Plugin Keamanan WordPress Terbaik untuk Website Anda

14 Mar 2022
Plugin Keamanan WordPress Terbaik untuk Website Anda campaign-unlimited

Cybercrime adalah salah satu ancaman terbesar bagi setiap bisnis di dunia. Bahkan, sebuah studi mengatakan 60% website bisnis kecil di internet diretas dan berujung bangkrut dalam waktu 6 bulan. Agar Anda tidak menjadi korbannya, salah satu cara yang dapat Anda lakukan sebagai pengguna WordPress adalah dengan menggunakan plugin keamanan WordPress.

WordPress sebagai CMS (Content Management System) nomor satu di dunia memang telah memiliki sistem keamanan yang cukup baik. Meski begitu, bukan tidak mungkin website WordPress Anda dapat diretas oleh para hacker. Untuk mencegah hal tersebut, WordPress telah menyediakan berbagai plugin security untuk menjaga keamanan website Anda.

Apa itu Plugin Keamanan WordPress

Apa itu Plugin Keamanan WordPress?

Sama halnya dengan plugin lain di WordPress, plugin keamanan WordPress ini merupakan salah satu jenis tools yang tersedia bagi pengguna untuk mengamankan website dari upaya serangan siber.Plugin keamanan WordPress ini sifatnya mencegah adanya upaya serangan siber dari para hacker.

Plugin keamanan yang ada di WordPress ini akan membantu Anda untuk memantau bila terjadi upaya pembobolan situs oleh tangan-tangan jahat. Bukan hanya itu, dengan plugin keamanan WordPress Anda juga dapat mengetahui apa saja yang dilakukan oleh hacker saat melakukan upaya pembobolan. Jadi, jika website Anda sudah terkena hack maka cara yang dilakukan berbeda.

Nah, mengapa plugin keamanan WordPress ini penting? Seperti yang telah dijelaskan di bagian pembuka, WordPress merupakan salah satu CMS terbaik di dunia. Tentunya, sebagai CMS terbaik di dunia, WordPress pastilah memiliki sistem keamanan yang baik. 

Baca Juga: Perbedaan Landing Page dan Website yang Harus Anda Tahu! 

Akan tetapi, popularitas WordPress yang sangat luas inilah yang memudahkan hacker untuk mengetahui situs yang lemah.

Hal ini juga didukung dengan para pemilik website yang tidak peka terhadap keamanan situs. Sehingga, beberapa pemilik website seringkali tidak melakukan update versi WordPress atau menggunakan password yang lemah. Bahkan, pada tahun 2021 tercatat sebanyak 70% website WordPress sangat rentan akan serangan hacker.

Plugin Keamanan WordPress Wordfence Security

Rekomendasi Plugin Keamanan WordPress

Para hacker memiliki motif yang berbeda-beda saat meretas sebuah situs. Beberapa hacker pemula mungkin memilih situs Anda untuk latihan dan beberapa lainnya menarget situs yang lebih besar. Nah, untuk menghindari hal tersebut Anda dapat memasang plugin security WordPress. Agar Anda tidak bingung memilih, berikut ini 6 rekomendasi plugin keamanan WordPress terbaik.

1. Wordfence Plugin Security WordPress

Plugin keamanan WordPress yang paling populer adalah Wordfence. Plugin ini telah diinstal lebih dari 4 juta kali. Artinya, sudah lebih dari 4 juta website yang menggunakan Wordfence sebagai plugin security WordPress. Wordfence memiliki fitur yang lengkap, bahkan mereka memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh plugin keamanan WordPress lainnya.

Plugin Wordfence  memiliki berbagai fitur utama seperti update otomatis, schedule scans, update & alert, dan firewall. Wordfence juga menyediakan fitur keamanan yang dapat mendeteksi adanya malware lebih awal dan memblokir secara otomatis. Selain itu, plugin ini juga memiliki fitur lain untuk versi premium seperti real-time IP blacklist, real-time firewall rule updates, dan real-time malware signature updates.

2. Sucuri Security

Rekomendasi selanjutnya untuk plugin keamanan WordPress terbaik adalah Sucuri Security. Sucuri Security menjadi salah satu plugin terbaik di WordPress karena fiturnya yang dapat melakukan scanning terhadap malware. Sucuri akan mengirimkan email ketika mereka mendeteksi adanya ancaman bahaya.

Hal menarik dari Sucuri Security adalah mereka memiliki data black-listed yang didapatkan dari Google. Sama halnya dengan Wordfence, Sucuri Security juga memiliki versi gratis dan premium. Untuk versi gratis, Anda dapat mengakses beberapa fitur utama seperti firewall, dukungan SSL, scanning malware, dan blacklist monitoring. Sementara untuk versi premium, terdapat fitur Brute-force seperti yang ada dalam Wordfence.

Plugin Keamanan WordPress iThemes Security

3. iThemes Security

Selanjutnya, plugin keamanan WordPress terbaik yang dapat Anda gunakan untuk  adalah iThemes Security. Berbeda dengan kedua plugin keamanan WordPress sebelumnya yang mendeteksi upaya peretasan seperti malware, iThemes Security mampu mendeteks plugin yang berbahaya bagi website Anda.

Biasanya, plugin yang masih dalam versi lama atau memiliki sandi yang lemah berpotensi terserang peretasan oleh hacker. Fitur gratis yang terdapat dalam iThemes Security ini terdiri dari basic security check, blacklist IP address, deteksi hacking, konfigurasi password, dan lain-lain. Sementara, untuk versi berbayar sendiri terdapat fitur seperti scan malware dan integrase reCAPTCHA.

4. SecuPress

Salah satu plugin keamanan WordPress gratis terbaik dengan fitur yang cukup lengkap adalah SecuPress. Fitur-fitur yang terdapat dalam SecuPress dapat membantu Anda untuk mengamankan website dari peretasan seperti memblokir IP hacker yang terdeteksi. Anda dapat melakukan deteksi awal terhadap adanya dugaan peretasan.

Menariknya, meskipun plugin ini memang tersedia secara gratis tetapi fitur yang mereka tawarkan terbilang cukup lengkap. Fitur-fitur tersebut terdiri dari anti brute force login, blokir IP address, scanning malware, security alert, vulnerable plugins & themes detection, dan lain-lain. Selain fitur gratis, SecuPress juga menyediakan versi berbayar untuk fitur tambahan lainnya.

5. Plugin Keamanan WordPress Cerber

Rekomendasi plugin keamanan WordPress yang kelima yaitu Cerber Security. Plugin ini memiliki tampilan yang sederhana dan user-friendly. Meski memiliki tampilan serta pengaturan yang mudah, Cerber Security mampu mengamankan situs Anda dari usaha login yang mencurigakan. Salah satu keunggulan dari plugin ini adalah fitur anti-spam yang canggih.

Dengan fitur anti-spam tersebut, Anda dapat menolak masuknya spam atau menghapusnya secara otomatis. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Cerber Security ini juga cukup lengkap seperti brute force, spam, rest API, backdoor, user account security, perlindungan formulir WooCommerce, dan lain-lain.

Plugin Keamanan WordPress SecuPress Free

6. Plugin Keamanan WordPress Akismet

Rekomendasi plugin keamanan WordPress yang terakhir adalah Akismet. Hampir sama dengan Cerber yang dapat memblokir spam, Akismet merupakan plugin keamanan yang dapat memblokir spam pada kolom komentar. Bukan hanya di WordPress saja, plugin keamanan ini juga dapat Anda gunakan di platform lain seperti Joomla dan Drupal.

Akismet nantinya akan melakukan penyaringan komentar yang masuk ke website Anda menggunakan robot secara otomatis. Hal ini akan sangat berguna bagi website Anda karena terlalu banyak spam dalam kolom komentar dapat menyebabkan penurunan peringkat. Tentunya, hal ini akan berdampak buruk terhadap SEO sebuah website.

Shield Security

Penyebab WordPress Terkena Hack

Dalam penjelasan sebelumnya, sudah dikatakan bahwa popularitas WordPress sebagai platform CMS terbaik inilah yang membuat website WordPress menjadi sasaran empuk para hacker. Sebetulnya, alasan utama mengapa situs WordPress Anda terkena hack adalah karena hacker melihat kelemahan situs Anda yang dapat mereka bobol. Nah, lalu apa saja yang membuat website Anda lemah? Berikut ini beberapa penyebab WordPress Anda terkena hack.

1. Web Hosting yang Tidak Aman

Penyebab pertama yang membuat situs Anda terkena hack adalah karena Anda menggunakan jasa web hosting yang tidak aman. Hal ini karena perusahaan web hosting yang Anda gunakan mungkin tidak mengamankan platform hosting dengan teknologi terbaik. Akibatnya, website Anda juga ikut rentan terhadap hacking. Anda bisa menggunakan layanan web hosting dari IDwebhost yang sudah terjamin keamanannya dengan teknologi canggih.

2. Password Lemah

Selanjutnya, penyebab yang paling mungkin terjadi adalah Anda menggunakan password yang lemah. Tentu saja penggunaan password yang lemah seperti angka berurutan atau berulang akan mudah dibobol oleh hacker. Sebaiknya, gunakan password kuat yang unik untuk beberapa akun di WordPress seperti akun wp-admin, FTP, email WordPress, MySQL, dan kontrol panel di web hosting.

Plugin Keamanan WordPress Akismet

3. Tidak Update Plugin atau Tema

Penyebab ketiga website Anda mudah terkena hack adalah plugin atau tema yang sudah out of date. Plugin yang sudah lama tidak aktif atau tidak diperbarui akan menimbulkan potensi terkena serangan hack

Hal ini karena adanya bug keamanan yang seringkali ditemukan dalam plugin atau tema. Oleh karena itu, selalu update plugin dan tema Anda atau hapus plugin jika Anda tidak memerlukannya lagi untuk menjamin keamanan WordPress.

4. Tidak Update WordPress

Kemungkinan terakhir mengapa WordPress Anda terkena hack yaitu karena masih belum memperbarui WordPress ke versi terbaru. Anda mungkin berpikir memperbarui versi WordPress dapat membuat situs Anda mengalami error. Akan tetapi, hal ini penting untuk Anda lakukan untuk memperbarui sistem keamanan dari CMS WordPress itu sendiri.

Baca juga: Keamanan Website Itu Penting! Ini 10 Tipsnya!

Kesimpulan

Menjaga keamanan website dari serangan para hacker sangat penting untuk Anda lakukan jika tidak ingin semua data bisnis Anda diambil dan hilang. Akan sangat bahaya jika hal itu terjadi. Bukan hanya berbahaya bagi Anda, tetapi juga dapat berbahaya bagi pelanggan yang datanya tersimpan dalam website Anda.

Oleh karena itu, gunakan plugin security WordPress untuk menjamin keamanan situs Anda dari upaya pembobolan. Pahami juga beberapa penyebab website WordPress terkena hack untuk menghindari terjadinya pembobolan.

Agar website Anda semakin aman, gunakan layanan web hosting terbaik dari IDwebhost yang sudah terjamin aman dengan teknologi canggih. Gunakan juga layanan domain murah dan hosting murah dari IDwebhost untuk website bisnis Anda yang lebih profesional.

Jangan lupa dapatkan promo menarik IDwebhost agar pengalaman membuat website Anda makin menyenangkan. Klik gambar di bawah ini, ya! 

special promotions

Web hosting, ya IDwebhost! 

Penulis
Member since 2 Jul 2013