Apakah Domain Kamu Memenjara Bisnimu
Blog Redaksi Apakah Domain Kamu Memenjara Bisnimu

Apakah Domain Kamu Memenjara Bisnimu

nama domain

Anda mungkin beranggapan bahwa Anda adalah satu-satunya pemilik nama domain saat ini. Tapi, apakah Anda benar-benar yakin? Nama domain harus milik sendiri dan hal ini sangat penting untuk bisnis Anda.

Sangat penting untuk mengetahui sebanyak mungkin informasi tentang domain Anda. Dimana tempat mendaftarkannya? Siapa yang mendaftarkan? Namun, faktanya adalah bahwa banyak orang yang tidak tahu apa-apa tentang domain mereka sama sekali.

Apa itu nama domain?

Nama domain adalah identifier unik dari sebuah website. Jika Anda tidak memiliki nama domain, orang tidak akan dapat menemukan semua konten yang Anda publish di internet. Konten adalah jantung dari bisnis Anda. Kita bisa menganalogikan seseorang yang mencuri dari rumah Anda. Dalam rangka untuk memastikan itu tidak terjadi lagi, Anda akan memasang alarm atau beberapa pengaman lain untuk mencegah pencurian.

Ketika datang ke nama domain, konsepnya adalah sama. Jika Anda membeli nama domain, mengurusnya dan mendaftarkannya sendiri melalui perusahaan hosting seperti GoDaddy atau IDwebhost, Anda bisa merasa lebih tenang dan aman. Dalam hal ini, ada jaminan bahwa Anda adalah satu-satunya pemilik nama domain tersebut. Jika ada orang yang mencoba mendaftarkan domain Anda, perusahaan hosting akan memberikan peringatan bahwa domain tersebut telah dimiliki orang lain.

Di sisi lain, jika Anda tidak ingin mengurus semuanya sendiri dan menyewa orang lain untuk mengurusnya, ada kemungkinan bahwa ketika mereka mendaftarkan domain Anda, mereka memberikan informasi bisnis mereka (bukan milik Anda) kepada perusahaan hosting. Setelah itu, yang terjadi adalah bahwa mereka membuat Anda seorang tahanan untuk web hosting mereka.

Kenyataannya adalah bahwa semua informasi tentang pemilik nama domain terdapat pada WHOIS (sebuah database yang dikelola oleh registrar yang berisi informasi tentang nama domain dan informasi kontak yang terkait). Tidak peduli siapa yang benar-benar membayar untuk domain, siapa pun yang ingin tahu tentang pemilik domain dapat menghubungi WHOIS dan meminta informasi tentang nama domain, server nama domain mana yang aktif, di mana mendaftarkannya, dan kapan domain berakhir.

Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan bahwa hanya Anda yang terdaftar, sebagai pemilik sah dari semua nama domain Anda.

  • Hanya membeli nama domain dari penyedia hosting jika Anda yakin bahwa nama domain Anda akan ditempatkan di WHOIS.
  • Berhati-hati dengan orang yang menawarkan nama domain gratis dengan paket hosting mereka.
  • Selalu periksa nama domain Anda pada WHOIS sebelum dan sesudah membelinya.
  • Periksa legimitasi dengan mencarinya di WHOIS. Cari tanggal pendaftaran domain. Ini akan memberikan Anda informasi berapa lama perusahaan tertentu mengelola domain tersebut.
  • Daftarkan domain Anda untuk jangka waktu yang lebih lama (jika memungkinkan).