Plugin Kecepatan WordPress Tingkatkan Performa Website

9 Mar 2022
Plugin Kecepatan WordPress Tingkatkan Performa Website campaign-unlimited

Apa yang akan Anda lakukan bila mengunjungi website yang ‘lemot’? Mungkin Anda tetap akan menunggu hingga loading website tersebut selesai. Tetapi, Anda pasti akan malas untuk mengunjungi kembali website tersebut. Nah, itulah yang akan pengunjung website Anda lakukan bila situs WordPress Anda memiliki kecepatan loading yang lambat. Untuk mengatasi hal tersebut, cara yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan plugin kecepatan WordPress.

Mengapa penting sekali bagi Anda untuk mengoptimasi kecepatan website? Hal ini tentu penting karena akan berpengaruh pada traffic website. Semakin lambat loading website, semakin malas pengunjung datang kembali, dan semakin turun juga jumlah traffic website Anda. Meskipun pada dasarnya WordPress memiliki performa yang bagus, tetapi tidak ada salahnya untuk mengoptimasi menggunakan plugin. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan User Experience (UX) di website.

Apa itu Plugin Kecepatan WordPress

Apa itu Plugin Kecepatan WordPress?

Jika Anda masih pemula dalam hal plugin WordPress, maka penting sekali bagi Anda untuk mengenal apa itu plugin WordPress. Plugin WordPress adalah sebuah tool software tambahan (add-on) yang digunakan untuk menambahkan berbagai fitur dalam sebuah website atau program lain. Dengan menggunakan plugin, Anda tidak perlu mengubah sendiri program dalam website WordPress.

Baca Juga: Google Ads vs Facebook Ads, Mana yang Lebih Baik? 

Nah, plugin yang ada di platform WordPress sendiri sangat beragam. Mulai dari plugin untuk membuat tambahan fitur seperti toko online, hingga plugin untuk mengoptimasi situs WordPress itu sendiri. Salah satu plugin yang tersebut adalah plugin mempercepat WordPress. Sama halnya dengan plugin lain, plugin mempercepat WordPress ini berfungsi untuk mengoptimasi website dari segi kecepatan.

Apakah plugin hanya berfungsi untuk mempercepat WordPress? Tentu saja fungsi dari plugin ini bukan hanya untuk mempercepat WordPress saja. Semakin cepat performa website WordPress, semakin besar pula kemungkinan situs Anda naik pada peringkat pertama mesin pencari. Dengan situs yang berada di peringkat atas, maka traffic website Anda akan meningkat pula. Bila traffic website meningkat, maka sudah pasti akan menjadi keuntungan bagi bisnis maupun konten Anda.

Lalu, apakah penggunaan plugin untuk mempercepat WordPress ini penting? Jika Anda ingin mengoptimalkan website bisnis atau website profesional Anda, maka penting untuk menggunakan plugin untuk mempercepat WordPress. Apalagi bagi Anda yang awam dengan coding atau pemrograman. Dengan menggunakan plugin, Anda tidak perlu mempelajari coding untuk membuat fitur baru. Cukup instal plugin WordPress, Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur dan mengoptimasi performa website.

W3 Total Cache

Rekomendasi Plugin Mempercepat WordPress

WordPress adalah salah satu platform CMS (Content Management System) yang terbaik untuk membuat sebuah website. Bahkan, sebagian besar website yang ada di dunia saat ini dibuat dengan menggunakan platform WordPress. Meskipun begitu, website WordPress Anda dapat mengalami masalah dalam hal kecepatan loading. Oleh karena itu, berikut ini rekomendasi beberapa plugin mempercepat WordPress terbaik yang dapat Anda gunakan pada website Anda.

  1. W3 Total Cache

Plugin untuk mempercepat WordPress Anda yang pertama adalah W3 Total Cache. Salah satu penyebab kecepatan website WordPress Anda lambat adalah karena caching yang tidak optimal. Caching merupakan proses yang dilakukan oleh sistem untuk menyimpan file HTML secara sementara agar laman website dapat diakses kembali dengan lebih cepat. Nah, tanpa pengelolaan caching yang baik kecepatan loading situs Anda akan lebih lambat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan plugin W3 Total Cache untuk mengelola cache sehingga dapat mempercepat WordPress. Fitur yang terdapat dalam plugin W3 Total Cache ini juga cukup beragam. Beberapa fitur tersebut seperti CDN Support, Minifying, Database Caching, Browser Caching, dan lainnya. Selain itu, dalam plugin ini juga terdapat pengaturan tingkat lanjutan seperti untuk JavaScript atau CSS (Custom Style Sheet).

GTMetrix for WordPress

2. GTMetrix for WordPress

Salah satu hal yang harus Anda lakukan dalam mengoptimalkan kecepatan website adalah dengan memantau kecepatan situs Anda saat ini. Dengan memantau kecepatan situs secara berkala, Anda dapat mengetahui kondisi dari website Anda saat ini. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menggunakan plugin GTMetrix for WordPress. Plugin GTMetrix for WordPress merupakan tool untuk melihat seberapa cepat situs Anda saat diakses oleh pengunjung.

GTMetrix for WordPress dapat membantu Anda untuk memantau kecepatan website WordPress dalam jangka waktu harian, mingguan, hingga bulanan. Bukan hanya memantau kecepatan akses website saja. Tetapi, plugin ini juga memantau dari aspek lain seperti waktu yang pengunjung butuhkan untuk mengakses, ukuran halaman yang pengunjung akses, dan lainnya.

P3(Plugin Performance Profile)

3. Plugin Mempercepat WordPress P3 (Plugin Performance Profile)

Selain cache yang tidak dikelola dengan optimal, salah satu penyebab dari kecepatan loading website WordPress yang lambat adalah terlalu banyak plugin yang terpasang. Hal ini terjadi karena sistem membutuhkan lebih banyak resource. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus mengurangi penggunaan plugin yang paling membebankan dalam WordPress Anda.

Cara yang paling mudah untuk mengurangi penggunaan plugin ini adalah dengan menggunakan plugin P3 (Plugin Performance Profile). Plugin ini dapat membantu Anda mempercepat loading WordPress dengan mengurangi beberapa plugin yang memberatkan website. Melalui analisis plugin yang memberatkan dan dampaknya terhadap website, Anda dapat melakukan uninstall terhadap beberapa plugin tersebut.

Plugin Kecepatan WordPress WP Super Cache

4. WP Super Cache

Selain W3 Total Cache, terdapat plugin lain yang dapat membantu Anda untuk mengelola cache website Anda yaitu WP Super Cache. Melalui plugin ini, sistem website Anda dapat menghasilkan atau membuat cache website dalam bentuk file HTML statis. WP Super Cache merupakan salah satu plugin untuk mempercepat WordPress gratis yang sangat mudah untuk Anda install. Bahkan, waktu yang dibutuhkan untuk memasang plugin ini tidak mencapai 2 menit.

Sebetulnya, WP Super Cache hampir sama dengan plugin W3 Total Cache dalam mempercepat WordPress. Hanya saja plugin ini memiliki cara penggunaan yang sederhana yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Salah satu fitur canggih yang ada dalam plugin ini adalah Expert. Dengan keberadaan fitur ini, situs Anda akan tetap dapat diakses dengan cepat meskipun website Anda sedang memiliki traffic tinggi. Selain Expert, WP Super Cache juga memiliki fitur seperti CDN, WP-Cache Caching, dan lainnya.

WP Rocket

5. Plugin Kecepatan WordPress WP Rocket

Jika plugin untuk mengelola cache di WordPress sebelumnya dapat Anda install secara gratis, maka berbeda dengan plugin yang satu ini. WP Rocket merupakan salah satu plugin pengelolaan cache yang sifatnya premium alias berbayar. Sama halnya dengan WP Super Cache yang memiliki tampilan sederhana, WP Rocket juga memiliki tampilan dashboard yang cukup user-friendly sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur fitur-fitur yang ada.

Akan tetapi, fitur yang plugin ini tawarkan tentunya lebih unggul jika dibandingkan dengan plugin cache lainnya yang tidak berbayar. Bukan hanya fitur untuk menghasilkan cache saja, tetapi terdapat fitur lain yang dapat membantu untuk mempercepat loading WordPress dalam plugin ini. Fitur tersebut adalah Lazy Load yang sebetulnya harus dipasang secara terpisah jika menggunakan plugin lain. Terdapat juga fitur lainnya seperti CloudFlare, kompresi GZIP, dan lainnya.

WP Fastest Cache

6. WP Optimize

Plugin selanjutnya yang dapat mempercepat WordPress Anda adalah WP-Optimize. Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan WordPress adalah dengan mengoptimasi database dari website Anda. WP-Optimize adalah plugin WordPress yang berfungsi untuk membantu agar database WordPress Anda lebih maksimal.

Bagaimana cara kerja WP-Optimize? Plugin ini akan membersihkan database yang tidak berguna dari website WordPress Anda. Plugin ini akan memudahkan Anda karena untuk membersihkan database, Anda tidak perlu memasuki phpMyAdmin. Sehingga, database Anda dapat dioptimalkan tanpa Anda perlu untuk melakukan query sendiri. Menariknya lagi, WP-Optimize ini juga dapat mengelola cache dan melakukan kompres gambar dalam website WordPress Anda.

Plugin Kecepatan WordPress WP-Optimize

7. LiteSpeed Cache

Agar website WordPress Anda dapat berjalan dengan cepat dan ringan salah satu saran yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan web server Litespeed. Untuk mengoptimasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan plugin LiteSpeed Cache pada WordPress Anda. LiteSpeed Cache merupakan salah satu plugin cache yang dapat digunakan di WordPress. Plugin ini merupakan modul untuk cache yang canggih untuk mempercepat kecepatan loading WordPress.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh LiteSpeed Cache ini juga cukup beragam dan lengkap. Fitur tersebut terdiri dari Full Page Caching, pengaturan CSS; HTML Minification; dan JavaScript, Browser Cache Support, dan lainnya. Selain itu, plugin ini juga memberikan fitur lain seperti Image Optimization, Database Optimization, Load Images, Lazy, dan lainnya. Melalui fitur-fitur tersebut, website dengan traffic yang tinggi dapat menampung lebih banyak request.

Plugin Kecepatan WordPress LiteSpeed Cache for WordPress

8. WP Fastest Cache

Di bagian terakhir plugin kecepatan WordPress adalah WP Fastest Cache. Sebagian orang, mungkin masih asing dengan plugin yang satu ini. Nyatanya, WP Fastest Cache cukup banyak digunakan oleh pengguna WordPress. Tercatat, plugin ini sudah digunakan lebh dari 100 ribu pengguna. 

WP Fastest Cache adalah plugin WordPress yang menghasilkan file HTML statis berdasarkan website dinamis dan akan tersimpan di cache. Plugin yang satu ini memiliki tampilan yang mudah digunakan oleh pengguna awam. Salah satunya adalah kemudahan dalam pemasangannya. 

Fitur utama plugin ini adalah memberikan pilihan untuk menggabungkan  file JavaScript dan CSS. Sehingga dapat mengurangi permintaan dari server website Anda. WP Fastest Cache mendukung caching pada browser dan desktop. 

Kesimpulan

Bagi Anda para pemilik website yang berbasis WordPress, penting sekali bagi Anda untuk menggunakan plugin yang mempercepat kecepatan website. Dengan bantuan plugin, Anda tidak perlu mengatur kode-kode dalam program WordPress sendiri. Cukup install lalu aktifkan saja salah satu atau lebih plugin untuk mempercepat WordPress yang telah IDwebhost rekomendasikan.

Selain penggunaan plugin yang mempercepat WordPress, Anda juga harus memperhatikan masalah lain dalam website Anda agar tidak mengalami kelambatan saat loading. Masalah-masalah seperti jumlah iklan dan spam yang terlalu banyak, atau pemilihan server web hosting yang buruk. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk melakukan pengecekan terhadap website WordPress secara berkala dan menggunakan plugin agar dapat mempercepat loading WordPress.

Agar website Anda semakin optimal, gunakan juga layanan web hosting dari IDwebhost dengan berbagai macam pelayanan untuk website Anda. Dapatkan juga layanan hosting murah dan WordPress hosting khusus Anda pengguna WordPress. Jangan sampai ketinggalan juga berbagai promo menarik dari IDwebhost untuk website jadi lebih menarik.

Klik gambar di bawah untuk mendapatkan promo terbaru dari IDwebhost!

special promitions

Penulis
Member since 2 Jul 2013