Begini Cara Memilih Domain untuk Website bisnis Kecil
Blog Tips Keren Begini Cara Memilih Domain untuk Website bisnis Kecil

Begini Cara Memilih Domain untuk Website bisnis Kecil

Nama domain yang kamu pilih untuk websitemu akan berpengaruh pada website yang kamu gunakan untuk bisnis. Tapi, ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan, jadi kami di sini akan memberikan beberapa tips untuk membuatnya lebih mudah. Mari kita bahas topik-topik di bawah ini:

  1. Pertimbangan Nama Domain

Berikut ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan nama domain:

–          Available: Batas hari available sangat penting bagi nama domainmu. Dan cara terbaik meningkatkan peluang nama domainmu menjadi available adalah dengan menggunakan spesifik.

–          Specific: kami akan mencontohkan bahw akamu adalah  seorang tukang ledeng di daerah Rancho Bernando dari San Diego dan nama perusahaanmu adalah Don Plumbing. Dalam hal ini mereka akan mencari cara khusus untuk menemukan nama domain yang bagus.

  • Plumbing.com atau Plumber.com, nama yang sangat umum.
  • CalifornisPlumber.com, meskipun umum tapi kemungkinan kecil bisa digunakan.
  • SanDiegoPlumber.com, sangat bagus, tapi karen san diego merupakan kota besar jadi masih terlalu umum.

RancoBernardoPlumber.com merupakan nama domain yang tepat. Alasannya, San Diego adalah kota besar dan di dalamnya masih ada kota kecil lainnya. Jika kamu adalah tukang ledeng di Rancho Benardo dan kamu tinggal disana ini sangat cocok. Karena, semua bergantung pada daerahmu. Selain itu hal ini juga akan mendorong calon customer mencari di pencarian dengan keyword “tukang ledeng di rancho bernardo” dan daerah tersebut menjadi keyword dalam nama domainmu.

–          Relevant: gunakan nama domain yang relevan. Contohnya, jika kamu tukang ledeng kamu harus mencantumkan kata pipa atau tukang ledeng untuk nama domainmu  dan biarkan customer yang mencarinya di search engine.

Jadi, semakin menggunakan kata yang spesfik, maka nama domainmu semakin relevan. Kecuali seperti perusahaan besar yang menggunakan kata yang tidak relevan seperti google atau nike. Sebagai usaha kecil sebaiknya jangan kamu tiru.

–          Memorable: mudah diingat! Terutama bagi kamu yang membangun merk lokal. Jika alamat websitemu terkesan menyusahkan customer, customer tidak akan merekomendasikan web mu ke orang-orang dengan strategi word of mouth. Karena, semakin mudah alamat webmu, semakin mudah juga orang saling membicarakannya.

Tidak Mudah Diingat:

  • DonaldsPlumbingServicesLLC.com: semakin panjang, semakin susah diingat.
  • DonsPlumbing78312.com: menggunakan angka yang acak semakin susah diingat. Tapi, untuk angka acak kamu bisa gunakan kode area agar mudah diingat.
  • Dons-Plumbing-ServicesLLC: penggunaan strip terlalu banyak juga tidak mudah diingat.

Mudah Diingat

  • DonsPlumbing.com: gunakan nama perusahaan
  • RanchoBernardoPlumbing.com: gunakan layanan atau daerah.
  • 858Plumbing.com: gunakan kode area dan layanan yang ditawarkan.

–         Short: gunakan nama domain yang pendek. Bukan perkara karena mudah diingat tapi, agar terlihat lebih baik. Bukan masalah cepat atau lambat tapi sesuatu hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, DonsPlumbing.com lebih baik dari pada  DonsPlumbingServices.com. Tapi, DPlmbg.com tidak lebih baik dari DonsPlumbing.com.

bukan perkara memilih domain yang pendek. Tapi, jangan sampai kamu membuat nama domain sesingkat mungkin dan mengkesampingkan beberapa faktor yang sudah disebutkan sebelumnya.

–          Domain extensions (.com, .org, .net): domain.com merupakan pilihan nama yang terbaik dan paling umum. Jika kamu membeli .com, .org, .net maka kamu memerlukan biaya sekitar 10$/ tahun untuk bisa mengarahkan mereka ke situs web .com.

Tapi, jika ketiganya available, maka ada kekhawatiran tersendiri. Kami khawatir customer lebih sering menggunakan domain .com, ini bukan masalah besar namun tetap harus dipertimbangkan.

Dari semua ekstensi seperti .biz, .pro, .me, dan .info terbilang sangat murah. Ini disebabkan karena banyaknya customer yang jarang menemukan nama domain seperti itu. Tapi, seiring berjalannya waktu hal ini mudah untuk diterima.

–          Numbers & dashes: hindari menggunakan angka dan tanda hubung dalam nama domain, karena mereka memberikan dampak buruk bahkan bisa menurunkan kualitas nama domain. Karena, kurang mengesankan reputasi webmu juga jadi terlihat tidak baik.

Jadi, sebagai aturan umum kami sarankan untuk tidak menggunakan angka atau tanda hubung. Kecuali jika kamu menggunakan kode area dalam nama domain seperti yang ditunjukkan pada point memorable.

  1. Pembaharuan Otomatis

Kamu perlu waspada untuk melakukannya, karena banyak bisnis yang kehilangan nama domain mereka karena mereka memperbaharuinya secara otomatis.

  1. Jangan Membayar Terlalu Banyak

Harga membuat nama domain membutuhkan dana sekitar 10$-12$. Sedangkan ekstensi domain yang tidak umum seperti .tv, .info, .to, jauh lebih mahal daripada yang umum digunakan. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu soal harga pembelian awal yang terkadang berbeda dengan harga pembaharuan nama domain.Meskipun biasanya perbedaan harga tidak begitu terlihat namun, cukup menyebalkan jika harga pembaharuan lebih mahal daripada harga membeli domain baru.

  1. Domain Privasi

Untuk mendafatar nama domain kamu perlu mencantum beberapa informasi pribadi seperti nama, nomor telepon, email, dan alamat. Kebanyakan para pendaftar domain menawarkan domain privasi, di mana informasi yang bersifat pribadi tidak akan di publis di depan umum. Tapi, bagi perusahaan besar seperti tidak terlalu penting. Karena, biasanya informasi kontak yang terdafatar akan dicantumkan di websitemu.

Saran kami, sebaiknya dapatkan domain privasi secara gratis. Misalnya, ketika idwebhost.com menawarkan domain privasi dengan syarat menggunakan kode promo khusus. Nah, hal-hal seperti inilah yang bisa sedikit membantumu.

  1. Membeli Domain

Mungkin kamu akan menemukan domain available yang sempurna dan dapat dijual di market sekunder. Namun, yang menjengkelkan ada beberapa domain yang dijual tapi tidak mencantumkan harga, tetapi memintamu untuk membuat penawaran.

Sebaiknya jika kamu menemukan informasi semacam ini lebih baik diabaikan. Kecuali jika itu adalah perusahaan besar yang tertarik untuk membangun sebuah merk. Agar kamu merasa cocok survey harga terlebih dahulu jika harganya wajar sekitar 150% atau lebih bsa dijadikan pertimbangan.

Ringkasan

Memilih nama domain itu sulit tidak segampang yang kita pikrikan. Tapi, masing-masing bisnis memiliki keunikkan tersendiri. Semua faktor di atas sudah dibahas, jadi kamu harus mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli nama domain. Faktor-faktor ini dapat membantumu dalam membuat pilihan terbaik untuk bisnismu.