5 Plugin Terbaik untuk menolak Spam di WordPress

20 Nov 2022
5 Plugin Terbaik untuk menolak Spam di Wordpress campaign-unlimited
Komentar negatif atau spam merupakan kenyataan pahit yang harus dihadapi oleh seluruh pengelola website. WordPress sebagai CMS (Content Marketing System) yang paling populer saat ini pun tidak bisa menghindar dan kerap kali terkena spam. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan membahas tentang plugin terbaik untuk menolak spam di WordPress.
Plugin Terbaik untuk menolak Spam di WordPress
idwebhost
Ya, sebenarnya WordPress bisa membantumu untuk menolak spam secara manual. Namun, jika kamu meninggalkan website tanpa pengawasan terhadap komentar yang mengandung spam, tidak menutup kemungkinan spam dapat masuk ke database situsmu dan membuatnya dilarang secara permanen dari indeks mesin pencari.
Komentar spam yang masuk biasanya menyisipkan link aktif dengan jumlah lebih dari satu. Ada juga komentar yang substansinya bersifat promosi produk yang bisa dikategorikan sebagai spam. Memang sangat tidak nyaman jika setiap hari website mendapat komentar spam apalagi publish dibagian komentar, pasti kamu ingin membasminya kan?
Saat membangun situs baru dan masih memiliki sedikit pengunjung mungkin masih belum mengalami hal ini, tapi ketika situsmu mulai tumbuh dan menghasilkan banyak lalu lintas dan situsmu mulai terkenal, maka dipastikan kamu akan mengalaminya. Yaitu banyaknya komentar spam masuk ke situsmu.

Komentar spam tentu saja bukan merupakan hal yang menyenangkan bagi semua pemilik situs, dan ini merupakan gangguan nyata yang harus kamu basmi, layaknya kuman di websitemu. Karena sebagian besar spammer adalah bots spam otomatis dan masalah paling umum dari WordPress adalah banyaknya spam yang masuk melalui sistem komentar WordPress.

Hal yang paling merugikan ketika kamu membiarkan spammer menyerang situsmu adalah turunnya peringkat SEO dan banyaknya spam akan membebani database dan pada akhirnya situs menjadi terasa berat saat dimuat. Hal yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menangkal spam tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan yaitu mengganti sistem komentar default WordPress dengan yang lain seperti Disqus, menggunakan captcha atau menggunakan plugin anti spam. Keduanya merupakan cara ampuh untuk menangkal spam. Namun kali ini kami akan memberikan ulasan secara mendalam kepadamu tentang 5 plugin terbaik untuk menolak Spam di WordPress yang bisa kamu pilih salah satu untuk di install disitus WordPressmu.

5 plugin terbaik untuk menolak Spam di WordPress yang bisa kamu pasang

1. Akismet

10 Plugin terbaik untuk menolak spam di WordPress adalah Akismet. Dikembangkan oleh Automattic, perusahaan di balik WordPress, Akismet ini adalah salah satu plugin berbasis spam dan anti-spam berbasis cloud yang paling populer yang pernah dikembangkan untuk WordPress. Akismet menggunakan layanan web yang didukung oleh server awan (Cloud Server) yang mengevaluasi komentar untuk spam. Pertama, kamu perlu terhubung ke layanan cloud menggunakan API key yang dapat diperoleh dengan mendaftar ke layanan ini.

Plugin ini mengupload semua komentar yang masuk ke server cloud Akismet, dimana algoritma yang sangat khusus dijalankan untuk mengevaluasi keabsahan komentar. Beberapa komentar akan tertangkap basah dan dimasukkan ke dalam daftar antrian spam. Komentar yang terindikasi bersih akan secara langsung dimoderasi dan dipublikasikan. Dan jika akismet merasa ragu untuk memutuskan apakah komentar tersebut terindikasi sebagai spam atau tidak, maka akismet akan memindahkan komentar ke antrean moderasi.

2. Antispam Bee

Slenajutnya ada Antispam Bee. Plugin yang memiliki maskot lebah ini cukup banyak digunakan oleh pengguna wordpress dan direkomendasikan oleh co-founder wordpress, yaitu Matt Mullenweg. Antispam Bee memblokir komentar spam dan melakukan pelacakan secara efektif tanpa captcha. Plugin ini  gratis, bebas iklan dan sesuai dengan standar privasi data Eropa.
Fitur-fitur yang dimiliki Antispam Bee antara lain sebagai berikut:
  • Menerima komentar valid
  • Menerima komentator dengan Gravatar.
  • Mempertimbangkan waktu komentar.
  • Perlakukan BBCode sebagai spam.
  • Melakukan validasi alamat IP dari komentator.
  • Menggunakan kalimat biasa.
  • Mencari database spam lokal untuk komentator sebelumnya ditandai sebagai spammer.
  • Melawan publik database yang anti-spam.
  • Memberikan notifikasi admin melalui e-mail untuk setiap spam yang masuk.
  • Hapus spam yang ada setelah n hari.
  • Menampilkan statistik spam di dashboard, termasuk update harian untuk deteksi spam dan total komentar spam diblokir.

3. Anti spam by Cleantalk

Plugin anti spam yang ketiga datang dari Anti spam by Cleantalk yang merupakan plugin antispam berbasis cloud premium untuk WordPress yang memblokir komentar spam, pendaftaran bot spam dan trackback.

Plugin Terbaik untuk menolak Spam di WordPress
idwebhost

Plugin ini memiliki cara kerja yang sangat mirip dengan Akismet dimana komentar masuk diupload ke server cloud milik CleanTalk dimana mereka melakukan beberapa pemeriksaan validasi. Bergantung pada hasilnya, komentar tersebut kemudian dipindahkan ke antrian spam atau disetujui dan dipublikasikan.

Plugin ini mempertahankan statistik lanjutan dari komentar spam yang diblokir dan log komentar spam. Ini juga mendukung daftar panjang kompatibilitas plugin pihak ketiga seperti W3 Total Cache, Jetpack, Contact From 7, WooCommerce, BuddyPress, bbPress hingga WP-Members.

4. WP Spam Shield Anti Spam

Plugin terbaik untuk menolak spam di WordPress selanjutnya adalah WP Spam Shield Anti Spam yang merupakan WordPress Plugin anti-spam yang sangat powerful dan user-friendly untuk menghilangkan komentar spam.
WP-Spam Shield Anti Spam memblokir spam yang masuk ke  database WordPress dan mendukung keamanan situs. Plugin ini mengklaim “hanya membuat spam yang WordPress menghilang” tanpa perlu pengunjung situs untuk mengetikkan kode captcha. Plugin ini bersifat gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial, dan memblokir baik spam yang dikirim manual oleh pengguna dan maupun spam yang dikirim otomatis menggunakan proses dual-layered, tanpa kesalahan. Alamat email dilindungi dengan plugin ini dan bisa melindungi situs dari spam:
  • Spam komentar
  • Spam trackback
  • Spam pendaftaran (WordPress, BuddyPress, bbPress, WooCommerce, dan lain-lain)
  • Spam formulir kontak (Contact Form 7, Formulir Gravity, Formulir Kontak JetPack, dan lain-lain)

5. Anti Spam Clean Talk

Anti Spam Clean Talk adalah spam blocker yang berbasis cloud. Plugin ini gratis, tetapi layanan cloud-nya, CleanTalk, memerlukan account komersial. Setelah percobaan gratis selama 7 hari, kamu dapat memutuskan apakah ingin melanjutkan dengan layanan ini atau tidak.
Plugin Terbaik untuk menolak Spam di WordPress
idwebhost
Selain memblokir komentar, pendaftaran, formulir kontak, dan spam email, Anti-Spam CleanTalk juga melindungi websitemu dari spam yang dikirimkan melalui formulir:
  • Pemesanan
  • Pesanan
  • Widget
  • Langganan
  • Plugin newsletter
Plugin ini mampu menganalisis berbagai aspek dari situs kamu tanpa memperlambat situs, karena menggunakan cloud bukan server. Plugin ini tidak hanya blacklist alamat email, tetapi juga domain dan alamat IP yang teridentifikasi sebagai spammer.
Nah itu dia tadi 5 Plugin terbaik untuk menolak spam di WordPress. Setelah memasang plugin diatas, jangan lupa kamu bisa memasang hosting dan domain di Idwebhost.com dengan cara klik di sini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.