Plugin Web Builder WordPress Terbaik Yang Layak Dipilih
Blog Tips Keren

Plugin Web Builder WordPress Terbaik Yang Layak Dipilih

Plugin web builder memang sangat penting untuk membangun website yang anda impikan. Anda tentu ingin membangun sebuah website dengan cara yang mudah. Ada banyak theme beragam yang bisa anda pilih pada saat menciptakan sebuah website. Anda akan melihat sejumlah tema tersebut menawarkan kustomisasi yang bisa disesuaikan dengan keinginkan. Tapi kalau Anda menggunakan plugin web builder maka Anda akan bisa menciptakan website dengan lebih fleksibel, tanpa harus bergantung pada settigan default yang ada pada tema yang tersedia. Di sinilah plugin web builder hadir untuk membantu menciptakan web terbaik dengan tampilan yang paling professional dan sudah pasti instan. Cara melakukannya juga sangat sederhana yaitu dengan drag and drop saja.

Lalu apa bedanya memakai plugin web builder dengan menggunakan theme WordPress edisi premium? Apabila anda tetap memilih tema premium, setidaknya masih ada beberapa hal yang harus anda lakukan, yakni menambahkan script HTML da CSS yang diperlukan. Ini tentunya kurang praktis. Tapi kalau anda memakai plugin web builder maka anda pun akan bisa mengatur sendiri tampilan dengan menggerakan kursor mouse anda. Tinggal drag and drop saja maka selesai sudah pembuatan website impian yang anda mau. Hanya dengan beberapa klik saja anda bisa mengatur tiap halaman agar bisa tampil sesuai kebutuhan, misalnya menciptakan halaman dengan beberapa menu/submenu, halaman daftar produk, portofolio, dan lain sebagainya. Berikut adalah daftar web builder plugin yang bisa anda pilih:

Plugin Web Builder Site Origin

Beberapa Plugin Web Builder WordPress Yang Terbaik
idwebhost

Site origin memiliki popularitas yang cukup bagus sebegai pencipta tampilan web terbaik dengan sistem drag and drop. Anda akan memperoleh kemudahan yang diinginkan dalam membangun sebuah website. Satu hal yang terpenting adalah anda tak perlu melakukan coding sama sekali karena plugin ini cukup interaktif. Anda bisa menambahkan widget dan fitur tambahan lain yang anda butuhkan. Anda juga bisa langsung menyesuaikan ukuran dari tampilan yang diinginkan untuk website tersebut. Ada juga fitur history editor yang bisa anda gunakan untuk mengecek apa saja step-step yang sudah anda terapkan dalam membuat web tersebut. Anda juga bisa memiliki template yang nantinya diterapkan di web anda yang lain, kemudian hanya merubah beberapa bagiannya saja.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Rating Website

Keuntungan dari memakai Site Origin adalah bentuknya yang responsive dan juga mobile friendly. Jadi anda bisa melakukan kustomisasi dengan mudah dengan bantuan gadget. Selain itu, plugin web builder yang satu ini juga kompatibel dipakai untuk berbagai tema WordPress yang tersedia, mulai dari yang gratis maupun yang premium. Anda bisa mengatur sendiri bentuk dan letak widget yang anda pasang didalamnya.

Elementor

Mau bikin website dengan fitur lengkap dalam sekejap? Cobalah memakai plugin Elementor ini. Anda akan bisa melihat sendiri bagaima plugin Elementor ini bisa memberikan kepadaanda kemudahan membuat website dan menata peletakan widget sesuai kebutuhan. Elemen-elemen yang anda masukan tersebut bisa anda letakan pada bagian sebalah kiri, kanan, tengah atau dimanapun yang anda mau. Anda juga bisa langsung melihat tampilan hasil kerja anda dengn memilih menu Preview yang ada didalamnya. Untuk anda yang ingin membuat website yang SEO Friendly, disinilah elementor akan bisa membantu anda menciptakan sebuah plugin web builder tipe drag and drop yang tak kalah menarik.

Pasalnya, elementor adalah sebuah perangkat yang telah dibuat dengan coding berbasis SEO. Jadi tak heran selain responsif, anda pun juga akan mampu membuat situs anda masuk di halaman pertama searching engine dengan mudah. Disini anda juga akan mampu mendapatkan desain yang lebih responsif dan tertata rapi. Anda akan mampu melakukan kustomisasi terhadap layout web anda sesuai keinginkan. Disini juga menyediakan puluhan widget utama yang bisa anda bangun sendiri untuk memenuhi kebutuhan, mulai dari Image, Social Media, Heading, Sidebar, dan lain sebagainya.

Aqua Page Builder

Beberapa Plugin Web Builder WordPress Yang Terbaik
idwebhost

Aqua Page Builder digadang-gadang sebagai salah satu plugin web builder yang paling mudah penggunaanya. Karena perangkat ini memberikan tampilan layaknya widget. Anda akan benar-benar bisa nyaman pada saat melakukan konfigurasi terhadap pembuatan web tersebut. Untuk mempercepat proses pembuatan website, perangkat ini bisa anda gunakan. Jadi tak heran kalau Aqua Page Builder adalah website builder yang sangat bagus dipakai untuk pemula. Dengan adanya sistem drag and drop anda akan bisa menyesuaikan tampilan WordPress yang diinginkan saat ini.

Plugin Web Builder Themify

Themify juga salah satu pilihan perangkat yang recommended untuk digunakan. Disini anda akan bisa membuat sebuah website dengan widget, button, icon, dan halaman tambahan yang diinginkan dengan mudah. Anda juga bisa menentukan sendiri elemen apa saja yang bisa anda manfaatkan nanti. Anda bisa mengganti warna, font dan ukuran huruf dengan cara yang praktis. Ada dua pilihan yang bisa anda tentukan sendiri dalam menciptakan web dengan plugin ini, yakni dengan metode berbayar atau free (gratis). Banyak fitur dari plugin web builder ini yang tersedia mulai dari module yang lengkap, preview editing, modul dan kolom copy paste, dan juga fasilitas import dan export file yang memudahkan anda memindahkan file apapun yang dikehendaki.

Unyson

Beberapa Plugin Web Builder WordPress Yang Terbaik
idwebhost

Unyson adalah plugin web builder yang juga tak kalah menariknya. Pasalnya disini tersedia slider yang bisa anda gunakan untuk membuat sebuah website yang lebih menawan. Anda juga bisa memungkinkan untuk melakukan restore atau backup web dengan memakai plugin yang satu ini. Disinilah anda akan mendapatkan kemudahan untuk mengaktifkan fitur tertentu dengan mudah dan cepat. Anda bisa menyesuaikannya sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Unyson juga menyediakan kepada anda fitur berupa Mega Menu. Yang mana dengan menggunakan fitur ini akan memudahkan pembuatan web user friendly yang anda inginkan. Sama seperti sebelumnya, disini juga tersedia sistem backup dan restore yang anda butuhkan. Kalau anda ingin membuat website khusus portofolio yang terbaik atau mengenai acara tertentu, disini anda akan bisa melakukannya dengan plugin web builder.

Kesimpulan

Jangan ragu menggunakan plugin web builder jika anda ingin membuat sebuah website yang benar-benar bagus dan bisa dikustomisasi tanpa ribet. Banyak orang yang memilih mengatur tampilan web dengan memakai dashboard customization. Tapi terkadang hal itu kurang maksimal karena ada beberapa elemen yang mungkin ingin anda pasang didalamnya yang tidak tersedia di pengaturan default. Jika sudah demikian, membangun web dengan bantuan page builder adalah solusi yaang paling instan. Anda akan bisa lebih hemat waktu dan fleksibel dalam menciptakan web yang sesuai kebutuhan anda saat ini. Di sisi lain, hal ini juga akan membantu anda memikirkan langkah selanjutnya yang hendak anda terapkan untuk membuat web terbaik tersebut. Anda bisa beralih ke rencana atau rancangaan lainnya jika tampilan web tersebut sudah selesai.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.