan permintaan untuk konfirmasi cuti yang lebih mudah.

5. Appogee Leave

Appogee Leave adalah solusi manajemen absensi untuk meminta dan melacak cuti serta ketidakhadiran. Aplikasi berbasis cloud ini bisa diakses dari mana saja di perangkat apa pun. Banyak keuntungan yang bisa diambil dari software ini, seperti fitur pelaporan ketidakhadiran sesuai permintaan dan terkini untuk melacak semua ketidakhadiran di seluruh bisnis. Lacak dan pantau semua jenis ketidakhadiran baik itu menghitung cuti tahunan, melihat siapa yang bekerja dari rumah, cuti sakit, cuti bersalin, dan lainnya, anda dapat mengatur semuanya di appogee leave hanya dengan beberapa klik.

6. TeamSeer aCloud

aplikasi absensi

TeamSeer adalah adalah alat perencana liburan dan ketidakhadiran yang mencatat absensi menggunakan tampilan kalender yang intuitif dan informatif, termasuk perencanaan dan penyetujuan cuti dalam hitungan detik. Tampilan kalender tim yang terperinci, mempermudah pengguna untuk selalu bisa melihat siapa saja yang cuti dan kapan dari mana saja, di perangkat apa saja. Software ini memberikan visibilitas dan transparansi proses dalam masalah absensi atau cuti. Prosedur perencanaan dan persetujuan yang mudah, serta dapat melihat data tentang waktu cuti yang habis atau tersisa, sehingga bisa memberikan informasi yang optimal terhadap karyawan.

7. E-Days

E-Days menawarkan prosedur manajemen absensi dan cuti untuk para karyawan. Software ini bisa membantu perusahaan anda untuk mengidentifikasi dan mencegah waktu cuti yang tidak terjadwal. Manajer dapat melihat dinamika pada berbagai grafik yang dapat dibuat di perangkat lunak ini. Software ini membantu manajer menangani ketidakhadiran, merencanakan pekerjaan ke depan, dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan teratur.

8. HR Locker

aplikasi absensi

HR Locker dapat membantu anda untuk mengelola absensi menjadi lebih sederhana dan menghemat banyak waktu, seperti mengurangi administrasi manual yang memakan waktu lebih banyak. Pengguna sistem dapat melihat tunjangan cuti mereka dengan semua detail yang diperlukan dan mendapatkan informasi tentang permintaan cuti dan persetujuan melalui pemberitahuan email. Dengan demikian, proses pengelolaan cuti di perusahaan tidak menyita banyak waktu dan tenaga baik dari manajer maupun karyawan biasa. Platform ini mengotomatiskan fitur-fitur seperti timesheets, manajemen liburan dan absen, pengembangan pelatihan, data karyawan, kerja jarak jauh, tinjauan kinerja dan rekrutmen serta orientasi.

9. TimeOff Management

TimeOff Management bisa menjadi salah satu solusi absensi online untuk perusahaan anda. Perangkat lunak ini mendukung jenis cuti khusus yang dapat direkam dalam sistem dan kemudian ditampilkan pada tampilan kalender untuk pengguna, tim, dan rentang tanggal tertentu. Manajer dapat membatasi jumlah hari yang dapat diambil untuk setiap jenis cuti dan menetapkan hari libur nasional sebagai hari non-kerja dalam sistem.

Hal ini akan sangat membantu karyawan sehingga tidak perlu bolak balik untuk meminta persetujuan cuti, karena semua akan ditangani secara online. Sama halnya dengan sisa cuti yang ditampilkan secara transparan, sehingga karyawan dapat melacaknya tanpa mengganggu tim HR

10. Aplikasi Absensi Gratis Kerjoo

aplikasi absensi

Salah satu aplikasi gratis yang wajib Anda coba adalah aplikasi absensi Kerjoo yang merupakan salah satu aplikasi absensi karyawan berbasis online yang bisa memudahkan jalannya administrasi karyawan. Administrasi perusahaan akan lebih rapi karena adanya fasilitas untuk menyimpan data karyawan yang lengkap sehingga memudahkan dan menghemat waktu HR dalam mengelola data karyawan. Kerjoo dapat diakses dengan mudah di https://kerjoo.com atau bisa langsung daftar sekarang gratis trial 14 hari.

Perusahaan lebih mudah mengelola kehadiran karyawan sekaligus bisa memastikan karyawan Work From Home (WFH) dan remote working tetap bekerja sesuai dengan waktunya. Kerjoo memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan perusahaan seperti fitur absensi mobile, mengatur jadwal shifting karyawan, memantau lama lembur, maupun approval cuti.

Karyawan juga bisa mendapatkan kemudahan untuk melakukan absensi dari mana saja. Hanya dengan buka aplikasi di handphone, absensi menggunakan face recognition / QRIS, dan karyawan sudah siap bekerja! HR bisa menentukan, memantau, dan approval absensi setiap karyawan.

Walaupun lokasi kerja karyawan dilakukan di luar kantor (Work From Home), perusahaan tetap bisa mengoptimalkan kinerja karyawan dengan memantau timesheet harian karyawan di manapun dan kapanpun.

Pengajuan, pencatatan, dan perhitungan lembur dan cuti karyawan juga akan lebih mudah dilakukan. Karyawan bisa mengisi sendiri waktu lemburnya. Fleksibel tapi tetap terkontrol karena HR bisa memberikan approval atas lembur yang dilakukan.

Kerjoo dilengkapi fasilitas template ID Card. Perusahaan bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat ID Card bagi setiap karyawan dengan desain yang disediakan. HR bisa memilih komponen yang ingin ditampilkan di ID Card.

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi absensi online yang bisa anda gunakan untuk mempermudah administrasi karyawan. Karena semua akan dilakukan secara online, tentu tidak akan memakan waktu yang banyak serta mengurangi biaya administrasi konvensional lainnya. Tertarik untuk mencobanya? IDwebhost merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi absensi dari Kerjoo. Anda bisa langsung menghubungi Tim Kerjoo untuk hasil yang lebih optimal.

Ferry Wiharsasto

Ferry adalah penulis paruh waktu di IDwebhost. Hari-harinya disibukkan dengan rutinitas pekerjaan. Seperti pria pada umumnya, menyukai sepakbola dengan klub favoritnya adalah PS Sleman dan Liverpool FC.