Bagaimana memilih nama domain yang laku (dan dicari)
Blog Redaksi Bagaimana memilih nama domain yang laku (dan dicari)

Bagaimana memilih nama domain yang laku (dan dicari)

1

Persoalan nama domain—banyak. Berikut adalah cara memilih yang baik.

Memilih nama domain untuk perusahaan Anda, sebuah kampanye pemasaran atau produk tertentu tidak selalu menjadi proses yang mudah. Ada banyak pertimbangannya dan Anda harus memastikan mengambil setiap aspek penting ke catatan. Pada akhirnya, Anda ingin berakhir dengan nama domain yang laku dan SEO-yang friendly

Mengapa nama domain penting?

Apakah nama domain yang benar-benar penting? Ini adalah pertanyaan yang akan banyak dilemparkan. Meskipun semua berada di sekitar subjek, jawabannya sebenarnya cukup jelas. Ya, masalah nama domain. Mereka sebenarnya, benar-benar mempermasalahkannya.

Pikirkan website Anda seperti sebuah rumah. Meskipun Anda mungkin menghabiskan waktu di banyak tempat yang berbeda, Anda akhirnya menghabiskan sebagian besar waktu Anda di rumah. Salah satu bagian kecil dari dunia yang Anda miliki dan dapat Anda lakukan dengan sesukamu.

Gunakanlah analogi, Anda mungkin memiliki profil media sosial, membayar iklan-per-klik, pengunjung entri blog dan daftar panjang aspek lain, tetapi website Anda adalah satu-satunya yang Anda miliki dan kelola.

Facebook bisa tiba-tiba memutuskan bahwa tidak lagi terlihat seperti profil Anda dan menghapusnya. Google bisa menghapus iklan Anda dengan tanpa rima atau alasan. Sementara itu, sangat tidak mungkin mereka akan melakukannya, hal itu sama sekali hak-hak mereka. Website Anda, di sisi lain dimiliki dan dikendalikan oleh Anda. Buatlah aset digital terbesar Anda.

Tetapi apa yang baik dalam sebuah rumah tanpa alamat? Katakanlah Anda baru saja pindah ke rumah baru di sisi yang jauh dari kota dan ingin mengundang teman-teman Anda. Tentu, Anda bisa memberi mereka daftar arah panjang yang ditulis dan berharap mereka akhirnya menemukan jalan mereka ke rumah Anda—tetapi itu bukan hal praktis di hari hari ini dan usianya. Mereka membutuhkan alamat jalan untuk mengidentifikasi rumah tanpa masalah apapun.

Sebuah nama domain pada sebuah situs adalah alamat jalan untuk rumah. Bagaimana orang menemukan dan mengidentifikasi situs web. Tetapi di samping untuk melayani sebagai identifier, nama domain juga berfungsi sebagai deskriptor. Jadi, Anda bisa berpendapat bahwa itu dua kali lebih penting sebagai alamat jalan.

Dua aspek kunci dari nama domain yang sukses

Jika nama domain itu penting, maka bisa dipastikan bahwa Anda harus menghabiskan banyak waktu brainstorming dan strategis pengembangan yang tepat. Tetapi dalam mengejar kedatangan nama domain yang tepat—sesuatu menjadi semakin sulit karena ribuan nama yang digesek setiap hari—pastikan Anda berfokus pada dua aspek kunci yang sebenarnya mempermasalahkan:

 

  • Yang Laku. Pertama dan terpenting, nama domain Anda harus laku. Haruslah terhubung dengan target demografis dan mencerminkan apa singkatan brand Anda.
  • Yang Dicari. Kedua, nama domain yang sukses harus dicari. Ini berarti Anda perlu mengambil prinsip-prinsip SEO mempertimbangkan dan memilih nama domain yang memungkinkan Anda untuk memaksimalkan kinerja mesin pencari.

Jika Anda bisa memaku dua aspek utama ini, maka Anda telah melakukan pekerjaan Anda. Memiliki nama domain yang keduanya berharga dan dicari akan jauh membawa Anda.

6 kiat untuk mengembangkan nama domain yang efektif

Tetapi apa yang sebenarnya Anda ingin ketahui adalah caranya. Bagaimana Anda mengembangkan nama domain yang sukses keduanya laku dan dicari? Nah, mari kita lihat beberapa tips dan praktik terbaik.

1. Singkat lebih disukai

Semuanya dimulai dengan singkatnya. Sebagai pengembang web Robert mening mengatakan, “Singkat, nama domain punchy dan jelas jauh lebih mudah untuk diingat. Jika nama domain Anda terlalu kabur, terlalu panjang atau dieja dengan cara yang aneh, pengunjung bisa melupakannya. ”

Inilah sebabnya mengapa nama domain satu kata lebih disukai, namun mahal dan langka didapatkan di pasar saat ini. Kemungkinan besar, Anda harus menjalani dengan domain dua kata (yang mana baik). Pastikanlah tidak ada jumlah karakter yang tinggi secara abnormal.

2. Buatlah mengesankan

Berapa kali Anda mengunjungi sebuah website yang belum pernah sebelumnya, temukan sesuatu yang bernilai, dan kemudian lupa nama website beberapa jam kemudian? Sementara ada hal yang disebut “sejarah internet” yang akan memungkinkan Anda untuk akhirnya menemukan situs lagi, apakah Anda benar-benar akan pergi dengan semua permasalahan itu?

Inilah sebabnya mengapa mengembangkan nama domain yang mudah diingat bisa secara mudah diingat oleh pengunjung adalah sangat penting. Hal ini dapat berarti perbedaan antara kehilangan pengunjung setelah mereka meninggalkan situs Anda dan mendapatkan pengunjung berulang lainnya.

3. Mudah dihubungkan dan intuitif

“Jika Anda percaya bahwa target dari audiens Anda bisa segera mengasosiasikan nama domain dengan menebak dari apa yang Anda lakukan, itu adalah sangat positif,” jelas Rand Fishkin, pendiri Moz. “Berarti mereka bisa melihat nama domain Anda dan berkata, ‘Oh, saya pikir mereka mungkin melakukan hal ini. Kemungkinan apa perusahaan itu.’”

Semakin intuitif nama domain, semakin besar kemungkinan bahwa Anda akan menarik lalu lintas pada mesin pencari dari orang-orang yang tidak memiliki keakraban dengan merek Anda.

4. Kata Kunci yang kaya

Ingatlah bahwa Anda ingin nama domain Anda menjadi mudah dicari. Nah, bagian dari membuat URL SEO-yang friendly melibatkan manfaat dari kata kunci tertentu.

Sementara itu baik untuk memasukkan kata kunci jika mereka alami masuk ke dalam nama domain Anda, jangan keluar dari cara Anda untuk memasukkan kata-kata tambahan atau frase hanya karena mereka SEO yang baik. Cara yang lebih penting untuk berfokus pada pemasaran dan singkatan.

5. Pastikan itu dilindungi

Hanya karena nama domain telah tersedia bukan berarti Anda dapat menggunakannya. “Jika Anda memilih nama domain yang bertentangan dengan salah satu dari jutaan nama komersial yang sudah ada, Anda berisiko kehilangan itu,” kata pengacara Diana Fitzpatrick. “Dan jika Anda telah memasukkan uang dan bersusah payah ke pemasaran situs web dan kemudian dipaksa untuk memberikan nama domain, bisnis berbasis web Anda mungkin mengalami kerusakan, jika tidak fatal, sebuah pukulan.”

Moral dari cerita ini adalah lakukanlah due diligence Anda dan pastikan nama domain adalah t dilindungi. Jika perlu, bertemu dengan seorang pengacara yang mengkhususkan diri dalam brand dagang. Hal ini bisa menghemat banyak penderitaan (dan uang) di perjalanan.

6. Hindari ejaan trendi

Akhirnya adalah hindari tren ejaan. Sangat sulit untuk menemukan nama domain yang tepat yang Anda inginkan, Anda akan melihat banyak bisnis dan pengusaha melepaskan surat, sengaja salah mengeja kata, mengubah “s” untuk “z”, atau menggunakan sejumlah teknik lain untuk mengamankan nama domain yang mereka rasa benar. Jangan lakukan ini. ejaan trendi akan datang kembali untuk menggigit Anda dan akhirnya memurahkan brand Anda.

Berinvestasi dalam nama domain Anda

Ada banyak nama domain yang masih bisa dibeli untuk 0,99 dolar ketika Anda mendaftar untuk perencanaan hosting dengan penyedia tertentu. Dan sementara tidak ada yang salah dengan ini, mereka cenderung menjadi domain yang jelas, tiga atau empat kata URL.

Akhirnya, Anda mungkin harus menghabiskan uang untuk mendapatkan nama domain yang keduanya laku dan dicari. Hal ini bisa menjadi beberapa ratus dolar, atau bisa ribuan dolar. Anda harus membuat keputusan seperti berapa banyak Anda secara realistis bisa menghabiskannya. Namun, ketahuilah bahwa ROI pada nama domain berkualitas cukup tinggi.

Berinvestasi dalam nama domain yang bagus hari ini dan menuai hasilnya besok.