Profesi Pekerjaan Ini Ada Karena Perkembangan Zaman

21 Sep 2019
Profesi Pekerjaan Ini Ada Karena Perkembangan Zaman campaign-unlimited

Profesi pekerjaan merupakan salah satu hal yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dari sandang, pangan, hingga papan. Kesulitan untuk mencari pekerjaan menjadi hal yang sering didengar oleh siapapun. Hal ini disebabkan karena sempitnya lapangan pekerjaan, sedikitnya permintaan namun tingginya penawaran, dan masih banyak lagi. Minimnya lapangan pekerjaan ini diakibatkan oleh fungsi kerja yang rata – rata sama atau begitu – begitu saja sehingga perusahaan tentu saja cenderung bermain aman daripada mencari tenaga kerja baru yang membutuhkan waktu untuk beradapatasi lagi.

Namun faktanya seperti dilansir dalam BPS Indonesia, jumlah pengangguran di Indonesia pada 2018 jika dibandingkan dengan Februari 2017,  mengalami penurunan sekitar 140 ribu orang. Salah satu penyebab utamanya adalah banyak lapangan pekerjaan yang menyediakan berbagai posisi. Dan ternyata mayoritas fungsi pekerjaan yang baru itu hadir karena perkembangan jaman di era digital yang semakin maju. Berikut ini merupakan beberapa pekerjaan yang hadir di era digital masa kini karena perkembangan jaman yang semakin maju.

Profesi Pekerjaan yang hadir karena perkembangan jaman

1. Content Writer

Salah satu pekerjaan yang cukup populer dan  menarik perhatian masyarakat luas adalah content writer. Mereka adalah orang yang bertanggungjawab untuk memberikan kontribusi seputar informasi melalui berbagai media dengan konten tertentu. Para penulis konten ini harus bisa atau setidaknya berusaha untuk memenuhi permintaan atau ketertarikan pembaca dengan konten yang diangkat atau ditulis dengan berbagai kategori tertentu seperti politik, ekonomi,hiburan, lifestyle, hingga berbagai topik ringan macam kuliner, travel dan sebagainya.

Pekerjaan ada karena perkembangan jaman
idwebhost

Namun, sebagai content writer anda harus rajin dan memiliki niat serta tekat kuat untuk melakukan riset dan banyak membaca buku agar bisa mengeluarkan ide originalnya. Tidak hanya itu, mereka juga membutuhkan kemampuan menulis yang baik dan menarik perhatian masyarakat. Sekarang ini, hampir semua perusahaan membutuhkan posisi ini untuk menulis artikel yang sesuai dengan fokus apalagi SEO (Search Engine Optimization).

2. Social Media Specialist

Kini media sosial memiliki popularitas yang sangat tinggi. Nyaris seluruh masyarakat dari berbagai kalangan usia sangat sulit rasanya dan tidak bisa hidup tanpa menggunakan media sosial ini. Ya, berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter merupakan contoh media sosial yang berhasil membuat kita sebagai pengguna kecanduan atau ketagihan.

Media sosial menjadi hal yang paling diminati oleh semua kalangan khususnya anak anak muda. Bila suatu perusahaan tidak mengikuti perkembangan informasi melalui media sosial maka dapat dipastikan akan mengalami penurunan popularitas, reputasi hingga memiliki dampak ke performa. Oleh karena itu, saat ini dibutuhkan seorang social media specialist yang dulu tidak pernah dicari.

Lalu apa fungsi dari profesi sebagai social media specialist? Para social media specialist harus bisa untuk mengikuti tren, memahami analisis media sosial, dan pentingnya peranan sebuah media sosial dalam suatu kegiatan bisnis. Mereka harus mampu menciptakan strategi dan langkah nyata tentang bagaimana caranya meningkatkan traffic dari website dan akun media sosial untuk menarik banyak perhatian masyarakat sehingga perusahaan bisa menjadi trending dan diperbincangkan masyarakat atau netizen di media sosial.

3.  YouTube Content Creator atau akrab disapa “YouTuber”

YouTube merupakan suatu perusahaan yang menyediakan dan berperan sebagai video sharing bagi penggunanya untuk mendapatkan informasi, berita wawasan dan tentu saja hiburan. Efek dari perusahaan yang dibangun sekitar 13 tahun lalu ini ternyata berhasil menciptakan pekerjaan baru. Tidak pernah ada sebelumnya, bahkan dari rumah pun anda bisa bekerja dan mendapatkan uang.

Pekerjaan ada karena perkembangan jaman
idwebhost

Jenis atau profesi pekerjaan yang hadir karena perkembangan jaman yang berikutnya Youtube Content Creator yang akrab disapa dengan panggilan “Youtuber”. Profesi ini menjadi cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia karena cukup banyak Youtuber terkenal dari dalam negeri seperti Raditya Dika, Atta Halilintar, SkinnyIndonesian24 dan hingga kini cukup banyak artis yang hijrah dari TV ke Youtube.

Profesi atau jenis pekerjaa sebagai YouTuber atau Content Creator ini harus menggunakan YouTube sebagai platform utamanya. Mereka adalah orang yang mampu mempengaruhi pemikiran hingga menghibur orang lain hanya dengan video konten. Tidak mudah untuk menciptakan konten yang terbaik dan original, namun terbukti kini terdapat jutaan YouTuber dengan penghasilan fantastis yaitu mencapai puluhan juta rupiah. Bagaimana? Apakah anda tertarik?

4. SEO Specialist

Jenis pekerjaan yang hadir akibat perkembangan jaman yang keempat adalah SEO Specialist. Seperti yang telah banyak dibahas sebelumnya, Internet merupakan salah satu hal yang paling penting untuk mengembangkan bisnis di era modern seperti saat ini. Sebelum membahas jenis pekerjaan ini, akan lebih baik jika anda memahami apa itu SEO terlebih dahulu.

SEO adalah sebuah kegiatan melakukan proses berupa aktivitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita tersebut, situs website atau halaman Anda tersebut akan tampil pada halaman 1 daftar hasil pencarian yang alami atau tidak berbayar atau non-iklan atau organik alias asli.

Maka dari itu, banyak perusahaan membutuhkan tenaga orang yang memahami laju informasi yang cenderung cepat. Tidak hanya memahami melainkan juga mampu memberikan analisa terhadap apa saja yang dibutuhkan perusahaan untuk menarik perhatian masyarakat.

Search Engine Optimization  atau SEO Specialist sendiri adalah sebuah profesi pekerjaan yang memiliki tugas untuk menganalisa, review, dan implementasi perubahan yang terjadi pada website agar bisa dijangkau oleh berbagai search engine. Berbeda dengan Social Media Specialist, SEO Specialist tidak handle bagian media sosial dan begitu juga sebaliknya. Peran SEO Specialist ini penting sekali bagi perusahaan karena berperan untuk membuat perusahaan menjadi dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya adalah melalui bagaimana caranya website resmi bisa muncul di halaman pertama dalam mesin pencarian.

BACA JUGA: Cara Membuat Database MySQL

Pekerjaan ada karena perkembangan jaman
IDwebhost

5. Podcast Producer

Lalu pekerjaan terakhir yang muncul akibat perkembangan jaman adalah Podcast Producer. Siapa sih yang tidak mengenal Podcast di masa kini? Istilah yang muncul dalam media Guardian pada tahun 2004 ini semakin marak di era digital seperti ini. Bagaimana tidak, semuanya menjadi lebih mudah dan cepat untuk diakses dengan kecepatan informasi yang tidak biasa. Bahkan kini ada platform yang bisa memberikan akses semua orang untuk menjadi Podcast Producer.

Mereka adalah orang yang menyebarkan pesan melalui rekaman suara dengan kualitas tinggi. Tidak mudah memang untuk memproduksi podcast karena dibutuhkan riset mendalam, kemampuan mengarahkan, dan skill editing yang mumpuni agar bisa mendapatkan hasil sempurna. Podcast memiliki jenis beragam, anda bisa bercerita, memberikan informasi, ASMR, hiburan, musik dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan podcast.

Nah itu dia tadi lima pekerjaan yang hadir akibat perkembangan jaman. Jadi Sahabat IDwebhost tertarik menjalani jenis pekerjaan yang mana?