Ingin Postingan Instagram Anda Viral? Terapkan 12 Tips Ini!

27 Agu 2019
Ingin Postingan Instagram Anda Viral? Terapkan 12 Tips Ini! campaign-unlimited

Sekali lagi! Platform sosial media memegang peranan yang penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Ya, tentu saja faktor utamanya dengan postingan Instagram yang menarik, maka para pebisnis online bisa mendapatkan keuntungan besar dari Instagram. Setiap bulannya, sebanyak 700 juta orang diseluruh dunia menggunakan Instagram. Dimana setiap harinya pasti ada lebih dari 400 juta orang yang aktif dengan Instagram. Konten yang diposting pun mulai dari story, foto sampai dengan text serta juga video. Konten yang disampaikan melalui app Instagram memberikan banyak pengaruh kepada penggunanya.

Jika anda sudah mengetahui cara kerja dari algoritma instagram, pasti akan memberikan kemudahan kepada anda untuk bisa menampilkan postingan instagram anda di urutan pertama. Hal itu berdasarkan kemungkinan follower ataupun pengguna lainnya tertarik dengan postingan kita. Artinya, foto atau video dengan like dan komentar yang banyak memiliki kesempatan yang lebih besar untuk muncul pada halaman utama atau di urutan pertama. Lalu untuk menciptakan postingan instagram yang menarik sehingga menjadi viral, dengan konten yang informatif tanpa mengandung ‘hoax’ itu seperti apa?

 

data pengguna instagram
IDwebhost

1. Pastikan konten yang anda berikan menarik untuk dibaca

Pastikan konten yang anda buat dapat menarik para audiens untuk membaca. Konten berupa text di Instagram akan menunjukkan identitas dari sebuah brand. Dimana bukan hanya membuat orang mengetahui apa yang anda jual, tetapi juga bisa menghibur audiens dan meminta mereka untuk ikut berkomentar. Instagram memberikan batasan untuk setiap caption yang ingin anda buat. Tetapi tenang saja, ini sudah lebih dari cukup besar kok.

2. 200 Karakter, termasuk emoji dan 30 Hashtag

Konten anda minimal berisi 200 karakter, termasuk juga emoji dan 30 hastag. Meski begitu, ini bukan berarti caption anda bisa dalam bentuk esai ya? Dimana hampir semua text dipenuhi dengan hashtag. Tentu saja ini akan sangat mengganggu audiens anda. Caption yang anda buat harus benar-benar bisa membuat followermu tertarik untuk membacanya. Pastikan juga agar mudah dipahami, dan mereka mengetahui apa maksud dari CTA yang anda berikan.

Berikut ini 12 Tips menyusun Caption yang menarik

1. Kenali lebih dulu siapa audiensmu

Jika anda memanfaatkan Instagram untuk bisnis onlinemu, seharusnya anda sudah mengetahui siapa target pasar yang akan anda tuju. Anda juga sudah mengetahui dimana mereka berada, berapa usia mereka dan apa kesukaan mereka. Misalnya saja saat anda menjual produk hijab, anda akan menargetkan wanita, berusia 18 sampai dengan 35 tahun sebagai target terbesarmu. Maka konten yang akan anda buat di Instagram juga akan menyesuaikan dengan mereka. Bahkan anda pun akan membuat postingan instagram yang bisa membuat mereka tertarik atau membutuhkan anda selalu. Atau bahkan saat anda menggunakan teknik customer service excellent sehingga akan membuat mereka lebih loyal.

2. Identifikasi merek atau brand anda

 

gunakan kata-kata yang menarik untuk postingan instagram anda
IDwebhost

 

Setelah anda mengetahui siapa pelangganmu, anda juga harus mengetahui apa yang akan anda jual. Brand atau merek yang akan anda jual harus anda kuasai, sehingga akan memudahkan anda untuk membuat konten/postingan instagram yang informatif, menarik, dan viral bahkan bisa menjual. Anda pun akan menyesuaikan konten brand dengan siapa pelangganmu, sehingga akan menentukan gaya bahasa yang sesuai. Misalnya seperti anda bisa menambahkan humor atau cerita dari munculnya produk itu dalam captionmu.

3. Pertimbangkan jumlah pendek atau panjang dari setiap caption

Anda pasti ingin menampilkan semua informasi produk pada caption postingan Instagram anda. Boleh saja, tetapi jangan membuat follower anda merasa terganggu dengan caption anda yang amat sangat panjang. Anda bisa membuat jadwal postingan instagram, mulai dari memposting informasi yang berhubungan dengan produk, memposting detail produk anda, sampai memposting promo produk anda supaya postingan Instagram anda lebih menarik. Jangan memposting semua informasi dalam 1 postingan saja. Buatlah lebih bervariasi dalam feed Instagram anda. Akan lebih menarik jika anda menuliskan cerita dibalik foto tersebut. Daripada hanya memposting tulisan penuh dengan detail produk yang membuat follower anda enggan lagi melihat postingan instagram anda.

4. Tempatkan kata-kata yang paling penting di awal caption

Saat anda memposting foto dengan memakai caption yang sedikit lebih panjang, maka 1 kalimat di awal akan muncul terlebih dahulu. Ini kesempatan anda untuk menarik minat follower anda untuk melihat apa caption yang anda buat. Anda bisa menuliskan 1 kalimat yang mendeskripsikan tentang produk anda, atau solusi yang akan diterima oleh follower anda nantinya. Berilah alasan kepada pembaca bahwa anda akan memberikan manfaat lebih saat mereka membuka …. Read more.

 

Tempatkan kata-kata yang paling penting di awal caption
IDwebhost

 

5. Edit dan tulis lagi

Jangan ragu untuk menuliskan caption apapun untuk postingan instagram anda. Anda bisa membuat draftnya lebih dahulu. Editlah jika perlu, tulis ulang saja. Dan jangan lupa untuk mempublisnya. Anda bisa meringkas setiap caption dengan cara menghilangkan beberapa kata yang tidak diperlukan di dalam postingan instagram anda.

6. Gunakan hashtag tetapi jangan berlebihan

Kita mengetahui batas penggunaan hashtag di dalam postingan Instagram yaitu 30 hashtag. Menurut sebuah study dari Siply Measured, user yang menggunakan hashtag pada setiap postingannya, akan meningkatkan engagement sebesar 12,6% daripada user yang tidak menggunakannya. Tetapi tetap dengan hashtag yang relevan dengan postingan dan target audiens kita. Jika tidak ingin mengganggu caption text yang sudah anda buat, anda bisa menggunakan hashtag dengan tips berikut ini :

  • Memisahkan hashtag dengan caption text terakhir anda
  • Jangan membuat caption dengan seluruh text yang berisi hashtag. Anda bisa menulis hashtag di bagian komentar setelah caption yang anda tulis.

7. Untuk mendapatkan postingan Instagram yang menarik, Coba buatlah pertanyaan untuk followersmu!

Jangan hanya ingin didengar. Ajukan pertanyaan kepada followers anda. Anda bisa melibatkan mereka dan membangun interaksi dengan para audiens. Salah satunya dengan menggunakan judul dengan cara mengajukan pertanyaan kepada mereka. Buatlah pertanyaan sederhana yang hanya membutuhkan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’, atau pertanyaan yang lainnya.

8. Undang seseorang melalui mention untuk membuat postingan Instagram anda lebih menarik

Kalau Instagram anda bukanlah satu-satunya official account dari perusahaan atau brand bisnismu, anda bisa menyebutkannya dalam caption anda. Dengan menyebutkan account lain, anda akan membuat audiens merasa bahwa mereka akan diperhatikan.

9. Ajak banyak pengguna untuk terlibat

Engagement dengan audiens menjadi hal yang harusnya anda utamakan caranya supaya postingan Instagram anda terlihat menarik. Ajaklah teman mereka dengan meberi tag dan memberikan komentar/pendapat mereka. Tentu saja, konten postingan instagram yang menarik akan membuat mereka mau merekomendasikan anda kepada orang lain. Anda bisa menciptakan kontes yang diikuti oleh audiens anda.

10. Jangan ragu untuk menggunakan emoji

Siapa bilang menyisipkan emoji untuk postingan bisnis tidak professional? Selama sesuai dengan kontennya dan tidak mengganggu karena jumlahnya yang banyak. Emoji membantu kita untuk membuat kesan hangat kepada audiens. Sehingga dapat membantu anda untuk mendapatkan postingan Instagram yang menarik. Anda bisa menggunakan semua caption anda dengan emoji atau menyelipkan emoji diantara caption text anda.

 

Jangan ragu untuk menggunakan emoji
IDwebhost

 

11. Gunakan tanda petik

Jika anda ingin lebih bervariasi, masukkan beberapa kalimat seperti ulasan dari pelanggan anda atau ahli yang sesuai dengan postingan instagram anda.

12. Jadwalkan postingan instagram agar lebih tertata

Yang terakhir adalah menjadwalkan postingan anda. Jika anda ingin membuat postingan Instagram yang menarik, Anda bisa membuat beberapa postingan untuk 1 hari dan anda schedule. Sehingga anda tidak perlu selalu mengerjakan 1 hal yang sama. Dan waktu anda bisa digunakan untuk hal lainnya. Anda bisa menggunakan beberapa tools yang bisa membantu anda menjadwalkan postingan sosial media.

Nah, baru saja IDwebhost telah memberikan penjelasan tentang bagaimana membuat caption yang menarik dan bisa membuat konten anda viral. Pastinya akan sangat membantu bisnis online untuk meningkatkan penjualan. Jelas selain website toko online sebagai media anda dalam melakukan branding. Anda bisa menjalankan campaign promosi di sosial media, salah satunya Instagaram.

Nah, itulah cara untuk menciptakan postingan Instagram yang menarik, nantikan artikel dari kami yang lainnya tentang sosial media dan digital marketing untuk pengembangan bisnis online di artikel selanjutnya ya!