Hati-hati, Ini Dia 6 Hal Wajib dalam Memilih Web Hosting Terbaik
Blog Redaksi Hati-hati, Ini Dia 6 Hal Wajib dalam Memilih Web Hosting Terbaik

Hati-hati, Ini Dia 6 Hal Wajib dalam Memilih Web Hosting Terbaik

6 hal dalam Memilih Web Hosting Terbaik

Hari-hari telah berlalu ketika memiliki website bagi bisnismu masih menjadi sebuah pilihan. Faktanya, banyak pemilik bisnis sekarang yang belum bisa menyempatkan diri barang beberapa menit untuk mengecek para pelanggan yang tidak bisa mengakses situsnya. Hal itu berarti memilih web hosting terbaik telah menjadi misi penting bagi para pebisnis saat ini. Namun ternyata hal itu tak semudah seperti yang diucapkan, ribuan pilihan web hosting di luar sana mulai dari provider lokal hinggal nasional seperti Go Daddy dan Rackspace, semua tersedia dengan berbagai penawaran sesuai harga dan servis yang diberikan. Namun bagaimana caranya untuk memilih yang terbaik? Berikut ini ada 6 tips mudah yang sebaiknya kamu pikirkan sebelum menentukan di mana kamu akan melabuhkan websitemu.

1. Layanan bantuan
Tanyakan pada dirimu sendiri jenis support apa yang kira-kira akan dibutuhkan. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah website mengalami gangguan sehingga down atau menimbulkan masalah email. Cari provider yang menyediakan customer service free telepon selama 24/7 dan tinggal tidak terlalu jauh dari negaramu (provider lokal juga tak kalah bagus) sehingga mereka bisa mengangkat telepon kapanpun dibutuhkan.

2. Backup
Usahakan provider servis web hostingmu menyediakan backup otomatis setiap harinya, agar jika sewaktu-waktu kamu melakukan kesalahan seperti menghapus semua direktori blog dari website, data-datamu masih bisa terselamatkan melalui backup dari provider. Caritahu cara providermu memulihkan masalah untuk memastikan bahwa mereka membackup semua datamu.

3. Jaminan uptime server
Hal terakhir yang kamu ingin pelanggan alami pasti adalah blank screen saat mengunjungi situs websitemu, oleh karena itu kamu sebaiknya memilih servis web hosting yang memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Cari yang memiliki uptime guarantee sebanyak 99 persen atau bahkan lebih. Pastikan juga servernya memiliki lebih dari satu lokasi backup (mirrored servers) sebagai jaga-jaga jika salah satunya down, ada server lainnya yang sudah online dan siap digunakan.

4. Aksesibilitas
Kamu mungkin pernah menemukan servis hosting yang sangat sulit ketika terjadi perubahan (bahkan hanya perubahan kecil) pada situsmu. Jika begitu, hindarilah. Pastikan hosting yang dipilih memberikanmu akses server sehingga kamu bisa dengan mudah membuat akun email baru, membuat perubahan pada pengaturan server,dll. Pastikan juga bahwa kamu mendapat akses ke email online dan tidak hanya melalui Outlook. Hal ini berperan sebagai backup jika sewaktu-waktu Outlookmu bermasalah sehingga kamu tetap bisa mengecek email meskipun tidak melalui komputer.

5. Perhatikan Add-ons
Bahkan jika kamu berhasil mendapat harga murah dari provider hosting, pastikan kamu memahami biaya apa saja yang kamu bayar. Servis hosting memang sering memberikan harga startup yang rendah, tapi hati-hati jika tiba-tiba kamu mendapat tagihan ekstra hanya karena meminta akun email, menginginkan adanya blog, dll. Cermati setiap biaya yang ditagihkan agak tidak mudah tertipu.

6. Skalabilitas
Ketika kamu akan memilih servis hosting untuk bisnis kecilmu, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih layanan tidak hanya melihat skala perusahaan saat ini namun juga kemungkinan pertumbuhan perusahaan di masa datang. Apakah biaya untuk upgrade servisnya sesuai? Kamu harus memastikan bahwa provider servermu, atau minimal rencana layanannya, mampu untuk menghadapi situasi-situasi yang tidak terduga yang mungkin akan terjadi.

Masih bingung untuk cari web hosting terbaik? Percayakan pada provider lokal kualitas internasional hanya di idwebhost!