10 Plugin Keamanan Wordpress Yang Wajib Anda Install
Blog Tips Keren

10 Plugin Keamanan WordPress Yang Wajib Anda Install

Plugin keamanan WordPress hadir sebagai solusi vital untuk semua pengguna web yang sering menggunakan platform yang satu ini. Jika anda pengguna setia jasa hosting domain untuk CMS WordPress, anda pastinya berpikir untuk memberikan keamanan yang mumpuni terhadap website yang dimiliki. Keamanan adalah bagian yang terpenting pada saat berselancar di dunia CMS yang sarat akan plugin, widget, theme, postingan, dan lain sebagainya. Jika anda ingin semua aktivitas tersebut berjalan dengan lancar, perlu ada plugin keamanan WordPress yang anda sematkan didalamnya sehingga akan membantu kinerja CMS tetap maksimal untuk anda. Berikut adalah beberapa pilihan plugin keamanan WordPress yang bisa anda install sekarang juga.

All in One WP Security and Firewall

10 Plugin Keamanan WordPress Yang Wajib Anda Install
idwebhost

Jika dilihat dari namanya saja sudah cukup keren. Plugin ini nyatanya mampu memberikan semua perlindungan yang dibutuhkan oleh WordPress anda. All in One WP Security and Firewall adalah salah satu plugin keamanan WordPress yang terpopuler saat ini. Pasalnya, plugin ini tidak perlu menggunakan database sama sekali sehingga berimbas pada website yang akan tetap berjalan dengan ringan meskipun anda menggunakan plugin ini. Ditambah lagi, plugin keamanan WordPress ini juga diklaim mampu mengimplementasikan standard keamanan yang mumpuni untuk CMS terpopuler di dunia tersebut. Anda juga bisa mengatur sendiri apa standard keamanan yang dibutuhkan, yakni Advance, Basic atau Intermediate. Dengan mengatur sendiri keamanan yang dibutuhkan maka sistem WordPress itu sendiri bisa berjalan lebih longgar dan nyaman.

Wordfence

Plugin keamanan WordPress yang satu ini sudah didownload oleh lebih dari 2 juta website aktif yang ada di seluruh dunia. Tak heran jika banyak sekali orang yang menggunakannya. Disini anda bebas memilih fitur keamanan yang tersedia didalamnya. Ada fitur keamanan yang berbayar, dan ada fitur yang gratis. Tentu saja kedua fitur tersebut memiliki perbedaan tersendri. Anda bisa mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal dengan memilih fitur yang berbayar. Semua pilihan ada di tangan anda. Jika melihat dari banyaknya jumlah situs yang telah mendownload plugin ini, anda pastinya penasaran ingin mencoba ketangguhannya. Nyatanya data tidak pernah berbohong. Memang plugin keamanan WordPress ini sarat akan fungsi yang sangat baik untuk perkembangan web anda kedepan.

iTheme Security

Dibekali dengan fitur yang tak kalah powerfull, iTheme Security menjadi pilihan bagi 800.000 lebih website aktif yang telah menggunakannya. Plugin untuk keamanan WordPress ini memang cukup bagus karena memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah dioperasikan. Anda bisa mengatur sendiri settingan fitur security yang ada didalamnya dengan memilih menu Enable. Selanjutnya, anda juga bisa membaca lebih lanjut informasi tentang plugin terkait di bagian Learn More yang tersedia.

Acunetix WP Security

10 Plugin Keamanan WordPress Yang Wajib Anda Install
idwebhost

Salah satu plugin keamanan WordPress yang bagus kinerjanya adalah Acunetix. Disini anda akan bisa mendapatkan keamanan yang berkala secara 24 jam Non Stop. Keamanan tersebut juga akan mencegah situs dari masalah PHP Error dan bug-bug lain yang sering muncul.  Selain memberikan pencegahan, Acunetix juga memberikan informasi kepada pengguna tentang apa saja hal-hal yang bisa diimprove supaya website WordPress yang kita gunakan bisa bekerja dengan lebih baik dan maksimal.

Securi Security

Plugin keamanan WordPress ini juga akan memberikan perlindungan yang sangat mumpuni, terutama jika anda adalah orang yang handal dan memahami coding.  Disini anda akan menemukan sebuah perlindungan yang sesuai dengan keburuhan. Pasalnya, secure akan bisa memantau berbagai macam aktivitas mencurigakan yang terjadi pada situs WordPress tersebut. Ditambah lagi, mereka juga bisa melakukan scanning terhadap berbagai ancaman yang potensial misalnya malware, hacker, virus, adware, dan lain sebagainya. Tindakan keamanan ini sangat perlu agar website yang anda miliki tidak sampai terserang oleh hacker yang tak bertanggung jawab.

Google Authenticator

Namanya mungkin sudah tak asing lagi sebagai salah satu sistem pencari yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan adanya plugin ini maka akan memberikan keamanan yang lebih tebal untuk WordPress anda. Misalnya ketika anda melakukan login, mungkin hanya dengan memasukan ID dan Password, anda sudah bisa masuk ke dalam dashboard, namun jika menggunakan plugin keamanan WordPress ini, maka akan tersedia tambahan metode lain untuk login yakni verifikasi melalui panggilan telepon, pesan teks, maupun aplikasi smartphone.

Baca Juga: 5 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Dimiliki

Bulletproof Security

Disini anda akan bisa mendapatkan perlindungan 3 rangkap sekaligus dalam satu plugin yang smart. Anda akan menemukan Bulletproof bisa melakukan perlindungan terhadap database, login, dan juga firewall anda. Dari sinilah semua fitur tersebut bersatu untuk membuat WordPress anda tetap aman digunakan kapan saja. Selain itu, plugin ini juga mengklaim dirinya sebagai plugin yang ringan dan tidak membebani hosting resource sama sekali. Bahkan dengan memakai plugin ini, anda bisa memanfaatkan fitur optimasi yang ada diidalamnya agar kecepatan pada saat menggunakan website bisa kian meningkat.

WordPress File Monitor

10 Plugin Keamanan WordPress Yang Wajib Anda Install
idwebhost

Salah satu plugin keamanan WordPress yang paling recommended adalah WP File Monitor ini. Serupa namanya yang bekerja seperti kamera pemantau, anda akan bisa mendapatkan informasi setiap adanya serangan atau aktivitas apapun yang abnormal terjadi pada CMS yang digunakan. Disini mereka akan memantau setiap aktivitas yang terjadi, terutama yang berkaitan dengan hacker dan spammer yang saat ini semakin merajalela memberikan serangan tak terbendung pada website yang tidak dilengkapi keamanan mumpuni. Dengan menggunakan ini, maka anda akan selalu mendapatkan notifikasi saat ada hal yang janggal terjadi.

Brute Force Login Protection

Para hacker biasanya melakukan berbagai cara untuk bisa login dan merusah sistem yang ada di CMS kita. Oleh karena itu, plugin Brute Force ini sangat penting untuk memblokir orang-orang yang ingin masuk ke situs kita dengan cara-cara paksa. Mereka akan langsung memblokir IP Address orang yang melakukan kesalahan pada saat login di situs WordPress sebanyak tiga kali.

WP Anti Virus Site Protection

Nah, ini juga wajib dimiliki oleh para pengguna CMS WordPress. Pasalnya, anda akan bisa mendapatkan sebuah perlindungan yang nyata dari serangan virus yang bisa hinggap ke WordPress CMS kapan saja. Anda disini akan bisa melakukan monitoring yang dibutuhkan secara berkala. Serta membersihkan sejumlah file yang terinfensi oleh malware, virus, ataupun adware. Anda pun akan bisa menggunakan WordPress dengan lebih aman dan nyaman pastinya.

Itulah 10 plugin keamanan WordPress yang wajib anda install di CMS sekarang juga supaya bisa memberikan perlindungan tepat sebelum terlambat. Di dunia maya serangan dalam bentuk apapun akan dilakukan oleh third party atau orang ketiga yang tidak bertanggung jawab. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah hacker dengan berbagai tujuannya untuk membobol akun situs orang lain. Cegah mereka sukses melakukan aksinya dengan menyediakan perlindungan yang anda butuhkan sekarang juga!

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.