Plugin Kecepatan WordPress Tingkatkan Performa Website
Blog WordPress Expert Plugin Kecepatan WordPress Tingkatkan Performa Website

Plugin Kecepatan WordPress Tingkatkan Performa Website

Memiliki website ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan untuk dioptimalkan dari konten, SEO, keamanan, kecepatan dan lain sebagainya. Salah satu yang menjadi kunci sukses sebuah website adalah kecepatan loading dari website tersebut. Tentunya sebagai pemilik website ingin memiliki website yang dapat diakses dengan cepat, mudah dan juga tanpa adanya masalah. Dengan website yang memiliki kecepatan baik maka akan bisa bersaing dengan kompetitor yang juga berusaha meningkatkan kecepatan websitenya salah satunya dengan menggunakan plugin kecepatan WordPress.

Pernahkah Anda menjumpai saat mengakses sebuah website untuk mencari informasi tertentu dan ternyata website tersebut sangat lama membuka konten yang Anda cari. Tentu saja Anda akan merasa jengkel sehingga langsung menutup website tersebut untuk mencari konten dari website yang lainnya. Nah disinilah kecepatan website sangat diperhatikan oleh para pemilik website untuk memberikan pengalaman terbaik pada pengunjung websitenya.

Apakah Anda menggunakan platform CMS WordPres? Jika iya maka pilihan Anda tepat. Karena pada default-nya saja WordPress sudah memiliki performa yang baik ditambah plugin yang tersedia juga lengkap untuk membuat website memiliki kinerja yang optimal.

Apa itu Plugin Kecepatan WordPress

Apa itu Plugin Kecepatan WordPress?

Plugin kecepatan WordPress adalah software yang disediakan pada WordPress untuk meningkatkan kecepatan website yang bisa di instal dengan mudah. Selain meningkatkan kecepatan website juga memiliki peran yang baik untuk bisa memperoleh peringkat atas mesin pencari. Bahkan Google sendiri mengkonfirmasi lebih memprioritaskan website-website yang memiliki kecepatan loading yang baik, dengan demikian akan meningkatkan lalu lintas dari website tersebut.

Bagi pengguna WordPress akan lebih mudah untuk mengoptimalkan kecepatan website tanpa harus membongkar website tersebut dengan cara menggunakan plugin WordPress. Ada berbagai macam plugin untuk meningkatkan kecepatan website, nah berikut ini kami merekomendasikan beberapa plugin kecepatan WordPress yang bisa Anda gunakan sebagai berikut:

W3 Total Cache

1. Plugin Kecepatan WordPress W3 Total Cache

Salah satu cara untuk bisa meningkatkan kecepatan website adalah dengan melakukan pengaturan pada cache. Nah untuk mempermudah dalam melakukan pengaturan dan mengelola cache ini ada plugin yang handal untuk mengelola cache pada website Anda yaitu dengan plugin W3 Total Cache. Selain mudah untuk digunakan ada beberapa fitur yang bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda salah satunya bisa kompatibel dengan Cloudflare.

Hingga saat ini plugin W3 Total Cache telah memiliki pengguna 1 juta lebih aktif yang telah melakukan instalasi. Untuk pengguna yang telah paham tentang pemrograman juga sangat cocok karena juga ada pengaturan untuk tingkat lanjut untuk melakukan pengaturan file seperti JavaScript dan Custom Style Sheet (CSS).

Fitur Unggul Plugin W3 Total Cache

  • CDN Support
  • Minifying
  • Database caching
  • Browser caching
  • Dan lain-lain

GTMetrix for WordPress

2. GTMetrix for WordPress

Jika ingin memantau seberapa cepat dari website saat diakses maka tool yang sering dipakai adalah GTMetrix. Dari plugin WordPress ini Anda bisa melakukan penilaian seberapa baik kinerja dari website Anda, mulai dari kecepatan, waktu yang dibutuhkan, ukuran halaman yang diakses dan laporan lainnya. Kemudian plugin ini juga bisa memantau kinerja website Anda secara berkala dari harian, mingguan, bulanan sehingga Anda bisa mengoptimalkan website secara berkala juga.

P3(Plugin Performance Profile)

3. P3 (Plugin Performance Profile)

Apakah saat ini Anda sudah menginstal banyak plugin pada WordPres yang Anda miliki? Mungkin saja sudah melakukan instalasi berbagai plugin untuk meningkatkan kecepatan malah terasa semakin berat saja. Tenang jika Anda terlanjur menginstal terlalu banyak plugin WordPress saat ini sudah ada plugin yang bisa menganalisis plugin mana yang membebankan website Anda yaitu dengan plugin P3 (Plugin Performance Profile) yang berfungsi untuk mengecek plugin mana yang memberikan beban pada website Anda. Selain itu plugin P3 ini akan mengukur seberapa besar dampak plugin yang telah terinstal pada website Anda dengan tampilan grafik yang bisa Anda analisis lebih lanjut.

Plugin Kecepatan WordPress WP Super Cache

4. Plugin Kecepatan WordPress WP Super Cache

WP Super Cache yaitu plugin cache WordPress yang bisa di instal secara mudah dan gratis. Fungsi plugin ini yaitu untuk menghasilkan cache dari website berupa file html statis dari website Anda. Plugin yang satu ini terkenal karena sangat sederhana namun memiliki fungsi fitur yang canggih sehingga akan cocok untuk website dengan trafik yang tinggi. WP Super Cache dibuat oleh perusahaan Automattic yang juga bagian dari pengembang WordPress.

Karena sederhana namun memiliki fitur canggih plugin ini bisa digunakan dengan mudah oleh siapapun termasuk yang baru saja menggunakan WordPress. Selain itu plugin ini bisa diimplementasikan dengan Content Delivery Network (CDN) sehingga website akan lebih cepat saat di akses. Plugin ini hampir sama dengan W3 Total Cache seperti yang disebutkan diatas.

WP Rocket

5. Plugin Kecepatan WordPress WP Rocket

Ada banyak cara untuk bisa meningkatkan kecepatan website salah satunya dengan menggunakan plugin cache. Nah tepat sekali jika Anda menggunakan WordPress karena telah tersedia plugin dengan berbagai fitur ditawarkan yang bisa digunakan untuk membuat cache ini. Plugin cache yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan website salah satunya yaitu WP Rocket.

Dengan menggunakan plugin ini kinerja website Anda akan lebih cepat saat di akses sehingga pengguna pun akan merasakan pengalam terbaik saat mengunjungi website Anda. Jika Anda menemukan plugin cache yang gratis maka plugin WP Rocket ini sifatnya premium atau berbayar tentunya dengan berbagai fitur unggul yang tidak tersedia di plugin cache gratisan. Ada beberapa fitur unggul dari plugin WP Rocket sebagai berikut:

  • Dashboard yang User-Friendly
  • Memiliki Fitur Lazy Load Media
  • Menghapus Database
  • CloudFlare
  • Kompresi GZIP

WP Fastest Cache

6. WP Fastest Cache

Plugin ini sama halnya dengan plugin cache yang sebelumnya namun demikian pengembang dari plugin ini mengklaim sebagai sistem cache WP tercepat. Saat ini penggunanya lebih dari 100 ribu pengguna aktif yang menginstalnya. Dari user experience nya juga tergolong baik yang juga bisa disandingkan dengan plugin yang lainnya. Plugin ini bisa di instal secara gratis dengan fitur yang cukup untuk mendukun website Anda. Namun juga tersedia untuk versi yang premium yang tentunya memiliki fitur tambahan yang lebih lengkap seperti:

  • Minify Html
  • Minify Css
  • Mengaktifkan Gzip Compression
  • Leverage Browser Caching
  • Add Expires Headers
  • Combine CSS
  • Combine JS
  • Menonaktifkan Emoji

Plugin Kecepatan WordPress WP-Optimize

7. WP-Optimize

Jika Anda ingin mengoptimalkan database dengan mudah tanpa harus masuk ke phpmyadmin maka plugin WP-Optimize ini bisa digunakan untuk mengoptimalkan database secara mudah. Plugin ini bekerja dengan cara mengoptimalkan database yang ada tanpa perlu melakukan query secara manual. Dengan demikian secara otomatis akan memberikan string database yang memang tidak diperlukan sehingga kinerja website akan lebih cepat dan ringan daripada biasanya.

Baca juga: 8 Plugin Pembersih Terbaik WordPress Untuk Website Anda

Fitur unggulan dari WP-Optimize sebagai berikut:

  • Clean all posts revision
  • Clean all auto-draft posts
  • Remove spam comments and comments in trash
  • Remove unapproved comments
  • Optimize database tables

Plugin Kecepatan WordPress LiteSpeed Cache for WordPress

8. LiteSpeed Cache for WordPress

LiteSpeed Cache (LSCache) yaitu modul cache canggih yang dapat meningkatkan kecepatan website hingga beberapa kali lipat dari sebelumnya. Plugin ini juga akan bekerja dengan baik seperti plugin yang lainnya yang juga meningkatkan kecepatan website seperti WP Fastest Cache, WP Super Cache, atau W3 Total Cache untuk bisa menangani trafik yang tinggi.

Fitur unggulan dari LiteSpeed Cache for WordPress sebagai berikut:

  • Full page caching
  • CSS, JavaScript, atau HTML Minification and Combination
  • Browser Cache Support
  • Object Cache dengan Redis
  • Edge Side Includes (ESI) Lazy
  • Load Images
  • HTTP/2 Push
  • Image Optimization
  • Database Optimization

Demikian pembahasan kali ini tentang plugin kecepatan WordPress yang berguna untuk meningkatkan kecepatan website Anda. Untuk bisa menggunakan Anda bebas mau menggunakan yang mana tergantu kebutuhan dari website Anda tentunya. Yang paling penting adalah menginstal secukupnya jangan sampai salah membebankan website Anda. IDwebhost dengan senang hati akan selalu memberikan layanan web hosting terbaik yang memberikan jaminan performa hosting terbaik dengan dukungan teknologi canggih yang digunakan.