Berbagai Macam Plugin Whatsapp di Wordpress
Blog Tips Keren Berbagai Macam Plugin Whatsapp di WordPress

Berbagai Macam Plugin Whatsapp di WordPress

Media sosial adalah suatu hal yang booming dan memiliki peran penting dalam hidup manusia di masa kini. Berbagai jenis media sosial seperti media chatting, media berbagi gambar, media berbagi momen dan media lainnya turut menghiasi kehidupan kita sehari-hari. Pada masa kini, aplikasi chatting Whatsapp menjadi media chatting yang paling banyak diminati dan digunakan. Selain itu, penggunaan internet dari mobile phone juga kini lebih besar daripada penggunaan lewat komputer desktop belaka. Hal ini berarti, plugin Whatsapp chat akan menjadi sebuah nilai lebih jika Anda memasangnya di situs website Anda. Sehingga hanya dengan klik icon Whatsapp, pengunjung akan diarahkan ke chat dengan akun whatsapp customer service Anda.

Oleh karena itu pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi tentang plugin whatsapp di wordpress yang bisa anda coba karena akan sangat bermanfaat. Namun sebelum menuju kesana kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu media sosial agar anda menyadari pentingnya menggunakan sosial media.

Apa itu media sosial?

Media sosial atau yang sering disalah tuliskan sebagai sosial media adalah sebuah media daring. Di mana para penggunanya bisa dengan sangat mudah untuk berpartisipasi, berkomunikasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia saat ini.

 

plugin whatsapp wordpress
idwebhost.com

Dikutip dari Wikipedia, Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content

Media sosial sendiri memiliki klasifikasi karena teknologinya mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan berbagai macam teori di dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi bagi segala macam jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial yaitu :

Proyek kolaborasi

Situs web mengizinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, mengedit, ataupun menghapus segala jenis konten yang ada di situs web dalam klasifikasi ini. Contohnya wikipedia.

Blog dan microblog

Di jenis yang satu ini, pengguna akan lebih bebas untuk bisa mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat, tulisan bebas, tulisan tentang hobi atau kegiatan favorit hingga mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya Twitter, Blogspot, WordPress.

Konten

Para pengguna dari situs web ini bisa saling meng-share berbagai macam konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain-lain. Website yang satu ini sangat cocok bagi anda yang memiliki pemikiran kreatif. Contoh website jenis ini adalah YouTube.

 

plugin whatsapp wordpress
idwebhost

BACA JUGA: Mengenal Kevin Systrom Sang Pendiri Instagram

Situs jejaring sosial

Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dan berkomunikasi dengan orang lain entah orang yang anda kenal ataupun tidak. Informasi pribadi itu bisa seperti foto-foto. Contoh media sosial ini adalah facebook, instagram.

Virtual game world

Dunia virtual, di mana mengreplikasikan lingkungan 3D, di mana user bisa muncul dalam bentuk avatar – avatar unik yang diinginkan dan bisa berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Contoh media sosial jenis ini adalah game online.

Virtual social world

Dunia virtual yang di mana penggunanya merasa seperti hidup di dunia virtual, sama layaknya seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan yang bisa anda imajinasikan contohnya second life. Oke tanpa perlu basa – basi lebih panjang lagi, berikut ini adalah rekomendasi plugin whatsapp untuk wordpress anda agar menjadi lebih baik lagi.

Rekomendasi Plugin Whatsapp di WordPress

1. Click to Chat Whatsapp

Plugin whatsapp di wordpress yang pertama ada Click to Chat Whatsapp. Plugin yang satu ini kini sudah ada di versi 1.6. Plugin ini bisa diinstall dengan minimum requirement versi WordPress 4.6 ke atas. Dan membutuhkan versi PHP 5.6 ke atas. Sampai saat ini artikel ini ditulis, sudah ada lebih dari 40.000 instalasi aktif di plugin gratis ini.

Namun jika Anda tidak puas dan membutuhkan fitur yang lebih pada plugin ini, Anda bisa membeli versi premiumnya. Dengan versi premium, Anda tidak cuma hanya mendapatkan fasilitas chat dan mengubah tampilan icon. Tapi juga beberapa fitur di seperti ini.

Plugin chat Click To Chat Whatsapp kini sudah pada versi 1.6. Plugin ini dapat diinstal pada minimum requirement versi WordPress 4.6 ke atas. Dan membutuhkan versi PHP 5.6 ke atas. Hingga saat artikel ini ditulis, sudah ada lebih dari 40.000 instalasi aktif pada plugin gratis ini. Namun jika Anda membutuhkan fitur yang lebih dari plugin ini, Anda dapat membeli versi premiumnya. Dengan versi premium, Anda tidak hanya sekedar mendapat fasilitas chat dan mengubah tampilan icon. Tapi juga beberapa fitur di bawah ini.

 

plugin whatsapp wordpress
idwebhost

Fitur-fitur Click To Chat Whatsapp Premium

* Mulitiple Custom Styles / Add image blocks
* Predefined Styles
* WooCommerce ( add styles with in product page )
like add style next to cart button, before main content, …
* Prefilled text ( placeholders: Title, URL, WooCommerce Product name )
* Holidays – Hide Styles on Selected Days in a week
* Working Hours – Hide Styles on Selected Time Ranage in a Day
* Analytics ( Google Analytics, FB Analytics, FB Pixel )
* Select Styles based on Device ( Mobile, Desktop )
* Show Floating Style after selected Time Delay
* Show Floating Style after user scroll down selected pixel
* Animations
* Light Weight – High performance

2. Whatsapp Me

Plugin Whatsapp pada wordpress yang selanjutnya ada Whatsapp Me. Plugin ini  merupakan plugin whatsapp yang bisa kompatibel atau cocok dengan versi WordPress 3.0, dengan lebih dari 10.000 instalasi aktif yang menggunakan plugin ini. Plugin Whatsapp Me juga mudah digunakan dan tentunya dengan menggunakan plugin Whatsapp me, anda dan juga pengunjung Anda bisa dengan mudah menghubungi whatsapp Anda hanya dengan sekali klik saja. Bagaimana mudah sekali bukan?

Beberapa fitur keren pada Whatsapp me

  1. Phone: Enter the phone number.
  2. Mobile only: Select if you want the button to be visible only on mobile devices. 
  3. Call to action: Write a message to encourage users to contact you through WhatsApp.
  4. Delay: You can define a timeout to display the call-to-action message.
  5. Message: You can define the first message to send.
  6. Advanced: configure on which pages you want to show or hide your WhatsApp button.
  7. If you have Google Analytics, an event is triggered when the user launches WhatsApp.
  8. Can override call to action, message or visibility on every post, page or custom post.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.