Keuntungan Menggunakan  Afiliasi Hosting
Blog Tips Keren Keuntungan Menggunakan  Afiliasi Hosting

Keuntungan Menggunakan  Afiliasi Hosting

Program afiliasi. Apakah Anda masih asing dengan salah satu istilah dalam dunia pemasaran tersebut? Bagi beberapa orang, istilah ini mungkin masih terdengar asing. Dan bagi sebagian lainnya malah sudah familiar dengan afiliasi tersebut. Bukan hanya karena membaca, bisa jadi tak sedikit yang menjadi pelaku afiliasi. Lantas sebenarnya, kenapa sih sebenarnya banyak orang yang memutuskan terjun di bisnis afiliasi? Dan seperti apa perkembangan bisnis afiliasi di Indonesia? dan harus mengikuti program afiliasi hosting? 

Sahabat IDwebhost, artikel ini akan mengajak Anda untuk lebih memahami apa itu bisnis afiliasi, kemudian perkembanangan bisnis afiliasi di Indonesia, hingga keuntungan apa saja yang akan Anda dapatkan dengan mengikuti program afiliasi.

Apa Itu Program Afiliasi?

Secara sederhana, program afiliasi atau juga bisa disebut sebagai program asosiasi adalah pengaturan dimana situs website perdagangan online membayar komisi kepada website afiliasi untuk meningkatkan trafik pada mereka. Situs website afiliasi ini akan memposting tautan ke situs pedagang dan akan dibayar sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.

Perjanjian ini umumnya didasarkan pada berapa trafik yang bisa dibawa, atau berapa jumlah tindakan yang dilakukan dari hasil kedatangan trafik tadi.

Ada juga pengertian lain seputar program afiliasi. Beberapa ahli pemasaran mendefinisikanya sebagai proses dari mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang atau perusahaan lain. Contoh gampangnya, Anda menmukan produk yang Anda sukai kemudian mempromosikannya pada orang lain dan mendapatkan keuntungan atas setiap penjualan yang terjadi.

Setidaknya terdapat 4 pihak yang saling terkait dengan adaya aktivitas bisnis afiliasi. Keempat entitas itu antara lain merchant, jaringan, publisher, dan konsumen. Ada juga yang menyebutkan hanya tiga entitas saja.

Pemasaran afiliasi dapat dilihat sebagai proses penyebaran produk dan pemasaran produk, dimana masing-masing pihak yang terdiri dari pencipta dan penjual menerima pendapatan sesuai dengan kontribusinya. Berikut keempat elemen bisnis afiliasi:

Merchant

Program Afiliasi hosting

Merchant atau pedagang. Dikenal juga sebagai pencipta, penjual, dan brand. Elemen ini bisa saja seorang individu ataupun perusahaan besar. Dari brand besar sampai brand kecil, siapapun bisa melakukan program afiliasi. Tak harus terlibat secara aktif, elemen jenis ini setidaknya harus memiliki produk untuk dijual.

Afiliasi

Selanjutnya adalah afiliasi, atau yang dikenal sebagai publisher. Afiliasi juga dapat berkisar dari individu di pelosok desa hingga perusahaan besar yang ada di kota-kota. Bisnis pemasaran afiliasi dapat menghasilkan komisi besar bagi pelakunya dalam jangka waktu tertentu. Misalnya setiap bulan dengan bayaran puluhan juga rupiah. Dan disinilah proses bisnis terjadi. Seorang afiliasi akan mempromosikan atau beberapa produk afiliasi untuk mencoba menarik dan meyakinkan pelanggan potansial tentang nilai produk yang tersebut hingga terjadinya proses pembelian.

Konsumen

Konsumen atau pelangganlah yang membuat system afiliasi berputar. Jika tidak ada penjualan, tidak akan ada komisi yang dibagikan pada affiliate karena perusahaan atau brand tidak memiliki pendapatan untuk dibagikan. Afiliasi akan memasarkan ke konsumen menggunakan kanal yang mereka punya. Apakah itu menggunakan saranan digital marketing, iklan di social media, dan lain sebagainya. Dan tak sedikit yang memberi tahu konsumen bahwa mereka membeli produk afiliasi untuk mendapatkan insentif.

Jaringan

Ada beberapa yang menganggap jaringan sama dengan pemasar afiiasi. Namun tak sedikit yang menyertakan jaringan atau network sebagai elemen karena dalam beberapa kasus, jaringan berfungsi sebagai perantara antara afiliasi dan brand atau merchant.

Program Afiliasi hosting

Terkadang afiliasi harus menggunakan jaringan afiliasi untuk dapat mempromosikan produk. Jaringan juga berfungsi sebagai basis data dimana pemasar afiliasi dapat memilih produk apa yang akan dipromosikan berdasarkan data yang dimiliki.

4 Tahap Menjadi Bisnis Afiliasi

Terdapat 4 tahap yang harus Anda ketahui untuk mulai berbisnis afiliasi. Berikut 4 tahapan tersebut:

Memilih Produk yang Tepat

Ini adalah tahap yang terlihat mudah tapi menentukan kesuksesan bisnis afiliasi Anda. Langkah paling mudah adalah Anda memilih produk yang telah familiar dan Anda memahami cara kerjanya seta dibutuhkan banyak orang. Salah satu produk yang saat ini dibutuhkan orang banyak karena perkembangan teknologi adalah jasa hosting.

Salah satu jasa hosting yang memiliki program afiliasi di Indonesia adalah IDwebhost. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang affiliate partner biasanya mencakup pendaftaran gratis, komisi langsung setelah mendaftar, komisi dengan besaran bervariasi dari penjualan. Dan tentu, diskon setiap pembelian yang menggunakan link afiliasi Anda.

Mengumpulkan Daftar Email Pelanggan

Diakui atau tidak, email marketing tetap merupakan salah satu saluran pemasaran terbaik hari ini. Dan untuk mengumpulkan email calon pelanggan, Anda bisa menggunakan software bernama Hello Bar. Hello Bar akan mengundang pengunjung website Anda untuk melakukan action. Setiap kali seseorang mengunjungi website Anda, mereka akan melihat ini di bilah bagian atas.

Mungkin Anda bisa menawarkan sebuah ebook atau membuat video ulasan khusus. Dengan kurang dari 500 orang di daftar email Anda, Anda sudah bisa membaut penjualan yang signifikan. Pastikan bahwa Anda menjaga interaksi dengan pelanggan. Misalnya dengan mengirimkan informasi setidaknya seminggu sekali. Dan jangan melakukan penjualan. Intinya adalah edukasi.

Menumbuhkan Afiliasi Dengan Iklan PPC

Setelah bisnis afiliasi Anda dirasa mulain berkembang, saatnya untuk membesarkannya dengan iklan berbayar. Mengapa meggunakan iklan berbayar. Karena dengan metode ini, akan sangat berpengaruh pada penjualan yang Anda lakukan.

Anda dapat menggunakan iklan PPC untuk:

Mendorong orang mendaftar ke webinar Anda

– Menambah daftar email

Menghasilkan lebih banyak penjualan

Program Afiliasi Hosting

Bisnis afiliasi di Indonesia bertumbuh pesat seiring dengan perkembangan teknologi internet. Salah satu perusahaan internet yang memiliki program afiliasi adalah IDwebhost. Apa saja sih yang akan Anda dapatkan dengan mengikuti program afiliasi IDwebhost?

Program Afiliasi hosting

Pertama, Anda akan mendapatkan komisi sebesar 70% dari merefrensikan paket hosting IDwebhost ke teman, saudara, kerabat, atau melalui website yang Anda miliki. Kedua, saldo senilai 100 ribu rupiah bisa Anda dapatkan secara langsung setelah melakukan pendaftaran. Ketiga, Anda akan mendaptkan pendapatan, bergantung berapa hasil penjualan yang berhasil Anda lakukan dari link afiliasi Anda. Komisi untuk referral sendiri adlah 70% dari nilai pembelian porduk web hosting. Sangat menarik bukan?

Dan untuk diketahui, syarat untuk mendaftar program afiliasi IDwebhsot cukup mudah. Lebih tepatnya, tak ada syarat khusus untuk Anda bergabung dengan program ini. Dan tentunya, gratis.

Kesimpulan

Program afiliasi, bisnis afiliasi, atau apapun namanya adalah salah satu metode pemasaran sekaligus peluang mendapatkan pendapatan yang sedang tren saat ini. Dan dengan masifnya bisnis yang berkaitan dengan internet banyak sekali peluang untuk menjadi seorang pebisnis afiliasi. Salah satunya keuntungan menggunakan afiliasi hosting IDwebhost.

Sekian artikel kali ini. Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan program afiliasi, atau seputar web dan hosting jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis