Plugin Social Media Wordpress Terbaik Paling Populer
Blog Tips Keren

Plugin Social Media WordPress Terbaik Paling Populer

Di masa kini social media merupakan bagian dari hidup manusia yang tidak dilepaskan dari segala aspek salah satunya bisnis. Ya baik itu bisnis online maupun offline, jika anda mengabaikan aspek social media ini, maka anda akan mengabaikan kemungkinan jumlah pelanggan yang sangat besar dan potensial. Jadi social media di ini bukan dinilai penting dari sisi publikasinya, melainkan dari sisi traffic di mana social media bisa menjadi sumber website trafik terbanyak bagi Anda. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan membahas tentang 15 plugin social media WordPress terbaik yang bisa anda manfaatkan. Namun sebelumnya anda perlu memahami terlebih dahulu tentang apa itu plugin.

Apa itu plugin?

Plugin social media wordpress terbaik
Plugin social media sangat berguna

Plugin bisa diartikan sebagai kode oftware dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program tersebut. Salah satu program atau aplikasi populer yang mendukung penggunaan plugin adalah WordPress. Dan hingga kini WordPress sendiri sudah menyediakan lebih dari 55 ribu plugin untuk memudahkan penggunanya menambahkan fitur tambahan di blog atau websitenya.

Setelah memahami apa itu plugin dan fungsinya, berikut ini kami akan membahas secara mendalam tentang 15 plugin social media wordpress terbaik.

15 Plugin Social Media WordPress Terbaik

1. Blog2Social

Plugin social media wordpress terbaik yang pertama adalah Blog2social. Plugin ini memiliki fitur utama yang memungkinkan anda sebagai penggunanya untuk membagikan artikel di website atau blog anda secara otomatis, terkustomisasi, dan terjadwal di media sosial. Blog2Social memiliki 2 versi yaitu plugin versi gratis dan versi berbayar.

2. Kiwi Social Sharing

Selanjutnya ada Kiwi Social Sharing. Plugin ini merupakan social sharing plugin yang mudah digunakan dan mempunyai fitur cukup lengkap yang bisa Anda gunakan untuk menarik perhatian web visitor Anda agar berbagi konten Anda. Plugin ini tersedia dalam versi gratis maupun premium yang bisa Anda gunakan di situs WordPress Anda.

 

Plugin social media wordpress terbaik
idwebhost

3. Revive Old Post

Kemudian ada plugin Revive Old Post. Plugin ini memiliki fitur yang cukup unik yaitu mampu membagikan berbagai artikel lama yang ada di social media anda baik itu dalam bentuk tweet di Twitter atau post Facebook. Jadi dengan menggunakan plugin ini anda tidak perlu menghabiskan waktu scroll untuk melihat postingan lama anda karena bisa dishare secara otomatis.

4. Social Warfare

Plugin social media wordpress terbaik selanjutnya adalah Social Warfare. Plugin ini akan memudahkan Anda dalam menambahkan sharing buttons yang menarik untuk blog Anda. Selain itu Anda juga bisa dengan leluasa mengatur di mana posisi sharing buttons ingin diletakkan. Anda dapat menambahkan tombol berbagi di atas / di bawah posting Anda, melalui shortcode atau melalui floating sharing button.

5. Nextscript

NextScript merupakan salah satu plugin social media WordPress auto publish populer dengan pengguna aktif sekitar 100 ribu pengguna. Fitur utama yang paling unik dari plugin ini adalah otomatis membagikan konten blog/website ke media sosial, selain itu NextScript juga menyediakan fitur mengimpor komentar di media sosial ke WordPress.

6. Social Pug

Selanjutnya ada Social Pug. Seperti beberapa plugin social media WordPress lainnya, Social Pug juga menyediakan versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya memungkinkan pengguna untuk menyediakan tombol share di lima media sosial, yaitu Facebook, Twitter, Google Plus, Pinterest, dan LinkedIn.

7. Social media auto publish

Sesuai namanya, Plugin ini akan mempublish konten di website atau blog anda secara otomatis. Plugin ini hanya tersedia untuk tiga media sosial, yaitu Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Pengguna bisa mengatur pesan otomatis untuk setiap media sosial dan bisa dikustom sesuai keinginan anda.

8. Monarch

Monarch adalah plugin social media lainnya untuk WordPress yang wajib mendapat perhatian Anda. Di plugin ini tersedia dengan lebih dari 20 jaringan social sharing yang bisa ditampilkan di situs Anda. Anda bisa lebih leluasa dalam menambahkan dan mengatur sejumlah jaringan social media yang tersedia.

Seperti telah disebutkan sebelumnya di atas, penempatan social sharing button dapat membuat perbedaan besar pada efektivitas promosi social media Anda. Monarch menawarkan banyak pilihan lokasi yang dapat Anda pilih untuk menempatkan sharing button Anda.

9. Sassy Social Share

Plugin social media ini memberikan fitur berbagi di media sosial lengkap, mulai dari Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, Whatsapp, Tumblr, Pinterest, hingga Reddit. Selain menyediakan tombol berbagi di media sosial, Sassy Social Share juga memungkinkan Anda untuk menambah tombol follow akun media sosial.

Pengguna plugin ini pun cukup banyak, mencapai lebih dari 50 ribu pengguna. Hal ini wajar saja karena plugin ini tersedia secara gratis, tanpa harus di upgrade ke versi premium anda mampu menikmati berbagai fitur yang diberikan.

10. Ultimate Social

Plugin social media WordPress terbaik selanjutnya adalah Ultimate Social. Jika Anda ingin membuat tombol share artikel dengan tampilan lebih menarik, plugin ini bisa Anda manfaatkan. Plugin ini menyediakan fitur dari sticky buttons hingga pop up share media sosial. Selain itu, plugin ini juga memberikan fitur animasi tombol media sosial.

Plugin social media wordpress terbaik
idwebhost

11. WordPress to Buffer

WordPress to Buffer adalah layanan pengelola media sosial yang biasanya digunakan untuk menjadwalkan posting. Jika Anda menggunakan layanan Buffer, Anda bisa menambahkan plugin ini saat membuat website atau blog Anda.

Dengan menggunakan plugin ini, setiap kali anda merilis artikel di website atau blog akan otomatis tersambung ke akun Buffer Anda dan langsung membagikan artikel di website atau blog tersebut di media sosial yang sudah ditentukan.

12. Add to Any

Add to Any adalah salah satu plugin social media WordPress paling tua. Plugin ini sudah ada sejak tahun 2006 dan hingga saat ini sudah mengumpulkan sekitar 500 ribu pengguna aktif. Selain fitur berbagi di media sosial, Add to Any juga menyediakan fitur untuk melacak aktivitas berbagi tersebut yang diintegrasikan dengan Google Analytics.

13. Add This

Add This merupakan salah satu plugin social media populer untuk ikon share berbagi di media sosial dengan sekitar 200 ribu pengguna aktif. memiliki fitur utama berupa floating share buttons yang memungkinkan pembaca selalu melihat tombol berbagi di media sosial ketika membaca artikel.

14. Social Warfare

Plugin Social Warfare sudah aktif digunakan oleh sekitar 60 ribu pengguna. Yang menarik dari plugin ini adalah fiturnya yang memungkinkan pengguna untuk mengategorikan konten berdasarkan popularitasnya di media sosial.

15. MashShare

MashShare menyediakan fitur ikon berbagi di media sosial yang sudah mendukung shorten URL dan Accelerated Mobile Pages (AMP) plugin. Anda juga bisa menampilkan jumlah share artikel di dasbor WordPress Anda.

Nah itu dia 15 plugin social media wordpress terbaik yang bisa anda manfaatkan. Plugin di atas hanya beberapa dari ribuan plugin social media yang tersedia di WordPress.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.