6 Plugin Live Chat Terbaik untuk WordPress Anda

8 Jan 2019
6 Plugin Live Chat Terbaik untuk Wordpress Anda campaign-unlimited

Di era modern, pelayanan merupakan salah satu kunci sukses di dalam sebuah bisnis, terutama bisnis online. Pada era digital kini, pelayanan tak selalu berbicara tentang pelayanan yang bersifat face-to-face atau on call saja. Namun, pelayanan sudah menjelma menjadi berbagai cara, salah satunya adalah melalui live chat. Kita perlu mencari plugin live chat terbaik yang bisa digunakan.

Pelayanan menggunakan live chat, tentu akan lebih mendekatkan pembeli dengan penjual atau pemilik bisnis. Lewat cara komunikasi satu ini, pelanggan akan merasakan pengalaman berbelanja yang lebih dekat dan terpercaya. Selain itu live chat juga bersifat  fleksibel, karena bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Berbeda ketika melalui telepon yang harus memakan waktu cukup lama.

Dan Wordprees sebagai CMS paling populer saat ini, cukup peka dengan kebutuhan para pemiliki bisnis. Tentu saja bagi Anda yang membangun WordPress sebagai alat bisnis dan membutuhkan support layanan yang cepat maka Anda membutuhkan sebuah tools chat sebagai penghubung dengan pelanggan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda pemilik bisnis online untuk memfasilitasi jalur komunikasi satu ini di websitenya. Nah, kali ini  IDwebhost kali ini akan membahas mengenai 6 plugin live chat terbaik untuk WordPress yang wajib Anda tahu dan install karena gratis.

Plugin Livechat Terbaik untuk WordPress

1. Tawk.to

Plugin live chat terbaik untuk WordPress yang pertama datang dari Tawk.to. Plugin yang satu ini bisa dibilang merupakan plugin live chat yang sangat populer. Menurut data dari situs resmi WordPress.org, total instalasi aktif Tawk.to telah mencapai lebih dari 90.000 website dengan CMS WordPress. Selain itu, diluar WordPress plugin ini telah digunakan oleh lebih dari 250.00 website perusahaan dari berbagai CMS

Selain dapat dimanfaatkan sebagai sarana platform live chat dengan pelanggan, plugin live chat WordPress yang satu ini juga bisa digunakan untuk memonitor visitor website kita secara real time loh. Selain itu, plugin ini juga dapat diakses melalui desktop dan mobile.

2. JivoChat Live Chat

JivoChat adalah bisa menjadi pilihan plugin live chat WordPress terbaik lainnya. Plugin yang satu ini cukup powerful, multi guna, dan tentu saja salah satu yang paling populer. Salah satu fitur utamanya, tentu saja fitur livechat yang memungkinkan Anda terhubung secara langsung dengan pengguna.

JivoChat termasuk plugin yang ringan, loading cepat, dan sangat responsif. Plugin yang satu ini juga memilii fitur penerjemah otomatis, yang akan memberikan pengalaman multi bahasa bagi yang menggunakannya. Anda juga bisa dengan mudah mengintegrasikan JivoChat ke media sosial Anda. Masih kurang?

JivoChat juga memiliki fitur panggilan instan untuk pengguna Andda. Kemudian, Anda juga dapat melakukan tracking dan memantau aktivitas pengunjung. Dan yang terakhir, integrasi CRM, API, Webhook, dan SDK seluler.

3. Tidio Live Chat

Plugin live chat terbaik untuk WordPress yang tak kalah popluer selanjutnya adalah Tidio Live Chat. Ya, Tidio Live Chat terkenal dengan kemudahan instalasi plugin pada website, yang tidak memerlukan registrasi. Jadi, instalasi hanya berhenti berhenti saat tahap instalasi selesai.

Secara garis besar, plugin live chat WordPress satu ini menawarkan fitur yang tidak jauh berbeda seperti plugin livechat pada umumnya. Dengan desain widget livechat yang minimalis clean, plugin satu ini juga bisa terintegrasi ke aplikasi support ticket dan marketing lainnya, seperti Zendesk, GetResponse, SalesForce dan MailChimp.

4. WPMUDEV Live Chat

Selanjutnya ada Plugin WordPress Live chat yang dikembangkan oleh tim WPMU DEV dan kompatibel dengan WordPress versi terbaru yaitu 3.9.1. Ada dua versi untuk plugin ini yakni : versi gratis Obrolan Lite yang dapat diunduh secara gratis dari direktori plugin WordPress dan Chat versi premium Pro yang dapat dibeli dan diunduh dari Wpmudev.

Tidak seperti Zopim Live Chat, plugin ini menawarkan diri menjadi tuan rumah live chat untuk kontrol lebih besar atas solusi Anda yang ingin berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan Anda di Website.

Ada 4 jenis chatting yang didukung:

  • Sudut chatting (obrolan bar ditempatkan di bagian bawah situs Anda)
  • Di halaman / di posting chatting (chat room insert ke halaman manapun, atau kirim menggunakan tombol WYSIWYG chatting)
  • Widget chatting (kotak chatting ditempatkan di sidebar  situs Anda)
  • BuddyPress Group Chat dan WPMU Dev Friend(tersedia untuk versi obrolan Pro saja)

Pada dasarnya, Chat Lite sepenuhnya fungsional dan memberikan Anda baik live chat alat untuk situs Anda. Namun, jika Anda ingin memiliki lebih banyak fitur dan kontrol atas plugin kemudian Chat Pro adalah pilihan Anda. Dengan Chat Pro, Anda akan memiliki fitur keren seperti: BuddyPress Grup integrasi chat, akun jejaring sosial login dan sebagainya.

5. Avchat Video Chat

Plugin live chat terbaik untuk WordPress yang terakhir adalah AVChat video chat. Plugin ini merupakan produk andalan AVChat yang melayani sebagai video chatting solusi untuk setiap situs WordPress. Ini mendukung kedua privat dan publik chat room dan fitur teks chat, video chat, emoticon, upload file, sharing YouTube dan pemberitahuan.

AVChat transfer real-time video, audio dan teks antara peserta chatting menggunakan media server atau hosting server media lain seperti Red5, AMS Pro dan Wowza. Versi standar dapat didownload secara gratis dari direktori plugin WordPress.

Anda bebas untuk memilih mode tampilan chatting untuk pop up atau tertanam ke dalam halaman Anda. Pengunjung dapat log in menggunakan Facebook atau Twitter account, Anda dapat membatasi akses chatting atau beberapa fitur chatting ke tingkat anggota tertentu dalam rangka mendorong tanda up baru atau upgrade.

AVChat juga memiliki dukungan Multisite untuk super admin untuk dengan mudah mengaktifkan plugin untuk semua atau beberapa situs di jaringan multisite mereka. Deteksi otomatis mobile atau tablet lain AVChat itu fitur unik di mana pengguna ponsel terdeteksi akan disajikan dengan versi mobile.

6. LiveChat

Plugin live chat lain, yang tidak kalah keren adalah LiveChat. Dengan plugin yang satu ini, memungkinkan Anda berkomunikasi secara instan dengan pengunjung. Ya, plugin ini memang dihadirkan untuk meningkatkan kehadiran online Anda, sekaligus dapat meningkatkan penjualan. Fitur yang dimilikinya juga cukup lengkap.

Fitur email marketing dan sistem ticketing langsung adalah fitur pertama yang cukup menarik. Selain itu, Anda juga bisa melakukan multiple livechat sekaligus. Tak hanya itu, ada opsi juga untuk mengirimkan pesan yang dipersonalisasikan berdasarkan kondisi Anda. LiveChat juga dapat melakukan tracking pengunjung,dengan widget yang juga dapat disesuaikan. Dan yang paling menarik adalah, tersedia aplikasi mobile LiveChat.

Penutup

Nah, itu dia daftar 6 plugin live chat terbaik untuk WordPress Untuk Website Anda. Pastikan, Anda memfasilitasi layanan live chat pada pelanggan, terutama bila website Anda adalah website online store. Selain dapat lebih dekat dengan pelanggan, website online store Anda juga akan semakin dipercaya dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Mau punya website yang andal, aman, dan kencang? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting dan domain murah IDwebhost.