Rekomendasi WordPress Plugin Toko Online untuk Anda Coba
Blog WordPress Expert Rekomendasi WordPress Plugin Toko Online untuk Anda Coba

Rekomendasi WordPress Plugin Toko Online untuk Anda Coba

Plugin toko online ini biasanya menyediakan beragam fitur yang akan membuat toko online Anda menjadi semakin canggih. Seperti fitur pembayaran, katalog, potongan harga, dan manfaat lainnya.

Untuk Anda yang sedang mencari referensi plugin WordPress untuk kebutuhan toko online Anda, Berikut penjelasannya lebih lengkapnya.

 

Isi Artikel :

 

 

 

Hal-hal Sebelum Memilih Plugin Toko Online

 

plugin-toko-online

Supaya Anda tidak salah dalam memasang plugin WordPress untuk keperluan toko online, ada baiknya Anda perlu untuk mengetahui terlebih dulu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan. 

Berikut penjelasannya:

 

1. Fitur Pendukung Toko Online yang Canggih

Salah satu yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang plugin WordPress toko online adalah dengan meninjau pada kelengkapan fitur-fitur pendukungnya. Dengan adanya fitur pendukung yang canggih dan lengkap ini, hal ini tentunya dapat memudahkan Anda dalam membuat website toko online tanpa perlu repot install plugin tambahan lagi. 

Nah, supaya tidak salah plugin, Anda juga dapat untuk menentukan terlebih dahulu fitur apa saja yang dibutuhkan pada toko online Anda. Beberapa fitur yang wajib dimiliki toko online contohnya, fitur customer login, informasi kontak dan support, wishlist, pencarian pada toko online, ongkos kirim, mobile friendly, dan sejenisnya.

 

2. Tersedia Berbagai Metode Pembayaran

Selain meninjau dari fitur pendukungnya, Anda juga perlu memperhatikan plugin WordPress toko online  yang menyediakan berbagai metode pembayaran. Sebab, dengan adanya dukungan dan juga berbagai jenis pembayaran yang telah disediakan toko online dapat mendorong konsumen dalam melakukan pembelian. 

Misalnya, tersedia metode pembayaran dengan kartu kredit, cicilan, payment gateway sampai dompet digital populer seperti OVO, Dana, dan lain sebagainya.

 

3. Kustomisasi yang Fleksibel

Bagi Anda yang pemula dan tidak mempunyai skill coding, Anda perlu untuk memastikan terlebih dahulu dalam memilih plugin toko online WordPres yang dapat Anda nilai dalam menyediakan fitur kemudahan dalam kustomisasi. 

Contohnya, plugin yang telah tersedia fitur product blocks. Fitur ini merupakan kolom-kolom yang dapat menampilkan produk sesuai kategorinya. Dengan product blocks, Anda dapat mengedit tampilan produk sesuai dengan kebutuhan dan memajangnya pada toko online Anda.  

Selain itu, Anda juga dapat memilih plugin WordPress toko online  yang sudah menyediakan shortcode. Dengan shortcode, Anda jadi jauh lebih gampang memasang fitur di bagian website mana saja. 

 

4. Didukung dengan Berbagai Plugin atau Ekstensi Pendukung

Selain fitur dan tampilan, Anda juga perlu memilih plugin WordPress toko online  juga membutuhkan support pada integrasi dengan berbagai ekstensi atau plugin lainnya. Sehingga, Anda bisa meningkatkan fungsionalitas website toko online Anda. 

Misalnya, terintegrasi dengan tools analytics yang bisa membantu Anda mengetahui performa website toko online. Jadi, Anda dapat merencanakan strategi bisnis menjadi lebih matang lagi. 

 

5. Harga yang Terjangkau

Beberapa plugin toko online sudah menyediakan versi gratis dan berbayar. Jika Anda ingin mempunyai fitur yang lebih optimal Anda dapat menggunakan yang berbayar. Oleh karenanya, Anda dapat memilih plugin WordPress untuk toko online yang sesuai dengan anggaran Anda. 

 

Plugin WordPress untuk Toko Online

 

plugin-toko-online

1. WooCommerce

WooCommerce adalah plugin yang dapat digunakan untuk keperluan dalam pembuatan toko online yang paling populer. WooCommerce juga telah menyediakan berbagai tema dan fitur yang terbilang cukup lengkap dengan berbagai jenis website toko online.

Beberapa fitur yang sudah ditawarkan contohnya fitur pembayaran yang komplit dari transfer bank,payment gateway seperti PayPal,  kartu kredit,  sampai cash on delivery. 

Ditambah lagi dengan tersedia ratusan ekstensi yang gratis dan berbayar, contohnya fitur ongkos kirim dari JNE. Jadi, pembeli bisa mengetahui pada perhitungan biaya barang dengan menggunakan ongkos kirimnya. 

Tidak hanya itu, WooCommerce juga sudah terintegrasi dengan beberapa marketing tools, contohnya Google Ads, Facebook dan Mailchimp. Dengan tools itu, Anda jadi lebih gampang melakukan pemasaran online. 

 

2. WP Shopify

Berikutnya, Plugin WordPress untuk toko online yang dapat Anda coba yaitu WP Shopify. 

WP Shopify ini merupakan plugin WordPress toko online  yang sudah terintegrasi dengan web builder khusus toko online yaitu Shopify. Jadi, jika Anda sudah mempunyai toko online dengan Shopify, Anda jadi lebih mudah dalam mengatur dan mengelolanya di WordPress menggunakan plugin ini. 

WP Shopify juga sudah menyediakan berbagai tema menarik dan kustomisasi yang bisa dikatakan mudah untuk digunakan. Anda juga bisa membuat fitur toko online sesuai kebutuhan dengan cara menggunakan shortcode. 

Menariknya lagi, plugin ini juga telah menyediakan 100+ efek dan filter yang dapat digunakan untuk tampilan toko online sesuai keperluan Anda. Dengan fitur tersebut, Anda dapat meningkatkan user experience pengunjung Anda. 

Selain tampilan plugin ini yang menarik, Anda juga dapat mempunyai toko online berbasis cloud. Ini artinya, Anda sudah tidak perlu lagi ketika dalam melakukan upgrade server seiring berkembangnya toko Anda. Sebab, platform ini sudah bersifat scalable, artinya mudah upgrade paket dengan menyesuaikan kebutuhan. 

 

3. WP eCommerce

Bagi Anda yang seorang pemula dan berkeinginan dalam membuat website toko online dengan cara cepat dan menarik, maka solusinya Anda dapat menggunakan WP eCommerce. Plugin ini juga sudah dilengkapi video tutorial yang dapat membantu Anda dalam membuat website sendiri. 

Nah, buat Anda pengguna yang telah dapat lebih memahami teknis pembuatan website toko online, WP eCommerce ini juga sudah menyediakan kustomisasi pada HTML dan CSS. Jadi, Anda sudah membuat website lebih menarik dengan menyesuaikan kebutuhan Anda. 

Selain kemudahan dalam hal kustomisasi, WP eCommerce juga telah memberikan fasilitas keamanan SSL yang tangguh. Jadi, transaksi yang dilakukan dengan konsumen dapat terjamin keamanannya. 

 

4. BigCommerce

Plugin WordPress toko online yang berbasis SaaS atau Software as a Service yang menjadi rekomendasi ke empat ini adalah BigCommerce. Artinya, Anda perlu membayar biaya bulanan jika Anda ingin menggunakannya secara berkelanjutan. 

Dengan BigCommerce, Anda dapat melakukan penjualan pada beberapa channel dan marketplace contohnya WordPress, Google Shopping, dan Amazon. Kemudian melakukan pengelolaan dengan satu control panel. 

Semua data dapat tersinkronisasi secara otomatis, sehingga hal ini potensi terjadi kesalahan sangatlah minim. Jika Anda mempunyai bisnis berskala besar, plugin ini sangat cocok untuk digunakan untuk Anda.

Agar dapat mengoptimalkan website toko online Anda pada mesin pencari mobile, 

plugin ini sudah didukung Accelerated Mobile Pages atau AMP.

 

plugin-toko-online

 

5. Easy Digital Downloads

Plugin WordPress referensi yang kelima yaitu plugin toko online Easy Digital Downloads. Anda juga dapat menggunakan plugin khusus ini untuk keperluan membuat toko online yang menjual produk digital, contohnya ebook, audio, dan file PDF. 

Plugin ini juga menawarkan kumpulan ekstensi yang terbilang cukup lengkap. Anda dapat memasang ekstensi tertentu menyesuaikan kebutuhan untuk penjualan produk digital. Contohnya ekstensi lisensi software, pembatasan konten, dan lain sebagainya.

Selain itu, plugin ini sudah dibekali fitur translate ke dalam ribuan bahasa. Tentunya fitur ini sangat membantu website toko online Anda jika mempunyai target audiens dari berbagai mancanegara.

 

6. MemberPress

MemberPress yang menjadi rekomendasi plugin WordPress toko online yang keenam ini adalah plugin WordPress cocok untuk digunakan oleh toko online dengan model bisnis yang memiliki membership atau subscription. Contohnya, website online course, media online premium, streaming, dan lain sejenisnya.  

Plugin ini juga menyediakan kaya fitur yang khusus untuk membuat Anda bisa menjadi lebih mudah dalam mengelola membership atau keanggotaan bisnis Anda.

Selain itu juga tersedia fitur manajemen membership yang mempunyai sistem tagihan otomatis kepada pelanggan Anda. Dengan menggunakan fitur ini, Anda juga dapat melakukan penambahan dan juga pemutusan keanggotaan secara langsung dari website Anda. 

Karena berbasis keanggotaan, Anda juga dapat membatasi atau memberikan akses konten tertentu hanya pada anggota tertentu. Contohnya, artikel premium yang dikhususkan pada subscriber berbayar. 

Hal yang penting lainnya, Anda juga dapat memperoleh pelaporan yang jelas, baik tentang perilaku membership, pendapatan, sampai produk yang terlaris. Sehingga Anda dapat mengevaluasi dan mengoptimasi website menjadi lebih baik. 

 

7. WP EasyCart

Plugin WordPress untuk toko online referensi ke tujuh ini yaitu WP EasyCart. Hampir sama seperti plugin kebanyakan lainnya, WP EasyCart juga sudah menyediakan versi gratis dan berbayar. 

Di versi gratisnya, Anda dapat membuat website toko online dengan menggunakan unlimited jumlah produk orderan dan juga opsi metode pembayaran PayPal Express. 

Sementara di versi berbayar, Anda dapat memperoleh lebih dari 30 payment gateway, live shipping calculator, kupon, dan 10+ ekstensi. 

Menariknya, Anda juga dapat mengelola toko online Anda melalui mobile devices. Anda pun bisa menambahkan produk pada bisnis Anda di mana saja dan kapan saja. 

 

8. Music Store – WordPress eCommerce

Ecwid Ecommerce Shopping Cart yang menjadi rekomendasi terakhir ini merupakan plugin WordPress toko online  yang memiliki fitur yang lengkap.  Plugin ini juga sudah disediakan lebih dari 40 metode pembayaran sehingga konsumen toko online Anda bisa menjadi lebih mudah dan hemat dalam melakukan pembelian. 

Ditambah lagi, Facebook dan Instagram yang sudah saling terintegrasi ini juga dapat membantu Anda dalam mempunyai toko online di Facebook dan Instagram Shopping. Daftar produk, order, dan pelanggan bisa dihubungkan secara otomatis dengan kedua platform tersebut. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot dalam mengaturnya satu per satu. 

 

Kesimpulan

Selain kesepuluh plugin diatas, masih terdapat beberapa rekomendasi plugin seperti Handsome Testimonials, Sola Testimonials, GS Testimonial Slider, Site Review, SeedProd, Facebook social review feed, Custom twitter review feed dan lainnya.

Plugin-plugin tersebut bisa Anda coba pelajari untuk menentukan pilihan plugin testimoni sesuai selera Anda.

Semoga bermanfaat

Selanjutnya, supaya Anda juga dapat memperoleh informasi artikel lainya, Anda juga bisa lho mengunjungi halaman website IDwebhost di bagian blog IDwebhost.

Hal menyenangkan lainnya, Anda juga dapat memilih hosting terbaik dengan pilihan yang telah disediakan oleh IDwebhost dan domain lengkap beserta promo didalamnya yang bisa Anda gunakan guna keperluan bisnis online Anda. 

Lalu untuk Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan website, Anda bisa menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost untuk memaksimalkan bisnis Anda menggunakan website.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.