Plugin SEO WordPress Yoast Vs All in One, Mana Yang Terbaik?
Blog Tips Keren

Plugin SEO WordPress Yoast Vs All in One, Mana Yang Terbaik?

Lalu lintas organik tetap menjadi salah satu saluran terpenting untuk lalu lintas situs web. Oleh karena itu SEO adalah salah satu alat paling penting untuk mengembangkan situs Anda. Tidak semua orang fasih di bidang ini, untuk itu adanya plugin SEO WordPress dapat membantu Anda. Sejauh ini dua opsi yang paling populer adalah Yoast SEO (sebelumnya dikenal sebagai WordPress SEO oleh Yoast) dan Paket All-in-One SEO. Keduanya melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam membuat situs WordPress ramah mesin pencari.

Yoast SEO vs All-in-One SEO

Paket All in One SEO diciptakan pada tahun 2007 oleh Michael Torbert dan Steve Mortiboy. Sejak itu, ia telah mendapatkan basis pengguna yang sangat besar dan telah menjadi salah satu plugin WordPress yang paling banyak diunduh sepanjang masa.

Yoast SEO dibuat oleh Joost de Valk pada tahun 2010. Dengan perbaikan terus-menerus dan berkelanjutan di plugin, segera menjadi saingan utama All in One SEO. Plugin ini menawarkan semua fitur yang harus Anda miliki untuk mendapatkan manfaat SEO secara maksimum di situs WordPress Anda. Karena itu, mari kita bandingkan Yoast SEO vs All in One SEO untuk mencari tahu mana yang merupakan plugin SEO WordPress terbaik.

Instalasi dan Pengaturan

Dibutuhkan banyak latihan untuk memahami teknik SEO apa yang berhasil diterapkan ke dalam situs web. pPlugin SEO WordPress harus memudahkan pemula untuk mengatur praktik terbaik SEO tanpa keahlian khusus. Mari kita lihat bagaimana cara kedua plugin ini ditambahkan ke website Anda.

Yoast SEO

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO. Setelah aktivasi, pengguna dapat pergi ke halaman » Dashboard SEO dan meluncurkan wizard konfigurasi di bawah tab General.

 

Launching Wizard di Plugin Yoast
Launching Wizard di Plugin Yoast

 

Di sini terdapat panduan langkah demi langkah yang akan memudahkan pemula untuk memulai dengan cepat tanpa merasa kewalahan dengan jargon dan opsi yang rumit. Yoast SEO adalah plugin yang kuat, dan memiliki banyak opsi yang harus Anda lalui satu per satu.  Bagian pengaturan dari Yoast SEO secara rapi dibagi ke dalam halaman di mana setiap halaman memiliki tab yang berbeda untuk pengaturan masing-masing. Ini memudahkan pengguna untuk menemukan opsi di pengaturan. Layar bantuan tersedia di semua halaman pengaturan Yoast SEO.

Cukup klik tombol Bantuan berwarna ungu di bagian atas, dan akan menampilkan video atau teks tentang opsi di halaman. Pengaturan yang diatur rapi, wizard konfigurasi untuk pemula, dan di layar opsi bantuan membuatnya sangat mudah bagi pemula.

Paket SEO All in One

 

Tampilan Plugin All One SEO
Tampilan Plugin All One SEO

 

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin SEO All in One. Setelah aktivasi, Anda akan menemukan item menu All in One SEO tepat di bawah Dasbor. Mengekliknya akan membawa Anda ke halaman pengaturan. Plugin ini memiliki semua pengaturan pada satu halaman. Ini membuatnya terlihat lebih mudah dan cepat digunakan daripada pengaturan multi-halaman dari Yoast SEO. Halaman pengaturan dibagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian membahas pengaturan area atau fitur tertentu, misalnya: pengaturan beranda, pengaturan judul, pengaturan tampilan, dll. Ada ikon bantuan di samping setiap opsi. Mengeklik ikon menunjukkan deskripsi singkat dan terkadang tautan ke dokumentasi tambahan. Ini memudahkan pemula untuk memahami apa yang mereka lakukan.

Alat dan Fitur Tambahan

Di halaman SEO adalah proses yang komprehensif sehingga kedua plugin ini dilengkapi dengan alat dan fitur tambahan selain hanya meta tag. Fitur-fitur ini ada untuk menghindari kebutuhan menginstal beberapa plugin SEO WordPress lainnya dan memberikan solusi all-in-one yang sebenarnya.

Yoast SEO

Daftar fitur tambahan untuk Yoast SEO meliputi:

  • Navigasi breadcrumb – Meningkatkan kegunaan dan on-page SEO.
  • Bulk Editor – Memungkinkan Anda untuk mengubah judul dan deskripsi meta SEO untuk beberapa posting atau halaman sekaligus.
  • File Editor – Editor teks built-in untuk robots.txt dan .htaccess.
  • Impor / Ekspor – Yoast SEO dapat mengimpor dan mengekspor pengaturan dari situs web lain, bahkan plugin SEO lainnya.
  • Impor Search Console – Hubungkan situs Anda ke Google Search Console dan lihat informasi penting tentang cara mengoptimalkannya secara langsung di backend WordPress Anda.

Paket SEO All in One

Plugin ini juga dilengkapi dengan fitur tambahan yang dapat diaktifkan di Pengelola Fitur:

  • Robots.txt Editor – Memungkinkan Anda mengedit file robots.txt dari backend dan memiliki generator aturan yang membantu Anda menyusun sintaks yang benar.
  • File Editor – Dari sini, Anda dapat mengedit robots.txt dan .htaccess secara manual.
  • Impor / Ekspor – Impor dan ekspor pengaturan Anda untuk dengan mudah berbagi konfigurasi Anda dengan situs lain.
  • Bad Bot Blocker – Mencegah mesin pencarian yang buruk yang dapat memperlambat situs.
  • Manajer kinerja – Berisi informasi tentang kinerja situs dan memberi Anda kemampuan untuk mengubah batas memorinya (yang dapat berguna untuk menghilangkan masalah umum WordPress).

Dukungan dan Addons

Meskipun kedua plugin cukup mudah digunakan dan dilengkapi dengan dokumentasi gratis yang luas, opsi dukungan gratis Anda sangat terbatas. Mari kita lihat bagaimana kedua plugin menangani dukungan dan add-on profesional.

Yoast SEO

Versi gratis plugin Yoast SEO hadir tanpa dukungan dan untuk mendapat dukungan profesional, Anda perlu berlangganan Yoast SEO premium. Harga untuk lisensi situs tunggal adalah $ 69, dan naik ketika Anda menambahkan lebih banyak situs. Lisensi premium juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti beberapa kata kunci fokus, dan manajer pengalihan. Yoast SEO juga menawarkan beberapa plugin addon berbayar yang tersedia untuk situs niche dengan kebutuhan SEO khusus. Plugin addon ini adalah:

  • SEO Video (dari $ 69) – Meningkatkan peringkat video Anda di Google.
  • SEO lokal (dari $ 69) – Tingkatkan kemudahan bisnis Anda di direktori lokal.   
  • SEO Berita (dari $ 69) – Optimalkan situs Anda untuk Google Berita.
  • WooCommerce SEO (dari $ 49) – Penyesuaian SEO untuk toko online berbasis WooCommerce.

Anda juga bisa mendapatkan Yoast SEO premium dan semua add-ons dalam bundel rapi untuk $ 279 (untuk lisensi satu situs).

Paket SEO All in One

Versi gratis dari All in One SEO hadir tanpa dukungan. Versi All in One SEO Pack Pro dilengkapi dengan satu tahun dukungan profesional. Lisensi untuk versi pro berharga $ 97 per tahun untuk satu situs. Versi pro All in One SEO biasanya merupakan versi utama dari plugin gratis. Ini juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti dukungan untuk produk WooCommerce, opsi kategori SEO, sitemap XML video, dll.

Pengoptimalan Media Sosial Plugin SEO WordPress

Anda mungkin sadar bahwa SEO tidak lagi hanya tentang mesin pencari. Platform sosial dengan jutaan pengguna juga biasa digunakan untuk penemuan konten dan berfungsi sebagai mesin pencari alternatif yang dapat membawa banyak lalu lintas.

Yoast SEO

Yoast SEO memiliki seluruh bagian yang dikhususkan untuk pengoptimalan jaringan sosial. Pengguna dapat menambahkan hingga delapan jejaring sosial yang berbeda sehingga Google tahu mereka milik situs Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan data meta Open Graph untuk Facebook, Twitter, Pinterest, dan Google+. Dengan itu, platform sosial akan memahami dengan tepat apa isi konten, judul, URL, dan lainnya sehingga mereka dapat menampilkan semuanya dengan benar ketika dibagikan.

Paket SEO All-in-One

Paket SEO All-in-One juga memiliki banyak hal yang ditawarkan, namun untuk memanfaatkannya Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan Meta Sosial di menu Pengelola Fitur. Ini akan memberi Anda item menu tambahan di mana Anda dapat menyesuaikan pengaturan lebih banyak dari yang Anda dapatkan di Yoast SEO.

Yoast SEO vs All in One SEO, Siapa Pemenangnya?

 

Plugin SEO WordPress Terbaik
Plugin SEO WordPress Terbaik

 

Duel antara dua plugin SEO WordPress terkemuka cukup ketat. Keduanya adalah solusi terbaik yang akan melakukan pekerjaan luar biasa untuk meningkatkan pengoptimalan mesin pencari situs Anda. Secara pribadi, saya lebih suka Yoast SEO dan menggunakannya di semua situs web. Saya suka fitur analisis kontennya dan plugin ini tidak pernah mengecewakan. Namun, ada juga banyak orang yang lebih memilih Paket SEO All-in-One karena kesederhanaannya dipasangkan dengan fitur-fitur canggih dan opsi kustomisasi. Keputusan yang akan Anda gunakan tergantung pada apa yang Anda cari. Bersama dengan plugin SEO WordPress lainnya, saya yakin Anda dapat meningkatkan peringkat website dalam waktu singkat. IDwebhost juga menyediakan layanan pembuatan, pengembangan dan perawatan website termurah dan terlengkap, cek di sini untuk lihat layanannya.

Alya Nisania

Alya Nisania demikian nama lengkap writer yang memiliki panggilan Alya ini. Meskipun kesehariannya dia menjadi karyawan swasta, tetapi Alya tidak bisa meninggalkan hobi menulis yang menjadi passionnya.