Plugin Gallery WordPress: Cara Membuat Gallery dengan Tampilan
Blog Website Development Plugin Gallery WordPress: Cara Membuat Gallery dengan Tampilan

Plugin Gallery WordPress: Cara Membuat Gallery dengan Tampilan

Plugin Gallery WordPress menjadi plugin yang mungkin dicari bagi orang-orang yang ingin menciptakan gallery berisi gambar-gambar pada website WordPress.

Nah jika Anda juga sedang mencari referensi plugin gallery WordPress juga, Anda dapat mengikuti penjabaran lengkapnya pada artikel ini sebagai berikut :

 

Isi Artikel  :

 

 

 

 

plugin-gallery-wordpress

Plugin Gallery WordPress adalah plugin yang dapat membantu membuat tampilan gallery yang berisi gambar-gambar yang ingin Anda tampilkan agar lebih menarik pengunjung.

Penggunaan plugin ini juga cukup mudah, Anda bisa ke bagian plugin untuk mencari dan menambahkan jenis plugin galeri WordPress dan menginstallnya pada WordPress Anda.

 

 

kenapa-anda-perlu-install-plugin-gallery-wordpress

Tampilan gallery gambar WordPress ini bisa menjadi salah satu faktor yang dapat membuat pengunjung website betah dan juga tertarik.  Apalagi untuk website-website fotografi atau sejenis website yang mempunyai banyak tampilan gambar dan juga model wallpaper.

Jadi, dengan adanya plugin gallery WordPress ini, dapat membantu Anda dalam membuat gambar dengan layout menarik, slideshow photo, thumbnail, list album dan sebagainya. 

 

 

rekomendasi-plugin-gallery-wordpress

1. NextGEN Gallery

Banyak para pengguna WordPress yang setuju bahwa NextGEN Gallery merupakan salah satu plugin gallery WordPress yang paling direkomendasikan saat ini. Sudah ada 800 ribu instalasi aktif saat pembahasan ini diterbitkan dengan rating 4.5 bintang.

NetGEN Gallery pas untuk digunakan untuk keperluan website fotografer, para seniman, visual art, designer dan juga beberapa orang yang bekerja berhubungan dengan desain.

Fitur manajemen galeri yang dipunyai NextGEN seperti upload foto, import metadata, menambah foto, menghapus foto, edit foto,thumbnail, mengurutkan foto, mengelompokan by album dan lain sebagainya.

Untuk tampilan depan terdapat pilihan dalam bentuk image gallery slideshow, thumbnail photo dan juga browser gallery. Plugin ini juga merupakan salah satu photo viewer yang direkomendasikan yang bisa Anda pilih.

Jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap, Anda dapat upgrade ke versi Nextgen Gallery Pro dengan harga mulai dari 21$/tahun.

 

2. FooGallery

FooGalerry merupakan rekomendasi WordPress plugin image gallery yang kedua dan bisa Anda pilih. Untuk fitur gallery template ini contohnya seperti responsive image, image viewer, mansory gallery, justified gallery, simple photo dan single thumbnail gallery.

Untuk Anda yang menyukai edit gambar, plugin FooGallery sangat mudah untuk di kustom dan support dengan fitur gutenberg pada WordPress. Bagi Anda yang kurang puas dengan tampilan dari FooGallery, Anda bisa menggunakan fitur custom CSS, developer friendly dan dokumentasi yang lengkap.

 

3. Responsive Lightbox & Gallery

Ketiga, responsive lightbox dan gallery ini dapat Anda pilih sebagai pertimbangan dalam pilihan plugin image gallery pada website WordPress Anda. Sampai saat ini telah ada 200ribu instalasi aktif plugin ini dengan rating bintang 5 yang sempurna.

Anda tidak perlu untuk melakukan coding, karena plugin galeri ini cara menggunakannya cukup mudah yaitu tinggal drag and drop saja.

Plugin ini juga menyuguhkan kustomisasi yang beraneka ragam sehingga Anda bebas membuat galeri foto sesuai dengan keinginan Anda. Untuk optimasi gambar, plugin ini telah support SEO Friendly dan mempunyai pageload yang cepat.

 

4. Envira Gallery

Plugin gallery WordPress gratis keempat yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yaitu Envira Gallery. Envira Gallery sampai saat ini telah mempunyai instalasi aktif 100 ribu lebih dengan rating sempurna yaitu bintang 5.

Envira mempunyai tampilan yang menarik dengan berbagai pilihan fitur drag and drop, mudah digunakan, cepat dan sangat powerful.

Untuk urusan SEO, Envira Gallery telah dioptimalkan agar dapat mudah diakses dengan cepat berkat optimalisasi server. Envira juga telah support dengan beberapa page builder contohnya seperti Elementor, Divi dan sebagainnya.

Fitur lain yang menarik dari plugin galeri ini yaitu support berbagai perangkat, share social media,  tags gallery, slideshow gallery, pagination, videos dan lainnya.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa menggunakan versi Envira Gallery Pro mulai dari 14$/tahun.

 

5. Modula Image Gallery

Plugin Modula Image Gallery dari WPChill sampai pembahasan ini dipublikasikan telah memiliki instalasi aktif sekitar 90 ribu aktif dengan rating yaitu 4.5 bintang.

Beberapa fitur yang dimiliki dari plugin Modula ini contonya adalah slideshow gambar, slider gambar, gallery filters, albums foto, image loading effects, gallery sorting, hover effects, password protect, deeplinks,  video extensions, watermark, speedup, right click protections, dan lain sebagainnya.

 

6. Image Gallery by Robo

Plugin keenam yaitu Robo Gallery yang dirilis oleh pengembang RoboSoft dengan instalasi aktif yang telah mencapai 50 ribu lebih dan bisa Anda pilih.

Fiturnya seperti one click setup, full responsive modul, gutenberg block, fade effects, batch image upload, customizable effects, auto resize images,  polaroid gallery, social sharing dan lain sebagainya.

 

7. Catch Gallery

Catch Gallery yaitu plugin gallery WordPress gratis yang dapat Anda install. Plugin ini berasal dari pengembang Catch Plugins ini yang sepenuhnya gratis, untuk masalah fitur plugin ini terinspirasi dari modul gallery pada Jetpack.

Anda juga dapat menampilkan gambar galeri pada website WordPress yang kreatif.

Catch gallery mempunyai kelebihan dalam kemudahan penggunaan, desain yang responsif, fitur ganti background, komentar,  metadata foto dan sebagainnya.

Jika tertarik Anda bisa langsung download pluginnya pada website WordPress.org/plugin kemudian tuliskan pada kolom pencarian yaitu “Catch Gallery”.

 

8. Album and Image Gallery with Lightbox

Plugin image gallery yang berasal dari pengembang Rattus ini sampai saat ini telah mempunyai instalasi aktif 10 ribu lebih dengan rating yaitu 4 bintang.

Memiliki tampilan interface yang user friendly sehingga dapat memudahkan Anda ketika upload foto, tayangan slide, membuat galeri foto, dan menambahkan deskripsi untuk setiap gambar.

Untuk urusan SEO, Anda tidak perlu khawatir lagi karena fitur ini telah mendukung untuk optimasi gambar.

 

9. Unite Gallery Lite

Plugin gallery WordPress dari United Gallery Lite ini dirilis dan berbasis open source. Artinya para developer lain bisa berkontribusi dalam mengembangkan plugin ini agar lebih baik lagi.

Untuk masalah pengaturan, plugin ini terbilang simple, Anda cukup perlu upload video terlebih dahulu kemudian Anda dapat memilih gambar mana yang dapat dijadikan gallery, kemudian tinggal memasukan kode script di bagian halaman post dan gallery pun sudah selesai.

 

10. Meow Gallery

Plugin gallery terakhir yang menjadi rekomendasi untuk Anda adalah Meow Gallery.

Plugin yang dibangun oleh Jordy Meod dan Thomas Kim ini mempunyai icon gambar kucing. Icon kucing dipilih karena plugin ini diciptakan untuk para pecinta gambar-gambar, salah satunya hewan peliharaan.

Nah beberapa fitur dari plugin Meow Gallery ini contohnya seperti tampilan responsive, retina display ready, desain tata letak yang modern dan telah dioptimalkan untuk keperluan SEO.

 

Kesimpulan

Itulah kesepuluh rekomendasi plugin gallery yang bisa Anda coba. Selain plugin gallery WordPress seperti diatas, ada rekomendasi lain yang bisa Anda coba seperti plugin Portfolio Gallery, Justified Gallery, Gmedia Photo Gallery,  Max Galleria, Everest Gallery Lite, Photo Gallery by GT3 dan lainnya.

Semoga bermanfaat 

Lalu mengingatkan kepada Anda, Untuk dapat juga mengikuti informasi artikel lainya pada bagian blog IDwebhost ini.

Selain itu juga tersedia pilihan hosting terbaik pilihan dari IDwebhost dan domain lengkap beserta promo didalamnya yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis online Anda. 

Tidak lupa juga jika Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan website, Anda juga dapat menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.