Beberapa Plugin Terbaik Untuk Backup Wordpress
Blog Tips Keren

Beberapa Plugin Terbaik Untuk Backup WordPress

Keberadaan akses website ataupun blog di era sekarang terbilang cukup masif bahkan sangat diandalkan dalam banyak bidang. Rata-rata pengguna website ataupun blog masih membutuhkan berbagai macam akses berupa plugin. Mungkin Anda sudah mengetahui seputar plugin yang mampu menghadirkan manfaat kepada pengguna WordPress. Kini sudah ada perkembangan plugin terbaik untuk backup WordPress, sehingga siapa saja bisa memanfaatkannya.

Perkembangan plugin dari WordPress tersebut bisa memberikan manfaat kepada pemilik website WordPress. Langsung saja kita lihat seperti apa manfaat dari plugin terbaik dalam platform WorPress seperti berikut ini.

WordPress Plugin
WordPress Plugin

Manfaat Utama Plugin Terbaik Untuk Backup WordPress

Ada beberapa manfaat utama dari penggunaan plugin backup WordPress seperti pada ulasan berikut ini.

Memperlancar Akses Website

Pertama ada manfaat utama dari adanya plugin dalam platform WordPress diantaranya memberikan kelancaran akses. Sekarang pengunjung dari sebuah website akan terus bertambah hingga akhirnya akses website akan menjadi lambat. Maka dari itu dari sisi kelancaran akses website akan terus mendapatkan kemudahan dari pihak pengujung. HIngga akhirnya website Anda akan terus dikunjungi hingga mendapat trafic lebih tinggi.

Mendapatkan Keamanan Backup Data

Keamanan dari data dalam WordPress kini menjadi salah satu akses paling mudah dan penting. Oleh sebab itu pemilik website WordPress harus menggunakan sistem plugin backup. Jadi bisa kita prediksi bahwa terdapat banyak update diperlukan dalam sebuah website. Mungkin Anda masih belum mengerti seputar jumlah update yang ditujukan untuk backup WordPress sehingga siapa saja dapat mengakses website Anda dengan lebih mudah serta menguntungkan pastinya. Langsung saja kita cek plugin terbaik untuk backup WordPress seperti dalam ulasan berikut ini.

Baca Juga : Inilah Keunggulan WordPress yang Wajib Diketahui

WordPress Plugin
WordPress Plugin

Plugin Terbaik Untuk Backup WordPress

Dari sebuah website bisa dipastikan memerlukan banyak versi plugin backup sehingga dapat menghadirkan akses lebih mudah dan cepat bagi pengunjungnya. Berikut ini ada daftar plugin backup terbaik untuk platform WordPress.

Back WPUp

Pertama ada plugin BackWPup dimana menjadi salah satu plugin gratis untuk membuat cadangan WordPress secara lengkap. Ada beberapa bentuk penyimpanan bisa menggunakan plugin satu ini mulai dari email, file di dalam komputer Anda, Drobox, Rackspace, Amazon S3, hingga FTP. Maka dari itu penggunaan plugin terbaik untuk backup WordPress satu ini bisa memudahkan dalam hal update frekuensi di situs Anda. Bahkan ada dukungan versi terbaru yakni versi Pro yang mampu menyimpan backup pada akses Google Drive hingga fitur lainnya.

UpdraftPlus

Pada daftar plugin kedua yakni UpdraftPlus dimana menjadi salah satu plugin WordPress terbaik dan gratis bisa Anda gunakan. Dari akses UpdraftPlus ini membuat siapa saja lebih mudah dalam membuat cadangan lengkap pada akses WordPress. Sistem penyimpanan cloud masih diandalkan di dalam akses UpdraftPlus, akan tetapi bisa juga diunduh ke dalam PC komputer Anda sendiri. Terdapat dukungan jadwal sampai on demand backup serta akses lebih luas dalam menyimpan semua file dalam bentuk SFTP, FTP, Rackspace, S3, hingga Google Drive.

BackUp WordPress

Berikutnya ada salah satu plugin terbaik untuk backup WordPress yakni BackUp WordPress. Dari jenis plugin satu ini dapat memberikan fitur backup lengkap bahkan masih dibekali fitur penajdwalan otomatis. Oleh sebab itu penggunanya dapat menghadirkan jadwal berbeda untuk setiap database. Untuk media penyimpanannya sendiri masih hampir sama dengan jenis plugin lainnya mulai dari FTP, Google Drive, hingga Dorpbox. Namun untuk bisa menikmati layanan lebih maksimal, Anda bisa membeli versi premiumnya.

WP-DB Backup

Masih ada WP-DB Backup yang masuk dalam kategori plugin paling baik untuk backup WordPress. Untuk jumlah penggunanya sudah lebih dari 400 ribu sehingga layak menjadi salah satu plugin paling baik. Sedangkan dari fiturnya terbilang sederhana yakni membuat backup database dengan sistem jadwal otomatis backup, ditambah lagi adanya restore database sehingga lebih meyakinkan. Sedangkan dari akses database manual juga bisa terasa sehngga berguna untuk mengakses admin WordPress backup database website.

Duplicater

Meskipun dari sisi namanya berbeda dari plugin lainnya, ternyata Duplicator ini sanggup menjadi salah satu plugin terbaik untuk backup WordPress. Menariknya plugin satu ini bisa menghadirkan fitur backup secara meyakinkan ditambah lagi memberikan akses jadwal otomatis sehingga sangat menarik untuk mengamankan data website Anda.

VaultPress

Untuk kalangan pemula mungkin sudah familiar dengan plugin satu ini dimana sudah menjadi pilihan menarik dan sanggup mendatangkan manfaat utama. Dari salah satu plugin terbaik buatan Matt Mullenweg ini memang memberikan banyak fitur menarik terutama penggabungan dengan JetPack. Oleh sebab itu Anda masih membutuhkan akses tambahan dari JetPack dengan sistem langganan untuk memanfaatkan semua fasilitas terbaik dalam VaultPress. Penawaran teknologi real time backup cloud otomatis bisa Anda nikmati, akan tetapi harus membayar sebesar 3.50 dollar per bulannya.

Beberapa paket juga sudah diberikan dengan memberi fasilitas-fasilitas terbaik kepada pemilik website platform WordPress. Jadi bisa kita lihat bahwa VaultPress ini sangat cocok untuk kalangan pemula yang ingin belajar dalam mengembangkan website secara aman.

BackupGuard

Kini Anda masih bisa menikmati layanan terbaik pada plugin terbaik untuk backup WordPress bernama BackupGruad. Ternyata sudah ada lebih dari 90 ribu instalasi berstatus aktif digunakan para pemilik website ataupun webmaster di dunia. Ditambah lagi rating dari BakcupGuard ini juga mencapai 4,5 sehingga memberikan tanda kepuasan dari pemakainya. Plugin satu ini memang hampir sama seperti lain karena memberikan kemudahan sistem backup, restore, sampai migrasi file. Namun dari sisi fasilitas pro juga diberikan gratis pada plugin ditambah support WP Multisite sehingga Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya.

Backup dan Restore Dropbox

Beberapa fitur plugin backup juga sudah dimiliki oleh Drobox dimana mampu menghadirkan proses backup file dan database dalam bentuk dropbox. Memang dari sisi keamanan sudah dijamin, akan tetapi dari sisi informasinya masih belum banyak didapatkan pemilik website. Pengguna website di seluruh dunia juga sudah menggunakannya sebanyak 40 ribu instalasi sehingga bisa ditentukan bahwa kualitasnya terbilang apik. Dari fitur tambahan plugin terbaik untuk backup WordPress satu ini juga bisa membuat penggunaanya menyimpan file storage lokal dengan sangat aman.

Xcloner

Terakhir ada daftar plugin backup paling terpercaya hingga sekarang digunakan oleh pemilik website berplatform WordPress yakni Xcloner. Kini dari sisi ratingnya memang masih kalah dengan akses plugin lain. Akan tetapi dari total instalasinya sudah lebih dari 70 ribu user. Untuk proses backup sampai restorenya sendiri masih menggunakan layanan cloude, FTP, AWS, G drive, Backlaze, Asure, hingga WebDAV dan lainnya. Mengenai akses file dalam proses backup dan restore juga bisa mencakup ukuran lebih besar dibandingkan plugin lainnya.

WordPress CMS Terbaik SEO Dan Inilah Alasannya
WordPress CMS Terbaik SEO Dan Inilah Alasannya

Jadi dapat kita lihat berbagai macam daftar plugin terbaik untuk backup WordPress hingga akhirnya mendatangkan banyak kemudahan. Bagi pemilik website mungkin masih belum mengerti tentang fungsinya. Namun dengan bekala informasi di atas diharapkan bisa membantu Anda dalam memilih plugin backup terbaik.