Apa Pengaruh Sosial Media dalam Promosi Bisnis Web Hosting?
Blog Redaksi Apa Pengaruh Sosial Media dalam Promosi Bisnis Web Hosting?

Apa Pengaruh Sosial Media dalam Promosi Bisnis Web Hosting?

social-media-promotion-750x498

Bisnis web hosting adalah salah satu bisnis yang sangat kompetitif, dan jika kamu ingin konsumen memilih layananmu dan mengingat nama brandmu, kamu harus memiliki strategi marketing yang sangat baik. Bisnis hosting akan melewati berbagai macam tantangan seiring dengan trend marketing digital yang modern, termasuk marketing sosial media.

Untuk itu kamu harus mengembangkan bisnis hostingmu dengan bantuan marketing sosial media agar nama bisnis web hostingmu bisa tersebar luas hingga seluruh penjuru dunia.

Jika kamu ingin memasarkan bisnis hostingmu dalam skala luas, sosial media bukan hanya sekedar untuk main-main. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, mulai dari perencanaan kampanye dan mengantur strategi konten hingga melacak ROI dan optimasi update.

Sebagai hosting provider, konsumenmu pasti akan membutuhkan layananmu untuk memenuhi kebutuhan bisnis online mereka. Hampir semua calon konsumenmu saat ini ada di sosial media, maka mereka juga pasti mengharapkan bisnismu juga ada secara aktif di sana. Dengan kata lain, mereka menganggap penyedia layanan hosting mereka pasti ahli dalam semua aspek online. Jadi, mengelola profil sosial media secara aktif dan melakukan interaksi dengan audiens akan membangun kredibilitasmu di mata konsumen. Penyedia web hosting juga harus sadar akan aturan customer service dalam situs jejaring tersebut.

Metode SEO yang pernah kamu terapkan untuk menjadikan situsmu daftar teratas di Google kini terlihat kuno dengan maraknya eksploitasi marketing sosial media saat ini. Terlebih lagi, mesin pencari raksasa seperti Google saat ini juga mempertimbangkan profil sosial sebuah bisnis juga, selain meranking website untuk bentuk pencarian tertentu.

Dengan apa yang marak terjadi dalam dunia sosial media saat ini, pengetahuan dari kapan dan apa yang harus dipromosikan menjadi sama pentingnya dengan memilih platform jejaring sosial terbaik. Sebagai penyedia layanan, kamu tak seharusnya asal mengikuti tren tersebut, namun juga membuat tren, terutama karena metode marketing konvensional saat ini sudah dianggap kuno.

Jika kamu membuat akun Facebook fan page, kamu harus segera mulai berinteraksi dalam diskusi dengan konsumenmu. Keikutsertaan mereka dalam diskusimu akan muncul di news feed mereka sehingga membuat teman-teman mereka mengetahui hal ini juga. Misalnya, kamu bisa menawarkan diskon spesial paket hosting untuk mereka yang jadi likers halaman Facebookmu, atau diskon untuk paket hosting bulan berikutnya atau bulan pertama plan hosting akan menjadi bentuk reward yang menarik.

Kamu bisa mencoba beberapa strategi di atas, dan mereka yang “like” Facebook saja yang bisa mengetahui detail selengkapnya tentang penawaran tersebut. Gunakan halaman bisnis Facebookmu untuk menunjukkan pada konsumen bahwa kamu bertanggung jawab dan siap memenuhi kebutuhan mereka. Tambahkan beberapa strategi marketing konvensional seperti testimonial ke dalam Facebook. Kamu juga bisa menambahkan statistik up-time dalam halaman ini dan memanfaatkannya sebagai peluang baik untuk menunjukkan bahwa layanan web hostingmu terpercaya.

Meskipun kamu bisa mengaktifkan semua profil onlinemu melalui berbagai platform sosial media yang tersedia, sebaiknya pilih salah satu yang sangat cocok dengan bisnismu dan kerahkan semua usahamu di sana untuk membangun kampanye efektif sebelum merambah ke platform lainnya.

Karena tingginya tingkat kompetisi bisnis hosting, penting untuk tetap mengikuti perkembangan marketing sosial media yang terjadi. Gunakan taktik yang tepat dan rancang strategi marketing yang efektif.