Apa yang Harus DIpertimbangkan Ketika Mengubah Web Host
Blog Hosting Guru Apa yang Harus DIpertimbangkan Ketika Mengubah Web Host

Apa yang Harus DIpertimbangkan Ketika Mengubah Web Host

Ada banyak alasan yang harus di pertimbangan kan ketika mengubah web host. Mungkin saat ini web host yang digunakan fitur yang ditawarkan kurang. Atau kamu menemukan harga yang lebih menarik. Terlepas dari alasan di atas apa yang membuat mu berpindah dari satu web host lainnya tentunya ada beberapa pertimbangan.

  • Simpan Situs mu Sekarang

Jika ingin berpindah web host jangan lupa untuk mem back up isi seluruh situs mu. Jika sesuatu terjadi seperti kehilangan file, tidak perlu merasa khawatir karena memiliki file cadangan yang dapat menggunakan untuk mengembalikan. Jadi tunggu apa lagi back up segera file mu.

  • Lakukan analisa pada web host mu yang baru

Jangan lupa cek fitur apa saja yang di berikan oleh web host mu yang baru, bisa saja mereka memiliki fitur yang sama. Sebelum memutuskan berpindah ada beberapa yang perlu di perhatikan:

Cari tahu apakah mereka  memiliki kemungkinan untuk meng-upload file dengan  cepat dan baik saat  kamu perlu meng-upload nya ke situs mu. Apakah mereka menyediakan FTP juga.

Dapatkan informasi mengenai DNS dan pastikan untuk memiliki informasi account domain mu, sehingga kamu dapat dengan cepat mengubah pengaturan bila diperlukan.

Pastikan memiliki URL sementara yang berguna untuk menguji situs mu sebelum mengubah DNS mu.

Miliki daftar semua informasi server yang diperlukan untuk membuat skrip yang baru sehingga perubahan script Anda akan berjalan dengan baik.

  • Etika sebelum berpindah web host

Biarkan semua orang tahu kamu akan melakukan pemindahan web host dan beritahukan kepada mereka pada saat itu mereka tidak dapat mengakses web untuk sementara. Memberitahu merupakan etika yang baik, hal ini wajib di terapkan jika web mu di gunakan untuk bisnis. Hal ini membuat para pelanggan tidak cemas dan bertanya-tanya mengapa web mu tidak bisa di akses.

  • Membuat daftar langkah

Sebelum melakukan pemindahan cobalah buat daftar langkah apa saja yang harus kamu kerjakan secara urut berserta waktunya. Hal ini sangat efektif membantu mu agar lebih efisien, cepat dan dapat memastikan semua file disalin dengan benar. Setelah semua file di-upload sepenuhnya, lakukan pengujian situs mu menggunakan URL sementara. Gunakan check list pada setiap halaman di situs mu, hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh halaman mu bekerja dengan benar. Setelah ini dilakukan, kamu dapat mengubah DNS mu. Pastikan untuk memberitahu pengunjung mu apa yang sedang kamu lakukan sehingga mereka dapat membantu mengidentifikasi masalah.

  • Setelah berpindah web host

Setelah semua file dipindahkan dan semua pengujian telah selesai di lakukan dan DNS mu sudah dapat di ubah. Selanjutnya Login ke account host domain mu dan ubah beberapa pengaturan untuk host baru mu.

Jika ada masalah kamu selalu bisa kembali ke host lama mu dan membuat perubahan. Setelah beberapa hari jika tidak di temukan masalah, saatnya menutup account lama mu.

Perencanaan untuk perpindahan web host telah di lakukan dengan sukses. Pastikan untuk membuat situs cadangan di host lama mu, dan kumpulkan semua data sebelum pindah,  dan informasikan kepada seluruh pelanggan mu. .

Sebelum menutup akun lama mu, pastikan segala sesuatu nya telah bekerja dengan baik. Tunggu beberapa hari untuk memastikan.

Jika kamu telah mengikuti semua langkah-langkah di atas pasti proses perubahan web host mu akan berjalan dengan lancar. Tentu saja, kadang-kadang ada hal yang tak terduga dapat terjadi. Tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, kamu dapat mengurangi kemungkinan kesalahan tersebut. Selamat mencoba!