7+ Rekomendasi Plugin Toko Online WordPress 2022

22 Mar 2022
7+ Rekomendasi Plugin Toko Online WordPress 2022

Toko online Anda masih “numpang” di platform e-commerce dan media sosial? Jika ingin bisnis online Anda semakin dikenal lebih luas, maka Anda harus membuat website toko online Anda sendiri. Bukan hanya dikenal lebih luas, tetapi bisnis Anda juga terlihat lebih profesional. Tapi, bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, cukup gunakan plugin toko online di WordPress.

WordPress adalah salah satu platform CMS (Content Management System) terbaik untuk membuat website yang user-friendly dan juga kaya akan fasilitas. Banyak sekali fasilitas berupa plugin yang dapat membantu Anda mengelola website. Hebatnya, Anda tidak perlu belajar soal coding atau pemrograman untuk membuat website toko online dengan bantuan plugin di WordPress.

Lalu, apa saja plugin yang bagus untuk membuat toko online di WordPress? WordPress sendiri memiliki banyak sekali plugin yang dapat membantu Anda untuk membuat toko online. Agar toko online Anda semakin menarik dan lengkap akan fasilitas untuk customer, simak hingga tuntas penjelasan berikut ini.

Kenapa Harus Menggunakan Plugin Toko Online di WordPress?

plugin-toko-online

Sebelum Anda mengetahui rekomendasi plugin toko online terbaik di WordPress, mungkin sebagian dari Anda bertanya kenapa harus menggunakan plugin? Sebetulnya, plugin berfungsi untuk memudahkan pengguna WordPress untuk mengelola website tanpa coding. Hal ini karena untuk menambahkan berbagai fitur di sebuah situs, butuh memasukkan kode-kode pemrograman.

Oleh karena itu, untuk memudahkan setiap penggunanya dalam mengelola website, WordPress menyediakan berbagai plugin dengan fitur-fitur yang canggih. Begitu pula dengan plugin toko online di WordPress. Anda dapat menambahkan berbagai fitur toko online seperti berbagai pilihan pembayaran dan juga membuat agar toko online Anda menjadi mobile friendly.

Rekomendasi Plugin Toko Online WordPress

plugin-toko-online

Seperti yang Anda ketahui dari penjelasan di atas, WordPress menyediakan banyak sekali plugin untuk memudahkan para penggunanya dalam mengelola website mereka. Nah, salah satu jenis plugin WordPress yang wajib Anda pemiliki online shop gunakan adalah plugin toko online. Lalu, plugin apa saja yang digunakan untuk membuat toko online di WordPress?

1. WooCommerce

Plugin toko online pertama yang paling populer bagi pengguna WordPress adalah WooCommerce. WooCommerce adalah plugin WordPress gratis yang terbilang lengkap akan fasilitas untuk toko online. WooCommerce memiliki berbagai fitur serta ekstensi gratis serta berbayar seperti metode pembayaran yang cukup lengkap, pilihan tema menarik, fitur pre-order, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Keunggulan WooCommerce yang Perlu Diketahui

Menariknya lagi, plugin WooCommerce ini telah terintegrasi dengan Google Ads, Maichimp, dan juga Facebook sehingga dapat memaksimalkan pemasaran dari produk Anda. Selain itu, WooCommerce juga merupakan plugin toko online yang SEO-friendly. Jadi, Anda dapat mengoptimalkan toko online Anda dalam hasil pencarian agar semakin banyak pengunjung.

2.Plugin Toko Online WordPress BigCommerce

Jika sebelumnya Anda dapat menggunakan WooCommerce secara gratis, maka plugin yang satu ini dapat Anda gunakan dengan membayar sekitar $30 hingga $300 per bulan. Berbeda dengan WooCommerce yang khusus untuk WordPress, BigCommerce merupakan software as a service yang memiliki hosting sendiri dan masih dalam pengembangan untuk pengguna WordPress.

Anda dapat menggunakan software ini dengan mendaftar langsung di BigCommerce. Banyak sekali fitur bermanfaat yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan toko online Anda. Fitur-fitur tersebut seperti pengiriman internasional, penghitungan ongkir secara real-time, katalog yang lengkap, dan lain-lain. Menariknya, Anda tidak membutuhkan ekstensi untuk fungsi tambahan.

3. Easy Digital Download 

Apakah Anda menjual produk digital dalam bisnis online Anda? Jika ya, maka plugin Easy Digital Downloads ini adalah pilihan yang tepat untuk toko online Anda di WordPress. Biasanya, produk digital seperti e-book, audio, atau bentuk file lainnya memungkinkan terjadinya pencurian. Artinya, calon customer bisa saja mengambil tanpa membeli.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, Easy Digital Downloads menyediakan fitur keamanan yang canggih untuk melindungi produk digital Anda. Sehingga, customer yang akan melakukan kecurangan dapat dicegah untuk mengakses produk digital tersebut. Plugin ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar untuk tingkat lanjutan sebesar $100 hingga $500 per tahunnya.

4. Plugin Toko Online WordPress WP eCommerce

Bila Anda ingin mengatur tampilan toko online sesuai keinginan, maka Anda dapat memilih plugin WP eCommerce. Plugin ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula dalam hal website toko online. Menariknya lagi, plugin ini juga dilengkapi dengan video tutorial untuk melakukan konfigurasi terhadap toko online Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin mengatur atau mengubah tampilan toko online Anda agar semakin menarik sesuai keinginan, Anda dapat menggunakan fitur customize CSS dan HTML. Selain itu, plugin ini juga sudah dilengkapi dengan keamanan SSL yang canggih. Sehingga, nantinya semua transaksi atas pembelian produk oleh customer dapat tersimpan dengan aman di database.

plugin-toko-online

 

5. Shopify

Mungkin Anda familiar dengan Shopify, salah satu platform pembuatan website khusus toko online yang sering menjadi pilihan untuk penjualan internasional. Nah, plugin WP Shopify adalah tool untuk membuat toko online yang terintegrasi secara langsung dengan Shopify. Plugin WP Shopify ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih dan menarik.

Baca Juga: Perbedaan Shopify dan Jejualan yang Harus Diketahui

Sama halnya dengan WP eCommerce, Wp Shopify juga memudahkan Anda untuk melakukan customize terhadap tampilan toko online Anda. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh WP Shopify bagi para penggunanya adalah lebih dari 100 filter dan efek tersedia untuk membuat tampilan website toko online Anda semakin menarik.

6. WP EasyCart

Rekomendasi plugin toko online WordPress terbaik selanjutnya adalah WP EasyCart. Plugin yang satu ini adalah plugin WordPress untuk membuat online shop dengan sangat mudah. Bagi Anda yang memiliki bisnis kecil atau baru memulai bisnis online dan tidak memahami mengenai website, maka plugin ini cocok untuk Anda.

Menariknya lagi, plugin ini dapat Anda peroleh secara gratis dengan berbagai fitur yang cukup lengkap. Bahkan, bukan hanya fitur untuk memasang katalog dan sebagainya saja. Plugin ini juga menyediakan fitur untuk berdonasi seperti situs fundraising. Selain fitur gratis, WP EasyCart juga menyediakan fitur premium seperti AffiliateWP dan manajemen afiliasi dengan harga $70-$100.

7. Ecwid eCommerce

Jika Anda mencari plugin WordPress untuk toko online premium yang murah, maka Anda bisa menggunakan Ecid eCommerce. Plugin ini juga menyediakan versi gratisnya yang juga memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap. Dalam versi gratis, Anda dapat melakukan penjualan produk di beberapa website yang juga sangat mobile-friendly.

Selain itu, Anda dapat menggunakan versi premium dengan harga $15 hingga $99 per bulannya untuk dapat menampilkan banyak produk bahkan hingga unlimited. Meski plugin ini gratis dan memiliki harga yang relatif murah untuk versi premium, tetapi plugin ini telah dilengkapi dengan PCI-DSS yang membuat transaksi jual beli lebih aman tanpa harus menghubungi hosting.

8. Music Store – WordPress eCommerce

Rekomendasi plugin toko online terakhir untuk situs Anda adalah Music Store – WordPress eCommerce. Sama seperti namanya, plugin yang satu ini dibuat khusus toko online yang menjual musik dan video dalam bentuk file WAV, OGA, WMA, MP3, dan lain-lain. Selain itu, fitur audio player yang ada di dalamnya sudah kompatibel dengan semua jenis browser.

Fitur menarik dari Music Store – WordPress eCommerce ini adalah adanya fitur keamanan yang melindungi produk musik atau video Anda dari pengunduhan tanpa izin. Nah, untuk membantu penggunanya dalam memasarkan karya-karyanya, plugin ini telah terintegrasi dengan beberapa media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Tips Memilih Plugin Toko Online WordPress

Meski plugin untuk membuat toko online yang direkomendasikan memiliki kualitas serta fitur yang canggih, Anda tetap harus cermat dalam memilih plugin untuk toko online Anda. Hal ini karena tidak semua plugin tersebut dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Misalnya, dalam berjualan audio musik, Anda membutuhkan keamanan dari kecurangan pembeli. Supaya plugin yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, simak beberapa tips di bawah ini dalam memilih plugin toko online.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Sebelum Anda memilih plugin, pastikan lebih dulu apa yang menjadi kebutuhan website dan bisnis Anda. Bagaimana cara mengetahuinya? Pertama adalah pahami lebih dulu produk Anda. Selanjutnya, cari tahu apa yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. Misalnya, Anda ingin membuka program afiliasi maka pilihlah plugin yang menyediakan fitur tersebut.

2. Fleksibel terhadap Customize

Jika Anda ingin mengubah tampilan toko online Anda suatu saat, maka carilah plugin yang memudahkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi. Dengan begitu, Anda dapat mengatur dan mengubah tampilan toko online agar semakin menarik sesuai dengan keinginan Anda.

3. Selalu Diperbarui

Tips ketiga yang paling penting dalam memilih plugin toko online di WordPress adalah plugin tersebut harus sering diperbarui. Artinya, plugin tersebut selalu memperbarui sistem dan fitur-fiturnya agar dapat menyesuaikan versi terbaru dari WordPress itu sendiri. Jika plugin tidak diperbarui, maka hal ini dapat menimbulkan masalah pada toko online Anda.

Kesimpulan

Ada banyak plugin untuk toko online yang dapat Anda gunakan pada situs Anda. Selain untuk membuat toko online, ada juga plugin yang berfungsi untuk menambahkan fitur testimoni dari customer yang telah membeli produk Anda seperti Sola Testimonial. Dengan adanya plugin WordPress, Anda dapat membuat online shop Anda semakin menarik dan fungsional.

Nah, agar plugin yang Anda pilih sesuai dengan bisnis dan juga toko online Anda, lakukan juga beberapa tips di atas, ya. Anda juga dapat membuat toko online di IDwebhost dengan mudah. Gunakan juga domain sendiri untuk toko online Anda agar semakin profesional dan kredibel dengan produk domain murah dari IDwebhost.

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022