Blog Cpanel

Bandwidth Limit Exceeded dan Penanggulangannya

Dalam Mengelola sebuah halaman web, terkadang kita menemukan sebuah kasus bahwa halaman web kita tidak bisa diakses sebagaimana biasanya malahan muncul pesan “Bandwidth Limit Exceeded”. Kita sebagai orang awam tentang IT tentu menganggap ah ini mungkin server sedang down atau ada kendala baik kendala teknis pada koneksi maupun server. Maka jalan satu-satunya dan terkenal ampuh adalah menanyakan langsung ke penyedia hosting dan domain kita “what’s wrong with our web???”. Dan biasanya memang support hanya sebatas menjelaskan bahwa quota bandwith agan sudah abis, segera lakukan pengisian ulang he he. Santai saja biasanya quota bandwidth itu kan perbulan, jadi kalau suatu saat kejadian kita kehabisan bandwidth, di bulan berikutnya secara otomatis web kita akan bisa diakses kembali. Tetapi apa iya kita harus menunggu pergantian bulan untuk dapat mengakses web kita kembali? Berikut bahasan sederhana terkait bandwidth.

Arti bandwidth limit exceeded

Saya mencoba menerangkan dengan bahasa sederhana. Dapat diartikan bahwa penggunaan bandwidth dalam akun hosting, sudah melebihi kuota yang diberikan. Sebagai contoh, kuota bandwidth kita 1GB/bulan, ternyata baru 2 minggu berjalan, pemakaian sudah diatasnya, maka sampai tanggal 1 bulan berikutnya, halaman web kita akan dihiasi dengan tulisan indah “bandwidth limit exceeded”

Bagaimana sih cara menghitung pemakaian bandwidth itu?

Mudahkok, contoh simple adalah kita memiliki satu halaman web dengan ukuran 1megabyte, dalam sehari, ternyata dibuka orang 20 kali, maka hasilnya adalah pemakaian bandwidth kita hari tersebut adalah 20megabyte.Untuk mengetahui besar halaman web kita, bisa menggunakan addon firebug di firefox atau chrome.

Trafik saya cuma sedikit, tapi kok bandwidthnya gila2an ??
Sabar… jangan buru-buru nyalahin penjual hostingnya ya, coba perhatikan apakah postingan anda mengandung gambar yang besar. Atau mungkin ada juga mesin-mesin jahat yang suka bergentayangan menyedot artikel dan menyedot gambar anda, tentunya ini akan makan bandwidth juga. Silakan gunakan plugin semacam bad behaviour, pc robots txt untuk menanggulangi mesin jahat tersebut. Atau jika gambar anda suka di copas dan ditaruh linknya di web lain, silakan lakukan hot link protection.

Trafik saya tinggi sekali, ada nggak solusi buat menghemat bandwidth?

Sangat bisa, pilihlah template secara bijak, gunakan juga plugin kompresor misal untuk kompress html, kompres css dan kompres gambar. Lumayan untuk menghemat bandwidth.

Bagaimana Mengetahui apa yang paling nyedot bandwidth di web?

Untuk Mengetahuinya cukup mudah, silakan login ke cpanel, klik awstats, perhatikan pada detail pemakaian bandwidth, di situ dijelaskan semua apa yang menyebabkan bandwidth kuota anda cepat habis.