Plugin Security Terbaik Untuk Website WordPressmu
Blog Tips Keren Plugin Security Terbaik Untuk Website WordPressmu

Plugin Security Terbaik Untuk Website WordPressmu

Sebelum kita membahas mengenai plugin security terbaik untuk WordPress, kita harus tahu tentang pentingnya keamanan wordpress. Sistem keamanan yang dimiliki WordPress memang sudah cukup baik. Meskipun begitu keamanan yang dimiliki WordPress tidak bisa sepenuhnya dibilang mengamankan websitemu. Karena itulah harus ditambah plugin security terbaik untuk melindungi websitemu dari serangan jahat.

Kewajiban menambahkan fitur keamanan ini berlaku untuk siapapun yang memiliki website. Entah itu website yang kamu miliki adalah website toko online, atau kamu adalah seorang blogger, apalagi sebuah perusahaan besar. Semua pihak yang memiliki website wajib punya plugin security terbaik untuk melindungi websitenya. Meski begitu kebutuhan plugin untuk tiap website pastinya berbeda-beda. Tapi tetap saja butuh membangun sistem keamanan yang baik untuk mencegah website menjadi korban crack, virus, malware, atau sejenisnya yang mengancam.

 

Plugin-Security-02

Bagi yang menggunakan WordPress bisa dibilang beruntung. Pasalnya mereka bisa dengan sangat mudah menambahkan plugin security terbaik dari WordPress. Tapi apa saja plugin keamanan yang bisa kita pakai untuk melindungi website? Berikut ini 10 Plugin Security Terbaik yang bisa kamu gunakan untuk melindungi websitemu dari serangan jahat yang tidak bertanggung jawab.

1. Wordfence Security, Plugin Security Terbaik WordPress

Plugin keamanan yang berada di posisi pertama adalah Wordfence. Plugin yang satu ini memiliki jumlah pengguna aktif lebih dari 2 juta akun. Plugin yang satu ini sudah sangat dipercaya oleh banyak pengguna untuk membuat websitenya aman. 2 juta pengguna aktif itu merupakan jumlah terbesar dalam kategori plugin keamanan yang ada di WordPress. Jika kamu mencari di opsi “plugin” dan mengetikkan “security”, bisa dipastikan WordFence ada diurutan pertama.

 

Plugin-Security-01

Lalu apa yang membuat Wordfence menarik banyak orang? Plugin keamanan yang satu ini punya 2 versi, yakni versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya, kamu mendapatkan cukup banyak fitur. Mulai dari firewall, tema, blokir berbagai ancaman, monitoring real-time, scanning, dan menawarkan pilihan login yang lebih kuat untuk websitemu.

Sementara untuk yang versi pro, tentunya fitur yang didapatkan lebih banyak dan lebih eksklusif. Meskipun begitu, untuk website-website pemula, menggunakan versi gratis saja sudah cukup. Tapi jika untuk sebuah perusahaan besar, maka menggunakan versi yang pro juga sangat dianjurkan.

2. iThemes Security

Plugin security terbaik yang kedua bernama iThemes Security. Plugin yang satu ini sekarang memiliki 900 ribu lebih pengguna. Memang tidak sebanyak WordFence. Tapi orang-orang memilih plugin sekuritas ini bukan tanpa alasan pastinya. Plugin yang satu ini punya kemampuan mendeteksi bahaya yang mengancam bahkan ketika bahaya itu berasal dari plugin yang kamu pakai. Selain itu ia juga bisa mendeteksi software yang usang dan kata sandi yang lemah. Sama seperti Wordfence, plugin keamanan yang satu ini juga punya 2 versi yakni berbayar dan gratis. Tinggal pilih sesuai kebutuhan dan kemampuanmu.

Plugin-Security-03

3. Plugin Keamanan yang Gratis, SecuPress Free.

Seperti namanya, plugin keamanan ini gratis. Tapi, meski gratis, SecuPress Free ini tetap menawarkan keamanan terbaik untuk websitemu. Terbukti ada lebih dari 10 ribu pengguna WordPress yang memakai plugin yang satu ini. Plugin keamanan ini punya fitur anti brute force login, firewall, malware scan, blokir IP, security alert, dan juga blokir geolocation. Tak Cuma itu, SecuPress Free ini memberikan perlindungan dari security keys, bot jahat, mendeteksi plugin dan tema yang membahayakan website, dan juga memberikan laporan keamanan dalam bentuk PDF.

Meski namanya gratis, plugin ini juga sama seperti plugin lain yang punya versi berbayar. Versi berbayar tentu memiliki lebih banyak fitur yang bisa kamu pakai untuk mengamankan websitemu.

4. Defender

Plugin security berikutnya beranama Defencer. Plugin ini merupakan plugin buatan WPMU DEV yang baru dirilis tahun lalu dan sekarang sudah memiliki digunakan lebih dari 8000 kali. Plugin ini juga tersedia secara gratis. Banyak fitur juga yang ditawarkan oleh plugin ini. Mlai dari unlimited file scan, IP Blacklist, Google 2 Step Verification, dan banyak lainnya.

 

Plugin-Security-04

 

5. Google Authenticator

Seperti yang kamu tahu, bahwa halaman login itu merupakan pintu masuk ke blog atau website yang kamu punya. Seharusnya cuma kamu yang bisa masuk ke laman tersebut. Tapi ada banyak hacker di internet yang bisa membobol pintu atau laman tersebut untuk kemudian mengacak-acak website atau blog mu. Nah, salah satu solusi untuk menjaga agar laman tersebut tetap hanya bisa diakses oleh kamu saja adalah dengan memasang pintu masuk yang berlapis. Kamu bisa menggunakan Google Authenticator. Plugin yang satu ini membuatmu bisa memasang 2 factor authentication di smartphonemu.

Sehingga nantinya, siapapun yang mencoba untuk masuk ke laman admin dari websitemu harus melakukan konfirmasi dari smartphonemu. Kamu bisa menggunakan kode unik, pertanyaan keamanan, atau juga QR Code. Tenang, plugin yang satu ini tersedia secara gratis.

6. WP Bruiser

Plugin yang satu ini melindungi websitemu dari spam. Selain itu plugin ini juga melindungi websitemu dari spam bot dan serangan brute force. Dengan memasang plugin ini websitemu akan aman dari komentar spam dan login-login yang tidak kamu inginkan. Selain itu plugin ini juga bisa memblokoir IP address secara otomatis. Hal yang menarik dari plugin ini adalah, ketika kamu sudah memasangnya, kecepatan loading page websitemu tidak akan terpengaruh. Plugin ini juga tersedia secara gratis.

 

Plugin-Security-05

 

7. Akismet

Akismet memang lebih dikenal sebagai plugin anti spam. Tapi plugin yang menjadi juara soal anti spam ini juga memiliki fungsi mengamankan websitemu. Dengan pengguna lebih dari 5 juta, Akismet akan mengamankan websitemu dari komentar spam yang mengganggu dan biasanya diam-diam meng-hack websitemu.

8. Loginizer

Salah satu fitur andalan yang dimiliki Loginizer ini adalah melindungi lama login website WordPressmu. Dengan menggunakan Loginizer, jumlah login akan dibatasi. Ini berguna untuk mencegah adanya serangan brute force. Brute force adalah hacker yang mencoba membobol website dengan melakukan kombinasi password berkali-kali.

 

Plugin-Security-06

 

9. Shield Security

Plugin yang satu ini mengklaim dirinya berbeda dari banyak plugin security yang ada di WordPress. Hal itu karena plugin ini tidak akan memberikan penggunanya banyak notifikasi di email. Tapi ia akan langsung menyelesaikan masalah keamanan di website tersebut. Plugin ini baru akan memberi tahu penggunanya di waktu yang sudah ditetapkan pengguna. Plugin ini juga punya 2 versi, yakni gratis dan berbayar. Versi gratisnya punya banyak fitur. Mulai dari IP Blacklist otomatis, block spam, firewall, dan lain sebagainya.

10. All in One WP Security and Firewall

Plugin security terbaik yang satu ini juga cukup populer di kalangan pengguna WordPress. Saat ini jumlah orang yang memakai plugin ini lebih dari 700 ribu. Hal yang menyebabkan plugin ini cukup laris adalah karena gratis. Sebelum kamu bilang “semua juga ada versi gratis”, perlu diketahui bahwa plugin ini 100 persen gratis! Meski gratis, ia punya banyak fitur keren, seperti misalnya User Account Security, Login Security, Security Scanner, Comment Spam Security, dan lain sebagainya.

Itu tadi 10 plugin security terbaik yang bisa kamu coba pasang di website mu. Ingat, selalu amankan websitemu sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!