Plugin Live Chat WordPress: Cara Mudah Menambahkan Live Chat di Website
Blog Website Development Plugin Live Chat WordPress: Cara Mudah Menambahkan Live Chat di Website

Plugin Live Chat WordPress: Cara Mudah Menambahkan Live Chat di Website

Plugin Live Chat mempunyai kelebihan dalam hal komunikasi antar dua orang atau lebih secara realtime.

Live chat menjadi pilihan yang paling tepat dalam menjadi jembatan penghubung antara pengunjung website dengan admin website ketika terdapat pertanyaan.

Untuk Anda yang berencana website Anda agar dapat berinteraksi secara aktif dengan pengunjung website Anda, plugin live chat bisa menjadi solusi untuk dicoba.

Untuk mempelajari lebih lengkapnya, simak pada pembahasan berikut ini.

 

Isi Artikel :

 

 

 

 

Apa itu Plugin Live Chat ?

 

apa-itu-plugin-live-chat

Plugin live chat adalah layanan fitur tambahan yang tersedia pada WordPress yang bisa digunakan oleh penggunanya dalam memberikan solusi untuk berkomunikasi antara pemilik website dan pengunjung

Berikut untuk manfaat dalam menggunakan plugin chat website ini sebagai berikut.

 

Manfaat Plugin Live Chat

 

manfaat-plugin-live-chat

1. Memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi

Ketika website memiliki fitur live chat, pengunjung pun tidak perlu mengambil perangkat mobile, untuk mengetik nomor kontak dan menghubungi Anda. Mereka dengan mudah dapat mengklik icon yang sudah tersedia di salah satu pada bagian website.

 

2. Lebih cepat dalam merespon

Pengunjung dapat dengan mudah dalam mengirimkan pesan secara langsung dan dapat dibalas selama Anda online. Histori pesan pun dapat terlihat sehingga Anda pun tidak perlu membuka pesan chat yang telah terkirim sebelumnya. Hal ini tentu saja dapat memberikan kesan baik kepada calon pelanggan atau pelanggan Anda.

 

3. Website terlihat lebih profesional

Website yang memiliki fitur live chat dapat memberikan kesan untuk siap siaga untuk melayani kebutuhan pelanggan. Anda juga siap menjawab berbagai pertanyaan maupun keluh kesah yang mereka rasakan. Tentunya hal ini dapat membuat pelanggan Anda menjadi lebih menyukai website Anda.

 

4. Meningkatkan konversi

Calon pelanggan terkadang butuh informasi mengenai produk maupun layanan yang Anda tawarkan sebelum mereka memutuskan untuk membelinya. Dengan fitur live chat mereka dapat dengan langsung menanyakannya kepada Anda. Hal ini pun dapat berpotensi mendorong konversi penjualan secara lebih bagus lagi.

 

Rekomendasi Plugin Live Chat

 

rekomendasi-plugin-live-chat

Berikut terdapat rekomendasi plugin live chat WordPress yang dapat Anda install pada website WordPress Anda.

Anda dapat memilih plugin WordPress ini mana yang paling baik dalam sisi fitur dan juga review dari pengguna. Berikut pembahasannya :

 

1. HubSpot Live Chat

Rekomendasi plugin live chat pertama yaitu HubSpot Live Chat. Plugin ini bisa dikatakan yang paling lengkap dalam sisi fitur dibandingkan dengan beberapa plugin lainnya.

Anda juga dapat mencoba fitur Customer Relationship Management, Forms, Email Marketing, Analytics dan juga fitur Live Chatnya.

Plugin ini juga bisa digunakan secara gratis dan bisa Anda download langsung melalui WordPress.org.

Dengan menggunakan plugin ini Anda dapat merubah pengunjung yang sedang live chat menjadi prospek pelanggan Anda dan membimbing mereka menjadi pelanggan.

Tidak lupa terdapat fitur analytics yang dapat mengukur pada pertumbuhan bisnis Anda.

plugin live chat ini telah diinstal lebih dari 200.000ribu kali dengan rating 4,5 bintang.

Selain itu plugin ini juga sudah terbukti bagus dan juga selalu mendapatkan update fitur dari pengembang secara berkala.

 

2. Tawk.To Live Chat

Berikutnya plugin live chat kedua yang menjadi rekomendasi untuk dapat Anda instal pada website Anda adalah Tawk To Live Chat. Plugin chat ini mempunyai  icon gambar burung berwarna hijau.

Menurut data dari Tawkto ini sudah terdapat sebanyak lebih dari 3,8 juta lebih yang telah menggunakan plugin chat gratis ini.

Anda dapat melakukan monitor dan juga melakukan percakapan langsung dengan pengunjung website dimana saja berada.

Anda bisa langsung berbincang dengan pelanggan dan menjawab keseluruhan pertanyaan yang masuk yang akhirnya dapat berpotensi meningkatkan konversi bisnis.

Plugin chat ini support dengan berbagai browser dan menariknya juga sudah ada pada aplikasi di Android, iOS, Windows dan Mac OS. Bagaimana tertarik dengan aplikasi chat nomer 1 di dunia ini?

 

3. Tidio Live Chat

Ketiga, Tidio Live Chat adalah WordPress ini dapat menjadi pilihan yang menarik.

Anda dapat menggabungkan antara fitur live chat dihubungkan dengan chatbot, jadi Anda tidak perlu untuk selalu aktif pada luar jam kerja dalam membalas chat.

Chatbot ini juga akan membantu website Anda agar selalu terhubung dengan customer dengan fitur balasan otomatis.

Plugin ini membantu dalam kemudahan dalam instalasi, bahkan dalam hitungan kurang lebih 3 menit sudah bisa langsung jadi.

Untuk pengaturan pada plugin ini juga terbilang mudah. Bagi Anda yang baru belajar WordPress pun minim dalam mengalami kesulitan.

Dengan Tidio Chat Anda dapat mendapatkan fitur live chat, chatbot dan email marketing yang dapat berguna dalam mengembangkan prospek bisnis Anda kedepan.

 

4.  3CX Live Chat

Plugin 3CX Live Chat telah di unduh oleh pengguna WordPress sebanyak lebih dari 1,9 juta.

Ditambah lagi, plugin ini tersedia secara gratis dengan berbagai pilihan fitur live chat, transfer chat ke CS lain, desain interface yang dapat memudahkan pengguna, fully customizable chatbox, custom offline message, animation chat dsb.

Anda dapat mendownload plugin ini secara gratis pada website WordPress.org.

 

5. ActiveCampaign Live Chat

ActiveCampaign ini dapat menjadi rekomendasi plugin pemasaran yang berguna bagi Anda yang memiliki website WordPress.

Selain itu tidak sebatas live chat saja, Anda juga dapat mendapatkan fitur pembuatan forms, site tracking yang dapat digunakan untuk melacak pengunjung pada website.

Plugin ActiveCampaign ini sesuai jika digunakan untuk keperluan ecommerce, digital bisnis dan juga B2B companies dsb.

Anda juga dapat mencobanya secara gratis, untuk fitur lebih lengkapnya Anda dapat upgrade ke versi berbayarnya dari 9$/bulan.

 

6. Floating Chat Widget

Floating Chat Widget ini menyediakan plugin live chat website dengan berbagai channel pilihan. Anda dapat memilih live chat melalui Facebook, WhatsApp, Telegram, Line,  Instagram, dan lainnya.

Anda juga dapat meningkatkan dukungan dengan para pelanggan lewat aplikasi chat yang mereka gunakan, jadi notifikasinya langsung dapat masuk sehingga balasannya pun bisa lebih cepat.

Selain itu, Anda juga dapat memunculkan berbagai opsi aplikasi chat sekaligus pada website Anda.

 

7. Zendesk Chat

Tidak kalah dengan beberapa plugin live chat WordPress gratis lainnya, Zendesk Chat ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda install pada website yang dimiliki.

Plugin ini juga telah diinstal sebanyak lebih dari 50ribu pengguna.

Fitur utama yang disediakan pada Zendesk Chat ini telah dioptimasi untuk kebutuhan pengguna mobile, proactive chat dan juga dashboard analytics pelanggan yang lengkap.

Zendesk support untuk semua browser, mempunyai uptime server 99,8% dan support untuk integrasi dengan aplikasi lain.

 

8. JivoChat Live Chat WordPress

JivoChat Live Chat merupakan plugin all-in-one business messenger yang sudah dioptimalkan yang ditujukan untuk para pengguna WordPress.

Anda dapat terhubung dengan konsumen lewat fitur obrolan langsung, telepon, email dan sosial media.

JivoChat membantu Anda dalam berkomunikasi dengan berbagai channel yang berbeda.

Plugin ini juga menyediakan fitur pop-up yang dapat digunakan untuk menampilkan promo, diskon dan juga info-info menarik kepada para pelanggan. Tertarik? Anda dapat menginstall JivoChat ini secara gratis.  

 

9. Crisp Live Chat

Crisp adalah plugin obrolan gratis dari WordPress yang dapat digunakan untuk mengubah obrolan menjadi penjualan.

Plugin ini juga telah diinstal sebanyak kurang lebih 30.000 lebih pengguna aktif. Selain itu, juga mempunyai fitur yang dapat mengumpulkan email list pelanggan, men-generate lead dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Lebih menariknya lagi, plugin ini menyuguhkan dashboard khusus Crisp Live Chat yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola chat masuk dan email list.

Fitur chatbot juga membantu Anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pengunjung website.

 

10. Desk ID

Rekomendasi live chat lain yang dapat Anda instal adalah Desk Id.

Live chat buatan indonesia ini memang berbeda dengan plugin live chat lainnya, tapi memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri.

Live chat ini dapat membantu kolaborasi antar tim, mengelola percakapan pelanggan, memanajemen email, mendapatkan laporan statistik, dan juga terintegrasi dengan whatsapp.

Untuk mengetahuinya, Anda dapat mengunjungi halaman website resminya pada desk.id

 

Kesimpulan

Selain rekomendasi plugin live chat diatas, masih ada beberapa plugin chat WordPress yang bisa Anda coba untuk install seperti Smartsupp Live Chat,  Chatra Live Chat, Live Chat with Messenger Customer Chat, Live Chat by Formilla,  Purechat, dan lainnya. Anda dapat memilih plugin chat yang kira-kira yang paling sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Semoga bermanfaat

Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar teknologi, bisnis dsb pada bagian blog IDwebhost yang tentunya bisa di akses secara gratis, 

Selain itu, Anda juga bisa mengkontak IDwebhost untuk mendapat informasi dan layanan web hosting dan domain jika Anda membutuhkan layanan hosting, domain, dsb yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.