Push Notification, Kapan Harus Dipakai dan Mengapa
Blog Tips Keren Push Notification, Kapan Harus Dipakai dan Mengapa

Push Notification, Kapan Harus Dipakai dan Mengapa

Ketika kamu mengunjungi website, kamu pasti pernah mendapatkan sebuah pesan di bagian bawah atau kanan atas browsermu yang menawarkan aktivasi notifikasi untuk website itu kan? Fitur ini sebenarnya bisa dibilang baru dipakai oleh banyak website sekitar 2 tahun belakangan. Nama dari fitur tersebut adalah push notification.

Apa yang Dimaksud Push Notification?

Secara sederhana, push notification ini adalah sebuah pesan notifikasi yang akan muncul di layar devicemu, bisa laptop, atau HP, dan juga browsermu. Ia akan memberitahukan jika ada postingan terbaru di website tersebut. Nah fitur ini dikategorikan menjadi 2.

In-app push notification

In-app push notification ini adalah sebuah notifikasi yang akan kamu terima di HP atau tabletmu. Fitur ini biasanya dikirimkan dari aplikasi yang terinstall olehmu dan kalau di iPhone, sudah kamu berikan keleluasaan untuk menunjukkan notifikasinya padamu. Seperti contoh, kamu mendapatkan notifikasi dari Instagram ketika kamu tidak membuka aplikasi tersebut adalah bentuk dari push notification. Biasanya pada fitur ini, mereka akan memasukkan link agar kamu masuk ke aplikasi lagi.

Web Push Notification

Sementara jenis yang kedua adalah web push notification atau notifikasi yang muncul dari website dan bukan dari aplikasi. Notifikasi yang ini biasanya ada di browser dan muncul saat kamu mengunjungi website untuk pertama kalinya. Tidak perlu aplikasi untuk yang satu ini. Kamu tinggal mengeklik allow dan kamu akan mendapatkan notifikasi dari website yang kamu kehendaki. Dengan menggunakan web push nofitikasi ini kamu bisa mendapatkan update terbaru dari sebuah website tanpa harus selalu mengeceknya tiap hari dan tiap waktu. Biasanya notifikasi itu akan muncul langsung di PC atau dikirim lewat emailmu.

Apa Saja Keuntungan Memakai Fitur Ini?

Lalu apa saja keuntungan dari pemakaina fitur ini? Apakah fitur ini memang sangat penting sehingga harus kita pakai? Atau fitur ini sebenarnya tidak penting-penting amat sehingga dari pada memberatkan website, lebih baik tidak usah kita pakai? Berikut ini keuntungan dari penggunaan fitur notifikasi ini;

Sebenarnya, fitur ini sangat membantumu untuk meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience untuk para pengguna aplikasimu. Dengan adanya sistem notifikasi ini, para pengguna itu bisa menerima update berita yang paling baru. Selain itu, para user itu juga bisa mendapatkan update harian dengan lebih cepat dan real time. Apalagi bagi kamu yang menginstall aplikasi perjalanan, kamu bisa dengan mudah mendapatkan kondisi jalan apakah macet atau tidak dengan cepat. Semua jadi lebih efisien.

Sementara untuk para pemilik aplikasi dan website, notifikasi ini adalah salah satu cara untuk bisa berkomunikasi dengan user. Hanya berbeda dengan email, kamu bisa langsung mendapatkan respon mereka. Dengan begini, maka click trough rate-mu bisa meningkat. Karena notifikasi ini bisa kita atur agar tidak sekedar masuk email, tapi langsung muncul di PC.

Bagaimana? Apakah tertarik untuk menggunakan fitur ini?

Seperti Apa Push Notification yang Baik Itu?

Lalu mungkin kamu akan bertanya, notifikasi yang baik itu seperti apa sih? Berikut ini paling tidak susunan anatomi push notification yang bisa dibilang baik.

Headline

Pertama, Headline harus dibuat terlebih dahulu dan buatlah semenarik mungkin. Kenapa? Karena headline ini akan menjadi yang pertama dilihat oleh pengunjung websitemu. Jadi ketika headline menarik, maka kamu bisa membuat orang langsung mengeklik dan berlangganan notifikasimu.

Deskripsi

Setelah headline, yang paling penting selanjutnya adalah deskripsi atau penjelasan. Ini adalah elemen kedua yang dilihat oleh pengunjung website. Kamu bisa menggunakan kata-kata aksi yang bisa membuat orang ingin melakukan sesuatu, dalam hal ini mengeklik websitemu dan berlangganan notifikasi websitemu. Kamu bisa memberikan kata yang mendorong mereka untuk melakukan aksi.

 

URL landing page

Landing Page menjadi unsur penting lain dalam fitur ini. Kamu sudah pasti memerlukan landing page agar yang mengklik notifikasi ini bisa mengambil suatu aksi dan mereka puas setelah melakukannya.

Icon

Hal yang terakhir yang harus dipertimbangkan adalah memasang icon yang paling menarik untuk fitur notifikasi websitemu ini. Semakin menarik, semakin banyak juga orang yang akan mengklik notifikasi dari websitemu. Dengan begitu, makin banyak orang yang mungkin akan membaca websitemu.

Selain soal anatomi itu, kamu juga harus tahu kapan yang paling pas untuk memunculkan notifikasi ini. Sebisa mungkin, kirimkan notifikasi ketika subcribers itu sedang online. Maka kamu bisa mendapatkan engagement dari sana. Jangan asal kirim notifikasi ketika para subcribers-mu sedang tidur lalu kamu mengharapkan hasil yang baik. Kamu wajib mengenal subcribersmu dan juga kebiasaan mereka.

Kapan Harus Menggunakan Ini?

Jika ada pertanyaan, kapan harus menggunakan fitur ini, jawabannya adalah kapan saja! Tidak perduli apa jenis bisnis yang sedang kamu jalankan, kamu tetap harus menggunakan fitur ini. kenapa? Kalau tidak merugikan dan bisa memaksimalkan kinerja serta hasil, kenapa tidak dipakai? Tapi kapan saja tepatnya? Kira-kira berikut ini ruang-ruang yang dirasa tepat untuk memasang fitur ini;

E-Commerce

Ketika kamu punya sebuah bisnis e-commerce, kamu bisa mulai menggunakan fitur ini agar penjualanmu meningkat. Salah satunya adalah dengan selalu mengingatkan orang tentang cart abandonment atau pengabaian keranjang belanja. Ada 70% customer yang sering lupa kalau mereka sudah memasukkan barang ke cartnya. Kamu pasti tidak ingin kehilangan transaksi kan? Nah, kamu bisa mengingatkan mereka dengan menggunakan fitur ini. Dengan begitu mereka akan bisa melihat langsung notifikasinya dan akan langsung melakukan aksi.

Kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk memberi tahu mereka tentang barang terbaru yang kamu miliki dan juga diskon menarik yang sedang terjadi di bisnis e-commercemu. Kamu bisa memberi tahu para pengunjungmu atau subscribers-mu tentang koleksi terbaru agar mereka tahu dan bisa segera mengambil langkah. Hal ini bisa meningkatkan engagement dari penjualnmu pastinya.

 

 

Bisnis B2B

Nah, sementara untuk kamu yang punya bisnis B2B, kamu bisa menggunakan fitur yang satu ini untuk menaikkan engagement dan juga penjualan. Salah satu yang paling sering dipakai oleh bisnis B2B adalah mempromosikan konten baru. Bahkan menurut studi, bagi bisnis B2B, dibutuhkan lima sampai tujuh kali kunjungan ke website baru kemudian bisa terjadi konversi. Karena sulitnya itulah, notifikasi ini akan sangat membantu.

Website Media

Kalau kamu sedang menjalankan sebuah website media, kamu bisa memanfaatkan push notification ini untuk bisa memberi tahu orang-orang tentang berita yang sedang hangat secara real-time. Sekarang ini banyak orang yang lebih mengandalkan Twitter untuk bisa mendapatkan berita. Tapi kalau kamu punya situs berita, kamu bisa menggunakan push notification ini untuk mengantarkan langsung berita yang kamu punya ke pembaca. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan notifikasi yang sesuai dengan apa yang para pembacamu suka.

Fitur ini memang bisa sangat berguna bagi para pemilik atau pelaku usaha online dalam bentuk apapun. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!