7 Plugin Contact Form WordPress Terbaik 2022

12 Apr 2022
7 Plugin Contact Form WordPress Terbaik 2022

Salah satu cara untuk menjaga hubungan dengan pelanggan maupun pembaca agar tetap terhubung adalah dengan mengirimkan emailmarketing. Nah, untuk mengirimkan email marketing tersebut, tentu Anda membutuhkan data informasi berupa nama dan email target pasar. Untuk itu, Anda membutuhkan plugin contact form WordPress pada website Anda.

Sebagai platform CMS paling populer, WordPress terkenal dengan berbagai plugin yang siap membantu para penggunanya untuk memaksimalkan situs mereka. Nah, plugin contact form WordPress ini adalah salah satu plugin yang dapat membantu Anda untuk membuat formulir kontak. Mulai dari yang gratis hingga berbayar tersedia untuk situs WordPress Anda.

Fungsi Form pada WordPress

Mengapa Butuh Plugin Contact Form WordPress?

Sebagai seorang pebisnis atau blogger, Anda pasti memahami pentingnya berkomunikasi dengan para pelanggan dan pembaca, bukan? Saat sebuah brand selalu berkomunikasi dengan para pelanggannya, maka hal itu akan memunculkan kemungkinan terjadi konversi. Begitu pula dengan blogger kepada para pembaca.

Nah, salah satu cara untuk berkomunikasi dengan para pelanggan dan pembaca adalah dengan membuat formulir kontak yang dapat mereka isi dengan informasi mengenai nama dan email. Dari formulir itu, Anda dapat memperoleh data informasi mengenai para pelanggan dan pembaca. Sehingga, nantinya Anda dapat mengirimkan berita terbaru dari brand atau blog Anda.

Oleh karena itu, keberadaan plugin contact form WordPress ini dibutuhkan. Anda dapat dengan mudah membuat formulir kontak pada website untuk menjangkau pelanggan dan pembaca. Tetapi, fungsi dari contact form ternyata bukan sekedar untuk berkomunikasi semata, lho. Ada empat fungsi utama formulir kontak pada situs Anda.

  • Sarana Komunikasi

Tentu saja fungsi pertama dari form dalam situs WordPress Anda adalah sebagai sarana komunikasi. Sebetulnya, contact form bukan hanya berisi informasi singkat para pengunjung website saja. Tetapi, formulir kontak ini juga dapat berisi pesan yang ingin pengunjung sampaikan kepada situs tersebut.

Anda dapat memanfaatkan formulir kontak ini sebagai sarana untuk berkomunikasi yang memudahkan Anda dan pengunjung. Misalnya, pelanggan ingin bertanya mengenai masalah yang dialaminya saat proses pemesanan domain di IDwebhost. Melalui formulir kontak ini, mereka dapat menanyakannya selama 24 jam tanpa perlu menunggu operasional kantor.

  • Meningkatkan UX (User Experience)

Dalam menjalankan sebuah bisnis, yang namanya user experience merupakan hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Setiap bisnis maupun blog harus secara berkala meningkatkan user experience bagi para pengunjung. Karena hal ini adalah salah satu cara untuk membuat bisnis atau blog Anda semakin sukses.

Nah, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna adalah dengan membuat form menggunakan plugin WordPress pada situs Anda. Dengan membuat formulir kontak yang menarik dan mudah ditemukan, pengunjung akan lebih nyaman dan percaya dengan brand atau blog Anda.

  • Menjaga Keamanan Website

Fungsi lain yang sangat penting dari keberadaan contact form di WordPress Anda adalah untuk menjaga keamanan situs. Bagaimana bisa keberadaan formulir kontak bisa melindungi sebuah situs? Hal ini untuk mencegah adanya komentar spam dalam setiap postingan pada situs Anda.

Anda pasti tahu seberapa bahayanya komentar spam pada keamanan situs. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghindari bahaya tersebut adalah dengan membuat contact form menggunakan plugin. Dengan begitu, hanya mereka yang terdata dalam database situs yang dapat memberikan komentar.

  • Strategi Bisnis

Dengan membuat contact form menggunakan plugin WordPress, Anda bisa memperoleh data informasi dari para pengunjung situs, bukan? Nah, semua data tersebut dapat Anda gunakan untuk menyusun sebuah strategi bisnis. Mulai dari melakukan survey, melakukan marketing, atau untuk mendata jumlah pelanggan atau anggota.

Salah satu manfaat dari data-data tersebut adalah dapat Anda manfaatkan untuk melakukan email marketing. Dengan memanfaatkan data alamat email para pengunjung, Anda dapat mengirimkan berita atau artikel terbaru dan produk atau penawaran terbaru dari bisnis Anda. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan plugin contact form di WordPress.

Rekomendasi Plugin Contact Form WordPress

Seperti yang kita semua ketahui, WordPress memiliki banyak sekali plugin, baik gratis maupun berbayar. Begitu pula dengan plugin contact form WordPress yang jumlahnya juga sangat banyak. Setiap plugin pasti memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Nah, sebagai pengguna, Anda harus pandai untuk memilih plugin contact form yang tepat untuk situs WordPress Anda.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut, berikut adalah 7 rekomendasi plugin contact form WordPress terbaik untuk website Anda!

1. WPForms

Plugin contact form WordPress yang mendapat rating 4.9 dari 5 adalah WPForms. Plugin yang satu ini mendapatkan rating terbaik dari plugin lainnya karena kemudahan yang mereka berikan. WPForms memberikan kemudahan bagi para pemula dengan fitur drag and drop untuk membuat formulir kontak pada website Anda.

Plugin contact form WordPress yang satu ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan berbayar. Meski begitu, fitur yang WPForms yang ditawarkan dalam versi gratis juga sudah cukup lengkap. Seperti notifikasi instan, file uploading, dan juga template yang dapat Anda atur sendiri. Untuk versi berbayar sendiri bisa Anda dapatkan mulai harga $79 hingga $300 per tahun.

WPForms

2. HubSpot Plugin Contact Form WordPress

Sama seperti WPForms, plugin contact form WordPress yang satu ini juga memudahkan para penggunanya dengan fasilitas drag and drop untuk membuat formulir. Menariknya lagi, HubSpot ini bisa Anda gunakan secara gratis dengan fitur yang cukup lengkap. Anda dapat menggunakan template formulir dengan desain visual yang dapat Anda atur sesuai keinginan dan kebutuhan.

Nah, HubSpot telah dilengkapi dengan fitur yang dapat menyimpan data pengunjung secara otomatis yang masuk melalui formulir di website Anda. Semua data tersebut nantinya akan tersimpan di dalam CRM yang telah terintegrasi dengan HubSpot. Banyak sekali keunggulan dari plugin form WordPress gratis yang satu ini untuk website Anda.

Baca juga: 5 Plugin WordPress Terbaik Untuk Toko Online

3. Ninja Forms

Ninja Forms adalah plugin contact form WordPress lainnya yang menyediakan versi gratis. Nah, pada versi gratis ini Anda dapat menggunakan beberapa fitur dasar untuk membuat banyak formulir. Sama halnya dengan kedua plugin sebelumnya, Ninja Forms juga memberikan kemudahan bagi para penggunanya berkat fitur drag and drop dalam membuat formulir.

Bila Anda ingin menggunakan fitur lain seperti multi step forms atau fitur integrasi dengan berbagai tool lainnya, maka Anda dapat beralih ke versi premium. Untuk mendapatkan versi premium ini, Anda harus membayar sekitar $50 per tahun untuk paket personal. Nah, dengan beralih ke premium Anda dapat menggunakan fitur lanjutan lainnya yang lebih lengkap.

Ninja Form

4. Contact Form 7 – Plugin Contact Form WordPress

Biasanya, saat kita menggunakan plugin gratis, pasti selalu ada iklan yang berdatangan. Nah, hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan plugin Contact Form 7. Tampilannya yang sangat user-friendly dan juga fitur-fiturnya yang cukup lengkap, membuat plugin form WordPress gratis satu ini menjadi favorit.

Bahkan, meskipun dalam versi gratis, Contact Form 7 juga sudah dilengkapi dengan perlindungan CAPTCHA dan juga telah didukung oleh plugin keamanan WordPress lainnya. Banyak fitur yang dapat Anda gunakan dalam plugin form WordPress gratis yang satu ini. Anda dapat membuat banyak formulir dan mengkustomisasi tampilan dari formulir dengan mudah.

Contact Form 7

5. Caldera Forms

Selain Contact Form 7, ada satu lagi plugin form WordPress yang menjadi favorit para pengguna yaitu Caldera Forms. Plugin yang satu ini sangat user-friendly bagi para pemula maupun profesional. Fitur yang mereka tawarkan kepada para pengguna juga cukup lengkap dan banyak yang dapat Anda gunakan secara gratis maupun berbayar.

Untuk fitur gratis yang ditawarkan sendiri cukup lengkap seperti drag and drop, auto responders, fitur anti-spam, dan lain-lain. Tetapi, bila Anda ingin menggunakan fitur lanjutan seperti mengirim email lanjutan, jumlah formulir yang tidak terbatas, data analitik, dan lainnya. Maka, Anda dapat beralih ke versi premium dengan harga mulai dari $15 per bulan.

Caldera Forms

6. JetPack Forms

Jika Anda mencari plugin form WordPress yang menyediakan semua kebutuhan Anda, maka JetPack Forms adalah solusinya. Seperti yang kita ketahui, plugin JetPack termasuk populer dengan berbagai fiturnya yang lengkap. Bahkan, dalam plugin ini sudah terdapat fitur keamanan, kecepatan, backup, dan lainnya.

Nah, untuk fitur pembuat formulir sendiri, JetPack Forms menyediakan pre-built forms yang terdiri dari feedback, newsletter sign-up, appointment, dan registration. Tampilannya sendiri dapat Anda kustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Yang lebih menarik lagi, Anda dapat menggunakan semua fitur tersebut secara gratis.

7. Everest Forms

Rekomendasi terakhir untuk plugin  form WordPress adalah Everest Forms. Plugin yang satu ini memiliki tampilan yang sangat user-friendly. Bahkan, plugin ini dapat dengan mudah digunakan oleh para pemula hingga profesional untuk membuat formulir dengan cepat. Sama seperti beberapa plugin sebelumnya, Everest juga menyediakan fitur drag and drop.

Nah, menariknya dari fitur ini adalah Anda dapat melihat perubahan atau kustomisasi yang Anda lakukan secara real-time dalam preview. Plugin contact form WordPress gratis yang satu ini juga memiliki beberapa template formulir yang dapat Anda gunakan. Bila Anda ingin menggunakan fitur yang lebih lengkap, Anda dapat melakukan upgrade ke versi premium.

Kesimpulan

Keberadaan formulir dalam setiap situs sangat diperlukan, baik sebagai sarana komunikasi maupun sebagai sumber data untuk berbagai kepentingan. Nah, ada banyak sekali plugin contact form yang dapat Anda gunakan untuk website WordPress. Dari semua plugin formulir tersebut, ketujuh plugin di atas merupakan rekomendasi terbaik untuk website Anda.

Agar komunikasi Anda dengan para pengunjung melalui formulir lancar tanpa ada kendala dari website Anda, gunakan layanan web hosting terbaik dari IDwebhost. Ada berbagai macam layanan web hosting yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah hosting murah. Jangan lewatkan juga berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik disini!

 

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022