Tips Memilih Nama Domain

9 Jan 2012
Tips Memilih Nama Domain campaign-unlimited

Kalau mau bikin usaha online, salah satu yang pasti harus dipikirkan bahkan sebelum mulai adalah nama domain. Ya, nama domain akan menjadi identitas utama dari bisnis online kita.

pilih nama domain

Trus, gimana cara milih nama domain? Ada beberapa aturan klasik panduan memilih nama domain, tidak baku, tidak mengikat, tapi harus dipahami. Tapi hanya ada satu prinsip sederhana untuk nama domain, “cari yang termudah untuk diingat”.

 

Jumlah Kata

Cari nama domain dengan jumlah kata sependek mungkin. Semakin pendek, semakin mudah diingat. Misalnya, makan.com tentu lebih menarik dibanding akusukamakan.com

Ekstensi

Ekstensi domain menentukan tingkat gengsi dari suatu nama domain. Jelas dan pasti, domain paling yahud adalah .com , coba inget-inget website populer internasional dengan ekstensi selain .com ! Pasti sangat sedikit.

.COM seperti menenggelamkan ekstensi-ekstensi domain yang lain. Karena semua orang maunya make .com, tentunya domain dengan ekstensi .com semakin habis, salah satu alternatifnya adalah memilih nama domain selain .com ,

Diurutan selanjutnya setelah .com adalah .net dan .org. Kemudian, bisa juga menggunakan alternatif domain .co.id jika target pasarnya untuk masyarakat Indonesia saja.

Yah intinya, usahakan sebisa mungkin cari nama domain .com, jika sudah menyerah, barulah dicoba alternatif dengan ekstensi yang lain.

Minus & Angka

Dianjurkan dengan sangat, hindari menggunakan minus atau angka didalam nama domain. makanroti.com akan jauh lebih mudah diingat dari pada makan-roti.com , begitu juga makan.com akan jauh lebih enak didengar daripada makan19.com

Tepat Makna

Cari nama domain yg sedekat mungkin dengan content website-nya. Misalkan jika mau jualan roti, akan lebih pas menggunakan domain roti.com , dibandingkan dengan domain makanan.com . Semakin dekat makna kata dalam domain dengan content websitenya, otomatis akan membantu pengunjung web untuk mengingat nama domain kita.

Nama domain sudah pada ada yang punya, trus gimana?

Jangan khawatir, itu pertanyaan dari hampir semua orang yang sedang mencari nama domain. Jawabannya mudah, berani bayar mahal atau tidak.

Jika tidak berani bayar mahal, ya terus aja coba cari nama domain, dengan harapan suatu saat bisa menemukan nama domain yang bagus dan cocok dengan keinginan. Tak mudah memang, perlu ketekunan dan kreatifitas.

Salah satu contoh, karena saya mencoba mencari domain yang berhubungan dengan kata “cara” tetapi sebagian besar sudah dimiliki orang lain, dapatlah ide untuk menambahkan kata pedia dibelakangnya, jadilah carapedia.com

Domainnya masih mengandung kata cara, tapi masih mudah diingat, enak didengar, plus masih sangat berhubungan dengan content website yang ingin saya buat.

Jika berani bayar mahal, mudah saja, silahkan cari di sedo.com . Sedo adalah website tempat lelang domain, disitu banyak terdapat domain-domain yang sangat bagus, tapi tentu saja dengan harga yang sangat bagus. Harganya bisa dari ratusan dolar, hinggal puluhan atau ratusan ribu dolar. (bukan iklan)

Masih penasaran juga nama domain untuk website Anda? Yuk segera cari mesin pencari domain di IDwebhost, klik disini!

sumber : o.gi.web.id

Penulis
Member since 2 Jul 2013