PostgreSQL Adalah: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Perbandingannya dengan MySQL

30 Okt 2022
PostgreSQL Adalah: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Perbandingannya dengan MySQL

Manajemen database yang baik dapat membantu proses pengolahan data menjadi lebih hemat waktu dan aman. PostgreSQL adalah salah satu pilihan terbaik untuk software database management system. Selain memiliki banyak fitur canggih, kamu juga dapat instal PostgreSQL di VPS gratis.

Bagi kamu yang masih awam, PostgreSQL juga cocok untuk kamu gunakan sebab memiliki banyak kelebihan, seperti bisa digunakan multi platform dan gratis. Nah, kira-kira apa kelebihan dari PostgreSQl lainnya? Mari simak ulasan berikut ini untuk belajar PostgreSQL lebih lengkap.

Apa Itu PostgreSQL?

PostgreSQL adalah relational database management system atau RDBMS yang bersifat open source. Sistem manajemen basis data satu ini menggunakan bahasa query utama SQL, sama seperti MySQL. PostgreSQL dikembangkan oleh Berkeley Computer Science Department dan sudah dipercaya sebagai database andalan kurang lebih selama 30 tahun terakhir.

Database PostgreSQL banyak digunakan pada berbagai aplikasi mobile, web app, hingga aplikasi analytics. PostgreSQL dapat mengolah data dalam tabel yang mempunyai hubungan satu sama lain. Umumnya, manajemen database ini banyak digunakan untuk berbagai aplikasi dengan kebutuhan pengolahan data yang kompleks.

PostgreSQL adalah manajemen database yang mendukung berbagai bahasa pemrograman populer. Beberapa di antaranya seperti JavaScript, Java, PHP, Python, Tcl, C/C++, Perl, dan masih banyak lainnya. Selain dukungan berbagai bahasa pemrograman, PostgreSQL juga memiliki fitur-fitur unggulan.

Misalnya seperti Asynchronous Replication yang dapat menggandakan database secara asinkron, fitur Locking Mechanism untuk mengamankan database, hingga Savepoints untuk mengatasi eror pada transaksi yang kompleks. Di samping itu, PostgreSQL juga mendukung perintah non-relasional seperti JSON.

PostgreSQL mendukung berbagai tipe data. Misalnya tipe data PostgreSQL Character ada INT, SERIAL, float, numeric, dan SMALLINT. Untuk tipe Boolean, PostgreSQL mendukung null, true, dan false. Sementara itu untuk tipe data Temporal tersedia DATE, TIMESTAMPTZ, INTERVAL, TIMESTAMP, dan TIME.

Untuk tipe Array, PostgreSQL mendukung Array string dan Array integer. Selanjutnya, untuk tipe data UUID, PostgreSQL mendukung uuid_generate_v1, uuid_generate_v4, dan uuid-ossp. Kabar baiknya lagi, PostgreSQL juga mendukung User-Defined Data Types, yang memungkinkan kamu untuk menambahkan tipe data baru sesuai dengan kebutuhanmu.

PostgreSQL terus dikembangkan dan dimodifikasi hingga saat ini. Bahkan dalam setiap versi terbarunya kamu dapat menemukan berbagai fitur baru. Fitur-fitur canggihnya diakui oleh banyak pengembang sehingga banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan ternama dunia. Contohnya seperti Netflix, Apple, Spotify, dan masih banyak lainnya.

Fungsi PostgreSQL

PostgreSQL Adalah

Fungsi utama dari database PostgreSQL tentu saja sebagai lokasi penyimpanan data melalui query bahasa SQL. Mendukung fungsi utamanya tersebut, query SQL pada PostgreSQL juga menambahkan fungsi lain berupa:

  • Mengelola transaksi. PostgreSQL dapat membantumu untuk mengelola transaksi dalam database. Fungsi ini dijalankan menggunakan Data Control Language (DCL) dengan query seperti GRANT, COMMIT, dan REVOKE.
  • Memanipulasi value data. Dalam satu waktu kamu dapat mengubah atau memanipulasi isian data atau value data. Cara kerja PostgreSQL untuk fungsi ini menggunakan Data Manipulation Language dengan query seperti UPDATE, INSERT, dan DELETE.
  • Membuat dan memanipulasi tabel. Dengan PostgreSQL, kamu juga dapat membuat sekaligus memanipulasi tabel dengan mudah. Untuk melakukan fungsi ini PostgreSQL menggunakan Data Definition Language (DDL) dengan query berupa DROP, ALTER, dan CREATE.

Kelebihan PostgreSQL

Nah, jadi selain berfungsi untuk mengelola data PostgreSQL adalah manajemen database yang juga dapat melakukan berbagai fungsi lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Selanjutnya mari pelajari kelebihan PostgreSQL yang membuatnya disebut sebagai RDBMS unggul.

1. PostgreSQL Gratis

PostgreSQL adalah program manajemen database yang gratis dan tidak memakan biaya apapun. Kamu tidak perlu membeli biaya lisensi atau menggunakan versi demo jika tidak ingin membeli versi lengkapnya. Berbagai source code dari program ini dapat kamu gunakan dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Berbagai fitur dan program di dalamnya bisa kamu gunakan secara gratis. Untuk keperluan pribadi maupun komersial, kamu bisa menggunakannya tanpa biaya.

2. Mudah Direplikasi

Jika kamu menggunakan PostgreSQL, kamu dapat melakukan migrasi data dengan mudah. Misalnya jika kamu perlu melakukan upgrade server atau mengembangkan sistem serupa di tempat lain. Dengan PostgreSQL, kamu bisa melakukannya dengan lebih efektif dan efisien.

PostgreSQL mendukung dua jenis replikasi, yakni Single-Master Replication (SMR) dan Multi-Master Replication (MMR). Jenis replikasi SMR memungkinkan kamu untuk melakukan replikasi tanpa mengubah data di server replika. Artinya, perubahan data di server master tidak akan berdampak apapun pada data di server lainnya.

Sementara untuk jenis MMR mendukung proses replikasi data dengan mengubah data di server replika. Artinya, apabila terjadi perubahan pada server master maka data pada server lain akan mengikuti perubahan tersebut.

3. Aman Digunakan

PostgreSQL adalah manajemen database yang tidak dimiliki dan dikendalikan oleh satu entitas komersial. Dengan demikian, PostgreSQL aman dari kendali untuk dijual atau dimanfaatkan oleh satu pihak. PostgreSQL hingga saat ini dikendalikan oleh beberapa perusahaan dan masih bersifat open source.

4. Skalabilitas Besar

PostgreSQL cocok untuk digunakan oleh sistem dengan skala besar. Hal ini memungkinkan sebab PostgreSQL dapat mengatasi banyak transaksi data sekaligus. Contohnya seperti pada aplikasi berbasis Geographical Information System (GSI).

PostgreSQL memiliki fitur PostGIS. Fitur ini memungkinkan pengolahan data spasial dapat berjalan lancar tanpa perlu mengorbankan performa kerja sistem.

5. Memiliki Dokumentasi Lengkap

Jika kamu ingin menggunakan PostgreSQL, tidak perlu khawatir apabila terjadi kendala dalam pengoperasiannya. PostgreSQL mempunyai dokumentasi yang lengkap beserta panduan langkah demi langkahnya. Kamu bisa mendapatkan dokumentasi lengkap PostgreSQL di sini.

Perbandingan PostgreSQL vs MySQL

PostgreSQL Adalah

PostgreSQL adalah DBMS dengan query SQL sama seperti MySQL. Tidak jarang kedua DBMS ini dibanding-bandingkan. Kira-kira mana yang lebih baik antara PostgreSQL vs MySQL? Berikut beberapa poin perbandingan yang kami rangkumkan untuk sahabat IDwebhost:

  • Dukungan platform. Bicara soal platform, PostgreSQL mendukung lebih banyak platform seperti Unix-OS dan Hp-UX OS yang tidak disediakan oleh MySQL.
  • Keamanan enskripsi data. Kedua DBMS ini memiliki keamanan enkripsi data yang berbeda. MySQL menawarkan fitur keamanan bawaan sementara PostgreSQL menawarkan fitur keamanan SSL.
  • Dukungan komunitas. Support komunitas di kedua DBMS memiliki fokus yang berbeda. Komunitas MySQL berfokus pada pemeliharaan fitur yang ada sementara dukungan komunitas di PostgreSQL berfokus pada peningkatan fitur.
  • Pengembangan program. MySQL jarang merilis fitur baru tidak seperti PostgreSQL yang cukup sering menghadirkan fitur-fitur baru.
  • Implementasi sistem. DBMS PostgreSQL cocok untuk digunakan pada sistem dengan query yang kompleks, contohnya seperti GIS. Sementara itu MySQL cocok untuk sistem yang hanya memerlukan transaksi data saja, seperti sistem akademik.

Cara Menggunakan PostgreSQL

PostgreSQL Adalah

Nah, jadi sudah yakin kalau PostgreSQL adalah manajemen database yang tepat untuk kamu? Untuk mulai menggunakannya, kamu harus melakukan setting initial terlebih dahulu di PostgreSQL. Berikut adalah PostgreSQL tutorial dengan command untuk setting initial:

  • Command pertama yang perlu kamu masukkan untuk mengakses setting initial adalah #  postgresql-setup initdb.
  • Kemudian, atur pengaturan menjadi enable untuk memulai layanan PostgreSQL dengan command: #  systemctl enable postgresql dan #  systemctl start postgresql.
  • Jika sudah memasukkan command di atas, kamu bisa mulai menjalankan PostgreSQL dengan command: #  sudo -i -u postgres.
  • Apabila berhasil maka berikutnya kamu dapat melanjutkan untuk melihat berbagai command yang digunakan di PostgreSQL dengan menggunakan command # help.

Kesimpulan

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan PostgreSQL? Kesimpulan dari ulasan di atas, PostgreSQL adalah database management system yang bersifat open source dan bisa digunakan tanpa biaya. Ada banyak fitur PostgreSQL yang dapat memudahkan pekerjaan pengelolaan data kompleks.

Di samping itu, PostgreSQL juga mendukung banyak bahasa pemrograman dan tipe data. Dukungan ini dapat meminimalisir terjadinya kendala saat pengembangan sebuah web app.

Jika saat ini kamu sedang memerlukan domain murah atau layanan hosting murah, IDwebhost menyediakan solusi yang tepat. Cek penawarannya sekarang dan dapatkan berbagai promo menarik dengan klik tombol di bawah ini!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022