Propagasi Domain, Berapa Lama Yang Diperlukan?

1 Okt 2017
campaign-unlimited

Sahabat IDwebhost, jika kamu baru saja mendaftarkan nama domain dan meluncurkan situs baru, namun saat mengetik URL untuk memeriksanya, websitemu ternyata belum muncul. Tentunya kamu akan bertanya-tanya mengapa dan bingung dengan apa yang terjadi. Ya, selamat datang di dunia propagasi domain.

Propagasi domain adalah proses pengalihan domain ke pemilik baru. Dan propaga adalah proses yang memakan waktu. Orang-orang dapat berharap untuk menunggu di mana saja antara 24-48 jam sebelum peralihan penuh dilakukan dan websitemu mulai muncul di pencarian. Jadi, mengapa hal ini dapat terjadi? Pada artikel ini kami akan membahas segala hal yang berhubungan dengan Propagasi Domain. Jadi, baca terus untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Apa Sebenarnya Propagasi Domain Itu?

Propagasi domain, terkadang juga disebut sebagai propagasi DNS (Domain Name System) adalah proses mengupdate setiap server di website dengan informasi baru. sekarang pikirkanlah, ada berjuta-juta layanan di seluruh web dan semua itu perlu diperbarui. Dengan demikian, tidak mengherankan mengapa ada jeda antara saat perubahan dilakukan dan kapan semua server telah mendaftarkan domain dan situs secara resmi.

Server DNS, Bagaimana Mereka Bekerja?

Server DNS memiliki tugas menerjemahkan alamat IP menjadi nama domain. Bahkan jika websitemu memiliki nama pendek dan sederhana, faktanya tetap websitemu berada pada alamat IP numerik yang tidak begitu sederhana dan mungkin terlihat seperti 123.456.789.001.

Setiap kali kamu mengunjungi sebuah website, server DNS menerima nama domain yang kamu ketik dan mulai memproses alamat IP yang dimilikinya untuk mengirim user ke tempat yang benar. Ini adalah proses yang terjadi dengan cukup mulus, inilah mengapa kamu tidak perlu terlalu memikirkannya. Sebenarnya, satu-satunya hal yang harus dipikirkan dalam proses ini adalah saat kamu melakukan perubahan DNS.

Apa Yang Terjadi Selama Perubahan DNS?

Bila kamu mengubah nama domain atau pindah ke penyedia hosting baru, setiap server DNS tunggal di dunia perlu mendaftarkan perubahan informasi sebelum mereka mengetahui bagaimana menerjemahkan nama domainmu ke alamat IP yang benar. Karena perubahan DNS cukup langka, sebagian besar server DNS akan menyimpan informasi yang mereka kumpulkan di penelusuran sebelumnya. Jadi, jika kamu mencari ‘www.ABC.com’ dan server DNS memang bisa menerjemahkan domain ke alamat IP tertentu, maka akan masuk ke default dan mengarahkan user ke IP yang sama lagi.

Sedikit demi sedikit, pada keesokan harinya, kamu dapat mengetahui bahwa semua server DNS akan mendapatkan memo dan mendaftarkan pembaruan baru. Perlu dicatat juga bahwa browser sering menyimpan informasi yang diterima dari situs web tertentu, bahkan setelah server DNS diperbarui, kamu mungkin masih perlu membersihkan situs untuk melihat yang baru.

Kapan Propagasi Domain Selesai?

Sekarang, ini bisa menjadi sedikit rumit karena server DNS milikmu dapat mendaftarkan pembaruan sebelum orang lain melakukannya. Inilah sebabnya mengapa kamu tidak dapat mengasumsikan bahwa begitu kamu melihat situs web baru di domainnya, semua orang juga dapat melakukannya.

Kesimpulan

Itulah tadi, apa itu propagasi domain. Buat kamu yang baru pertama kali berurusan dengan dunia hosting, wajib untuk tahu tentang propagasi domain.

Kamu bisa mendapatkan ide bagus tentang propagasi domain selesai dengan mengggunakan tools yang tersedia. Hasilnya tidak akan memberi jaminan 100% bahwa setiap orang di planet ini dapat melihat situs barumu. Namun dapat membantu dalam mengkonfirmasikan kapan perubahan tersebut telah selesai untuk sebagian besar orang. Semua ini memang membutuhkan kesabaran karena situsmu dijamin akan ada di seluruh dunia.

Penulis
Member since 2 Jul 2013