Plugin SEO WordPress yang Sering digunakan Webmaster
Blog WordPress Expert Plugin SEO WordPress yang Sering digunakan Webmaster

Plugin SEO WordPress yang Sering digunakan Webmaster

WordPress hingga saat ini menduduki peringkat atas kepopuleranya dengan pengguna yang besar di seluruh dunia. Platform CMS yang satu ini terkenal karena ketersediaan ribuan plugin yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Karena sifatnya yang open source banyak orang atau developer ikut serta dalam mengembangkannya. Ada berbagai jenis plugin yang bisa digunakan dari plugin SEO WordPress, kemampanan, kecepatan website, backup, Anti-Spam, Social Media dan lain sebagainya.

Plugin ini menjadi elemen yang sangat penting untuk mendukung berbagai kebutuhan website, jika tanpa plugin maka WordPress tidak akan bekerja dengan optimal. Pada dasarnya secara default WordPress dikembangkan sudah SEO Friendly dan juga ramah pada mesin pencari. Namun untuk memberikan performa optimal pada website maka plugin akan bekerja lebih baik untuk memaksimalkannya.

Sampai sini apakah Anda sudah memiliki website dengan platform WordPress? Jika belum saya sarankan untuk menggunakan WordPress untuk mulai membuatnya. Untuk membuat website sekarang sangat mudah tinggal klik dan instal, tidak perlu mahir dalam coding sudah bisa membuat website sendiri. Namun jika Anda masih kesulitan Jasa Pembuatan Website kami akan membantu Anda sampai bisa memiliki website sepenuhnya. IDwebhost memastikan website 2 hari langsung jadi dan bisa digunakan. Dapatkan harga termurah hanya Rp 58.900/bulan. GRATIS domain dan hosting selamanya!.

Jika sudah memiliki website artinya Anda sudah siap untuk mengoptimasi untuk mendapatkan peringkat atas hasil pencarian Google. Tenang saja di WordPress sudah tersedia plugin untuk optimasi website untuk memaksimalkan mesin pencari seperti Google dengan Plugin SEO WordPress, berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Plugin SEO WordPress

Pengertian Plugin SEO WordPress

Plugin SEO WordPress adalah tool atau software yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan peringkat website pada hasil pencarian mesin pencari. Dengan plugin SEO WordPress ini orang akan lebih mudah dalam memaksimalkan websitenya karena secara otomatis SEO website dengan mudah dioptimalkan. Plugin yang tersedia untuk optimasi website sebenarnya banyak dan bahkan gratis namun berikut ini adalah plugin SEO terbaik yang sering digunakan oleh para webmaster.

Plugin SEO WordPress Yoast SEO

1. Plugin SEO WordPress Yoast SEO

Berbicara plugin SEO terbaik saat ini yang paling terkenal dan paling banyak penggunanya adalah plugin WordPress by Yoast SEO. Hal ini bisa dibuktikan dari jika melihat rating dan penggunanya yang banyak bahkan mencapai kurang lebih 5 juta pengguna dengan memiliki rating baik yaitu 5 bintang. Yang paling unik dari plugin ini adalah adanya indikator tingkat SEO dari konten yang Anda buat yang akan memudahkan Anda nantinya.

Dari segi fitur yang dimiliki Yoast SEO gratis terbilang sangat lengkap sebagai berikut:

  • SEO analysis
  • Related keyword
  • Url permalink
  • Tag
  • Deskripsi
  • focus keyword
  • Sitemap
  • Snippet preview
  • Readability analisis dan SEO score
  • Dan lain sebagainya

Jika menggunakan Yoast SEO premium maka ada beberapa fitur canggih lainnya seperti:

  • Internal Link
  • Keyword
  • Redirect
  • No Duplicate
  • Algoritma Google Terbaru

Dengan fitur-fitur lengkap di atas memungkinkan Anda untuk membuat konten atau artikel berkualitas menjad akan lebih SEO friendly. Dengan demikian website Anda akan lebih mudah untuk bersaing dengan website papan atas lainnya.

Plugin SEO WordPress All in One SEO Pack

2. Plugin SEO WordPress All in One SEO Pack

Selanjutnya plugin terbaik WordPress yang tak jauh beda dengan yang sebelumnya adalah All in One SEO Pack. Hal ini dapat kita lihat dari jumlah pengguna hingga saat ini juga dari rating yang dimilikinya. Saat ini All in One SEO Pack memiliki kurang lebih 3 jutaan pengguna dengan mendapatkan rating 4.5 bintang. Fungsi utamanya adalah untuk optimasi SEO yang tersedia fitur-fitur unggulan berikut:

  • XML Sitemap
  • Google Analytics
  • Pembuatan meta tag otomatis
  • Duplikat konten cek

Dengan menginstal plugin ini Anda bisa kostumisasi sesuai dengan keinginan Anda, Karena plugin Yoast SEO dan All in One SEO Pack hampir mirip fungsinya ada baiknya Anda menginstal salah satu saja, karena jika keduanya di instal secara bersamaan akan tidak efektif bahkan malah menjadikan error pad website Anda.

The SEO Framework

3. The SEO Framework

Plugin yang satu ini bisa diunduh sepenuhnya secara gratis bahkan tanpa iklan didalamnya. Secara fungsinya juga sama untuk mengoptimalkan SEO secara mudah dan sederhana, secara otomatis plugin akan mengatur beberapa elemen seperti tag judul, deskripsi dan kata kunci yang ditarget. Selain itu plugin ini bisa secara otomatis membuat URL canonical yang mencegah adanya duplikat tautan. The SEO Framework memiliki lebih dari 40 ribu pengguna dengan rating 5 bintang. Selain itu The SEO Framework juga dilengkapi dukungan fitur sebagai berikut:

  • Mode incognito
  • Integrasi plugin AMP
  • Pelacakan komentar spam
  • Analisis SEO situs web Anda
  • Pengaturan SEO lokal
  • 4. WP Super Cache

Untuk mempercepat loading website maka WP Super Cache adalah pilihan plugin yang tepat. Plugin ini berguna untuk mempercepat loading website dengan cara membuat versi file html statis sehingga pengunjung akan merasakan loading website terasa cepat terbuka sepenuhnya. Kecepatan website menjadi salah satu faktor keberhasilan suatu website bahkan mesin pencari lebih memprioritaskan website-website yang memiliki kecepatan load yang baik. Yang pada akhirnya juga akan meningkatkan peringkat rangking website pada mesin pencari.

Broken Link Checker

5. Broken Link Checker

Broken link adalah tautan tidak aktif atau link mati yang ada pada suatu website. Kesehatan website sendiri juga dipengaruhi oleh link yang ada jika banyak link yang tidak aktif maka Google akan menilainya sebagai website yang kurang terawat. Efek negatif yang lebih jauh dari link-link atau tautan mati ini adalah akan memberikan dampak buruk pada SEO website dan juga menurunkan peringkat website di mesin pencari Google. Plugin Broken Link Checker berfungsi untuk mendeteksi jika terdapat tautan rusak pada website sehingga Anda akan lebih mudah menghapus atau mengedit tautan tersebut.

Google XML Sitemaps

6. Google XML Sitemaps

Sitemaps adalah peta situs yang biasanya berisikan seluruh daftar konten yang Anda miliki pada website. Dengan adanya sitemaps ini akan mesin pencari seperti Google, Bing dan lain sebagainya akan lebih mudah dan cepat dalam mengindex website yang Anda miliki. Saat robot crawler melakukan perayapan pada suatu website maka robot crawler juga akan mengecek struktur website Anda. Oleh karena itu plugin Google XML Sitemaps akan membantu memberitahu search engine lebih mudah dan cepat ketika ada konten baru yang terposting.

Baca juga:Update 2021 Teknik SEO Terbaru Untuk Pemula

SEO Squirrly

7. SEO Squirrly

Pada dasarnya secara fungsi memang untuk mengoptimalkan SEO dari website seperti halnya plugin SEO yang lainnya. Jika kebanyakan orang lebih memilih menggunakan plugin Yoast SEO ataupun All in One SEO Pack yang memang terkenal juga sudah memiliki fitur lengkap. SEO Squirrly bisa menjadi alternatif pendamping atau pendukung dari salah satu plugin terkenal yang telah Anda instal sebelumnya. Plugin ini juga akan mempermudah saat Anda melakukan penulisan konten dengan dilengkapi fitur riset keyword.

All in One Schema.org Rich Snippets

8. All in One Schema.org Rich Snippets

Plugin SEO yang satu ini bertujuan untuk meningkatkan CTR (Click Through Rate) pada website Anda. Dengan adanya Rich Snippets pada pada mesin pencari akan menampilkan informasi seperti gambar, rating bintang, harga, penulis pada hasil pencarian sehingga postingan Anda nantinya akan terlihat lebih menarik dibandingkan artikel-artikel lainnya di hasil pencarian. Namun perlu diingat untuk menggunakanya tentu juga harus memperhatikan konten Anda, jangan sampai artikel yang tidak ada pembahasan produk malah menampilkan harga. Hal ini tentu tidak relevan dengan isi konten yang Anda miliki.

Saat ini telah banyak plugin untuk mendukung dan mengoptimalkan SEO website Anda yang bisa di instal dengan mudah bahkan gratis. Bahkan ada ratusan plugin yang siap dipakai sesuai kebutuhan Anda, namun ada baiknya sebelum melakukan instalasi untuk menentukan kebutuhan website Anda jangan sampai asal-asalan dalam menggunakan plugin yang justru akan membebankan kinerja website Anda. Jika berbicara SEO maka semua orang bisa melakukan optimasi websitenya dan berpeluang untuk mendapatkan peringkat atas hasil pencarian. Dengan plugin SEO Wordpres inilah salah satu alat untuk mempermudah Anda dalam optimasi website Anda nantinya.