Promosikan Desamu Dengan Website Desa Gratis IDwebhost
Blog Website Development Promosikan Desamu Dengan Website Desa Gratis IDwebhost

Promosikan Desamu Dengan Website Desa Gratis IDwebhost

Di era perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat ini memnungkinkan orang dapat memanfaatkannya untuk berbagai hal mulai dari transaksi, jual beli, bisnis, memenuhi kebutuhan, promosi dan masih banyak lagi. Jika berbicara tentang promosi di Indonesia sendiri ada banyak tempat destinasi yang menarik baik dari kota maupun desa-desa. Karena potensi yang besar ini lah pemerintah berupaya untuk mengembangakn desa sebagai tempat yang potensial. Tidak hanya pembangunan dari segi infrastruktur saja namun pembangunan wisata yang terus tumbuh. Nah dalam upaya pengembangan desa inilah dilakukan berbagai promosi dan upaya salah satunya dengan menghadirkan website desa gratis.

Website desa saat ini menjadi media promosi dari potensi yang dimiliki desa-desa di Indonesia. Selain sebagai media promosi masyarakat juga akan lebih mudah menemukan informasi yang luas terkait desa tersebut. Nah pada artikel kali ini IDwebhost akan membahas terkait website desa gratis yang bisa Anda gunakan untuk promosi desa dan tingkatkan potensi desa mu.

Apa Itu Website Desa

Apa Itu Website Desa?

Website desa merupakan sebuah website yang diciptakan atau dibuat untuk menampilkan berbagai informasi dari suatu daerah secara online. Dengan adanya web desa ini diharapkan akan lebih mudah dalam mengmebangkan potensi suatu desa. Dengan adanya website desa ini diharapkan pula masyarakat setempat mampu berinovasi dan memiliki peningkatan pendapatan dari usaha yang dimiliki misalnya kuliner dan lain sebagainya. Kemudian masyarakat akan mendapatkan keuntungan dari sektor ekonomi, lingkungan hingga pemberdayaan masyarakat.

Website yang dikhususkan untuk desa ini bisa digunakan layaknya website pemerintah kota misalnya saja menyediakan pelayanan publik, manajemen anggota, dan lain sebagainya termasuk berbagai informasi terkait desa tersebut. Dengan demikian maka masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi terkait transparansi dana desa, maupun informasi perkembangan dan pembangunan desa.

Fungsi Web Desa

Apa saja Fungsi Website Desa?

Pada pembahasan di atas kita mengetahui bahwa perkembangan teknologi semakin pesat. Website ini dibuat bukan semata-mata hanya untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi saja namun ada banyak manfaat dan fungsi yang berkelanjutan untuk perkembangan suatu desa tersebut. Nah manfaat dan fungsi dari web desa ini untuk masyarakat desa dan masyarakat secara luas sebagai berikut:

Memperkenalkan Potensi Desa

1. Memperkenalkan Potensi Desa

Kita ketahui Indonesia adalah negara yang memiliki begitu banyak pulau yang didalamnya juga pasti terdapat banyak desa. Dari setiap desa-desa tersebut tentunya juga memiliki berbagai potensi yang beraneka ragam. Namun demikian kebanyakan orang tidak mengetahui potensi apa saja yang bisa dikembangan dan dimiliki oleh desa tersebut. Dengan adanya website ini berbagai informasi terkait desa tersebut bisa dengan mudah untuk di akses.

Informasi Pembangunan Desa

2. Informasi Pembangunan Desa

Pemerintah terus berupaya untuk terus mendorong desa untuk berkembang dengan berbagai kebijakan seperti pembangunan, pemerataan, pemberian dana desa, dan lain sebagainya. Dengan adanya website ini maka selain masyarakat pemerintah kota maupun pusat akan lebih mudah untuk mencari informasi perkembangan desa tersebut.

Memperkenalkan Potensi Desa

3. Sarana Publikasi Kegiatan Desa

Saat adanya kegiatan pembangunan desa yang memang menggunakan anggaran dari pemerintah untuk memastikan berjalan dengan baik maka perlu adanya publikasi dengan baik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pembangunan yang terukur dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan desa tersebut. Dengan adanya web desa inilah yang nantinya akan lebih mudah dalam melakukan publikasi seperti segala kegiatan desa seperti foto atau video bisa diunggah dengan cepat pada website.

4. Peningkatan Pelayanan Administrasi

Untuk meningkatkan pelayanan masyarakat secara efektif dan efisien maka website desa ini bisa dioptimalkan untuk percepatan pelayanan masyarakat. Dengan demikian masyarakat desa tersebut akan lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan administrasi dengan cepat tanpa harus datang langsung ke kantor desa/kelurahan. Mengingat saat pandemi saat ini diharuskan masyarakat untuk menghindari kerumunan, maka dengan dilakukan secara online akan meminimalisir kerumunan pada pelayanan di kantor desa tersebut.

Media Promosi Desa

5. Media Promosi Desa

Dari sekian banyak desa-desa di indonesia mereka memiliki beragam potensi yang dimiliki baik itu dari sumberdaya alam maupun masyarakat setempat. Dari web desa ini maka diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya promosi yang bisa diakses oleh masyarakat luas. Promosi desa ini bisa dilakukan dengan memperkenalkan desa wisata ataupun produk-produk lokal kerajinan masyarakat, kuliner dan juga dari UKM yang sedang dikembangkan.

Tips Membuat Web Desa

Tips Membuat Website Desa IDwebhost

Untuk membuat sebuah web desa tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.Nah berikut ini adalah tips sebelum Anda memulai membuat website khusus desa diantaranya sebagai berikut:

1. Mendaftarkan domain sebagai desa.id

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mendaftarkan domain website terlebih dahulu dengan ekstensi domain sebagai desa.id. Karena domain website desa ini tidak semua orang bisa mendaftarkan maka perlu adanya perlakuan khusus yaitu setiap pendaftaran domain desa.id IDwebhost akan mendaftarkan nama domain tersebut ke kemenkominfo dengan menyertakan syarat sebagai berikut:

  • SK Kepala Desa dan SK Perangkat Desa (masih berlaku).
  • Surat Permohonan dari Sekdes/Kades untuk Pemerintah Pusat yang ditembuskan ke Bupati atau Sekretariat
  • Daerah (sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika yang berlaku).
  • Surat Kuasa dari Kades atau Sekdes ke Perangkat Desa sebagai pejabat pengelola domain desa.
  • Surat permohonan.
  • Surat kuasa.
  • Contoh surat permohonan dan surat kuasa bisa dilihat di sisin (https://domain.go.id/doc/skdesa.pdf).

2. Pilih paket Web Hosting

IDwebhost adalah web hosting terbaik Indonesia yang sudah berpengalaman sejak 2004 dengan jaminan pelayanan yang memuaskan dan harga relatif murah. Dengan adanya berbagai pilihan paket hosting murah maka Anda bisa menentukan sesuai dengan keinginan.

3. Melakukan instalasi WordPress

Setelah membeli domain dan juga hosting maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi dengan platform CMS WordPress. Caranya sangat mudah tinggal klik dan instal saja nanti.

4. Gunakan Template Website desa dari IDwebhost Gratis!

Setelah melakukan order domain dan hosting melalui IDwebhost, Anda berhak untuk mendapatkan sebuah template Gratis yang telah disediakan oleh IDwebhost. Dengan demikian maka Anda bisa menggunakan website desa tersebut secara GRATIS!

5. Pasang plugin WordPress terbaik

Plugin ini adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk memberikan performa dan kinerja website menjadi lebih optimal. Nah di WordPress tersedia banyak plugin yang bisa Anda gunakan untuk optimasi website Anda secara gratis sesuai kebutuhan website Anda. Ada berbagai plugin yang bisa Anda pakai seperti W3 total cache, Yoast SEO, dan contact form 7, dan lain sebagainya.

Fitur Website Desa IDwebhost

IDwebhost akan memberikan template website desa dengan fitur yang bisa langsung digunakan. Fitur yang bisa kamu dapatkan untuk mempromosikan desa mu melalui web desa antara lain:

  • Profil Desa
  • Agenda Kegiatan Desa
  • Berita Seputar Desa
  • Informasi Terbaru
  • Banner
  • Links URL Terkait
  • dan fitur-fitur lainnya

 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat website kami juga akan membantu memberikan solusi dengan Jasa pembuatan toko online murah. Demikian pembahasan kali ini semoga artikel kami akan memberikan nilai tambah dan manfaat untuk pembaca. Salam sukses dan terimaksih.